Sebuah lembaga dapat bekerja maksimal apabila kontribusi masyarakat cukup tinggi, apalagi lembaga-lembaga yang bertugas melakukan pengawasan dan penegakkan aturan dan hukum. Namun bagaimana apa bila terdapat lembaga masyarakat yang tidak diketahui oleh masyarakat sementara fungsinya sangat penting bagi kehidupan masyarakat itu sendiri?
Adalah Lembaga Konsumen Indonesia, lembaga ini merupakan lembaga yang berwewenang untuk melakukan pengawasan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen. Di Indonesia sendiri terdapat 4 lembaga konsumen yakni BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional), LPKSM (Lembaga perlindungan konsumen swadaya masyarakat), dan BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).
Berdasarkan tweet dari @setkabgoid, menyatakan bahwa hanya 22,2% jumlah masyarakat Indonesia yang tahu dan paham dengan tugas dan fungsi Lembaga Perlindungan Konsumen. Artinya masih banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu tempat untuk mengadukan kasus-kasus yang merugikan kehidupannya.
Ini tentu sangat berbahaya mengingat bebasnya orang menyalurkan ekspreasi dan eksplorasi terhadap sumber daya termasuk yang berasal dari luar negeri. Yang paling nyata misalnya peralatan kecantikan. Ada banyak alat kosmetik yang menawarkan keunggulan dibandingkan lainnya yang justru sangat berbahaya bagi konsumennya.
Atau misalnya kasus-kasus tentang makanan, lihatlah betapa banyak makanan terutama makanan ringan yang dicampur dengan narkotika dan obat-obatan terlarang dimana konsumennya menyasar anak-anak kecil.
Tentunya masih banyak lagi contoh kasus yang berdampak negatif pada konsumen khususnya konsumen di Indonesia. Uniknya, bagi merasa dirugikan oleh perilaku orang tertentu yang tidak bertanggung jawab justru tidak tahu tempat untuk mengadukannya.
Maka berdasarkan tweet dari @setkabgoid tersebut di atas, maka sudah saatnya bagi lembaga-lembaga perlindungan konsumen untuk meningkatkan dan memaksimalkan fungsi sosialisasinya kepada masyarakat. Dengan harapan, kehadiran setiap lembaga perlindungan konsumen menjadi kebutuhan yang sangat membantu dalam mengatasi persoalan yang terjadi di masyarakat Indonesia.
Belum ada tanggapan untuk "Indonesia dalam ambang bahaya, ternyata rakyat tidak banyak yang tahu tentang Lembaga Perlindungan Konsumen"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung