Banyak cara yang dilakukan oleh para penipu untuk memuluskan langkahnya. Yang terbaru adalah dengan memanfaatkan fasilitas virtual account atau akun virtual. Cara pembayaran melalui akun ini belum banyak yang tahu, sehingga sangat mudah digunakan untuk menipu orang.
Proses penipuan dimulai dengan menelpon sasarannya, mengatasnamakan operator yang sesuai dengan nomor HP yang anda gunakan misalnya dari Telkomsel. Agar sasaran yakin, para penipu memanfaatkan fasilitas pop call. Layanan ini berisi pesan bahwa yang menelpon adalah resmi dari telkomsel. Kalau kita menerima telponnya, mereka akan memberitahukan tentang maksud dan tujuannya.
Namun sebelumnya mereka akan menanyakan beberapa hal agar sasaran bertambah yakin akan kebenaran informasi yang disampaikan. Kira-kira percakapannya sebagai berikut:
“Hallo? Kami dari telkomsel, apakah bapak/ibu dapat meluangkan waktu beberapa menit saja?, Sudah lama bapak/ibu memanfaatkan layanan telkomsel?
Sejak tahun berapa bapak/ibu mulai menggunakan nomor ini?
Apakah bapak/ibu pernah menelpon pihak telkomsel?
Dalam hal apa bapak/ibu menelpon telkomsel?
Bagaimana menurut bapak/ibu tentang layanan telkomsel? Apakah bapak/ibu puas?
Baiklah bapak/ibu, kami memiliki program berbagi sedekah dengan pelanggan simpati dan simpati loop, program ini ................(penjelasannya panjang lebar, berusaha meyakinkan orang dan tidak memberi kesempatan bertanya balik), apakah bapak/ibu bersedia menerima sedekah dari telkomsel?
Jumlahnya sebesar 10.500.000,- per pelanggan dan anda termasuk pemenangnya.
Kalau bapak/ibu bersedia, maka untuk mencairkan dananya anda harus memiliki nomor rekening bank dan kartu ATM, apakah bapak/ibu memilikinya?
Kalau bapak/ibu masih tertarik menerimanya, perlu kami sampaikan bahwa dana tersebut tersimpan di akun Mandiri virtual account. Kami membutuhkan nomor rekening anda agar kami bisa melakukan transfer ke tabungan bapak/ibu.
Tolong sampaikan berapa nomor rekening bapak/ibu.
Selanjutnya kami butuh kerjasama bapak/ibu untuk mencairkan dana tersebut di ATM Mandiri, karena dananya tersimpan di akun Mandiri virtual account maka kami perlu memandu bapak/ibu, karena kalau salah maka bapak/ibu akan kehilangan kesempatan menerima dana tersebut. Apakah bapak/ibu bersedia ke ATM Mandiri?”
Setelah bapak ibu sepakat, penipu akan meminta anda untuk tidak mematikan HP tujuannya untuk mengetahui percakapan apa saja yang alami setelah menerima telepon dari mereka, mereka akan menunggu anda sampai tiba di ATM Mandiri, dan terlebih dahulu mereka akan meminta anda seperti berikut:
“ Bapak/ibu, kalau sudah tiba di ATM Mandiri tinggal bilang Halo, kami akan memulai memandu anda. Kalau ada yang bertanya, siapapun dia maka sampaikan bahwa anda beli . . . ., buat keluarga atau siapapun tidak curiga dengan anda. Nanti setelah cair barulah sampaikan kepada mereka bahwa anda barusan menerima program sedekah dari Telkomsel atas keberhasilan telkomsel dengan kartu simpati dan simpati loopnya, apakah bapak/ibu bersedia?”
Di mesin ATM, mereka akan memandu anda. Mulai dari kapan memasukkan kartu ATM, nomor PIN, jenis transaksi dalam hal ini anda diarahkan untuk memilih Mandiri virtual account. Kemudian pada saat permintaan nomor tujuan, anda akan diberikan nomor tujuan yang merupakan nomor rekening mereka di bank Mandiri, setelah itu pada permintaan jumlah pembayaran anda akan diberikan nomor PIN 1234567 sebagai pemenang.
Apabila anda terus mengikuti langkah yang diberikan sampai dengan pengimputan nomor PIN pemenang dengan berhasil maka sampai disini anda telah melakukan transfer uang sebesar Rp. 1.234.567 ke rekening virtual para penipu.
Para penipu sudah berpengalaman dalam melakukan penipuan, mereka sadar bahwa anda tidak akan melalukan transaksi dengan nomor rekening yang memiliki saldo di atas seratusan ribu rupiah. Saldo dibawah seratusan ribu rupiah tentu saja tidak dapat diproses sehingga transaksi akan gagal sebab saldo tidak cukup melakukan transaksi sebesar 1234567.
Dalam hal ini mereka sudah menyiapkan jurus lain untuk menipu anda.
“Bapak ibu, sebenarnya berapa saldo di rekening yang anda miliki?, Bapak/ibu, transaksi di ATM minimal saldo rekening sebesar Rp. 100.000,- dan maksimal Rp. 5.000.000, sehingga ada keterangan gagal. Untuk mendapatkan keseluruhan dana maka kami membutuhkan satu lagi nomor rekening. Apakah anda bisa menyiapkan satu lagi nomor rekening?
Nomor rekening bisa anda dapatkan dari saudara, tetangga atau teman. Kalau mereka bertanya untuk apa, katakan saja bahwa untuk menerima kiriman dari keluarga di ....., dia mau mengirim uang. Kalau dia berikan maka jangan lupa minta dengan ATMnya beserta PINnya. Perlu kami sampaikan bahwa dana 5 juta sudah masuk direkening anda sekarang, namun karena belum lengkap maka dana tersebut masih terpending sampai anda sudah menyiapkan nomor rekening tambahan untuk menerima keseluruhan dana. Tolong jangan dulu dibuka rekeningnya atau memeriksa saldonya karena akan mengakibatkan dana yang seharusnya menjadi milik anda terpending selamanya termasuk sisa dana yang masih tersimpan di akun vitual mandiri kami, kami sangat mengharapkan kerjasama bapak/ibu,
kapan bapak/ibu bisa menyiapkan nomor rekening tambahannya? (setiap jawaban anda akan disetujui oleh mereka, satu hari, dua hari atau beberapa hari terserah anda)
Kami akan menunggu konfirmasi bapak/ibu, dan seperti tadi kami akan memandu bapak/ibu agar tidak salah melakukannya”
Apabila anda melakukan apa yang mereka minta, dengan menyiapkan nomor rekening tambahan maka akan ada dua pilihan. Pertama bila saldo diatas 1234567 maka anda telah menghilangkan uang dalam rekening tambahan tersebut sebesar Rp. 1.234.567 dan apabila saldo pada rekening tambahan tidak melebihi angka tersebut maka mereka akan memberikan nomor PIN pemenang baru misalnya 123456, mereka akan kembali memandu anda mengulangi langkah diatas, apabila saldo pada nomor rekening tambahan di atas 100 ribu maka proses selesai, namun bila saldo rekening tambahan memiliki saldo dibawah 100 ribu maka mereka kembali akan meminta nomor rekening tambahan lagi.
Hitungannya adalah apabila PIN pertama berhasil, maka anda telah melakukan transfer sebesar Rp. 1.234.567. Namun apabila meleset dari perkiraan mereka maka PIN kedua yang diberikan kemungkinan berhasil mereka dapatkan, artinya anda telah mentransfer uang sebesar Rp. 123.456.
Cukup mudah bukan?
Intinya, mereka memanfaatkan :
1. Ketidaktahuan orang bertransaksi dengan layanan e-virtual mandiri
2. Mereka memanfaatkan kelengahan orang pada angka 1234567 = Rp 1.234.567 atau PIN 123456 = Rp. 123.456.
Kesimpulannya.
Berhati-hatilah, karena penipu selalu berusaha mencari cara untuk melancarkan aksi penipuannya termasuk memanfaatkan teknologi terbaru yang dapat menjebak orang karena ketidaktahuannya pada teknologi terbaru.
Belum ada tanggapan untuk "Modus baru penipuan, wajib dibaca!"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung