Identifikasi anak berbakat intelektual aalah menutut Bradwein (Ichrom, 1996 :1) yaitu suatu proses mengenali anak-anak yang memiliki kemampuan motivasi, konsep diri, dan potensi kreativitas berada jauh diatas rata – rata sehingga memerlukan layanan kurikulum yang berdiferensial agar mereka dapat berkembang secara penh seperti potensi yang dimiliki. Dalam konsep tersebut 3 rumusan definisi, yaitu :
- Proses mengenali
- Perlunya kurikulum berdiferensiasi
- Harapan dari kurikulum berdiferensiasi.
Dan metode yang digunakan di Indonesia untuk identifikasi anak berbakat secara umum di bedakan menjadi dua penekatan yaitu :
Dengan menggunakan alat-alat tes, meliputi dua tahap :
- Tahap penjaringan atau screening dengan tes kelompok yang sudah dibakukan
- Tahap seleksi dengan tes individual atau kelompok yang lebih halus dan mengukur kemampuan yang lebih cepat dan teliti
Dengan studi kasus yaitu memperoleh sebanyak mungkin keterangan tentang anak-anak yang diperkirakan berbakat dari berbagai sumber yang berbeda.
Identifikasi anak berbakat dapat dilakukan sedini mungkin, yaitu pada usia 1-2 tahun. Pada masa kanak-kanak ini, kelemahan dan keunggulan intelektual akan nampak dengan mudah, jika anak diberikan rangsangan yang tepat. Identifikasi anak berbakat di usia dini ini mempunyai fungsi ganda. Disatu pihak dapat mengetahui adanya kemungkinan anak mengalami perkembangan intelektual yang cepat dan tak hanya dalam bidang bakatnya yang khas. Di pihak lain, cacat yang mungkin terjadi atau ada anak dapat juga teridnetifikasi keberbakatan anak jua dapat didapatkan darin informasi dari teman secayanya. Penialaian teman sebaya juga cukup penting, terutama berkaitan dengan aspek kepemimpinan, kreativitas dan sosialisasi anak.
Berkaitan dengan identifikasi anak berbakat, Reneully dan Decourt (1986) dalam makalah seminar Nasional Pengembangan PLB di Indonesia berpendapat bahwa ada 4 kriteria yang mestinya digunakan selama mengidentifikasi anak berbakat, yaitu :
- Skor tes
- Penguasaan akademis pada domain khusus, misalnya matematika
- Produktivita kreatif dalam domain khusus atau bidang –bidang interdisipliner dan
- Produktivitas kreatif jangka panjang
Belum ada tanggapan untuk "Cara Identifikasi Anak Berbakat Intelektual"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung