Ciri utama matematika adalah penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga kaitan antara konsep atau pernyataan dalam matematika bersifat konsisten.
Menurut Soedjadi (2000), pola pikir deduktif secara sederhana dapat dikatakan pemikiran ”yang berpangkal dari hal yang bersifat umum diterapkan atau diarahkan kepada hal yang bersifat khusus”. Namun demikian, pembelajaran dan pemahaman konsep dapat diawali secara induktif melalui pengalaman peristiwa nyata atau intuisi. Proses induktif-deduktif dapat digunakan untuk mempelajari konsep matematika. Kegiatan dapat dimulai dengan beberapa contoh atau fakta yang teramati, membuat daftar sifat yang muncul (sebagai gejala), memperkirakan hasil baru yang diharapkan, yang kemudian dibuktikan secara deduktif. Dengan demikian, cara belajar induktif dan deduktif dapat digunakan dan sama-sama berperan penting dalam mempelajari matematika. Penerapan cara kerja matematika diharapkan dapat membentuk sikap kritis, kreatif, jujur dan komunikatif pada siswa.
Soedjadi (2000), menyajikan beberapa definisi atau pengertian matematika berdasarkan berbagai pandangan atau fokus perhatian dari para ahli atau tokoh matematika. Adapun definisi atau pengertian matematika tersebut, yaitu :
1). | Matematika adalah cabang ilmu pengetahuan eksak dan terorganisir secara sistematik; |
2). | Matematika adalah pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasi; |
3). | Matematika adalah pengetahuan tentang penalaran logik dan berhubungan dengan bilangan; |
4). | Matematika adalah pengetahuan tentang fakta-fakta kuantitatif dan masalah tentang ruang dan bentuk; |
5). | Matematika adalah pengetahuan tentang struktur-struktur yang logik; |
6). | Matematika adalah pengetahuan tentang aturan-aturan yang ketat. |
Tidak terdapat satu definisi tentang matematika yang tunggal dan disepakati oleh semua tokoh atau pakar matematika. Pengetahuan tentang bilangan dan kalkulasinya memasuki semua cabang matematika, bahkan tidak jarang merupakan titik tolak suatu pengembangan struktur dalam matematika. Dengan demikian tidak salah kalau orang mengatakan bahwa ”berhitung “ itu amat penting dan mendasar.
Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Matematika"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung