Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

UKG Susulan bagi Guru yang belum ikut UKG 2015

Pelaksanaan UKG 2015 sudah selesai, menurut Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tager Alamsyah bahwa jumlah guru yang sudah mengikuti UKG 2015 sebanyak 2.360.388 orang guru. Jumlah tersebut sudah mencapai 91 persen dari jumlah guru yang seharusnya mengikuti UKG 2015. 

Bagi guru yang belum mengikuti UKG 2015 akan diikutkan pada UKG susulan. Guru-guru yang ingin mengikuti UKG susulan dapat mendaftarkan diri dan melakukan verifikasi ulang ke dinas pendidikan di daerahnya masing-masing. Verifikasi yang dilakukan harus valid, agar tidak terulang lagi kesalahan verifikasi, seperti adanya perbedaan antara mata pelajaran yang diampu guru dengan yang keluar saat uji kompetensi, atau mata pelajarannya benar, namun jenjang pendidikan pada soal yang keluar di UKG berbeda.

UKG susulan akan dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai dengan 14 Desember 2015. Tentang hasil UKG 2015, tidak ada sanksi yang diberikan kepada guru yang memiliki nilai buruk dalam UKG. Uji kompetensi guru, ditujukan untuk bercermin, dan memotret serta menganalisa peta kompetensi individu masing-masing guru. Tindak lanjut dari UKG 2015 adalah berupa pendidikan dan pelatihan (diklat) yang lebih terarah untuk guru-guru sesuai dengan pemetaan yang dihasilkan dari UKG. Yang jelasnya apapun nilai UKG, menjadi baseline untuk treatment atau perbaikan pendidikan.

Artikel keren lainnya:

Tips Agar Lolos Beasiswa Luar Negeri

Belajar di luar negeri memang tidak mudah, beberapa persyaratan harus terpenuhi. Sebelum menentukan untuk belajar di luar negeri maka sebaiknya kita terlebih dahulu mengenal beberapa hal sebagai berikut.

A. Jenis-jenis Beasiswa
Beasiswa ke luar negeri ada banyak macamnya, di antaranya adalah :

1. Beasiswa penuh, 
merupakan beasiswa yang keseluruhannya ditanggung oleh pihak penyelenggara, dari mulai biaya sekolah, biaya belajar, biaya hidup bulanan, dan ongkos pesawat pulang-pergi (PP). Contohnya seperti Ausaid, Stuned, Fulbright, Chevening dan Monbukagakusho.

2. Beasiswa Teaching Assistanship (TA), 
merupakan beasiswa yang berbentuk upah karena bertugas untuk membantu dosen atau menjadi asisten untuk mengajar. Biasanya diberikan kepada mahasiswa S3 atau S2 dimana bertugas mengecek tugas-tugas atau mengajar mata kuliah untuk angkatan di bawahnya. Jumlah upahnya bervariasi, tapi pada umumnya cukup untuk membiayai hidup per bulan, seperti untuk tempat tinggal, makan, dan transportasi. Beasiswa ini biasanya diberikan oleh universitas-universitas di Amerika Serikat dan Kanada.

3. Beasiswa Research Assistanceship (RA), 
hampir sama dengan TA. Tapi kalau RA lebih terlibat dalam proyek-proyek yang dibuat oleh dosen.
Beasiswa dalam bentuk proyek PhD, merupakan beasiswa berupa gaji bulanan yang ditawarkan oleh beberapa universitas di Eropa Barat, seperti  Belanda, Jerman, Swiss, Italia, Perancis, dan Spanyol dimana seorang profesor atau kelompok penelitian memenangkan sebuah proyek penelitian selevel PhD.

B. Syarat-syarat Melamar Beasiswa ke Luar Negeri

Ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan apabila ingin melamar sebuah program beasiswa ke luar negeri, yaitu :

  1. Memiliki nilai TOEFL minimal 550.
  2. Memiliki nilai IP atau IPK minimal 3.
  3. Memiliki banyak pengalaman berorganisasi.
  4. Siapkan statement of purpose (SoP) yang spesifik, artinya buatlah SoP yang berbeda atau khusus untuk setiap program beasiswa yang dilamar.
  5. Pelajari sebanyak mungkin mengenai universitas dituju, mulai dari jurusan yang dipilih, para dosen, bahkan para alumni universitas tersebut.
  6. Buatlah format CV yang sistematis dan ringkas dimana memuat points of importance (hanya yang penting-penting saja).


C. Langkah-langkah untuk Memenangkan Beasiswa
  1. Teliti dalam melihat iklan-iklan mengenai beasiswa karena siapa tahu ada program beasiswa yang sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Ambil formulir beasiswa yang Anda inginkan dan bacalah dengan seksama. Pastikan program beasiswa tersebut cocok dengan syarat-syarat yang Anda miliki, seperti usia, latar belakang, dsb.
  3. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas kemana Anda akan kuliah dan jurusan apa yang ditawarkan oleh program beasiswa tersebut.
  4. Kumpulkan persyaratan yang diminta oleh program beasiswa tersebut, seperti nilai TOEFL.
  5. Pastikan aplikasi yang Anda buat dapat ‘menjual diri’ Anda dimana penyelenggara program beasiswa tersebut dapat memahami betul bahwa Anda benar-benar membutuhkan beasiswa tersebut.
  6. 6. Perhatikan waktu jatuh tempo program beasiswa tersebut.

Artikel keren lainnya:

Tips Persiapan Belajar di Luar Negeri

Hal yang paling utama harus dilakukan saat kuliah di luar negeri adalah kemampuan untuk bisa beradaptasi dengan suasana yang baru. Oleh karena itu, persiapan-persiapan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Konsultasi dengan Perwakilan Lembaga Pendidikan Asing
Melalui konsultasi dengan perwakilan lembaga pendidikan, maka akan diperoleh informasi mengenai langkah-langkah yang harus ditempuh untuk memulai perburuan studi ke luar negeri. Umumnya, calon mahasiswa terlebih dahulu mempersiapkan sejumlah berkas yang diperlukan, seperti ijazah, transkrip, paspor, akta kelahiran, dan semua berkas yang mungkin diminta oleh perguruan tinggi yang dituju, atau oleh pihak kedutaan saat mengajukan permohonan visa. Dengan melihat kepada persyaratan yang diminta oleh perguruan tinggi, calon mahasiswa sebaiknya segera melengkapi diri dengan sejumlah ujian yang berlaku secara internasional seperti TOEFL/IELTS, GMAT (untuk bidang manajemen), dan GRE (untuk bidang sains).

2. Pelajari Universitas yang Dituju
Untuk lebih mematangkan persiapan studi, cari informasi sedalam-dalmnya mengenai universitas yang dituju. Mulai dari jurusan yang dipilih, para dosen, bahkan para alumni universitas tersebut. Jangan lupa untuk memahami jadwal studi (sylabus) jurusan yang diminati agar tahu mata kuliah apa saja yang akan dipelajari nantinya.

3. Pengurusan Izin Tinggal di Luar Negeri
Untuk memulai kehidupan di luar negeri biasanya diperlukan untuk mengurus sendiri izin tinggal di kepolisian, membayar tuition fee, menguangkan traveller cheque, membuka rekening bank, mencari tempat tinggal tetap, dan menemui calon pembimbing.

4. Adaptasi kemungkinan adanya shock culture
Perbedaan kebudayaan sering menjadi kendala. Kebudayaan timur sangat berbeda sekali dengan kebudayaan barat. Misalnya dalam hal adat istiadat sehari-hari.

5. Adaptasi keadaan iklim yang sangat ekstrim
Jika berstudi di negara yang memiliki empat musim sudah seharusnya menyiapkan persiapan kebutuhan yang diperlukan pada saat musim-musim yang bersuhu ekstrim. Terdapat kemungkinan converter suhu yang digunakan bukanlah celcius seperti di negara Amerika Serikat yang menggunakan fahrenheit.

6. Cermat mengatur pengeluaran dan pemasukan.
Jika bersekolah di luar negeri dengan full scholarship, terkadang tidak perlu pusing perihal soal keuangan. Tetapi  tetap saja diperlukan manajemen keuangan yang baik dalam hal pemasukan dan pengeluaran. Rencana matang perlu diatur sebaik mungkin agar tidak defisit nantinya. Jika dapat dimungkinkan, magang atau melaksanakan part time dapat menambah kebutuhan keuangan yang diperlukan.

7. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing
Calon mahasiswa harus meningkatkan kemampuan bahasa yang sesuai  dengan pengantar perkuliahan nantinya. Kursus intensif, atau bergabung dengan sejumlah klub bahasa merupakan langkah yang dapat ditempuh untuk memperbaiki kemampuan bahasa.
(Diolah dari berbagai sumber) 

Artikel keren lainnya:

Sarjana Cumlaude bisa langsung jadi PNS. Berikut syaratnya!

Wacana untuk menjadikan para sarjana terbaik yang berpredikan lulusan terbaik "Cumlaude" menjadi PNS tanpa seleksi melalui jalur umum semakin terbuka. Menpan melalui humas websitenya menyatakan bahwa syarat untuk diangkat langsung menjadi PNS ada tiga.


Ketiga syarat tersebut adalah:
1) Lulusan dari Perguruan Tinggi yang Terakreditasi A dan Program Studi Terakreditasi A; 
2) Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; 
3) Predikat Lulusan Cumlaude/dengan Pujian.

"Pak Menpan menegaskan bahwa untuk meningkatkan kualitas dan performa SDM aparatur, beliau memberikan apresiasi kepada para sarjana cumlaude atau dalam bahasa normatifnya putra/putri lulusan terbaik, untuk bergabung menjadi PNS melalui proses pengadaan sesuai aturan," kata Herman.

Herman memastikan bahwa implementasi kebijakan tersebut, selain didasarkan kepada peraturan perundang-undangan, juga mempertimbangan kebutuhan objektif hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja dalam kerangka peningkatan kualitas birokrasi pemerintahan.

"Apa yang digariskan pak Menpan sejalan dengan semangat meritokrasi sebagaimana diatur dalam UU ASN. Pola rekrutmennya berbasis kualifikasi dan kompetensi. Jadi tidak sembarangan, ada proses dan mekanisme yang harus ditempuh. Bukan tanpa tes sama sekali," ujarnya

Secara umum, pelaksanaan pengadaan ASN dari jalur formasi untuk putra/putri lulusan terbaik, sama dengan dari jalur umum. Ada passing grade-nya juga. Yang membedakan hanya persyaratan administratif serta kepesertaan seleksi, yakni dikompetisikan sesama lulusan terbaik.

Dalam Peraturan Menteri PANRB No. 26/2014, juga diatur bahwa yang dimaksud dengan formasi khusus pegawai ASN itu selain formasi putra/putri lulusan terbaik, ada juga formasi untuk sarjana mengajar di tempat terdepan, terluar dan tertinggal (SM3T); formasi untuk atlit berprestasi dan pelatih berprestasi; formasi untuk putra/putri papua; serta formasi disabilitas.

Artikel keren lainnya:

Pemenang Guru Berprestasi 2015

Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia kembali merilis nama-nama guru dan tutor berprestasi tahun 2015. Kategori yang dinilai sebanyak 33 kategori antara lain; Guru TK Berprestasi, Kepala TK Berprestasi, Guru SD Berprestasi, Guru SMP Berprestasi , Tutor Paket A, Tutor Paket B Berprestasi, Lomba Kreatifitas Guru SD, Lomba Kreatifitas Guru SMP Bidang Sains, Lomba Kreatifitas Guru SMP Bidang Non-Sains, Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Kelompok Sosial dan lain-lain.

Pengumuman kemdikbud ini terdiri dari juara 1,2, dan 3. Beberapa daerah mendominasi peroleh juara seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bagaimana dengan daerah anda?

Semoga ditengah keterpurukan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, melalui mereka-mereka ini kembali dapat menggairahkan dunia pendidikan. Kualitas pendidikan tergantung siapa sosok gurunya, apabila guru memiliki kompetensi setara dengan para pemenang sebagai guru berprestasi tersebut maka pendidikan Indonesia dapat sejajar dengan negara lain terutama Singapura yang kini justru menempati peringkat pertama dunia.

Informasi selengkapnya dapat anda lihat melalui link berikut:


Mampukah Indonesia mengejar ketertinggalannya?

Artikel keren lainnya:

Hasil UKG 2015 sangat memprihatinkan, inilah gambaran pendidikan di Indonesia

Saat ini Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 sedang berlangsung. Materi yang di ujikan tentang kompetensi pedagogik 30 persen dan kompetensi profesional 75 persen. Jumlah soal bervariasi tergantung yang diujikan, ada yang 50 sampai dengan 100 soal. Bagaimana dengan hasilnya?

Pihak kementrian pendidikan sebagai penyelenggara belum mengumumkan hasil capaian para guru, namun berdasarkan informasi dari para guru yang telah mengikuti UKG, rata-rata capaian guru berkisar antara 20 sampai dengan 50 soal yang dijawab benar, sisanya masih salah, artinya kemampuan guru masih dibawah standar minimal.

Memperhatikan hasil ini, apakah terdapat keterkaitan antara kualitas guru yang rendah dengan kualitas pendidikan di Indonesia yang juga tergolong rendah? Yang pasti hasil UKG 2015 sangat memprihatinkan.

Kementerian pendidikan sudah memiliki data tentang kualitas guru Indonesia, butuh tindak lanjut untuk meningkatkan kompetensi guru. Jangan sampai program pemerintah khususnya penerapan kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2019 tidak dapat terlaksana dengan maksimal.

Pada waktu lalu, implementasi kurikulum 2013 mengalami banyak penolakan, banyak guru yang mengeluhkan sistem penilaian dan sistem pembelajaran, apakah hasil UKG 2015 sudah menggambarkan kurangnya kemampuan guru mengimplementasikan kurikulum 2013?

Kini pekerjaan kementerian pendidikan bertambah berat, program peningkatan kompetensi guru harus menjadi prioritas sebelum program lainnya di laksanakan. Karena terhitung sejak otonomi daerah diterapkan, praktis program peningkatan kompetensi guru tidak berjalan optimal. Dengan demikian terdapat beberapa generasi pengangkatan guru tidak pernah mengikuti pelatihan terutama kaitannya dengan kapasitas guru dalam pembelajaran.

Hasil UKG 2015, harus menjadi dasar pemetaan pemerintah untuk peningkatan kompetensi guru, jangan sampai hanya menjadi obyek penelitian untuk kepentingan tertentu yang tidak berimbas pada dunia pendidikan. Respon guru yang cukup besar pada pelaksanaan UKG harus di jawab dengan tindak lanjut berupa program peningkatan kompetensi guru yang nantinya akan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Artikel keren lainnya:

Gaji anda dipotong per bulan oleh Bapertarum? Inilah cara Cek Saldo bepertarum anda khusus PNS

Cara mengetahui saldo tabungan Bapertarum PNS dapat dilakukan sendiri secara online. Bagi PNS, nama Bapertarum tidak asing lagi, Bapertarum singkatan dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil ini memiliki misi sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil untuk memiliki rumah yang  layak akibat terbatasnya kemampuan Pegawai Negeri Sipil untuk membayar uang muka pembelian rumah dengan  fasilitas Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR, tabungan perumahan PNS dapat membentuk dana untuk mengatasi kendala tersebut yang  merupakan kegotong-royongan diantara Pegawai Negeri Sipil dalam upaya peningkatan kesejahteraan antara Pegawai Negeri Sipil. 

Sehingga gaji PNS dipotong perbulannya secara variatif berdasarkan golongan masing-masing pegawai. Besarannya kecil namun bila di hitung selama menjadi PNS tentu akan berbilang besar pula. Olehnya itu, masing-masing PNS berhak mengetahui jumlah saldo tabungan Bapertarum-nya.

Untuk mengecek saldo Bapertarum-PNS, silahkan klik alamat berikut!
1. Klik disini BAPERTARUM-PNS
2.      2. Klik “Akun Individu”




3.       3. Akan muncul kotak dialog berikut



Caranya cukup mudah, tinggal masukkan NIP. NIP yang digunakan bisa menggunakan NIP lama atau NIP baru. Sedangkan paswordnya berdasarkan kode berikut ditambahkan dengan “00”.

1A = 11   
2A = 21   
3A = 31   
4A = 41   
1B = 12   
2B = 22   
3B = 32   
4B = 42
1C = 13
2C = 23
3C = 33
4C = 43
1D = 14
2D = 24
3D = 34
4D = 44
4E = 45

Contoh : Anda golongan 3A, maka paswordnya adalah 3100

           4. Jika benar maka anda akan dibawa ke tampilan seperti berikut.





Atau dapat anda download pedomannya berikut ini



Adapun riwayat BAPERTARUM-PNS yakni didirikan berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 14 Tahun 1993 tentang  Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil, sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden  Nomor 46 Tahun 1994. 


Selamat mencoba

Artikel keren lainnya:

Tips memilih rumah kos bagi mahasiswa

Mahasiswa sangat identik dengan rumah kost karena sebagian besar mahasiswa tinggal sebagai anak kost. Lihatlah berapa banyak rumah kos di sekitar kampus, bagi masyarakat umum, rumah kos merupakan bisnis yang paling menggiurkan.

Beberapa keuntungan berinvestasi pada bisnis rumah kost antara lain;
1. Tidak ada biaya lampu dan air karena ditanggung oleh konsumen.
2. Biaya perawatan rendah.
3. Penghasilan per bulan/tahun terjamin.
4. Banyak peminatnya.

Begitu banyaknya rumah kos membuat konsumen khususnya mahasiswa memiliki banyak pilihan. Oleh karena itu berikut beberapa pertimbangan atau tips dalam memilih rumah kos antara lain:
1. Rumah kos yang baik wajib memiliki fasilitas berupa air bersih, lampu listrik, dan WC. Ketiga fasilitas ini harus menjadi prioritas utama memilih rumah kos.
2. Keamanan. Faktor keamanan juga menjadi penentu, rumah kos yang terlalu bising dan lain-lain, apakah berasal dari luar maupun dari dalam dapat mengganggu kenyamanan dan konsentrasi belajar.
3. Penghuni rumah kos. Penghuni rumah kos yang baik harus berdasarkan jenis kelamin. Rumah kos campuran biasanya rawan terutama bagi perempuan.
4. Pemilik rumah kos. Keberadaan pemilik rumah kos sangat penting terutama dalam hal pengawasan. Pengawasan dibutuhkan karena untuk meredam ego masing-masing anak kos.
5. Dekat kampus. Letak rumah kos yang dekat dengan kampus dapat menghemat biaya, suasananya lebih pada situasi pendidikan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar. Informasi tentang perkembangan pendidikan cepat diterima ketimbang berada jauh dari kampus.
6. Ukuran kamar. Ukuran kamar juga menentukan keberhasilan belajar, kamar yang terlalu kecil membuat kita malas belajar sedangkan kamar yang terlalu luas juga dapat menghabiskan waktu untuk mengurusnya.
7. Ventilasi. Banyak kamar kos yang tidak memiliki ventilasi, hindari kamar kos yang seperti ini. Udara yang segar memberi pengaruh positif pada penghuninya sebaliknya akan berpengaruh negatif. Pengaruh ini negatif dapat menurunkan motivasi belajar, selalu berpikir negatif dan bahkan dapat menciptakan perilaku negatif. Tidak ada optimisme, padahal optimisme adalah modal dasar meraih keberhasilan.

Masih banyak aspek yang harus terpenuhi bila memilih rumah kos, namun yang wajib adalah ketujuh point di atas.

Artikel keren lainnya:

Ingin layangkan pengaduan terkait kinerja ASN? Berikut alamatnya!

Dalam rangka meningkatkan kinerja ASN, kementerian dalam negeri memiliki kewenangan untuk melakukan fungsi kontrol dan pengawasan. Fungsi ini ditujukan untuk mengawal kerja ASN terutama pemberian pelayanan kepada masyarakat. Agar pengawasan dapat optimal maka Kementerian Dalam Negeri mengharapkan kerjasama dari masyarakat. 

Betapa pentingnya peran serta masyarakat, sehingga informasi tentang pelaksanaan Undang-undang ASN sangat diharapkan. Karena Indonesia begitu luas, jumlah masyarakat begitu banyak dengan bermacam-macam keterbatasannya masing-masing, Kementerian Dalam Negeri memanfaatkan layanan internet dalam membangun komunikasi dengan masyarakat sehingga mudah menyalurkan aspirasi, kritik, saran dan bentuk-bentuk pengaduan lainnya yang lahir dari ketidakpuasan, dan kurang maksimalnya pelayanan yang di peroleh.

Adapun tempat pengaduan dapat dilakukan langsung ke Kantor Kementrian Dalam Negeri atau bisa melalui alamat berikut:


Selamat bekerja dan berkarya semoga apa yang diharapkan dapat ditindak lanjuti dengan cepat oleh pemerintah. "Kepuasan Atas Pelayanan Pemerintah adalah Hak Masyarakat Indonesia"


Artikel keren lainnya:

Nikmati sensasi menguasai PBB

Melihatnya saja sudah membangkitkan decak kagum apalagi anda melakukannya. Peraturan Baris-Berbaris (PBB), mengandung seni yang tinggi, setiap gerakannya merupakan penyatuan konsentrasi, kedisiplinan dan gerak tubuh yang dapat membangkitkan emosi dan jiwa manusia dalam derajat yang tertinggi.

Kalau anda menonton peragaan PBB, hati bakal terbawa dalam tiap-tiap irama gerakan. Akan muncul dorongan dari dalam diri untuk mempraktekkannya, membangkitkan adrenalin seseorang sebagai akibat dari rangsangan dan sensasi yang hanyut mengikuti gerakan PBB.

Gerakan PBB sebenarnya merupakan perwujudan dari gerakan tubuh yang dibentuk untuk membentuk karakter dan disiplin seseorang. Gerakan PBB dapat merangsang respon seseorang menjadi lebih baik, dan manfaat yang paling diharapkan adalah gerakan PBB dapat membuka otak bawah sadar seseorang.

Maka jangan heran kalau "gerakan PBB dapat merubah sikap dan prilaku" seseorang. Itulah alasan sehingga untuk menumbuhkan disiplin dapat dilatih melalui penguasaan PBB. Di kesatuan seperti ABRI dan polisi selalu mewajibkan anggotanya menguasai ilmu PBB.

PBB bukanlah gerakan sembarangan, gerakkan PBB melebihi senam, PBB bisa dijadikan sebagai terapi dari berbagai penyakit, PBB bisa menjadi solusi atas ketakutan seseorang pada "ketuaan", perhatikanlah orang-orang yang sering berlatih PBB, umur tidak berbanding lurus dengan kenyataan. Biasanya orang akan awet muda bila selalu mempratekkan.

Jadi, karena tingginya manfaat yang akan didapat maka biasakanlah untuk untuk selalu melatih diri dengan PBB.

Artikel keren lainnya: