City Branding adalah upaya menjalankan prinsip-prinsip branding untuk sebuah kota. Tujuan City Branding dari suatu kota bisa macam-macam, seperti menarik wisatawan, investor, penghuni baru, maupun orang-orang berbakat. Semua aktivitas yang dilakukan dengan tujuan menjadikan kota tidak hanya sebagai lokasi, namun menjadikan kota sebagai sebuah tujuan, mengubah kota menjadi sebuah tempat dimana manusia ingin bertempat tinggal, bekerja, dan berkunjung
Branding sendiri adalah proses komunikasi dan aktivitas yang dijalankan untuk membuat brand semakin besar dan bersinar. Ekuitas city branding menyangkut awareness, image, maupun loyalty.
Point of difference yang dimiliki oleh sebuah kota perlu diangkat, sekalipun kota tersebut menawarkan banyak hal yang sama dengan kota yang lain.
Branding yang tepat meliputi banyak aspek dan banyak pemangku kepentingan, melalui visi bersama, mengangkat KEKHASAN LOKAL yang menarik perhatian nasional, regional dan global, dan diisi dengan berbagai kekhasan dan kelebihan lokal yang bermutu.
City branding pada prinsipnya merupakan proses menuju kota masa depan, sehingga perlu memperhatikan rambu-rambu yang mesti diperhatikan. Rambu-rambu tersebut diantaranya:
- Dilakukan secara inklusif dan representatif
- Menjangkau ke MASA DEPAN KOTA yang cukup jauh
- Membangun VISI yang dimaknai bersama, cita-cita masa depan yang didambakan, bagaimana dan siapa yang akan mencapainya.
- Dalam merumuskan VISI, bayangkan BRAND seperti apa yang mungkin diwujudkan dan disepakati bersama
Indikator yang ingin dicapai melalui program pembangunan city branding antara lain:
- Membangun kota layak huni, aman dan nyaman bagi semua warga kota
- Membangun kota hijau yang tangguh bencana dan berketahanan iklim
- Membangun kota yang produktif dan berdayasaing yang memberikan peluang dan kesejahteraan secara inklusif dan berkelanjutan
- Membangun kota yang memiliki identitas lokal berbasis keragaman karakterfisik, keunggulan ekonomi dan budaya
- Mewujudkan keterkaitan antara pembangunan dan perencanaan kota dan wilayah secara terpadu dan merata sesuai peran dan fungsinya
- Mewujudkan pelaksanaan tata kelola perkotaan yang transparan, akuntabel, partisipatif dan profesional, serta cepat dan tanggap terhadap kebutuhan masyarakat
Arah City Branding di Indonesia
- City Branding diharapkan dapat membangun identitas kota yang dapat mengangkat identitas lokal di tingkat nasional dan global
- City Branding mampu mengintegrasikan berbagai program sektoral menuju branding yang dituju secara terpadu dan sinergis
- City Branding mampu mengarahkan perkotaan tersebut menuju Kota Masa Depan yang Berkelanjutan.
- City Branding merupakan acuan Grand Strategy Perencanaan dan Perancangan Perkotaan tersebut
- City Branding merupakan proses yang inklusif, mampu mengajak seluruh pelaku perkotaan tersebut membangun kota menjadi milik bersama.
Belum ada tanggapan untuk "Konsep Pembangunan City Branding"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung