Istilah efektifitas berasal dari kata “efektif” yang dalam tafsiran bebas dapat diartikan sebagai tercapainya tujuan dengan kata lain, pencapaian tujuan yang berhasil guna (efektif). Jadi efektifitas merupakan kemampuan untuk memilih suatu tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat dalam pencapaian tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Jadi efektifitas menunjukan taraf pencapaian apa bila usaha tersebut mencapai tujuan.
Hal mana bila dikaitkan dengan pekerjaan karyawan dalam perusahaan, efektifitas ini mempunyai makna bahwa penyelesaian pekerjaan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Soekarno K. (1986 : 42) menjelaskan arti dari pada efektifitas sebagai berikut: “Efektifitas adalah pencapaian tujuan atau hasil yang dikehendaki tanpa menghiraukan faktor-faktor tenaga, waktu, biaya, pikiran, alat-alat dan lain-lain yang telah dikeluarkan atau digunakan”.
Menurut Hani Handoko (1986:7) menyatakan : “Efektifitas adalah kemampuan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.
Dengan demikian setiap pekerjaan yang dilaksanakan adalah untuk mencapai hasil yang maksimal atau secara efektif. Dengan perkataan lain bahwa pencapaian tujuan itu harus berhasil guna.
Menurut Emerson (1986:16) menyatakan : “Efektifitas adalah pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya”.
Dari pengertian di atas dijelaskan bahwa suatu tujuan atau sasaran yang telah tercapai sesuai dengan rencana adalah efektif. Suatu pekerjaan sekalipun tidak efisien tetapi tercapainya tujuan itu adalah efektif sebab mempunyai efek atau pengaruh.
Dengan demikian maka dalam pengertian efektifitas yang diutamakan atau dipentingkan adalah semata-mata hasil atau tujuan yang dikehendaki atau diinginkan tanpa memperdulikan faktor-faktor yang telah dikeluarkan berapapun besarnya. Jadi semakin besar kemajuan yang diperoleh kearah tercapainya tujuan organisasi, berarti organisasi tersebut semakin efektif.
Belum ada tanggapan untuk "Pengertian efektifitas kerja"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung