Perusahaan dalam melaksanakan advertising, tentu memiliki tujuan tertentu. Apalagi dengan keadaan pasar sekarang ini, dimana barang atau jasa mencari pembeli, sehingga peranan advertising tidak dapat diabaikan dalam upaya untuk memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat.
Berdasarkan hal di atas, maka untuk mengetahui tujuan advertising dapat dilihat dari pendapat Sofyan Assauri (2002:247) yang menyatakan bahwa:
1. Mempertahankan para langganan yang setia dengan membujuk para langganan agar tetap membeli.
2. Menarik kembali para langganan yang hilang atau lari, dengan menarik atau mengarahkan arus langganan secara perlahan-lahan ke arah produk yang dihasilkan perusahaan dari merek produk saingan.
3. Menarik langganan baru, dengan menarik arus pembeli ke arah produk yang diiklankan perusahaan, dan menggantikan tempat para langganan yang pindah ke merk produk pesaing serta memperluas pasar secara keseluruhan.
Pendapat lain mengatakan bahwa tujuan advertising adalah:
1. Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lainnya.
2. Mencapai orang-orang teretntu yang tidak dicapai oleh tenaga penjual atau salesman dalam jangka waktu tertentu.
3. Mengadakan hubungan dengan para penyalur, misalnya mencari nama dan alamatnya.
4. Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru.
5. Memperkenalkan produk baru
6. Menambah penjual industri
7. Mencegah timbulnya barang-barang tiruan.
8. Memperbaiki reputasi perusahaan dengan memberikan pelayanan umum melalui periklanan.
(Basu Swastha DH, 2005:223)
Jadi maksud dari advertising ini adalah memperkenalkan produk kepada masyarakat, baik melalui informasi-informasi di media maupun lewat personal selling, sehingga dengan adanya advertising tersebut, pembeli-pembeli yang tidak terjangkau, dapat didekati dan diharapkan dapat menciptakan suatu pembelian baru terhadap produk tersebut.
Adapun fungsi advertising di dalam memasarkan produk perusahaan menurut Sofyan Assauri (2002:247) adalah sebagai berikut:
1. Sebagai alat untuk memberi infogan dalam memperkenalkan produk baru ke pasaran.
2. Untuk membantu ekspansi atau perluasan pasar.
3. Untuk menunjang program personal selling.
4. Untuk mencapai orang-orang yang tidak dapat dikunjungi para pramuniaga (sales person).
5. Untuk membentuk nama baik (good will) perusahaan.
Sedangkan menurut Basu Swasta (2000:246) adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi
Advertising dapat memberikan informasi lebih banyak, baik tetnang harga, ataupun informasi lain yang berguna bagi konsumen. Tanpa adanya informasi tidak banyak mengetahui tentang suatu barang. Jadi, advertising dapat menambah nilai pada suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen.
2. Membujuk dan mempengaruhi
Advertising tidak hanya memberitahu saja, tetapi ada juga yang bersifat membujuk terutama kepada calon pembeli dalam hal ini membujuk, misalnya suatu produk tertentu leih baik dibandingkan produk lain.
3. Menciptakan kesan
Dengan advertising, orang akan mempunyai kesan tertentu tentang apa yang diadvertensikan. Dalam hal ini pemasangan advertising harus berusaha untuk menciptakan kesan sebaik-baiknya, karena kadangkala pembeli suatu barang tidak disadari secara rasional, tetapi cenderung untuk mempertahankan/meningkatkan gengsi belaka.
4. Memuaskan keinginan
Sebelum memilih dan membeli produk, kadangkala orang ingin mengetahui lebih dulu maccam barang yang akan dibeli, apakah benar-benar sesuai dengan keinginan mereka. Jadi disini, advertising merupakan su atu alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yaitu berupa pertukaran yang saling menguntungkan.
5. Sebagai alat komunikasi
Advertising adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli, sehingga keinginan mereka dapat terpenuhi dengan cara mudah, sehingga diharapkan dapat terjadi pertukaran yang saling menguntungkan.
Jadi fungsi advertising disini adalah sebagai media komunikasi yang dapat memberikan informasi serta kesan tertentu terhadap suatu barang yang diadvertisingkan. Disamping itu, fungsi advertising juga dapat mempengaruhi seseorang untuk memilih yang terbaik dan menguntungkan dalam usaha memuaskan keinginannya.
Belum ada tanggapan untuk "Tujuan dan fungsi advertising bagi perusahaan"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung