Jabatan bisa mendatangkan kebahagiaan namun anda juga perlu waspada karena yang menginginkan jabatan tersebut bukan hanya anda, oleh karena itu, anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut:
1. Amanah
Jabatan adalah amanah, sebuah kepercayaan yang diberikan untuk membantu atasan ataupun organisasi dalam mewujudkan tujuannya melalui program kerja yang disusun oleh bagian perencanaan. Beban dan tanggung jawab ini menjadi ujian bagi anda, karenanya kompetensi, kapasitas serta potensi yang anda miliki wajib dimaksimalkan.
2. Visi dan misi
Menjabat tanpa visi dan misi ibaratbank tanpauang.Dua hal inilah yang menjadi pedoman untuk bertindak dan bekerjamenciptakan perubahan di lingkup kerja anda. Visi dan misi merupakan gambaran pemikiran, ide, kreativitas, inovasi, dan efektifnya pekerjaan anda.
3. Manajemen
Manajemen tidak hanya sekedar memimpin, mengelola dan memutuskan akan tetapi memudahkan pekerjaan anda, menciptakan kebersamaan dan keadilan. Jabatan merupakan wadah untuk menunjukkan seni manajemen, irama emosi dan pola komunikasi berupasignal tertentu guna merealisasikanprinsip dan harapan anda
4. Konten
Konten merupakan faktor pembeda dan tingkat kualitas, program kerjayang anda rencanakanadalah konten. Apakah konten itu menarik atau tidak tergantung kualitas dan kemampuan menjawab kebutuhan, visualisasi masa depan harus bisa dihadirkan sehingga menjiwai konten yang anda kerjakan. Kalau ini bisa dipraktekkan maka posisi anda semakin kuat. Kekuatan jabatan tergantung seberapa tinggi kualitas konten anda dan bagaimana merealisasikannya.
5. Performance
Apakah perform dengan jabatan anda? Inilah pertanyaan yang tidak perlu anda jawab karena baik perform maupun tidak, suka atau tidak, anda wajib perform dengan jabatan yang diamanahkan maka tunjukkan performance terbaik agar semakin memotivasi anda bekerja. Ingatlah bahwa anda dilantik dan diamanahkan dengan jabatan bukan untuk gagal melainkan peroleh keberhasilan.
6. Belajar
Belajarlah dari masa lalu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama selama anda menjabat. Yang baik ditingkatkan dan yang buruk dibenahi. Jadilah anda sebagai solusi dan jembatan keberhasilan, hanya dengan banyak belajar hal ini bisa dicapai. Banyak belajar dapat memperbanyak alternatif tindakan dan pengambilan keputusan. Bahkan bisa menutupi kekurangan ide dan gagasan untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dan luarbiasa.
7. Mental baja
Dinamika bekerja dalam sebuah tim kadang menyenangkan dan kadang pula menyakitkan maka persiapkanlah mental anda menghadapi situasi dimaksud. Jabatan terkait erat dengan keputusan, kemandirian dalam pengambilan keputusan sangat diperlukan terutama keputusan-keputusan yang sifatnya strategis. Butuh tekad dan keteguhan berpendirian serta keyakinan bahwa keputusan yang diambil akan bermanfaat dan membawa perubahan positif, hal ini ditujukan pada saat keputusan yang diambil lemah dari sisi dukungan lingkungan pekerjaan.
8. Menguasai Tupoksi
Tupoksi adalah pedoman kita dalam bekerja, didalamnya memuat instrumen yang dikerjakan dan batasan-batasannya. Penting sekali menguasai tupoksi jabatan karena organisasi pemerintahan sama dengan organisasi lainnya yang digambarkan berupa potongan puzzledan jabatan anda adalah salah satu potongan, anda tidak berdiri sendiri melainkan salah satu bagian dari gambar utuh sebuah organisasi.
9. Berpolitik
Budaya berpolitik bagi seorang pejabat lahir sejak era reformasi. Walaupun jabatan di pemerintahan bukan jabatan politik melainkan jabatan karir namun pada kenyataannya setiap kali selesai pilkada dan pilpres, terjadi perubahan besar-besar dalam struktur organisasi pemerintahan. Siapa yang menanam itulah menuai hasilnya, siapa yang ikut terlibat berjuang, kesempatan menduduki jabatan terbuka luas baginya.
Belum ada tanggapan untuk "9 Hal yang harus diperhatikan selama menduduki jabatan di Pemerintahan"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung