Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa di kurikulum 2013 ini, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan scientific, lalu bagaimana kriteria pembelajaran yang menggunakan pendekatan scientific? berikut tujuh kriteria yang menjadi dasar pembelajaran ini:
1.Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
2.Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
3.Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
4.Mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
5.Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.
6.Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.
7.Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.
Belum ada tanggapan untuk "7 kriteria pendekatan scientific"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung