Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Hatimu sebelah manakah tempatku?

Sudah empat tahun kita bersama, sudah tak terhitung duka dan bahagia terlewatkan bersamamu. Banyak pelajaran yang sempat ku pahami, banyak pula buah budi yang telah kupetik darimu, namun setelah kudalami dan kuselami jiwamu, tak kutemukan ukiran namaku, maka hari ini ku sengaja bertanya padamu, dihatimu sebelah manakah tempatku?

Wahai sayangku, seluruh hidupku sudah ku berikan padamu, seluruh cintaku sudah kupersembahkan kepadamu, seluruh ragaku sudah ku abdikan untuk dirimu seorang. Selama ini  kalau ku harus jujur padamu, akan kukatakan bahwa kehormatanku telah kau rebut, martabat dan jati diriku telah kau nodai, tapi walaupun demikian aku tetap menyayangimu sepenuh hatiku.

index

Wahai sayangku, engkaulah yang pertama mengukir bait-bait kebahagiaan dan cinta, engkaulah yang menunjukkan aku lorong harapan, engkaulah yang membuka tabir dan rahasia kehidupan, engkaulah yang melukis janji kita di atas sajadah,  tapi kenapa kini engkau pula yang pertama menabur debu.

Aku tidak menuntut lebih darimu, aku tidak mengharapkan hartamu, aku tidak menginginkan kebebasanmu, aku hanya ingin kau hargai, cintaku, sayangku, hidupku, pengorbananku, dan semua yang kumiliki yang telah kau dapatkan.

Wahai sayangku, aku ingin kau bebas karena itu aku tidak membatasi perjalananmu, aku ingin kau bahagia karena itu aku tidak melarangmu untuk bergaul, aku ingin kau jauh memandang karena itu aku tidak mengatur hidupmu, aku ingin kau siap karena itu aku tidak memaksamu untuk bertanggung jawab secepatnya, aku ingin kau hidup normal karena itu aku tidak menangis dihadapanmu. Semua kulakukan karena aku sangat menyayangi dan mencintaimu.

Di hatimu sebelah manakah tempatku?

Artikel keren lainnya:

Melatih kecepatan otak membuat keputusan melalui permainan game minesweeper

Game minesweeper adalah game bawaan windows, game ini melatih gammers untuk mengambil keputusan dalam waktu cepat dan tepat. Bagus sekali untuk pendidikan, selain mudah digunakan juga tidak sulit untuk ditemukan sebab hampir semua windows ada game ini. Adapun screenshoot game minesweeper yang saya maksudkan tampak seperti berikut :

image

 

Dari gambar di atas pasti anda sudah pernah membukanya kan? game ini hanya menampilkan angka dan bom. Angka menjadi petunjuk bagi kita untuk menentukan dimana lokasi bom, pada gambar di atas jumlah bom ada 99 buah, jadi coba bayangkan seandainya tidak ada petunjuknya apakah mungkin ada yang bisa menyelesaikannya?

Untuk memainkan game ini, kita membutuhkan mouse.

Klik kiri untuk membuka kotak

Klik kanan untuk menandai kotak (tanda bahwa kotak tersebut ada bom)

Klik kiri dan kanan secara bersamaan membuka kotak lebih dari satu.

Bagaimana cara menentukan letak bom? cukup mudah tinggal kita berhitung berdasarkan angkanya, Untuk lebih jelasnya berikut hitungannya:

 Angka 1 : menunjukkan bahwa disekitar angka tersebut terdapat 1 bom

maksudnya: salah satu kotak yang bersentuhan dengan angka 1, terdapat satu kotak yang berisi bom

Angka 2 : menunjukkan bahwa disekitar angka tersebut terdapat 2 bom

maksudnya: ada dua kotak yang bersentuhan dengan angka 2 yang berisi bom

 Angka 3 : menunjukkan bahwa disekitar angka tersebut terdapat 3 bom

maksudnya: ada tiga kotak yang bersentuhan dengan angka 3 yang berisi bom

Angka 4 : menunjukkan bahwa disekitar angka tersebut terdapat 4 bom

maksudnya: ada empat kotak yang bersentuhan dengan angka 4 yang berisi bom, dan seterusnya.

 

Sedangkan tanda bendera yang terdapat disamping angka seperti pada gambar berikut menunjukkan bahwa kotak tersebut berisi bom, untuk memunculkannya hanya dengan klik kanan.

Misalkan:

image

Coba lihat di sudut bawah gambar ada satu bendera yang dikelilingi oleh angka 1 artinya sebanyak apapun angka satu tetaplah hanya satu kotak yang bersentuhan dengan angka 1 yang berisi bom atau yang saya tandai dengan bendera.

Dan lihat pula kotak yang disampingnya adalah angka 2 dan hitung berapa bendera yang disamping angka 2 atau kotak yang bersentuhan dengan angka 2, jumlahnya tidak akan lebih dari 2 kotak yang berbendera dan juga tidak kurang dari 2 kotak.

Begitupula dengan angka 3, jumlah kotak yang berbendera tidak lebih dan tidak kurang dari tiga kotak yang berbendera. dan seterusnya pada angka 4, 5, 6.

Kalau game ini diterapkan dalam dunia pendidikan maka yang akan diperoleh :

1. Kemampuan pengambilan keputusan secara cepat, tepat dan akurat

2. Melatih daya nalar, analisis dan kritis

3. Pemanfaatan waktu secara efektif dan efisien

4. Meningkatkan respon sebagai akibat dari terlatihnya syaraf sensorik

5. Menguji manajemen waktu, pengelolaan, dan pemetaan terhadap masalah

6. Meningkatkan analisa statistika anak

 

Bagaimana bagi yang salah klik? atau salah mengambil keputusan? Ini dia jawabannya.

image

Semua bom yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar dimana-mana akan meledak, atau kalau pada sebuah organisasi maka cabang dan ranting organisasi akan melakukan perlawanan atas kepemimpinan kita.

Artikel keren lainnya:

Demi rakyat atau kekuasaan?

Peta politik kembali memanas, pelakunya kini bergeser di ruang DPR RI. Sampai kini, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) belum juga terbentuk padahal sudah lebih sebulan di lantik, waktu yang sudah cukup lama. Perebutan jabatan melibatkan dua kekuatan politik yang masih dibayangi oleh suasana pilpres lalu yakni Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP).

Sidang pembentukan AKD DPR RI berjalan cukup alot, terlihat sangat jelas bahwa kedua kekuatan itu bukan lagi disemangati oleh tujuan utamanya yakni demi rakyat tetapi sudah menjurus pada perebutan kekuasaan. KMP berusaha mendominasi di DPR RI sementara KIH yang selalu mengatasnamakan rakyat juga meminta perimbangan pembagian jabatan, yang pada akhirnya dapatlah dikatakan bahwa kedua kekuatan ini hanya mengejar kekuasaan  dengan mengatasnamakan rakyat.

Perkembangan terakhir yang justru membuat DPR RI menjadi bahan olok-olokan dan candaan di sosial media adalah munculnya DPR tandingan yang dimotori oleh KIH, mungkin mereka tidak mau kalah dengan PSSI yang lebih dulu membuat istilah “tandingan”. Menarik kita tunggu produk dari kedua versi DPR ini, apakah nanti akan ada dua versi Undang-undang? Kalau ini terjadi tentu saja dapat memberi pilihan pada masyarakat untuk memilih Undang-undang mana yang menguntungkan buat mereka dan yang paling berbahaya adalah munculnya negara tandingan, semoga tidak terjadi!.

Pemerintahan Jokowi-JK sebagai penyeimbang

Kejadian yang memalukan di DPR RI sebaiknya jangan ditanggapi oleh pemerintahan Jokowi-JK, apalagi harus mengeluarkan perppu. Akan sangat berbahaya bagi pemerintahan Jokowi-JK bila terlibat dalam persoalan DPR RI ini, bahkan bisa jadi ini adalah awal jatuhnya pemerintahan Jokowi-JK. Koalisi Merah Putih (KMP) tidak bisa dipandang sebelah mata, walaupun mereka tidak terlibat didalam pemerintahan Jokowi-JK tetapi kekuatan koalisi ini hampir sama dengan kekuatan Jokowi-JK, bahkan kekecewaan masyarakat akibat susunan kabinet kerja pemerintahan Jokowi-JK dapat menambah kekuatan KMP.

Oleh karena itu, Jokowi-JK harus bisa menjadi penyeimbang kedua kekuatan politik nasional, pemerintahan Jokowi-JK harus netral, pemerintahan Jokowi-JK harus kerja-kerja-kerja seperti yang diungkapkan selama ini. Kerja dimaksud bukan kerja untuk kelompok tertentu tetapi kerja untuk kepentingan rakyat secara keseluruhan.

Sekali lagi demi rakyat atau kekuasaan? Coba kita tanyakan kepada kedua kekuatan politik ini baik KIH maupun KMP, anda berjuang untuk mendapatkan jatah pimpinan di DPR RI apakah untuk kelompok anda? saya yakin kita akan mendapatkan jawaban bahwa “kami bekerja untuk rakyat”. Apakah membuat DPR tandingan juga demi rakyat? Bekerja untuk rakyat tidak perlu menjadi pimpinan, bekerja demi rakyat yang diperlukan hanyalah “kerja, kerja, kerja” kata Jokowi, 

Kue bolu tidak akan pernah jadi kue kalau tidak ada yang kerjakan, banyak orang tahu resep membuat kue, saya juga pasti tahu bahan-bahan dan cara kerja membuat kue bolu, kita tinggal tanya paman Google, jawabannya pasti ada, tapi apakah dengan hanya bertanya pada paman Google, kue bolu sudah jadi? Kerja…kerja…kerja… tanpa dikerjakan kue bolu tidak akan bisa menjadi kue.

Jadi walaupun KMP menguasai pimpinan DPR beserta AKD-nya, bukan berarti mereka seenaknya membuat aturan, rakyat akan mengawasi kerja DPR yang dikuasai KMP, dan saya yakin KMP juga berusaha bekerja untuk rakyat, jadi kalau baik KIH dan KMP sama-sama demi rakyat, lantas mengapa harus gontok-gontokan untuk mendapatkan jabatan? Apalagi harus membuat DPR tandingan?

Demi martabat dan nilai-nilai moral bangsa, maka sebaiknya jangan lagi membuat sesuatu yang menciderai citra wakil rakyat, wakil rakyat sejak dilantik menjadi anggota DPR RI tidak lagi membawa nama partai tetapi sudah membawa nama rakyat, olehnya itu demi rakyat apapun posisi yang diperoleh sebaiknya bekerjalah untuk kepentingan rakyat.

Artikel keren lainnya:

Cara jitu mencapai tujuan

Kalau sebelumnya saya pernah posting tentang meraih sukses maka kali ini saya akan posting bagaimana cara kita yang paling jitu untuk mencapai tujuan. Masing-masing orang memiliki tujuan sendiri-sendiri, saya punya tujuan yang tidak sama dengan tujuan anda, untuk mencapainya saya juga punya cara yang belum tentu sama dengan cara anda untuk mencapai tujuan. Kalau anda belum sempat untuk berbagi, maka kali ini saya mencoba untuk berbagi semoga saja ada yang ingin mencobanya atau paling tidak menjadi informasi buat anda untuk dipertimbangkan.

Sebelum kita lanjut saya ingin bertanya, apakah anda pernah gagal mendapatkan makanan? Pada umumnya manusia tidak pernah gagal untuk mendapatkan makanan, walaupun masing-masing orang memiliki cara yang berbeda tetapi untuk urusan mendapatkan makanan selalu sukses. Mengapa demikian? karena kalau gagal pasti kita akan kelaparan, apakah anda mau merasakan kelaparan?

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi manusia, makanan merupakan sumber energi, makanan adalah sumber nutrisi, tanpa makanan manusia tidak akan bisa hidup. Oleh karena makanan merupakan kebutuhan maka biasanya menjadi prioritas dalam hidup untuk bisa mendapatkannya. Bagaimanan caranya? sekali lagi masing-masing orang memiliki cara yang berbeda.

Baik miskin maupun kaya, selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan bisa berupa sandang, pangan dan papan. Pada umumnya, manusia mampu memenuhi ketiga kebutuhan ini walaupun pada level yang berbeda. Upaya untuk memenuhi kebutuhan manusia patut untuk diapresiasi menjadi langkah atau cara jitu untuk mencapai tujuan.

Ada banyak orang yang gagal mencapai tujuan yang telah ditetapkannya, yang lebih banyak dari yang berhasil mencapai tujuan adalah karena faktor kebetulan, faktor yang tidak terencana sebelumnya.

Salah satu cara yang saya lakukan untuk mencapai tujuan adalah menjadikan tujuan sebagai kebutuhan. Cara ini mampu mengantarkan saya pada tujuan yang ingin saya capai. Tujuan bila dijadikan sebagai kebutuhan dapat membuat kita semakin termotivasi berusaha mencapainya, kita akan jauh dari kata putus asa sebab tujuan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Artikel keren lainnya:

Membuat orang lain mengikuti kemauan anda

Masing-masing orang memiliki pribadi dan karakter yang berbeda-beda, membuat orang lain untuk mengikuti kemauan kita bukanlah pekerjaan mudah, pada umumnya dilakukan melalui komunikasi yang baik, komunikasi yang mengikat hati orang lain agar tidak ada alasan yang membuat mereka mampu menolak keinginan kita. Membangun komunikasi itu membutuhkan bakat dan keterampilan khusus yang juga tidak semua orang bisa melakukannya.

Membuat orang lain mau mengikuti keinginan kita akan mudah dilakukan apabila ada nilai tawar yang kita berikan atau yang mereka harapkan dari kita, nilai tawar ini bisa dalam bentuk jabatan, pangkat, dan harta benda. Yang sulit adalah bagi mereka yang tidak memiliki unsur nilai tawar yang saya sebutkan tadi, olehnya itu membutuhkan hal lain yang bisa mengikat orang lain sehingga dapat mengikuti kemauan kita.

Ada banyak hal yang bisa membuat orang lain mengikuti keinginan kita tanpa bermodalkan jabatan, pangkat maupun harta benda. Saya telah mempelajari banyak kebiasaan dimasyarakat yang mampu membuat orang lain terikat pada orang-orang tertentu.

1. Kepribadian baik

Orang yang memiliki kepribadian baik dapat membuat orang lain tunduk kepadanya, baik perkataan maupun prilakunya mampu menhipnotis orang lain, hal ini akibat pandangan positif terhadap dirinya yang telah tertanam dalam hati orang lain. Pada umumnya masyarakat memandang bahwa tidak ada alasan yang dapat membuat mereka tidak mengikuti apa yang dikatakannya.

2. Suka bersilaturahim

Orang yang suka bersilaturahim kepada kerabat, tetangga, dan siapa saja yang dikenalnya termasuk para atasannya apabila mereka memiliki pekerjaan dapat mempengaruhi orang lain yang dikenalnya. Membangun hubungan komunikasi melalui kebiasaan silaturahim merupakan pengerat secara psikologi, pendekatan kejiwaan ini mampu menguasai logika berpikir seseorang untuk kemudian mengikuti pengaruh yang bersumber dari pribadi orang terdekat dengannya. Contoh terkecilnya adalah pengaruh istri terhadap suaminya atau sebaliknya.

3. Jiwa Humoris

Orang yang memiliki jiwa humoris lebih mudah diterima dalam pergaulan, biasanya orang seperti ini banyak membangun hubungan silaturahim. Begitu banyaknya persoalan hidup membuat orang kehabisan energi berpikirnya, banyak orang terjebak oleh masalah-masalah hidup sehingga membutuhkan banyak hiburan yang mampu membuat suasana pikiran menjadi rileks dan santai kembali.

4. Pemecah kebuntuan

Salah satu keterampilan yang sulit dimiliki oleh semua orang adalah kemampuan memecahkan kebuntuan. Keterampilan ini lahir dari bakat dan karakter bawaan sejak lahir, mereka yang memiliki keterampilan ini sangat diperlukan keberadaanya oleh semua orang karena kemampuannya yang mampu mencairkan suasana. Biasanya orang seperti ini sangat diperlukan untuk melakukan diplomasi, lobi yang ditujukan untuk membangun pengaruh atau mempengaruhi orang lain.

5. Selalu berpikir positif

Kalau dalam situasi damai dan santai, tidaklah sulit namun ketika dalam keadaan menegangkan biasanya kemampuan berpikir positif menjadi berkurang. Orang yang selalu berpikir positif sangat dibutuhkan keberadaanya karena mampu menunjukkan jalan dan solusi terbaik.

6. Keputusan kritis dan tepat

Ada seorang teman saya yang dalam hidupnya jika bergaul banyak leluconnya, sangat sulit untuk mempercayai setiap perkataannya namun ada satu hal yang membuat kami harus mengakui kelebihannya yakni kemampuannya mengambil keputusan disaat yang kritis dengan tepat. Kemampuan inilah yang mampu mengikat dan mempengaruhi orang lain untuk selalu mengikuti keinginannya.

Dari enam poin di atas, tentu kalau disimpulkan cuma satu yakni komunikasi. Komunikasi merupakan alat yang dapat mempengaruhi orang lain dengan atau tanpa unsur jabatan, pangkat, dan harta benda.

Artikel keren lainnya:

Demam setelah olahraga atau kerja berat? Ini dia obatnya

Bagi yang sering kerja dan olah raga biasanya kondisi tubuh semakin fit setelah menjalani olahraga berat atau kerja berat, tetapi bagi jarang berolahraga atau kerja berat biasanya akan jatuh sakit, sakitnya juga termasuk sakit ringan yakni hanya demam dan pegal-pegal diseluruh tubuh.

Jika tidak diobati segera, kemungkinan demamnya bisa memakan beberapa hari namun apabila di obati kemungkinan bisa cepat sembuh kalau obatnya sesuai atau cocok. Demam seperti ini jangan sekali-sekali diatasi dengan cara di urut karena akan menambah nyeri pada badan, sehingga disarankan untuk istrahat selama demam.

Saya sering merasakan demam sehabis olahraga berat atau sehabis kerja berat, dalam hal ini saya hanya mengkonsumsi dua jenis obat dan hasilnya cukup memuaskan. Di konsumsi sebelum tidur, pas bangun pagi badan terasa sehat.

Kedua obat itu adalah Asam mefenamat dan Dexametasol. Caranya cukup satu biji masing-masing obat di minum pada malam hari, dan rasakan khasiatnya.

Selamat mencoba

Artikel keren lainnya:

Klasifikasi dan macam-macam pengeluaran negara

Pengeluaran pemerintah dapat dinilai dari berbagai segi, pengeluaran tersebut dapat di kelompokkan menjadi beberapa bagian diantaranya :

1. Pengeluaran yang merupakan investasi

2. Pengeluaran yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakat

3. Pengeluaran yang ditujukan untuk penghematan

4. Pengeluaran yang ditujukan untuk menyediakan kesempatan kerja dan penyebaran daya beli.

Dari kempat kelompok pengeluaran pemerintah di atas maka dapat ditentukan macam-macam pengeluaran negara:

1. Pengeluaran yang self liquiditing, yaitu pengeluaran pemerintah mendapatkan pembayaran kembali dari masyarakat yang menerima barang-barang atau jasa-jasa yang bersangkutan. Misal: pengeluaran untuk jasa perusahaan negara atau proyek produktif barang ekspor.

2. Pengeluaran yang reprduktif artinya mewujudkan keuntungan ekonomis bagi masyarakat, dengan naiknya tingkat pendapatan dan sasaran pajak yang lain yang akhirnya akan menaikkan penerimaan pemerintah.

3. Pengeluaran yang tidak self liquiditing maupun yang tidak reproduktif misal: bidang rekreasi, pendirian monumen, obyek wisata dan lain sebagainya.

4. Pengeluaran yang secara langsung tidak produktif dan merupakan pemborosan misal, pembiayaan pertahanan atau perang.

5. Pengeluaran yang merupakan penghematan di masa mendatang misalnya pengeluaran untuk anak yatim piatu.

Artikel keren lainnya:

Kriteria untuk menilai kebijakan pemerintah terhadap distribusi pendapatan riil

Baik atau tidaknya kebijakan pemerintah dibidang ekonomi akan berpengaruh kepada kegiatan perekonomian, misalnya alokasi sumber, barang dan jasa. Untuk menilai kebijakan pemerintah apakah mendukung kegiatan perekonomian atau tidak maka terdapat beberapa kriteria antara lain :

1. Keadilan (Equity)

Keadilan, berarti bahwa kebijakan pemerintah haruslah mempunyai akibat yang tidak berat sebelah misalnya bagi yang kurang mampu akan mendapatkan subsidi atau pengurangan pajak sedangkan bagi yang kaya akan membayar pajak.

2. Efisiensi ekonomis

Efisiensi ekonomis sering disebut dengan pareto optimality yaitu efisiensi yang berorientasi pada kebendaan. Secara kasar dapat dikatakan bahwa efisiensi ekonomi ada, apabila kebijakan pemerintah itu lebih baik dan memperhatikan pengaruh ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat sejauh mungkin. Atau efisiensi ini dapat dipertegas yaitu kalau suatu perekonomian sudah tidak mungkin lagi untuk mengadakan alokasi sumber-sumber, menyebabkan di satu pihak akan lebih makmur dan pihak lain merugi.

3. Paternalisme

Kebijakan untuk mengadakan atau menyediakan barang-barang atau jasa yang sebenarnya dikehendaki masyarakat, namun dalam hal pelayanan, pemerintah selalu mempertimbangkan pula kebutuhan tiap-tiap individu secara sendiri-sendiri. Tindakan pemerintah ini bukan karena memberikan apa yang masyarakat inginkan melainkan karena pemerintah mengetahui sesuatu yang terbaik buat masyarakatnya.

4. Kebebasan perorangan

Umumnya pemerintah akan diapresiasi baik apabila dapat memberikan kebebasan perorangan kepada masyarakatnya maka dari itu pembatasan yang ditetapkan terhadap kebebasan perorangan oleh pemerintah harus sekecil mungkin.

Artikel keren lainnya:

Formasi terbaik di top eleven manager

Salah satu game terpopuler di facebook adalah top eleven manager, sudah jutaan orang di seluruh dunia yang bergabung. Walaupun tidak menampilkan permainan seperti game bola lainnya namun ternyata game ini juga cukup menantang. Ada keasyikan yang membuat para gammers untuk bertarung seperti pengaturan strategi, pembelian pemain dan lain sebagainya.

Tim yang berada di peringkat satu sampai tujuh di akhir kompetisi akan mendapatkan promosi ke level berikutnya, dalam satu musim kompetisi diikuti oleh 14 tim, kita bertindak sebagai pelatih sekaligus manajer tim. Di akhir kompetisi tentunya kita berharap agar tim yang kita bentuk dapat keluar sebagai juaranya dan harapan terkecilnya adalah masuk dalam tujuh besar agar dapat promosi ke level berikutnya.

Akan tetapi untuk mencapai prestasi yang saya gambarkan di atas tidaklah mudah, kita harus bersaing dengan jutaan manajer maya dari daerah lain yang juga ingin timnya berprestasi, maka disinilah kita membutuhkan strategi jitu, salah satunya penentuan formasi tim.

Di top eleven manajer, formasi yang paling sulit dikalahkan adalah formasi 4-4-2, formasi standar yang apabila di dukung oleh pemain berkualitas maka dapat mengantarkan tim menjadi tim yang disegani dan tentunya hasil akhirnya adalah juara liga, juara champions dan juara cup.

Kebanyakan orang menggunakan formasi 4-3-3, formasi ini selalu keok bila berhadapan dengan formasi 4-4-2, sehingga kebanyakan manajer yang di top eleven manajer menggunakan formasi 4-4-2 untuk timnya. Jadi jika tim anda di top eleven manajer ingin berprestasi baik maka gunakan formasi 4-4-2 kecuali kualitas pemain anda di atas rata-rata tim lawan.

Artikel keren lainnya:

Jangan biarkan minyak tanah langkah karena hutan bakal hancur

Sedikit saja pemerintah salah mengambil kebijakan seperti mengurangi minyak tanah atau memaksa masyarakat menggunakan gas maka resikonya sangat besar yakni berdampak pada kehancuran hutan. Mengapa demikian? tentunya saya ungkapkan ini berdasarkan apa yang saya dengar di kelompok masyarakat ekonomi bawah dan masyarakat yang dipedesaan.

Kejadian ledakan tabung gas di beberapa daerah sudah cukup menciptakan masyarakat phobia dengan gas, mereka menjadi takut untuk menggunakan gas buat kebutuhan rumah tangganya. Ibu-ibu rumah tangga lebih memilih menggunakan tungku karena di anggap lebih aman daripada menggunakan kompor gas.

Atas pemahaman itu, maka mereka berpendapat bahwa apabila pemerintah mengurangi minyak tanah atau bahkan menghilangkan minyak tanah maka mereka akan beralih menggunakan tungku. Seperti kita tahu bahwa tungku umumnya berbahan dasar kayu bakar, artinya masyarakat akan banyak mencari kayu bakar. Hal inilah yang saya prediksi akan menjadikan hutan sebagai sasaran untuk mendapatkan kayu bakar, jadi jangan main-main dengan minyak tanah, BBM jenis lain boleh langkah tetapi minyak tanah harus selalu di perhatikan pada level aman.

Setiap hari, antrian minyak tanah bukan berkurang malah bertambah banyak seiring bertambahnya rumah tangga baru, warisan phobia dengan gas menurun pada rumah tangga baru, walaupun minyak tanah dibatasi jumlahnya tetapi tidak membuat masyarakat beralih menggunakan gas, bahkan didaerah pedesaan sudah banyak yang beralih ke tungku dengan bahan dasar kayu bakar. Akibatnya hutan-hutan mulai dirambah, hutan mulai banyak menjadi lahar terbuka, bahkan banyak yang saya temui mulai melirik bisnis kayu bakar karena prospeknya sangat menguntungkan.

Jadi kalau ingin hutan selamat maka amankan pengguna minyak tanah untuk kebutuhan rumah tangga, jangan sampai masyarakat di kota-kota juga mulai memanfaatkan kayu bakar sebagai alternatif yang ekonomis dan aman.

Artikel keren lainnya:

Menjadi berani berbicara dalam forum

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan untuk berbicara dalam forum, apakah forum diskusi, rapat, sidang dan lain sebagainya. Yang paling menantang adalah berbicara pada tempat terbuka misalnya saat kampanye. Untuk bisa berbicara dalam forum tentunya membutuhkan keterampilan khusus, namun untuk menguasai keterampilan itu membutuhkan waktu dan latihan yang lama. Mungkinkah ada cara singkatnya?

Di kampung saya, ketika ada rapat di kantor desa, yang hadir kebanyakan kakek-nenek yang tidak pernah menempuh pendidikan formal, pemandangan yang terjadi justru mereka mampu menguasai forum rapat, mereka mampu mengeluarkan argumentasi yang disertai dengan dasar-dasar logika yang membuat siapapun yang mendengarnya akan mengerti dan memahami maksud dan pesan yang disampaikan. Mereka tidak pernah ragu dengan materi yang dibicarakannya, sehingga pada umumnya rapat selalu menghasilkan keputusan yang di peroleh dengan cara musyawarah mufakat.

Adalah hal yang berbeda ketika saya mengikuti rapat pada sebuah kegiatan dimana pesertanya rata-rata berlatar belakang sarjana. Suasana rapat terlihat hanya satu dua orang saja yang berbicara, yang lainya menjadi pendengar setia bahkan menjadi komentator di belakang layar.

Apa yang terjadi sebenarnya? Kaum sarjana tidak diragukan lagi pengetahuannya karena sering membaca sedangkan kakek-nenek di kampung saya tidak pernah membaca buku bahkan banyak yang masih buta huruf, tetapi kemampuan berbicaranya justru bertolak belakang dengan latar belakangnya.

Setelah saya googling, setidaknya ada beberapa poin kesimpulan yang saya dapatkan, dan kesimpulan ini dapat menjadi solusi untuk mendorong kita berani berbicara dalam forum tertutup maupun forum terbuka.

1. Referensi

Pahami terlebih dahulu agenda yang akan dibicarakan, sehingga kita dapat menyiapkan data-data yang berkaitan dengan tujuan dilaksanakannya rapat atau diskusi atau arah forum, data-data ini akan menjadi informasi bagi kita, hasil olahan informasi menjadi bahan pembicaraan atau pendapat yang akan kita sampaikan.

2. Hadapi dengan Santai

Waktu anda berbicara dengan teman atau sahabat, pernahkah anda menjadi pendengar setia? saya yakin anda pasti aktif berbicara, menyampaikan pendapat, informasi dan saran kepada lawan bicara anda. Ini terjadi karena anda memposisikan diri anda pada situasi santai, rileks dan nyaman, tetapi coba kalau anda berbicara di forum baik terbuka maupun tertutup, biasanya anda merasa tertekan, terawasi, dan takut salah. Kondisi diri ini dapat membuat kita untuk tidak berani berbicara, tidak berani menyampaikan pendapat dan saran. Olehnya itu, agar kita bisa berbicara di forum dengan baik maka tempatkan diri kita pada kondisi santai, rileks dan nyaman. Hilangkan pikiran-pikiran negatif dan bentuk selalu pikiran positif dengan optimisme tinggi sehingga anda mampu menunjukkan kemampuan berbicara di forum.

3. Bukan susunan kata tapi yang terpenting isi pesan

Biasanya, ketika kita berbicara di forum, kita berusaha untuk mengatur kata dan kalimat yang disampaikan agar terdengar meyakinkan, padahal ini adalah masalah yang sebenarnya harus di hindari. Yang terpenting ketika kita berbicara di forum adalah isi pesan yang disampaikan, banyak orang terjebak pada situasi ini, mereka berusaha merangkai kata dan kalimat, mereka berusaha menyampaikannya dengan dasar dan logika yang sangat meyakinkan yang terurai dengan sangat panjang namun mereka lupa dengan isi pesan yang harus dikomunikasikan. Coba anda perhatikan notule rapat, sepanjang apapun yang disampaikan oleh peserta forum, ketika di tangan notulen pasti yang tertulis hanya satu dua baris saja, artinya notulen hanya menulis inti dari pendapat yang disampaikan oleh peserta rapat tersebut.

Maksud saya adalah kalau berbicara di forum, sampaikanlah secara sederhana agar tidak mengaburkan isi pesan yang ingin anda komunikasikan.

4. Anda takut berarti berani

Kok demikian? takut yah takut, berani yah berani, tapi kenapa sampai saya katakan bahwa takut berarti berani. Orang yang berani berawal dari rasa takut, tetapi orang yang takut selalu berawal rasa berani. Maksudnya begini, ketika orang takut, mendapatkan hambatan pasti akan muncul keberanian untuk melakukan apa yang ditakutkan sementara orang berani ketika mendapatkan hambatan yang sulit dipecahkan biasanya akan mengalami ketakutan untuk melakukan apa yang ditakutkan. Jadi kalau anda merasa takut maka coba lakukan apa yang anda takutkan tersebut, saya yakin akan muncul keberanian dari dalam diri anda.

Penting untuk diingat adalah ketakutan dapat membuat anda untuk selalu intropeksi diri, dan inilah modal besar yang dapat membawa anda menjadi leader dalam suatu forum apakah forum terbuka atau forum tertutup.

5. Jangan berbicara dengan kata atau kalimat yang tidak anda pahami artinya

Kadangkala kita berusaha berbicara dengan mengeluarkan kata atau kalimat yang bernuasa ilmiah yang oleh kita sendiri tidak pernah memahami apa arti dan maksudnya, Biasanya ini  dilakukan untuk menunjukkan bahwa kita adalah orang yang berpendidikan, yang memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, berusaha melebihi kemampuan yang dimiliki oleh peserta lainnya. Kalau ini anda paksakan maka pada saat tertentu anda akan kebingungan, yang akan anda pikirkan hanyalah pikiran-pikiran untuk bisa menyambung kalimat satu dengan kalimat lainnya, yang pada akhirnya anda akan terjebak dengan pikiran anda sendiri.

6. Bayangkan anda adalah penentu

Untuk bisa mengeluarkan pendapat atau saran atau dapat berbicara di forum, maka anda harus memposisikan diri anda sebagai penentu, tunjukkan bahwa peserta forum membutuhkan pemikiran-pemikiran positif dari anda.

7. Kurangi kata tertentu secara berulang-ulang

Jangankan kita sebagai pemula, pakar sekalipun kadang terjebak pada persoalan ini misalnya Moerdiono ketika menjabat mensesneg selalu mengulang huruf “e”. Ada juga dalam suatu forum diskusi di salah satu TV ada seorang pakar yang selalu mengulang “…..maka kemudian ….”. Persoalan mengulang kata secara berulang-ulang ini kadang menjadi penurun kepercayaan diri, menjadi penyakit kejiwaan yang dapat mengalihkan isi pesan yang ingin dikomunikasikan kepada peserta forum dan yang paling parah lagi adalah kita akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan pendapat dengan uraian-uraian  yang ditujukan untuk membuka pemahaman bagi pendengar.

Dari ketujuh poin di atas yang paling penting adalah bagaimana kita mempraktekkannya, bagaimana kita merobohkan tembok rasa takut berbicara di muka umum, saran para pakar psikolog adalah lakukan dulu, persoalan diterima atau tidak yang penting coba dulu untuk berbicara di muka umum. Pertama kali berbicara mungkin akan ada perasaan gugup namun rasakan kedua dan seterusnya anda pasti akan ketagihan untuk selalu berusaha berbicara dimuka umum.

Artikel keren lainnya:

Melatih kemampuan menulis siswa di luar kelas

Keterampilan menulis tidak di peroleh begitu saja, harus ada proses latihan berupa praktek menulis yang mesti dilakukan oleh siswa. Untuk melatih kemampuan menulis siswa, dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan misalnya mengajak siswa untuk menulis pengalaman, kesan atau pikiran yang menarik hati mereka, atau yang paling mudah dilakukan adalah menulis buku harian,

Kegiatan lain yang juga dapat mendorong minat siswa untuk menulis adalah majalah dinding (mading), hampir semua sekolah sudah menyediakan sarana ini, sebaiknya pengelolaan mading ditangani langsung oleh siswa, hal ini dimaksudkan untuk mendorong dan menumbuhkan kemampuan manajerial siswa.

Seringkali kita mendengar siswa mendapatkan tugas membuat kliping, klipin jangan hanya menampilkan gambar-gambar saja tetapi sedapat mungkin meminta siswa untuk mendeskripsikan pendapatnya tentang gambar-gambar yang dikumpulkannya. Upayakan kliping yang ditugaskan jangan membatasi kreatifitas mereka, kliping yang baik adalah kliping yang sesuai dengan bakat dan minat siswa, yang terpenting adalah mereka suka dan senang melaksanakannya serta menuangkan pendapatnya dalam bentuk tulisan.

Artikel keren lainnya:

Langkah-langkah penyusunan kamus

Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Ia berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal usul (etimologi) sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan. (wikipedia)

Ada beberapa tahapan dalam menyusun kamus yang harus di ikuti yakni:

1. Persiapan

Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah mengadakan segala sesuatu yang dapat menunjang kelancaran pelaksanaan penyusunan kamus. Yang perlu diperhatikan antara lain:

a. penyediaan alat-alat tulis

b. penyediaan sumber data, seperti buku, media massa cetak, dan kamus yang sejenis

c. penyediaan bahan sumber rujukan yang dapat berupa kamus dan ensiklopedi.

2. Pengumpulan data

Data yang diperoleh harus disusun secara bersistem, sumber data itu dikumpulkan dengan cara memindahkannya ke dalam kartu, manfaat kartu agar menghasilkan data yang tepat dan taat asas guna menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan. Data yang sudah terkumpul dalam bentuk kartu harus disusun mengikuti abjad. Penyusun kamus harus memiliki pengetahuan dasar-dasar morfologi terutama morfologi bahasa.

3. Pengolahan data

Setelah kartu-kartu tersusun sesuai dengan abjad, kemudian dilakukan pengolahan dan penggarapan, data-data yang sudah terkumpul di seleksi dan diperiksa kembali untuk menentukan keabsahan data serta untuk memisahkan data-data yang dapat dimanfaatkan dan yang tidak perlu dimanfaatkan harus dikeluarkan.

Kegiatan yang perlu dilakukan pada tahap ini adalah:

a. Pemeriksaan urutan abjad

b. Penyeleksian data

c. Klasifikasi data

d. Pemberian definisi

e. Penyuntingan hasil pemberian definisi

4. Pengetikan kartu induk

Kartu induk adalah kartu-karu entry yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan kamus. Kartu induk merupakan hasil akhir dari pengolahan data.

5. Penyusunan kartotek

Kartotek merupakan kartu-kartu yang berupa kartu induk kamus yang disusun menurut abjad dan diatur sesuai dengan urutan susunan entry yang telah ditetapkan sebelumnya sesuai dengan tujuan penyusunan kamus. Kartotek merupakan kegiatan yang mengarahkan proses penyusunan kamus ke kegiatan pengetikan atau kamus yang siap cetak.

6. Pengetikan naskah

Mengetik naskah kamus dilaksanakan berdasarkan kartotek.

7. Koreksi naskah

Untuk menghindari kesalahan ketik yang terjadi pada saat pengetikan naskah maka tahap ini penyusun harus melakukan koreksi yang ditujukan untuk memastikan bahwa kamus sudah dapat cetak dan siap edar atau belum.

8. Cetak coba

Setelah naskah kamus sudah di koreksi dan betul-betul sudah siap cetak, kemudian diserahkan ke percetakan, untuk memastikan kamus siap edar maka percetakan harus mencetak kamus dalam bentuk cetak coba. Apa yang perlu di perbaik dan dipertahankan pada tahap ini kembali diperiksa.

Artikel keren lainnya:

Pengertian Sastra Anak

Tidak banyak orang menjelaskan tentang pengertian sastra anak, akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata sastra anak, cerita anak atau bacaan anak. Dalam kamus istilah sastra dan kamus bahasa besar bahasa Indonesia tidak ada uraian yang menjelaskan tentang sastra anak. Lalu apa sih sebenarnya pengertian sastra anak?

Kata sastra anak merupakan dua patah kata yang dirangkaikan menjadi satu kata sebut, yaitu kata sastra dan kata anak. Kata sastra berarti karya seni imajinatif dengan unsur estetisnya dominan yang bermediumkan bahasa (Rene Wellek, 1989). Sementara itu, kata anak disini diartikan sebagai manusia yang masih kecil (KBBI, 1988) atau bocah (KBBI, 1988).

Sehingga Sastra anak dapat diartikan sebagai karya seni yang imajinatif dengan unsur estetisnya dominan yang bermediumkan bahasa baik lisan maupun tulisan yang secara khusus dapat dipahami oleh anak-anak dan berisi tentang dunia yang akrab dengan anak-anak.

K. Toha-Sarumpaet (1976) menjelaskan bahwa sastra anak adalah karya sastra yang dikonsumsi anak dan diurus serta dikerjakan oleh orang tua. Pendeknya, sastra anak ditulis oleh orang tua untuk anaknya.

Pada perkembangannya, sastra anak tidak lagi ditulis oleh orang tua melainkan kaum profesional yang mengerti dan memahami seluk beluk dunia anak-anak. Pada intinya sastra anak merupakan tulisan atau cerita atau bahan bacaan yang dibuat untuk anak-anak, biasanya mengandung nasehat, ujaran atau pelajaran hidup berupa kebaikan dan keburukan, adab, etika, ataupun penghormatan terhadap yang lebih tua.

Artikel keren lainnya:

Cara sederhana untuk bisa meraih sukses

Semua orang ingin sukses, saya juga ingin sukses makanya saya berusaha untuk banyak menulis dengan harapan agar bisa menulis tulisan-tulisan yang berguna bagi orang lain. Saya yakin anda juga ingin sukses karena anda berminat untuk membaca tulisan saya ini, walaupun penyajiannya sangat sederhana dan tidak terstruktur seperti penulis profesional.

Ada ungkapan “kalau ingin sukses maka berkumpullah dengan orang-orang sukses” artinya yang akan terjadi dengan diri kita adalah dampak dari lingkungan dimana kita berada atau bentuk pergaulan seperti apa kita berada. Semua bentuk pergaulan menjadi gambaran yang kita dapatkan di masa yang akan datang.

Berdasarkan uraian saya di atas, maka untuk bisa meraih kesuksesan, kita tinggal memperbaiki hubungan dengan orang lain, hubungan yang saya maksudkan adalah hubungan yang konstruktif dan bersifat positif.  Saya menyarankan agar kita jangan terlalu terlena terjerumus ke dalam teori-teori, tetapi mulailah untuk melaksanakan semua apa yang sudah diketahui berdasarkan potensi dan kapasitas yang kita miliki. Kebanyakan orang sukses bukan dimulai dari pribadi orang lain tetapi selalu berawal dari kerja keras dengan bermodalkan atas apa yang mereka miliki.

Sukses merupakan akibat dari sesuatu yang unik, sesuatu yang diciptakan berdasarkan daya dan imajinasi kita yang mampu mempengaruhi orang lain sehingga orang lain menghargainya menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki. Setiap orang sudah memiliki sifat sukses namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menggalinya, ilmu pengetahuan dan teori-teori tentang sukses hanyalah informasi untuk membuka daya pikir kita tetapi tidak untuk membawa kita menjadi pribadi yang sukses. Kalau benar ilmu pengetahuan dan teori-teori tentang sukses dapat merubah seseorang maka yakinlah bahwa semua orang pasti sudah sukses.

Olehnya itu, mulailah dari sekarang tutup buku tentang sukses, mulailah bekerja menunjukkan kemampuan berdasarkan potensi yang kita miliki, saya ingin menjadi penulis seperti para penulis profesional maka saya mulai menulis dan menulis, apakah tulisan saya bagus atau tidak yang terpenting bagi saya adalah menulis dulu, saya memilih membuat blog karena ini bisa menjadi wadah untuk menyalurkan hoby saya, selain gratis juga tidak perlu bersaing dengan penulis profesional memperebutkan kolom-kolom pada tabloid, majalah, koran atau jurnal. Saya hanya menulis dan mempublish sendiri. Kalau tulisan saya bagus pasti banyak yang akan berkunjung dan membaca tulisan saya.

Jadi pada intinya untuk bisa meraih sukses hanya ada tiga kata yakni “kerja, kerja, dan kerja”, dengan banyak bekerja kita akan tahu kelemahan dan kelebihan yang kita miliki, kita pula akan tahu bagaimana mengelola potensi yang ada pada diri kita, kata pepatah “ala bisa karena terbiasa”. Orang yang sudah meraih sukses pada umumnya sudah terbiasa dengan bidang kerja yang mereka tekuni sehingga mengantarkan mereka pada posisi Ahli, posisi dimana semua orang ingin meraihnya, posisi yang telah mengantarkan seseorang meraih kesuksesan baik dalam hal harta benda maupun status sosial.

Artikel keren lainnya:

Jokowi-JK: Gagal sedikit saja akan menjadi pemimpin yang paling di benci

Ada ungkapan yang sering saya dengar “orang yang pertama kecewa adalah tim sukses atau pernah menjadi bagian dari perjuangan memenangkan pemilihan”, ungkapan ini juga akan berlaku kepada tim Jokowi-JK, olehnya itu Jokowi-JK harus bisa mengakomodir semua keinginan tim suksesnya atau yang berjuang mendukung mereka pada pilpres. Jika tidak maka Jokowi-JK akan menjadi pemimpin pertama di Indonesia yang dibenci oleh rakyat terutama media sosial.

Saya sangat yakin bahwa pengguna media sosial sangat mencintai dan mendukung Jokowi-JK untuk menjadi presiden, maka jangan heran kalau selama ini setiap kali ada posting atau berita yang memojokkan Jokowi-JK akan di bully langsung oleh para pendukungnya. Kecintaan dan dukungan mereka kepada Jokowi-JK karena ada harapan dan mimpi yang selama ini tidak pernah terwujud, mereka sangat optimis bahwa Jokowi-JK dapat mewujudkannya, dengan pertimbangan track rekord atau rekam jejak beliau selama memimpin Kota Solo dan DKI Jakarta.

Kalau nantinya pengguna sosial media berbalik menyerang Jokowi-JK maka tidak perlu kita heran setelah membaca ungkapan di atas, sebab itulah yang terjadi di Indonesia selama ini. Belum ada pemimpin di Indonesia hasil Pilkada langsung benar-benar bekerja untuk rakyat, mereka pada umumnya memimpin daerahnya berdasarkan kepentingan, apakah kepentingan partai pengusung, apakah kepentingan pribadi atau kepentingan donaturnya. Kalaupun ada pembangunan maka yang dilakukan itu adalah hasil dari komitmen yang dibangun bersama para pemangku kepentingan.

Benarkah di balik Jokowi-Jk tidak ada kepentingan?

Sampai tulisan ini saya publish, Jokowi-JK belum dilantik namun perebutan posisi sudah mulai tampak walaupun selalu ditutup-tutupi, siapa yang mengisi kabinet mulai saling berebut dengan pendekatan senyap namun menggigit, awalnya akan melibatkan relawan tetapi pada perkembangannya kini relawan sudah mulai ditinggalkan, suara relawan tidak didengar lagi dengan alasan menteri adalah hak prerogatif presiden.

Melalu tim Transisi, Jokowi-JK membedah APBN 2015, pada APBN 2015 mereka mengeluhkan karena tidak ada ruang fiskal yang tersedia. Kondisi ini dianggap tidak dapat memberi ruang gerak pemerintahan Jokowi-JK, apakah yang salah dengan APBN 2015? Kalau acuannya adalah keberpihakan kepada rakyat, apakah APBN 2015 tidak berpihak kepada rakyat?

Asumsi pribadi saya justru menilai Jokowi-JK dan timnya sedang berusaha untuk mengakomodir kepentingan para donatur besar, program kartu Indonesia sehat, kartu Indonesia pintar dan kartu-kartu lainnya memang belum masuk di APBN 2015 sementara menurut pendapatku melalui kartu inilah para donatur menitip kepentingannya.

 

Berdasarkan uraian di atas tentunya relawan Jokowi-JK harus siap untuk menerima kenyataan seperti perubahan pribadi Jokowi dalam memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan menuntut kematangan dan kedewasaan Jokowi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima. Pada bagian lain, Jokowi-JK juga harus mampu memainkan peran secara regional maupun internasional, dua situasi yang berbeda yang apabila tidak dikelola dengan baik maka Indonesia akan tertinggal ditengah kondisi yang kompetitif.

Artikel keren lainnya:

Pengaruh stres bagi penderita diabetes atau penyakit gula

Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat (Wikipedia).

Stres bisa positif dan bisa negatif.[2] Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan.[3] Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan. (wikipedia)

Namun bagaimanakah stress terhadap penderita diabetes? menurut pengalaman yang saya dapatkan pada penderita diabetes atau penyakit gula, stres ternyata dapat meningkatkan kandungan gula pada tubuh, ketika penderita diabetes atau penyakit gula menghadapi situasi stress pada umumnya kandungan gulannya mencapai keadaan maksimal. Hal ini dipicu oleh emosi penderita yang tidak stabil, padahal penderita penyakit gula atau diabetes, emosi dan kejiwaannya harus selalu berada pada kodisi normal.

Jadi para penderita diabetes atau penyakit gula, bukan hanya berpantangan pada makanan tetapi juga faktor lingkungan  dan kestabilan emosionalnya juga harus menjadi perhatian serius karena ternyata terdapat korelasi atau hubungan antara penyakit yang dideritanya dengan situasi emosi dan kejiwaan si penderita.

Artikel keren lainnya:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Advertising

Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan advertising tersebut antara lain menurut Philip Kotler (2003:170) adalah sebagai berikut :

1. Primery demand

Yang perlu diperhatikan disini adalah adanya kemungkinan penambahan konsumen terhadap hasil produksi perusahaan setelah diadakan advertising.

2. Buying motive

Faktor ini mengatakan tentang faktor apa yang menyebabkan konsumen mendahulukan pembelian.

3. Hidden qualities

Faktor ini adalah menyangkut kemantapan kualitas produk yang diadvertensikan dan perbedaan keuntungan yang akan diperoleh dan penggunaan advertising harus dipertimbangkan, sehingga tidak mengalami kerugian dalam pelaksanaannya.

4. Money

Faktor keuangan ini sangat penting sekali, sebab tanpa adanya dana advertising tidak dapat dilaksanakan.

Artikel keren lainnya:

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar bahasa

Belajar merupakan perubahan perilaku manusia atau perubahan kapabilitas yang relatif permanen sebagai hasil pengalaman. Keberhasilan belajar bahasa dipengaruhi oleh dua faktor, kedua faktor ini adalah faktor eksternal dan faktor internal.

a. Faktor eksternal

Faktor eksternal adalah kondisi yang terjadi diluar diri manusia. Kondisi ini seperti lingkungan sekolah, guru, teman sekolah, keluarga, orang tua dan masyarakat. Ada tiga prinsip belajar yang harus diperhatikan agar tercapai keberhasilan belajar. Pertama; memberikan situasi atau materi yang sesuai dengan respons yang diharapkan, kedua; dilakukan pengulangan agar belajar lebih sempurna dan lebih lama diingat, dan yang ketiga; harus ada penguatan respons yang tepat untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan kekuatan respons itu.

b. Faktor internal

Faktor ini merupakan faktor yang terjadi dari dalam diri manusia. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain motivasi positif dan percaya diri dalam belajar, menyediakan materi yang memadai untuk memancing aktivitas yang positif dan merencanakan strategi yang akan dilaksanakan agar dapat merangsang kejiwaan dan keinginan untuk belajar.

Artikel keren lainnya:

Mengenal Alat, Bahan dan Media Pembelajaran

Alat, bahan dan media pembelajaran memiliki peran dan fungsi yang berbeda, kadang kita merasa ketiganya merupakan hal yang sama. Untuk itulah sebaiknya kita kenal yang mana namanya alat pembelajaran, yang mana bahan pembelajaran dan yang mana media pembelajaran. sebelum saya lanjut, bagi yang sudah paham silahkan pilih artikel saya yang lainnya tetapi bagi yang belum saya persilahkan untuk membaca kelanjutannya.

1. Infokus

2. Mistar

3. air mineral

4. RPP dan Silabus

5. Gelas kimia

Dari kelima contoh di atas yang manakah alat, bahan dan media pembelajaran? Simak pengertian sederhananya berikut:

1. Alat pembelajaran adalah yang digunakan oleh siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.

2. Media pembelajaran adalah yang digunakan oleh guru dalam memudahkan penyampaian materi yang diajarkan

3. Bahan pembelajaran adalah sesuatu yang habis terpakai selama pembelajaran berlangsung oleh siswa

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat ditentukan bahwa Infokus adalah media pembelajaran, mistar dan gelas kimia adalah alat pembelajaran, air mineral adalah bahan pembelajaran, sedangkan RPP dan Silabus adalah perangkat pembelajaran.

Dalam menyusun RPP, apabila KI dan KD yang diajarkan tidak membutuhkan bahan dan alat pembelajaran maka jangan di uraikan ke dalam RPP, jika yang digunakan hanya alat maka cukup uraikan alat pembelajaran saja dan tidak perlu ada bahan jangan sampai dalam menyusun RPP kita juga menulis point misalnya “Alat dan Bahan “ padahal yang ada hanya alat tetapi tidak ada bahan, kalau dalam menyampaikan materi harus menggunakan media maka di RPP harus pula diuraikan “Media Pembelajaran” –nya.

Artikel keren lainnya:

Download Aplikasi Pembagian Kebutuhan Rumah Tangga

Berapa persenkah normalnya kebutuhan rumah tangga?

Untitled-1Pola hidup modern yang cenderung konsumtif telah menjerumuskan sebagian besar orang pada lilitan utang. Yang paling nampak adalah PNS, untuk mendapatkan produk-produk rumah tangga kebanyakan diperoleh melalui kredit, untuk membangun rumah juga melalui kredit, artinya tanpa kredit (utang) PNS sulit untuk berkembang. Begitupula dengan para buruh, umumnya sama dengan kehidupan PNS, peran kredit sangat dominan.

Apakah tanpa kredit (utang) kita tidak dapat hidup? Berapa pun gaji yang diperoleh sesungguhnya sudah cukup untuk membiayai hidup, Yang membuat kita kekurangan adalah karena kebutuhan (yang tidak terkontrol) lebih tinggi daripada penghasilan, tingginya keinginan membuat seseorang berusaha mewujudkannya dengan jalan kredit (utang).

Bahwa kita harus terhindari dari kredit (utang), adalah kewajiban yang harus dipenuhi kalau ingin hidup normal. Untuk hidup normal maka kita harus rela untuk tidak mengejar sesuatu yang nilainya melebihi penghasilan kita atau untuk memperolehnya harus dilakukan secara bertahap dan terencana. Berapakah normalnya kebutuhan jika didasarkan pada penghasilan kita?

Secara normal, kebutuhan atau biaya hidup tidak bisa melebihi 80% penghasilan kita, misalkan gaji atau penghasilan kita Rp. 1.000.000,- maka kebutuhan atau biaya hidup selama sebulan tidak boleh lebih dari 800.000,-, . Sedangkan yang Rp. 200.000,- kita jadikan dana statis, dana yang hanya bisa digunakan pada situasi yang genting atau gawat, situasi tidak pernah masuk dalam perencanaan.

Apa saja yang termasuk 80% dari penghasilan tadi? yang termasuk pada bagian ini antara lain; belanja rumah tangga, pendidikan, kesehatan, tabungan dan sosial. Untuk perhitungan lengkapnya silahkan download aplikasinya berikut ini.

DOWNLOAD APLIKASI PERHITUNGAN KEBUTUHAN NORMAL PER BULAN

Selamat mencoba.

Artikel keren lainnya:

Elemen perubahan kurikulum 2013

Elemen perubahan kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013 terdapat pada empat domain yakni Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar proses dan standar penilaian. Perubahan terjadi sebagai jawaban terkait dengan faktor perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif. Selain itu terdapat tantangan eksternal, tantangan ini merupakan tantangan yang akan terjadi di masa yang akan datang misalnya WTO, ASEAN Community, APEC, CAFTA, masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, ekonomi berbasis pengetahuan, kebangkitan industri kreatif dan budaya, pergeseran kekuatan ekonomi dunia, pengaruh dan imbas teknosains, mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan, materi TIMSS dan PISA.

Berikut gambaran elemen perubahan kurikulum :

 

image

 

a. Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah penjabaran pencapaian yang harus dimiliki oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. SKL pada kurikulum 2006 diturunkan atau dijabarkan berdasarkan mata pelajaran, artinya pada kurikulum 2006 yang disusun terlebih dahulu adalah mata pelajarannya barulah kemudian dari mata pelajaran tersebut ditentukan SKL yang harus dicapai.

Sedangkan pada kurikulum 2013, penentuan SKL mengacu kepada analisis kebutuhan dengan mempertimbangkan tantangan internal dan tantangan eksternal yang terjadi saat ini dan yang terjadi di masa yang akan datang. Setelah SKL dirumuskan barulah diturunkan menjadi mata pelajaran atau struktur kurikulum.

b. Standar Isi

Standar isi merupakan materi yang harus diberikan kepada siswa untuk mencapai SKL, pada standar isi ini ada tiga kompetensi yang harus dicapai yakni kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jika pada kurikulum KTSP kita mengenal Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar maka pada kurikulum 2013 terdapat perubahan yakni Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Kompetensi inti terdiri atas empat yakni KI-1 (Spritual), KI-2 (Sosial), KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan).

Masing-masing KI terdapat Kompetensi Dasar (KD) yang juga harus dicapai, untuk mengetahui capaian KD maka guru harus menurunkan atau menjabarkannya dalam bentuk indikator.

c. Standar proses

Standar proses mengandung sistem atau cara atau teknik bagaimana kita menyampaikan materi kepada siswa. Pada kurikulum KTSP, standar proses terfokus pada Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi sedangkan pada kurikulum 2013 dilengkapi dengan Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan scientific ilmiah, belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat, guru bukan satu-satunya sumber belajar dan sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan.

d. Standar penilaian

Untuk mengukur ketercapaian kompetensi yang dimiliki oleh siswa maka sistem penilaian juga berubah, pada awalnya penilaian hanya mengukur kompetensi pengetahuan maka pada kurikulum 2013 penilaiannya secara otentik yakni mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil.

Penilaian juga tidak hanya mengukur pencapaian Kompetensi Dasar tetapi juga dengan mengukur pencapaian Kompetensi Inti dan Standar Kompetensi Lulusan.

 

Kalau saya gambarkan urutan perubahannya kira-kira seperti berikut

Kurikulum 2006 (KTSP)

 

image

Kurikulum 2013

image

Artikel keren lainnya:

Nasib Prabowo Subianto tergantung Jokowi-JK

Kalau masalah ekonomi, Prabowo Subianto sudah lebih dari status mapan namun kalau melihat karir politiknya dengan latar belakang yang kurang baik di mata sebagian masyarakat, nasib beliau tergantung dari hasil pemerintahan Jokowi-JK. Ketika Jokowi-JK berhasil membangun Indonesia maka Prabowo Subianto harus menunggu sepuluh tahun kedepan untuk menjadi presiden, sebaliknya apabila pemerintahan Jokowi-JK tidak berhasil memimpin Indonesia maka masyarakat akan menaruh harapan kepada Prabowo Subianto untuk menjadi presiden Indonesia dimasa yang akan datang.

Asumsi di atas berdasarkan pada kondisi politik sampai dengan saat ini, walaupun Indonesia mengenal demokrasi multi partai namun secara nasional hanya dua kekuatan politik yakni Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih. Kedua kekuatan ini akan terus berhadapan selama lima tahun kedepan. Kalau kedua kekuatan ini tidak mampu menjalin komunikasi politik dengan baik tentunya dapat berimbas pada pemerintahan Jokowi-JK secara keseluruhan, situasi seperti ini dibutuhkan manuver politik dari Jokowi-JK termasuk kemampuan Jokowi-JK dalam menjalin komunikasi politik kepada kedua kekuatan baik KIB maupun KMP.

Akankah Jokowi-JK berhasil memimpin Indonesia? tergantung pada dua hal, yang pertama adalah pembuktian pemerintahannya pada pembangunan Indonesia yang mengedepankan kepentingan rakyat dan  yang kedua hasil komunikasi politik Jokowi-JK terhadap Koalisi Merah Putih. Dua hal inilah yang akan menjadi indikator keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK.

Artikel keren lainnya:

Apakah Jokowi-JK presiden pilihan rakyat?

Hari Senin tanggal 20 Oktober 2014 menjadi hari yang paling dinantikan sekaligus akan tercatat dalam lembaran sejarah bangsa Indonesia, pada hari itu terdapat momen pelantikan presiden Indonesia, adalah Jokowi-JK yang akan dilantik sebagai presiden pilihan rakyat. Mampukah Jokowi-JK mengemban amanat rakyat Indonesia? Melihat tingginya antusias masyarakat dengan berbagai macam harapan yang juga terlalu tinggi dan feedback yang diberikan oleh pasangan Jokowi-JK sebelum dan sesudah pemilu menandakan ada optimisme yang akan membawa bangsa Indonesia kearah yang lebih baik, bangsa yang sejahtera dan bangsa yang bermartabat.

Harapan masyarakat kepada pemerintahan Jokowi-JK bukan tanpa dasar, banyak keberhasilan yang pernah dicapai oleh Jokowi ketika beliau memimpin Kota Solo walaupun oleh sebagian orang menganggap itu adalah pencitraan yang sengaja dibentuk oleh media. Inilah tantangan terbesar bagi seorang Jokowi dalam memimpin Indonesia lima tahun ke depan, saatnya Jokowi untuk membuktikan dirinya bahwa beliau bukan dibentuk oleh media namun memang adalah hasil kematangan beliau selama memimpin Kota Solo dan DKI Jakarta.

Optimisme yang berlebihan dari masyarakat Indonesia kepada Jokowi adalah akibat dari kurang berhasilnya pemerintahan sebelumnya, masyarakat sangat merindukan pemimpin yang amanah, pemimpin yang bekerja untuk kepentingan masyarakat, pemimpin yang memiliki sosok sederhana, jujur dan merakyat. Semua itu ada pada diri Jokowi, apalagi media baik elektronik maupun cetak, dan yang paling gencar adalah media online termasuk media sosial sangat gencar menggambarkan sosok Jokowi yang bagaikan tanpa kekurangan, tentunya akan menjadi bumerang bagi seorang Jokowi dan media apabila selama pemerintahan Jokowi-JK nantinya tidak berjalan sesuai dengan keinginan dan harapan yang selama ini dibesar-besarkan.

Dibeberapa daerah di Indonesia sudah pernah memiliki pemimpin yang sangat disukai dan dicintai, pemimpin yang gambarannya sama dengan posisi Jokowi saat ini. Namun setelah mengemban tugas sebagai pemimpin justru mereka tidak mampu berbuat untuk mewujudkan harapan masyarakatnya, mereka seperti kehilangan kreativitas dan inovasi, daya kritis yang menjadi alat sehingga mereka didukung penuh oleh masyarakatnya justru tidak sebanding dengan kemampuan manajerialnya yang pada akhirnya mereka menjadi pemimpin yang disesalkan oleh rakyat. Akankah Jokowi-JK bernasib demikian? lima tahun kedepan adalah pembuktiannya.

Artikel keren lainnya:

Pengertian dan fungsi bahasa

Bahasa dalam bahasa Inggrisnya disebut language dan dalam bahasa latinnya dapat diarikan dengan lidah. Anda tentunya sudah mengerti bahwa lidah merupakan alat ucap yang paling sering digunakan daripada alat ucap yang lainnya. Jadi bahasa adalah suatu bentuk ungkapan yang bentuk dasarnya adalah ujaran. Oleh  karena bahasa merupakan alat komunikasi maka sifat bahasa harus sistematik, mana suka, ujar, manusiawi, dan komunikatif.

Disebut sistematik karena bahasa diatur oleh sistem, disebut mana suka karena unsur-unsur bahasa dipilih secara acak tanpa dasar, tidak ada hubungan logis antara bunyi dan makna yang disimbolkan. Bahasa disebut ujar karena media bahasa yang terpenting adalah bunyi walaupun kemudian ditemui ada juga media tulisan, bahasa disebut manusiawi karena bahasa menjadi berfungsi selama manusia yang memanfaatkannya, bukan makhluk lainnya. Sedangkan bahasa disebut komunikatif karena fungsi bahas sebagai penyatu keluarga, masyarakat dan bangsa dalam segala kegiatannya.

Dalam pandangan umum, bahasa merupakan media komunikasi, fungsi bahasa sebagai media komunikasi dapat di bagi menjadi :

1. Fungsi informasi yaitu untuk menyampaikan informasi timbal balik antara anggota keluarga ataupun masyarakat.

2. Fungsi ekspresi, yaitu untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi atau tekanan-tekanan perasaan pembicara.

3. Fungsi adaptasi dan integrasi yaitu untuk menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat.

4. Fungsi kontrol sosial yaitu untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, apabila fungsi ini berlaku dengan baik maka semua kegiatan sosial akan berlangsung dengan baik pula.

Artikel keren lainnya:

Ciri-ciri kelas dengan pendekatan Whole Language

Whole language adalah salah satu pendekatan pengajaran bahasa yang menyajikan pengajaran bahasa secara utuh, tidak terpisah-pisah (Edelsky, 1991). Para ahli whole language berpendapat bahwa bahasa merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan (Rigg, 1991), oleh karena itu pengajaran keterampilan berbahasa dan komponen bahasa seperti tata bahasa dan kosakata disajikan secara utuh bermakna dan dalam situasi nyata atau otentik.

Adapun kelas belajar yang melaksanakan pendekatan whole language dapat dilihat dari ciri-cirinya yakni:

1. kelas penuh dengan barang cetakan

2. siswa belajar melalu model atau contoh

3. siswa bekerja dan belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya

4. siswa berbagi tanggung jawab dalam pembelajaran

5. siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran bermakna

6. siswa berani mengambil resiko dan bebas bereksperimen

7. siswa mendapat feedback positif dari guru maupun temannya

Pada intinya dengan memperhatikan ke tujuh ciri-ciri di atas dapat di simpulkan bahwa siswa berperan aktif dalam pembelajaran, guru hanya sebagai fasilitator, guru hanya mengamati dan mencatat kegiatan siswa, selama proses pembelajaran guru dapat melakukan penilaian terhadap aktivitas siswa.

Artikel keren lainnya:

Langkah-langkah dalam menyusun advertising menurut Paul D. Converse H.W. Huegy R.V. Mirchell

Langkah-langkah dalam menyusun advertising menurut Paul D. Converse H.W. Huegy R.V. Mirchell (2004:147), maka yang perlu diperhatikan adalah :

1. Pemeliharaan headline dari copy

Banyak pemasang advertising mempergunakan nama perusahaan sebagai headline. Keadaan ini belum menjamin advertising yang menarik bagi pembaca. Oleh karena itu harus diusahakan cara agar judul advertising dapat menimbulkan rasa ingin tahu agar tercipta daya penggerak yang menciptakan untuk membeli. Oleh karena itu headline tidak boleh membosankan.

2. Pemilihan ilustrasi yang menarik

Ilustrasi adalah suatu pokok yang sangat penting dalam advertising perdagangan. Para pemegang advertising perlu memikirkan syarat-syarat gambar terlebih dahulu, seetlah itu baru kata-katanya, instruksi dalam advertising adalah headline dalam bentuk gambar.

3. Pemilihan lay-out yang baik

Besarnya biaya suatu advertensi harus tergantung pada maksud dan tujuan serta kepentingannya. Mengingat ongkos advertensi ini telah meningkat, maka orang sudah memperhitungkan pemasangan advertensi dengan cara mengecilkan advertensi dan memperbaiki teknik-tekniknya, serta yang terpenting adalah lay-out.

4. Pemilihan gambar

Dengan mempergunakan gambar akan lebih menarik perhatian para konsumen tentang suatu barang dari pada kata-kata yang berkepanjangan dimana pembaca malas untuk membacanya.

5. Pemilihan warna

Warna yang menarik perhatian adalah faktor yang sangat penting karena itu warna yang digunakan advertensi harus menyolok, dan dipilih warna yang dapat menghidupkan suasana gambar pada advertensi tersebut.

Artikel keren lainnya:

Daun gerseng juga dapat mengobat penyakit reumatik

Ternyata daun gerseng dapat mengobati berbagai penyakit, selain untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh atau mengobat penyakit diabetes, daun gerseng dapat mengobat penyakit reumatik. Penyakit reumatik dialami hampir semua orang terutama orang yang usianya sudah dewasa dan lanjut.
index

Dalam hal penyakit reumatik, informasi ini saya dapatkan dari beberapa orang yang selalu mengkonsumsi ramuan dari daun gerseng. Menurut mereka daun gerseng penting menjaga kebugaran tubuh terutama agar terhindar dari penyakit reumatik, apa yang mereka lakukan adalah akibat dari seringnya mereka merasakan penyakit reumatik.

Dengan mengkonsumsi daun gerseng, penyakit reumatik dapat mengembalikan tubuh mereka ke kondisi yang diharapkan, kondisi yang terbebas dari penyakit reumatik. 

Saya yakin anda sudah bisa memahami isi tulisan ini, pertanyaannya bagaimana cara meramunya? Saya pernah mempostingnya, waktu itu saya mengulas tentang penyakit gula dengan pengobatan menggunakan daun gerseng. Didalamnya ada cara pengolahannya dan cara itu sama dengan cara yang saya sarankan untuk mengobati penyakit reumatik ini. Olehnya itu silahkan baca artikel saya berikut.

http://samparona.blogspot.com/2014/10/cara-mengatasi-penyakit-gula-dengan.html

Selamat berjuang semoga cepat sembuh dan terbebas dari penyakit reumatik.

Artikel keren lainnya:

Cara mengatasi penyakit gula dengan daun gerseng

Pohon gerseng biasanya dijadikan tanaman hijau di halaman rumah, daunnya yang sangat rimbun dapat memberi suasana menyenangkan, buahnya hanya sebesar kelereng tapi kalau di konsumsi akan membawa kenikmatan tersendiri karena rasanya yang lain dari pada yang lain. Sekali menikmatinya saya yakin anda tidak akan ada keinginan untuk beranjak pergi sampai semua buahnya habis disantap. Umumnya anak-anak sangat suka dengan buah gerseng ini.

Gambarnya bisa dilihat seperti berikut:

index

Pohon gerseng yang begitu hijau dihalaman rumah ternyata daunnya dapat mengontrol penyaki gula daerah atau penyakit diabetes dalam bahasa medisnya. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sulit dikendalikan, penyakit yang sampai dengan saat ini belum ada obatnya, penyakit yang hanya bisa dikontrol, dan yang lebih parah lagi adalah penyakit yang sudah membunuh jutaan manusia secara perlahan.

Seperti yang saya tulis pada judul di atas, ternyata penyakit gula darah atau diabetes dapat dikontrol dengan mengkonsumsi daun gerseng. Bagaimanakah caranya?

Tahap 1: Kumpulkan beberapa lembar daun gerseng

Tahap 2: Masak daun gerseng tersebut dengan air, upayakan airnya sekitar 6-7 gelas minum saja.

Tahap 3: Biarkan mendidih sampai airnya tinggal 3-4 gelas minum

Tahap 4: Tuang airnya melalu saringan sampai penuh satu gelas minum

Tahap 5: Minum air hasil saringannya.

Sisa air yang belum dikonsumsi silahkan dipanasi kembali kalau sudah masuk jadwal minum kembali. Lakukan 2 kali sehari kalau penyakit gula darahnya sudah akut, dan 1 kali dalam 2 atau 3 hari kalau hanya untuk pencegahan.

Selamat mencoba

Artikel keren lainnya:

Tahap-Tahap Sistem Pengendalian Manajemen

Proses pengendalian manajemen melibatkan komunikasi informal dan interaksi antara manajer dengan karyawan, untuk melengkapi pengendalian informal. Perusahaan juga mempunyai sistem pengendalian formal yang meliputi tahap-tahap yang saling berkaitan sebagai berikut :

a. Pemrograman

Pemograman adalah proses memilih program tertentu untuk kegiatan-kegiatan organisasi program menggambarkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan organisasi dalam rangka pelaksanaan strategi. Pada perusahaan yang berorientasi pada laba, setiap produk atau lini produk (product line) merupakan program.

b. Penganggaran (budgeting)

Anggaran operasi sebenarnya adalah rencana tindakan yang dinyatakan dalam satuan uang, pada proses penganggaran, penyusunan dilakukan dengan mengumpulkan anggaran bagian dan divisi yang merupakan tanggungjawab para managernya.

Proses penyusunan anggaran pada dasarnya merupakan negosiasi antara manajer pusat pertanggungjawaban dengan atasannya untuk menerapkan apa yang harus dilakukan manajer dan bagaimana caranya.

c. Operasi dan pengukuran

Selama periode operasi aktual, pencatatan dilakukan terhadap sumber daya yang digunakan, dinyatakan sebagai biaya dan pendapatan yang diperoleh. Catatan ini dilakukan sedemikian hingga setiap data biaya dan pendapatan diklasifikasikan menurut program dan pusat pertanggungjawaban data yang diklasifikasikan digunakan sebagai dasar pemrograman yang akan datang. Untuk tujuan terakhir data aktual dari hasil dilaporkan dengan cara yang memungkinkan perbandingan dengan anggaran.

d. Pelaporan dan analisis

Sistem pengendalian manajemen berfungsi sebagai alat komunikasi. Informasi yang dikomunikasikan terdiri dari data akuntansi maupun non-akuntansi.

Pelaporan juga digunakan sebagai alat pengendalian beberapa diturunkan dari analisis yang mengembangkan rencana dan membandingkan hasil aktual dengan hasil yang direncanakan. Berdasarkan laporan formal ini dan juga berdasarkan informasi yang diterima lewat saluran non-formal, manajer memutuskan apa yang harus dilakukan.

Artikel keren lainnya:

Pengaruh Antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen

Tuntutan konsumen terhadap kualitas layanan semakin tinggi. Era globalisasi memaksa perusahaan untuk selalu memperbaiki kualitas jasanya agar bisa mempertahankan kelangsungan hidupnya, karena konsumen semakin pintar dan kritis untuk memutuskan apa yang akan dibelinya. Konsumen tidak hanya melihat harga dari label, tetapi lebih pada manfaat yang didapat dari barang yang dibelinya. Mereka lebih suka membeli dengan harga yang sedikit lebih tinggi asalkan mendapatkan layanan yang memuaskan.

Fenomena ini merupakan tantangan bagi perusahaan dan perlu untuk direspon dengan merancang strategi yang tepat. Perusahaan dituntut lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, selanjutnya perlu diketahui harapannya dan kemudian berusaha untuk memenuhinya.

Kualitas pelayanan merupakan bagian yang paling penting dari kegiatan pemasaran produk. Pelayanan yang baik akan sangat membantu dalam mempertahankan konsumen, karena biaya yang diperlukan untuk mempertahankan kemauan pelanggan akan lebih sedikit jika dibandingkan biaya untuk merebut kembali pelanggan yang telah hilang atau untuk menarik pelanggan yang baru yang biasanya lebih besar.

Pengaruh antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen ini diungkapkan oleh Tjiptono (2007:68) sebagai berikut:

Kualitas dan kepuasan pelanggan berkaitan sangat erat. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka. Dengan demikian perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dimana perusahaan memaksimumkan pengalaman yang menyenangkan dan meminimumkan atau meniadakan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan. Pada gilirannya kepuasan pelanggan dapat menciptakan kesetiaan atau loyalitas pelanggan kepada perusahaan yang memberikan kepuasan.

Artikel keren lainnya:

Cara mengatasi bau mulut

Masalah bau mulut sering menjadi ganjalan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Seorang teman bertanya bagaimana mengatasi bau mulut yang dideritanya, padahal katanya dia sudah menjaga menu makanannya, memang yang namanya penyakit bau mulut sulit untuk diatasi, ada yang mencoba menggunakan obat medis, ada yang mencoba memperbanyak minum air putih bahkan yang tradisional, tapi semuanya hanya bersifat temporer atau sementara.

Menurut yang pernah saya dengar, penyakit bau mulut sumbernya cukup beragam, ada yang akibat tidak sikat gigi, ada yang karena makanan, ada pula yang karena lambung dan lain sebagainya. Mungkin saja ada yang mengatakan bahwa mulutnya tidak bau, tapi coba kalau anda baru bangun dari tidur, saya yakin anda akan menemukan bahwa mulut anda bau, lantas apa penyebabnya? saya juga tidak tahu.

Karena bau mulut sangat mengganggu tentunya membutuhkan cara penanganannya, saya sarankan untuk membuat mulut anda menjadi harum. Bagaimana caranya? cukup dengan mengunyah kapulaga, lihat gambarnya!

Kapulaga biasanya digunakan untuk membuat kue agar menjadi harum, saya sering mengunyah kapulaga, ada juga orang merendam kapulaga dengan kopi sehingga kalau diminum akan terasa harum dan mulutpun ikut harum. Mau mencobanya? silahkan beli kapulaga di toko-toko penjual bahan kue tapi jangan di toko bangunan yah. hehehe

Artikel keren lainnya:

Tujuan dan fungsi advertising bagi perusahaan

Perusahaan dalam melaksanakan advertising, tentu memiliki tujuan tertentu. Apalagi dengan keadaan pasar sekarang ini, dimana barang atau jasa mencari pembeli, sehingga peranan advertising tidak dapat diabaikan dalam upaya untuk memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat.

Berdasarkan hal di atas, maka untuk mengetahui tujuan advertising dapat dilihat dari pendapat Sofyan Assauri (2002:247) yang menyatakan bahwa:

1. Mempertahankan para langganan yang setia dengan membujuk para langganan agar tetap membeli.

2. Menarik kembali para langganan yang hilang atau lari, dengan menarik atau mengarahkan arus langganan secara perlahan-lahan ke arah produk yang dihasilkan perusahaan dari merek produk saingan.

3. Menarik langganan baru, dengan menarik arus pembeli ke arah produk yang diiklankan perusahaan, dan menggantikan tempat para langganan yang pindah ke merk produk pesaing serta memperluas pasar secara keseluruhan.

Pendapat lain mengatakan bahwa tujuan advertising adalah:

1. Mendukung program personal selling dan kegiatan promosi yang lainnya.

2. Mencapai orang-orang teretntu yang tidak dicapai oleh tenaga penjual atau salesman dalam jangka waktu tertentu.

3. Mengadakan hubungan dengan para penyalur, misalnya mencari nama dan alamatnya.

4. Memasuki daerah pemasaran baru atau menarik langganan baru.

5. Memperkenalkan produk baru

6. Menambah penjual industri

7. Mencegah timbulnya barang-barang tiruan.

8. Memperbaiki reputasi perusahaan dengan memberikan pelayanan umum melalui periklanan.

(Basu Swastha DH, 2005:223)

Jadi maksud dari advertising ini adalah memperkenalkan produk kepada masyarakat, baik melalui informasi-informasi di media maupun lewat personal selling, sehingga dengan adanya advertising tersebut, pembeli-pembeli yang tidak terjangkau, dapat didekati dan diharapkan dapat menciptakan suatu pembelian baru terhadap produk tersebut.

Adapun fungsi advertising di dalam memasarkan produk perusahaan menurut Sofyan Assauri (2002:247) adalah sebagai berikut:

1. Sebagai alat untuk memberi infogan dalam memperkenalkan produk baru ke pasaran.

2. Untuk membantu ekspansi atau perluasan pasar.

3. Untuk menunjang program personal selling.

4. Untuk mencapai orang-orang yang tidak dapat dikunjungi para pramuniaga (sales person).

5. Untuk membentuk nama baik (good will) perusahaan.

Sedangkan menurut Basu Swasta (2000:246) adalah sebagai berikut:

1. Memberikan informasi

Advertising dapat memberikan informasi lebih banyak, baik tetnang harga, ataupun informasi lain yang berguna bagi konsumen. Tanpa adanya informasi tidak banyak mengetahui tentang suatu barang. Jadi, advertising dapat menambah nilai pada suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen.

2. Membujuk dan mempengaruhi

Advertising tidak hanya memberitahu saja, tetapi ada juga yang bersifat membujuk terutama kepada calon pembeli dalam hal ini membujuk, misalnya suatu produk tertentu leih baik dibandingkan produk lain.

3. Menciptakan kesan

Dengan advertising, orang akan mempunyai kesan tertentu tentang apa yang diadvertensikan. Dalam hal ini pemasangan advertising harus berusaha untuk menciptakan kesan sebaik-baiknya, karena kadangkala pembeli suatu barang tidak disadari secara rasional, tetapi cenderung untuk mempertahankan/meningkatkan gengsi belaka.

4. Memuaskan keinginan

Sebelum memilih dan membeli produk, kadangkala orang ingin mengetahui lebih dulu maccam barang yang akan dibeli, apakah benar-benar sesuai dengan keinginan mereka. Jadi disini, advertising merupakan su atu alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yaitu berupa pertukaran yang saling menguntungkan.

5. Sebagai alat komunikasi

Advertising adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli, sehingga keinginan mereka dapat terpenuhi dengan cara mudah, sehingga diharapkan dapat terjadi pertukaran yang saling menguntungkan.

Jadi fungsi advertising disini adalah sebagai media komunikasi yang dapat memberikan informasi serta kesan tertentu terhadap suatu barang yang diadvertisingkan. Disamping itu, fungsi advertising juga dapat mempengaruhi seseorang untuk memilih yang terbaik dan menguntungkan dalam usaha memuaskan keinginannya.

Artikel keren lainnya:

Beberapa penyakit karena pertengkaran dalam rumah tangga

Setiap rumah tangga pasti ada pertengkaran, kalau tidak ada pertengkaran perlu dipertanyakan, jadi pertengkaran dalam rumah tangga merupakan hal biasa bahkan bagi sebagian orang menyatakan bahwa pertengkaran adalah bagian dari kenikmatan berumah tangga. Oleh orang-orang bijak, pertengkaran rumah tangga merupakan tangga menuju kesempurnaan kehidupan berumah tangga, pertengkaran merupakan proses belajar baik suami maupun istri untuk mengetahui rahasia pribadi dan karakter pasangannya.

Akan tetapi kalau pertengkaran yang terjadi dalam rumah tangga sudah berlebihan, maka akan berdampak pada pribadi baik suami maupun istri. Berikut beberapa penyakit yang diakibatkan oleh pertengkaran rumah tangga yang mesti diwaspadai:

1. Penyakit Jantung
Penyakit ini biasanya selalu dihubungkan dengan fisik seseorang sehingga pada umumnya dilakukan tindakan perawatan dan pengobatan dengan cara medis. Bagi orang kampung seperti saya, maklum kita baru dapat jaringan setelah ada BTS di dekat kampung, penyakit ini disebabkan oleh pertengkaran dalam rumah tangga yang tidak selesai, baik suami maupun istri lebih memilih diam sehingga tidak ada keputusan atau solusi yang dicapai. 

Diam bukan berarti masalah selesai, diam dilakukan hanya untuk mengalah agar pertengkaran selesai padahal tanpa di sadari, diam dengan memendam masalah sangat beresiko. Pada saat diam biasanya di bagian dada kita akan terasa sakit, napas tidak teratur, setiap langkah dan gerak kita serta pikiran kita di kemudian hari akan terasa berat. Apalabila tidak segera dikeluarkan atau dibuang dari dalam diri kita maka akan mengganggu proses kerja jantung. Ketika proses kerja jantung menjadi terganggu maka pada saat itulah kita akan merasakan dan menderita penyakit jantung. 

Penyakit jantung telah membunuh jutaan orang, saya tempatkan di poin pertama karena telah banyak orang yang menderita penyakit jantung dan menariknya mereka menderita penyakit jantung setelah menikah, hal menarik berikutnya adalah penderita penyakit jantung umumnya diderita oleh pasangan suami istri yang kurang harmonis didalam rumah tangganya.

2. Penyakit lambung
Ini juga penyakit yang sering diderita oleh orang setelah menikah, kalau alasannya karena makan tidak teratur adalah tidak logis kecuali mereka kekurangan rejeki untuk beli makanan. Secara medis selalu mengaitkan penyakit lambung dengan kurang makan atau terlambat makan, namun bagi orang kampung seperti saya, penyakit lambung bukan karena terlambat makan melainkan adanya gangguan dalam hubungan suami istri. Menurut faham kami, hubungan badan suami istri sebaiknya dilakukan tiga kali seminggu, lebih dari itu juga bisa asal dilakukan secara teratur. Apakah ketika terjadi pertengkaran dalam rumah tangga masih mungkin terjadi hubungan suami istri? saya yakin sulit untuk mengatakan tidak, kecuali kembali baikkan.

Kaitannya dengan penyakit lambung adalah ketika baik suami maupun istri mendapatkan rangsangan yang timbul apakah dorongan dari luar ataupun dorongan dari dalam diri, tubuh kita akan mengalami peningkatan energi kira-kira begitu, yang jelasnya kondisi tubuh berbeda dengan kondisi tubuh saat normal. Semua organ tubuh mengalami peningkatan kerja, aliran darah mengalir lebih cepat. Kekuatan manusia sebenarnya terletak pada lambung makanya kalau kita mengangkat beban berat, yang terkena pertama adalah lambung. Begitupula dengan hubungan suami istri, energi akan berpusat di lambung, yang menjadi masalah adalah proses penurunan energi apabila terjadi begitu cepat maka akan mengakibatkan gangguan pada lambung, berbeda dengan kalau energi itu keluar melalui proses hubungan suami istri, penurunannya terjadi secara bertahap. Gejala yang paling mungkin kita rasakan adalah terjadi kram pada bagian kemaluan sampai dengan bagian paha.

Cara mengatasinya selain dengan medis, dengan diurut, dapat juga dengan ramuan sederhana, silahkan baca artikel ini : 

 
atau dengan ini
 

3. Penyakit Stroke
Penyakit ini juga sering dialami oleh orang yang sudah menikah, penyakit ini disebabkan oleh karena kurangnya pengendalian diri. Adanya emosi yang berlebihan, adanya keinginan yang tidak pernah terwujud, dan termasuk karena banyaknya beban tugas dan masalah yang tidak terselesaikan.

4. Penyakit Kurus
Bukan ini namanya, tetapi karena saya sudah lupa namanya sehingga sebut saja dengan penyakit kurus (hehehe). Penyakit ini kalau dibawa ke dokter atau rumah sakit, hasil diagnosanya pasti tidak terjadi gangguan pada organ tubuh. Pengalaman saya selama ini terhadap orang-orang yang pernah mengalaminya, ketika dibawa ke dokter hasilnya macam-macam. Tetapi coba kalau dibawa ke petua-petua kampung, jangan heran kalau kita di beri macam-macam nasehat dan yang paling memalukan adalah dimintai keterangan untuk dikatakan dengan sejujur-jujurnya termasuk menceritakan perselingkuhan kita kalau memang pernah kita lakukan. 

Tanda-tandanya, sering mual, badan lemas, demam, malas makan, sering mengalami halusinasi, kadang merasa ketakutan kepada semua orang termasuk pasangan kita, jika buang air besar yang keluar kadang hanya bentuk cairan dan yang paling menakutkan adalah terjadi penurunan berat badan secara drastis, kalau dibawa ke dokter atau rumah sakit, hasilnya tidak ada gangguan penyakit dan masih banyak lagi tanda-tanda lainnya. 

Adapun cara mengatasinya cukup dengan mengambil air di tempat cuci tangan, masukkan tangan anda dan tangan pasangan anda di tempat cuci tangan tersebut lalu kemudian masing-masing menceritakan kesalahannya. Diakhiri dengan saling memaafkan, yakinlah dalam beberapa hari atau bahkan keesokan harinya penyakit anda akan sembuh.

5. Sakit Paha
Pernah alami sakit paha? atau paha anda tegang? Jika itu pernah terjadi pada anda maka anda tinggal meminta maaf saja kepada pasangan anda atau diri anda sendiri. Jika anda adalah suami, sakit paha bagian kiri  maka minta maaflah pada istri anda tetapi jika di sebelah kanan maka perbaikilah pikiran dan emosi anda termasuk berusaha untuk memaafkan istri anda.

Sebaliknya kalau anda adalah istri, sakit paha bagian kanan maka minta maaflah pada suami anda, sakit paha bagian kiri maka perbaikilah pikiran dan emosi anda termasuk berusaha untuk memaafkan suami anda.

Namun bagaimana kalau keduanya sakit? Perbaikilah hubungan anda kepada pasangan anda, anak anda dan tetangga anda. 

Jika cara di atas belum juga dapat sembuh, maka langkah terakhir adalah ganti celana anda termasuk celana dalam anda dengan yang lebih agak longgar karena pada umumnya celana yang sempit termasuk celana dalam yang sempit dapat mengganggu, mungkin karena masalah peredaran darah.

Dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh kehidupan rumah tangga. Saya tidak menyarankan anda untuk tidak berumah tangga setelah mengetahui ini, karena yang menderita penyakit ini adalah mereka-mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat kalau dari sudut pandang medis, dan yang mengalami gangguan kejiwaan kalau dari sudut pandang orang kampung seperti saya.

Artikel keren lainnya:

Mengobati penyakit lambung dengan pisang

Penyakitnya orang kaya adalah penyakit lambung katanya, hehehe. Bagaimana tidak, yang sering menderita penyakit ini adalah orang-orang kaya sementara orang-orang miskin jarang terkena penyakit ini. Saya pun menjadi penasaran mengapa penyakit ini banyak di derita oleh orang kaya. Maka mulailah saya melakukan pengamatan ke kehidupan orang kaya dan orang miskin, saya ingin membandingkan keduanya. Hasinya?

Setelah beberapa bulan saya melakukan pengamatan, kesimpulan saya menyatakan bahwa benar sekali apa yang dikatakan di awal bahwa penyakit lambung memang penyakitnya orang kaya. Bukan karena banyaknya penderita dari orang kaya tetapi saya melihatnya dari sudut kesehariannya masing-masing.

Orang kaya pada umumnya mengabaikan waktu makan dengan alasan karena disibukkan dengan pekerjaan apalagi pekerjaan itu harus memenuhi target, pada saat seperti inilah kebanyakan orang kaya melupakan waktu makan, jadwal makan yang harusnya di taati justru berantakan karena keinginan menyelesaikan pekerjaannya. Pada umumnya mereka hanya akan mengisi perutnya dengan memperbanyak makanan ringan padahal makanan ringan kurang mengandung nutrisi untuk mengembalikan energi yang terbuang habis selama bekerja.

Bandingkan dengan orang miskin, walaupun menu makannya kurang membangkitkan selera makan namun mereka selalu makan tepat pada waktunya, mungkin karena ingin berhemat atau karena se-sen uangnya sangat berharga buat kehidupan keluarganya sehingga mereka jarang atau bahkan tidak pernah membelanjakan uangnya untuk membeli makanan ringan. Tentu ini sangat berpengaruh pada perutnya, ketika tiba waktu harus makan maka pada saat itu mereka akan kelaparan, dan pada saat itu pula mereka pulang ke rumah dan makan bersama keluarganya.

Pada intinya, penyakit lambung terjadi karena pola hidup yang tidak teratur. Apakah tidak ada penawarnya? tentunya penawar penyakit selalu ada dan sudah tersedia lengkap di bumi ini, tinggal kita mencari dan menemukan penawar tersebut.

Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat bahkan ada daerah yang kehidupannya selalu mengkonsumsi PISANG MERAH. Ternyata pisang ini dapat menyembuhkan penyakit lambung. Bagaimana penampakannya pisang merah? Ini dia gambarnya.

 

 

 

Dengan selalu mengkonsumsi pisang merah di atas, saya yakin anda akan terhindar dari penyakit lambung, penyakitnya orang kaya kata orang-orang.

Artikel keren lainnya:

Cara mengobati asam lambung dengan temulawak

Beberapa hari ini lalu saya selalu bolak-balik ke rumah sakit jenguk sahabat saya yang sedang jatuh sakit. Hasil diagnosa awal yang dilakukan oleh tim dokter menyimpulkan bahwa dia menderita penyakit jantung, kesimpulan ini didasari oleh tanda-tanda yang dideritanya yakni susah bernapas, ini juga yang membuat orang-orang menyatakan bahwa dia mengidap penyakit asma.

Namun pada perkembangannya, setelah melewati beberapa pemeriksaan yang intensif oleh tim dokter, diagnosa dokter menyimpulkan bahwa dia menderita penyakit asam lambung. Tanda-tandanya karena sering bersendawa, atas dasar diagnosa dokter itu, saya menyarankan pihak keluarganya untuk diijinkan menggunakan obat tradisional. Pengalaman yang selama ini saya rasakan bahwa ketika saya sering bersendawa maka yang saya lakukan adalah dengan mengkonsumsi temulawak, dan hasilnya cukup membawa perubahan bagi saya sehingga sampai dengan hari ini saya selalu mengkonsumsi temulawak seminggu sekali dan kadang sebulan sekali.

Mungkin karena sudah tidak ada pilihan lain alias sudah pasrah atau memang karena mereka paham dengan manfaat temulawak sehingga saran saya direspon dengan cepat. Setelah dia mengkonsumsi temulawak ternyata terdapat perubahan yang sangat berarti, yang tadinya dia selalu kesakitan dan kecapean serta susah bernapas, pasca mengkonsumsi temulawak dia mulai bisa tertawa dan berjalan. Jalan napasnya mulai membaik dan rasa capenya sudah mulai berkurang. Bantuan oksigen yang tadinya selalu setia melengket di hidungnya kini sudah dilepas.

Apakah membaiknya kondsi sahabat saya ini karena temulawak, ataukah karena obat medis? Saya hanya bisa mengatakan bahwa keduanya saling melengkapi dan mendukung, peran keduanya tidak dapat dikesampingkan karena masing-masing bekerja sesuai fungsinya sendiri-sendiri.

Maaf! sepertinya saya sudah banyak menjelaskan, sebenarnya intinnya adalah bagaimana cara mengolahnya.

Untuk mengolah temulawak agar siap minum dan menjadi ramuan ampuh buat kesehatan silahkan baca artikel saya sebelumnya yakni:


Semua caranya sama karena memang manfaat temulawak tidak hanya satu penyakit tetapi banyak penyakit dapat disembuhkan hanya dengan mengkonsumsinya. Mengapa demikian? silahkan tanya ahlinya, zat-zat apa saja yang dimiliki oleh temulawak sehingga bisa begitu ampuh menyembuhkan penyakit. Bagi saya temulawak dapat saya katakan sebagai obat Sapu Raga, entahlah bagaimana kalian menyebutnya.

Artikel keren lainnya: