Pendekatan scientific merupakan pendekatan yang dilaksanakan dengan cara mengamati dan menanya sampai kemudian mereka berupaya untuk mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan akhirnya mencipta. Bagaimana dengan pelaksanaanya? Dalam penerapannya, kebanyakan guru menjadi kaku, suasana pembelajaran menjadi tidak berkembang karena guru umumnya hanya terpaku mengikuti beberapa unsur tersebut.
Padahal secara sederhananya, pendekatan scientific hanya berfokus pada tahu apa, tahu mengapa dan tahu bagaimana. Artinya pelaksanaan pembelajaran harus terhindari kata “ya” atau “tidak”, pelaksanaan pembelajaran harus mengarah pada proses pencarian jawaban atas masalah, artinya lagi hasil yang diharapkan adalah dalam bentuk “uraian” dan “penjelasan”, dalam hal ini siswa diarahkan dan dibimbing untuk mampu menjabarkan sesuatu bukan hanya kata “ya” atau “tidak” tetapi lebih dari itu.
Jadi pada intinya, pendekatan scientific hanya sebagai patron dalam pembelajaran, guru tidak harus mengikuti urutan yang disyaratkan tetapi guru harus lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran, tentunya harus disesuaikan karakter siswa, yang terpenting adalah siswa didorong untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran
Belum ada tanggapan untuk "Memahami Pendekatan Scientific Secara Sederhana"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung