Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Country of Origin

Country of Origin Menurut Kotler dan Keller (2009:338), country of origin adalah asosiasi dan kepercayaan mental seseorang akan suatu produk yang dipicu oleh negara asal produk. Sedangkan menurut Jaffe and Nebenzahl (2001:13), country of origin merupakan bayangan mental atau image akan sebuah produk dan negara.

Jadi dapat disimpulkan bahwa country of origin merupakan bayangan atau image sebuah produk yang dipicu oleh asal negara produk tersebut.

Country of Origin memberikan berbagai macam efek terhadap pemikiran seorang calon konsumen maupun konsumen. Salah satu efek dari country of origin dikemukakan oleh  Hong dan Wyer dalam Rosyidi (2009:18), yaitu efek stimulus terhadap calon konsumen maupun konsumen dalam mengevaluasi sebuah produk dan digunakan untuk mencari informasi lain tentang produk tersebut.

Menurut Jaffe and Nebenzahl (2001:42) ada dua model konsep country of origin effect, yakni :

1) Halo Construct Model halo mengasumsikan bahwa ketika seseorang tidak mempunyai pengetahuan ataupun pengalaman dengan produk yang dibuat di suatu negara tertentu, maka dia masih memiliki gambaran tertentu tentang negara asal produk tersebut. 

2) Summary Construct Model summary construct  mengasumsikan bahwa image sebuah negara didasarkan pada pengalaman dan atribut yang dirasakan dari produk tersebut. 

Untuk mengukur country of origin, dapat menggunakan konsep country of origin image yang diusulkan oleh Laroche et al. (2005) yang terdiri dari 3 komponen utama, yaitu:

a) Country Beliefs, merupakan keyakinan calon konsumen tentang pembangunan industri dan kemajuan teknologi di negara asal merek produk.

b) People Affect, merupakan tanggapan afektif calon konsumen terhadap masyarakat negara asal merek produk.

c) Desired Interaction, merupakan kesediaan atau keinginan calon konsumen untuk membangun hubungan dengan negara asal merek produk

Sumber:
COUNTRY OF ORIGIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP  PERSEPSI KUALITAS DAN MINAT BELI (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat  Membeli iPad di Indonesia) Jovita S. Dinata, Srikandi Kumadji, Kadarisman Hidayat, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis  Universitas Brawijaya Malang.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Country of Origin"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung