Dalam dunia pembelajaran, kita mengenal tiga unsur yakni pedekatan, model dan teknik. Ketiganya merupakan unsur yang wajib ada bila ingin pembelajaran berhasil dilaksanakan. Salah satu model pembelajaran yakni model kooperatif learning.
Untuk mengetahui perbedaan masing-masing model pembelajaran maka kita harus melihat karakteristiknya masing-masing, khusus model kooperatif learning, Ibrahim (2000 : 6) mengemukakan bahwa model kooperatif memiliki sejumlah karateristik tertentu, antara lain :
(1) Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya;
(2) Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi , sedang, rendah;
(3) Bilamana mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda-beda;
(4) Penghargaan lebih berorientasi kelompok ketimbang individu.
Selain model pembelajaran, juga ada teknik pembelajaran, dan salah satunya adalah teknik jigsaw. Menurut Suhardi (2001) menyatakan bahwa teknik jigsaw adalah suatu teknik belajar kelompok yang digambarkan sebagai berikut:
1. Satu kelas dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, banyaknya anggota kelompok disesuaikan dengan banyaknya propblem yang ditawarkan guru, kelompok-kelompok ini disebut dengan home group (kelompok asal).
2. Setiap anggota home group diberi problem yang berbeda-beda, tetapi masing-masing home group diberi persoaalan yang sama yang sesuai dengan indikatornya. Dengan batasan waktu tertentu masing-masing anggota kelompok diskusi menyelesaikan problemnya secara individu.
3. Anggota home group akan berpencar dan membentuk kelompok baru yang membawa persoalan yang sama, kelompok ini disebut expert group (kelompok ahli). Dikelompok inilah mereka berdiskusi untuk menyamakan persepsi atas jawaban mereka.
4. Setelah selesai mereka kembali ke home group dan anggota-anggotanya mensosialisasikan hasil / jawaban dari kelompok ahli tersebut lewat presentasi perkelompok.
Belum ada tanggapan untuk "Karakteristik dan gambaran teknik pembelajaran jigsaw"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung