Untuk memenuhi kebutuhan kenaikan pangkat, seorang guru
harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya adalah karya ilmiah. Karya ilmiah
banyak ragamnya, di dunia pendidikan khususnya guru dikenal dengan PTK
(Penelitian Tindakan Kelas), ternyata walaupun PTK dianggap sangat sederhana
namun tidak semua guru mampu melakukannya. Kendala utamanya adalah apa yang
perlu di PTK-kan, hal ini berarti bahwa untuk melakukan PTK membutuhkan
masalah. Inilah yang menyulitkan bagi guru, bagaimana menemukan masalah?
Untuk menemukan masalah tidaklah sulit bila kita memiliki
data lengkap tentang siswa. Bagi guru cukup membuka dokumen penilaian sudah
dapat menemukan permasalahan yang perlu di PTK-kan. Misalnya ketika membuka
dokumen, ternyata ada satu kelas yang nilainya tidak tuntas, rata-rata nilai
yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan, atau hasil yang diperoleh tidak
mencapai indikator yang telah di susun dalam RPP. Artinya terdapat selisih atau
kesenjangan antara yang direncanakan (RPP) dengan hasil yang dicapai, berarti
dikelas tersebut terdapat masalah yang perlu diselesaikan. Untuk menyelesaikannya
harus dilakukan melalui penelitian, disinilah guru dapat mem-PTK-kan masalah
dikelas yang tidak tuntas tersebut.
Pada contoh di atas, proses penemuan masalah dilakukan dengan
cara membadingkan harapan dan kenyataan. Apabila kenyataan tidak mencapai
harapan maka PTK diperlukan, sebaliknya apabila kenyataan mencapai harapan maka
tidak diperlukan PTK.
Kalau semua kelas misalnya tuntas, maka proses penemuan
masalah bisa dilakukan dengan membandingan kelas yang satu dengan kelas yang
lainnya. Bila kesenjangan nilai hasil evaluasi di peroleh terlalu jauh maka
kelas yang memiliki nilai rata-rata terendah perlu dilakukan PTK.
Hanya dengan membandingkan antara RPP dan kenyataan, seorang
guru sudah dapat merumuskan masalah. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan
untuk dapat menemukan masalah untuk di PTK-kan, tanpa masalah PTK tidak
diperlukan sebaliknya ketika ada masalah maka sangat direkomendasikan untuk
dilaksanakan PTK. Karena solusi yang di peroleh dapat menjadi kajian dan bahan
evaluasi untuk perbaikan pada tahap selanjutnya.
Belum ada tanggapan untuk "Cara cepat menemukan masalah untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung