Salah satu fungsi guru atau pendidik dalam pembelajaran adalah sebagai pembimbing, fungsi ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengarahkan siswa ke tujuan yang ingin dicapai. Dalam pembelajaran yang menggunakan model problem basic learning, keterampilan guru sebagai pembimbing sangat diperlukan.
Merangsang siswa untuk membentuk kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan memberikan pertanyaan yang tidak hanya di jawab dengan kata “ya” atau “tidak” tetapi pertanyaan-pertanyaan yang diberikan mengharuskan siswa untuk melakukan pencarian dan penemuan.
Contoh pertanyaan :
1. Mengapa bisa atau mengapa tidak bisa?
2. Bagaimana cara membentuk nya?
3. Apa bentuk hiasannya?
4. Dari mana asalnya
5. Dan pertanyaan lain yang dapat membuat siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tinggi /Hight Order Think Skills yang mencakup aspek sikap, ketrampilan dan pengetahuan.
Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analistis dengan berbagai pertanyaan dapat membuka peluang menuju tercapainya kompetensi lulusan yang diharapkan.
Belum ada tanggapan untuk "Cara meningkatkan kemampuan pemecahan masalah"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung