Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Cara mengatasi perilaku konsumtif

Perilaku konsumtif menjadi masalah utama yang harus dicarikan solusinya. Bila terjadi di lingkup keluarga maka akan menjadi beban dalam keluarga tersebut, bila terjadi dalam suatu negara maka akan menjadi beban bagi negara tersebut.

Untuk mengatasi masalah prilaku konsumtif tentunya membutuhkan kerja keras dari semua pihak, yang terkecil adalah lingkup keluarga. Kebiasaan memberi uang jajan pada anak merupakan tindakan yang salah, suatu tindakan yang dapat menciptakan pola hidup boros bagi anak. Dalam hal ini sebaiknya orang tua tidak memberikan anak uang jajan melainkan dengan membelikannya apa yang dia inginkan dibawah kontrol dan kendali orang tua. Yang luput dari perhatian adalah kebiasaan jajan di sekolah, bagi sekolah mungkin ini sangat menguntungkan karena barang jualan di kantin sekolah bakal laku keras di jam-jam istrahat, akan tetapi sebenarnya sekolah telah melakukan pembiaran terhadap anak didik untuk hidup boros.

Tingginya perilaku konsumtif masyarakat Indonesia sudah tertanam sejak usia dini, sehingga semakin lama semakin sulit untuk keluar dan terbebas dari pola hidup konsumtif tersebut. Beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab tingginya perilaku konsumtif di Indonesia, antara lain:

1. Orang tua membiasakan anaknya sejak usia dini dengan uang jajan

2. Adanya pembiaran dari pihak sekolah terhadap peserta didiknya untuk jajan secara berlebihan

3. Gaya hidup modern yang terlalu bebas dan tidak terkontrol

Ketiga sebab di atas telah melahirkan generasi konsumtif, generasi yang akan membuat laju inflasi menjadi tidak terkontrol, generasi yang tidak dapat mandiri, generasi yang selalu membutuhkan uluran tangan dari orang lain.

Olehnya itu, menyelamatkan generasi bangsa membutuhkan sebuah gerakan yang dapat menyadarkan orang tua sebagai penentu perubahan gaya hidup anak dan sekolah sebagai pijak dan pilar penanaman pemahaman dan penciptaan budaya hidup hemat.

Jika tidak dilakukan dari sekarang maka kedepan negara ini khususnya generasi mendatang menjadi generasi ketergantungan, generasi yang tidak memiliki kompetensi untuk melahirkan karya dan produk-produk sebagai wujud dari kemandirian.

Langkah-langkah untuk mengatasi prilaku konsumtif adalah dengan mengenali sebab-sebabnya untuk melahirkan solusi misalnya kalau berdasarkan sebab-sebab diatas dapat dilakukan:

1. Menyadarkan orang tua tentang bahaya pemberian uang jajan kepada anak

2. Memberlakukan batasan besaran jajanan per siswa di sekolah

3. Meningkatkan disiplin diri melalui berbagai pembiasaan hidup hemat yang dipelopori oleh organisasi-organisasi atau kelompok-kelompok kepemudaan.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara mengatasi perilaku konsumtif"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung