Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Inilah kerugian bagi yang tidak memanfaatkan tabungannya dengan baik

Menabung itu selalu bermula dari nilai yang sedikit, kemudian terus bertambah sampai nilainya menjadi besar. Tetapi apakah kita pernah menyadari bahwa ada tabungan yang diawali dengan nilai besar dan lama-lama terkuras habis? Bagi yang tahu pasti digunakan dengan sebaik-baiknya namun bagi yang tidak tahu dan sudah tahu tetapi meremehkannya barulah sadar kalau sudah habis.

Tabungan ini, baik digunakan atau tidak tetap akan habis, merugilah bagi orang-orang yang tidak memanfaatkannya dengan baik. Yang lebih memprihatinkan adalah ada pula orang yang menghabiskan tabungannya dalam waktu singkat. Jika tabungan yang sering kita kenal, apabila dimanfaatkan maka menguras saldo dan hasilnya, tidak menjamin keberhasilan kita, sementara tabungan yang satu ini tidak mempengaruhi saldo bahkan dapat meningkatkan tabungan kita yang lain yang hanya bisa dinikmati atau dirasakan pada saat tabungan kita yang satu ini habis terpakai..

Kalau tabungan yang kita kenal adalah tabungan di bank, maka tabungan yang saya maksud adalah tabungan USIA. Setiap manusia yang dilahirkan di dunia ini memiliki tabungan usia berbeda-beda, tabungan usia berkurang setiap harinya, tabungan ini akan menentukan hasil di kemudian hari tergantung pemanfaatannya, hanya ada dua pilihan investasi yakni kebaikan atau keburukan. Kita bebas memilih bentuk investasi yang disukai, yang akan memetik hasilnya adalah kita sendiri.


Kalau ingin mengetahui seperti apa hasil yang akan diperoleh atas kedua investasi di atas, pedoman dan panduannya bahkan petunjuk teknisnya sudah jelas diuraikan dalam ajaran agama. Yang pasti untuk di ingat adalah tabungan usia nilainya berkurang setiap harinya, tidak ada cara untuk menambah saldo dan juga tidak ada cara untuk mempertahankan saldonya.

Artikel keren lainnya:

10 Kebiasaan perempuan di seluruh dunia

Perempuan dikenal sebagai makhluk yang ulet dalam bekerja, perempuan sangat menyukai keindahan dan romantisme. Kebiasaan ini tidak mengenal batas negara, seluruh dunia memiliki kesamaan. Olehnya itu berikut 10 kebiasaan perempuan.

1. Suka membuat kue
Pada umumnya, perempuan menikmati suasana saat membuat kue. Baik dilakukan secara sendirian maupun berkelompok, kepuasan terpenuhi apabila berhasil membuat kue sesuai dengan resep. Selera ini didukung oleh tingkat kecermatan, ketelitian, keuletan, ketelatenan dan kesabaran yang dimilikinya.

2. Suka memasak
Selain membuat kue, memasak merupakan simbol kebanggaan bagi perempuan, sehingga jangan heran apabila mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di dapur. Semakin banyak menu yang dikuasainya maka semakin tinggi rasa percaya diri dan optimismenya. Ketika bersama teman-temannya sesama perempuan, cerita dan topik pembicaraan lebih banyak membahas tentang makanan dan cara memasak makanan.

3. Menyukai bunga
Perempuan cenderung menyukai keindahan, bunga bagian dari keindahan sehingga mendorong minat perempuan untuk membiasakan dirinya mengurus dan merawat bunga dengan sepenuh hatinya.

4. Merias dan merawat diri
Merias dan merawat diri sudah menjadi kebutuhan bagi perempuan, mereka bahkan menghabiskan waktu yang banyak untuk menata dan merias dirinya. Perusahaan kecantikan mengambil keuntungan dengan memanfaatkan kebiasaan ini, sehingga perusahaan-perusahaan kecantikan berani mengeluarkan dana yang besar guna membiayai penelitian untuk menemukan bahan-bahan kosmetik yang baru.

5. Belanja pakaian, tas dan sepatu
Belanja pakaian, tas dan sepatu sudah menjadi hobi bagi perempuan, mereka berani menghabiskan waktu berjam-jam di mall atau swalayan hanya untuk mendapatkan pakaian, tas dan sepatu yang cantik dan menarik. Beberapa perempuan terutama para selebriti bahkan menjadikan pakaian, tas dan sepatu sebagai koleksi. Jutaan dollar dihabiskan untuk mendapatkan pakaian, tas dan sepatu terbaru.

6. Cermat dan teliti
Salah satu keunggulan perempuan dibandingkan laki-laki adalah kecermatan dan ketelitiannya terhadap pekerjaan. Faktor inilah sehingga pekerjaan administrasi dan keuangan didominasi oleh perempuan. Perempuan bertindak menurut perasaan sedangkan laki-laki bertindak menurut pikiran, dengan demikian perempuan lebih menjiwai pekerjaannya dibandingkan dengan laki-laki.

7. Mudah menangis
Karena perempuan dominan perasaan membuat mereka cepat tersentuh hatinya terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan cara pandangnya. Namun bukan berarti bahwa perempuan lemah, perempuan lebih tegar dan teguh pendiriannya, termasuk soal cinta dan kasih sayang.

8. Hemat dan penuh perhitungan
Bila laki-laki suka menghamburkan uang, perempuan pada umumnya lebih hemat dan memperhitungkan secara matang segala biaya yang dikeluarkan. Sehingga ada ungkapan bahwa ketika uang sudah masuk di dompet perempuan sulit sekali untuk keluar.

9. Menyukai film romantis
Kebanyakan perempuan lebih memilih nonton film yang penuh romantis dan cinta, mereka biasanya terbawa pada suasana yang di tampilkan oleh film tersebut. Bahkan ketika ada pemeran yang memiliki sikap antagonis, maka dimusuhinya sampai pada kehidupan nyata.

10. Suka gosip
Acara entertainment di media elektroni selalu menempati rating tertinggi, pemirsanya didominasi oleh perempuan, hal ini disebabkan oleh naluri alamiahnya. Dimanapun berada apabila ada kesempatan dan waktu selalu sibuk dengan menggosip. Ceritanya berbagai macam, mulai dari tentang teman, tetangga, artis sampai dengan rumah tangganya.


Artikel keren lainnya:

Alasan mengapa kita gagal menjalin cinta

Pengaruh gaya hidup modern telah merubah pola pikir masyarakat. Kodrat manusia tenggelam oleh kebebasan bertindak atas nama kesamaan derajat. Maka cinta pun mulai dipandang secara sempit dan sepihak bahkan hanya diukur berdasarkan kebutuhan. Akibatnya hubungan kasih sayang dan cinta semakin sulit mendapat tempat di hati setiap manusia, demikianlah sehingga muncullah kegagalan dalam cinta.
Berikut beberapa alasan mengapa kita gagal menjalin cinta.

1. Idealisme
Idealisme merupakan sikap yang tidak menerima pendapat orang lain. Idealisme hanya mengakui sikapnya sebagai yang terbaik, orang lain hanya sebagai pion-pion yang harus dikendalikan olehnya. Dalam menjalin cinta, keterbukaan dan penerimaan menjadi modal utamanya, sehingga cinta tidak memiliki tempat bagi yang memiliki sikap idealisme.

2. Nafsu birahi
Menjalin cinta dengan dasar nafsu birahi bukanlah mencintai. Ketika kebutuhan sudah terpenuhi maka romantisme cinta menjadi sirna bersama terpenuhinya kebutuhan.

3. Rasa memiliki
Tanda seseorang yang sedang jatuh cinta adalah adanya rasa memiliki. Rasa memiliki berwujud memberikan segalanya untuk kebahagiaan yang di cintai. Bila sikap anda sudah seperti ini maka terbentuklah ikatan emosional yang tidak dapat dipisahkan. Maka jalinan cintapun semakin erat sampai mati.

4. Rasa menerima
Dua insan dengan segala perbedaan membutuhkan penerimaan termasuk segala kekurangannya. Cinta tidak memandang kekurangan dan kelebihan, cinta terbentuk oleh romantisme hidup, kalau hanya kelebihan belumlah dapat dikatakan romantis. Romantis terjadi apabila kekurangan dan kelebihan menjadi satu kesatuan dalam jiwa dan raga dua insan yang berbeda. Maka penerimaan sangat dibutuhkan dalam jalinan cinta yang hakiki.

5. Status sosial
Jalinan asmara dilandasi oleh persamaan. Tidak boleh ada yang merasa lebih penting dari pasangannya, karena cinta adalah wujud adanya saling membutuhkan. Sumber kegagalan cinta adalah status sosial, pekerjaan dan penghasilan selalu menjadi ukuran. Telah banyak kegagalan cinta berawal dari status sosial ini.

6. Waktu
Cinta ditandai dengan meningkatnya rasa rindu terhadap pasangannya. Untuk menghapus rasa rindu dibutuhkan pertemuan, pada umumnya yang menghalangi pertemuan adalah kesempatan yang berarti waktu. Waktu sangat penting bagi orang yang sedang menjalin hubungan asmara cinta. Karena jadwal kesibukan yang terlalu padat, banyak artis sering berganti pasangan.

7. Ketetapan hati
Sedang menjalin asmara, hati anda masih terpengaruh dengan orang lain pertanda anda sebenarnya belum siap mengarungi lautan cinta. Cinta membutuhkan ketetapan hati yang teguh agar bangunan cinta tidak runtuh, dengan demikian cinta membutuhkan pengorbanan. Hanya orang yang berani berkorbanlah yang dapat menemukan cinta sejatinya.

8. Pengorbanan
Memberikan yang terbaik kepada pasangannya merupakan bagian dari cinta. Karena cinta, orang tua rela berjuang banting tulang untuk memenuhi kebutuhan anaknya. Agar hubungan cinta anda menjadi sesuatu yang berharga dalam hidup maka cintailah pasangan anda seperti cintanya seorang ibu terhadap anaknya.

9. Hak dan kewajiban
Cinta juga mengenal adanya hak dan kewajiban. Kedua pasangan harus bisa menempatkan hak dan kewajiban pada tempatnya. Tanpa memposisikan hak dan kewajiban dengan baik pertanda pertengkaran bakal terjadi. Pertengkaran adalah indikasi putusnya jalinan asmara anda bila tidak dikelola dengan baik.

10. Karakter
Masing-masing orang memiliki karakter yang berbeda, karakter dipengaruhi oleh gaya hidup keluarga, lingkungan dan faktor bawaan sejak lahir. Karakter mempengaruhi cara pandang dan pola pikir seseorang, dengan demikian bagi yang sedang menjalin hubungan asmara diwajibkan  untuk lebih dalam mengenal karakter pasangannya. Karena dengan mengenal karakter pasangannya, seseorang akan lebih mudah untuk menerima, menghargai, menghormati, dan menempatkan pasangannya sebagai sesuatu yang istimewa dalam hidup.

10 hal diatas, bila dikelola dengan baik dapat menjadi potensi untuk meningkatkan kualitas cinta anda, sebaliknya menjadi sumber kegagalan cinta anda.


Artikel keren lainnya:

Berkerja dan berkarya atas nama cinta

Mereka adalah pekerja keras, siang dan malam tidak mengenal lelah, mereka sangat rajin dan ulet. Jika kita perhatikan, perjuangan mereka bagaikan mengejar impian yang terus berlari kencang. Namun semangat mereka tidak pernah luntur sedikit pun, siapakah mereka? Alasan apakah sehingga mereka berkerja keras?

Siapa yang tidak kenal bagaimana para petani, nelayan, buruh, kuli bangunan, sopir angkutan, dan pekerja berat lainnya. Mereka bekerja dan berkarya membanting tulang ditengah terik panas matahari atau dinginnya malam. Apakah secara fisik dan mental, mereka lebih tangguh dibandingkan kita? Dorongan apakah yang membuat mereka bagaikan manusia super?

Secara jujur, meraka akan berkata “saya bekerja keras untuk keluargaku”, mengapa mereka mau bekerja keras untuk keluarganya? Tentu ada yang mendorong mereka sehingga berani berkorban tenaga, waktu dan pikiran untuk kebahagiaan keluarganya. Kekuatan yang mendorong mereka adalah cinta. Cinta telah membuat mereka melakukannya, tidak peduli dengan tekanan dan kesulitan yang mereka hadapi demi membahagiakan keluarganya, maka mereka rela melakukan apa saja.

Dari pengalaman orang-orang yang telah sukses atau mencapai puncak kejayaan, kekuatan yang membuat mereka mencapai kesuksesan itu adalah kekuatan cinta, Dale Carnegie mengatakan kunci kesuksesan suami adalah istri. Peran istri terhadap perjuangan suami menjadikan kekuatan suami bagaikan manusia super, manusia yang selalu optimis atas tindakan dan keputusannya. Hal ini karena kekuatan cinta antara suami dan istri.


Kalau anda sukses pada saat anda belum menemukan cinta berarti kesuksesan anda adalah karena kebetulan atau karena takdir. Sedangkan kalau kesuksesan anda diperoleh ketika sudah dalam ikatan cinta maka itu adalah merupakan hasil dari perjuangan anda atas cinta.

Artikel keren lainnya:

Dunia semakin dekat dengan bencana sosial

Percayakah anda dengan roda kehidupan? Apa yang terjadi belakangan menunjukkan bahwa roda kehidupan benar terjadi. Kehidupan manusia diawali dengan kondisi yang tidak beradab, kemudian berubah menjadi beradab dengan segala budayanya dan kini tanda-tanda kembali kepada situasi awal mulai terjadi. Apa saja tanda-tandanya?

1. Konflik sosial
Konflik sosial mulai memanas di hampir semua daerah, mayoritas mengusir minoritas, yang kuat menjajah yang lemah, yang berkuasa menindas yang lemah, agama sebagai pedoman masyarakat beradab dijadikan alat untuk mengukuhkan dirinya sebagai penguasa. Keserakahan terjadi hampir setiap waktu dan tempat, yang berilmu membodohi rakyat jelata. Segala bentuk ketimpangan sosial ini menggambarkan awal-awal kehidupan manusia.

2. Budaya
Pada awal kehidupan manusia, manusia memiliki budaya yang serba bertolak belakang dengan ajaran agama. Hidup bertelanjang tubuh kini dilakukan oleh kaum nudis, saling mencintai dan membangun hubungan intim sesama jenis ditunjukkan oleh kaum gay dan lesbian yang oleh beberapa negara sudah dianggap sebagai sesuatu yang wajar dan normal. Hubungan seksual dilakukan secara bebas tanpa ikatan pernikahan. Sikap individual mulai menunjukkan tempatnya yang dipelopori oleh kaum liberal, yang haram di halalkan sementara yang halal di haramkan, kebenaran menjadi musuh utama karena manusia saat ini lebih mementingkan kebiasaan dan logika berpikirnya dibandingkan berpedoman pada aturan dan ajaran agama. Kekuasaan dibangun berdasarkan tujuan kelompok dengan mengorbankan kepentingan umun. Sekali lagi inilah budaya yang pernah terjadi pada awal kehidupan manusia.

3. Keamanan
Walaupun negara sudah memiliki perangkat keamanan seperti polisi dan tentara, namun belum dapat menjamin rasa aman bagi masyarakatnya. Perlombaan persenjataan yang dilakukan oleh negara-negara maju serta perlakuan ganda terhadap negara-negara berkembang dan miskin dapat mengantarkan masyarakat dunia pada titik jenuh dan bosan. Pada akhirnya, dapat menimbulkan gejolak sosial yang kemudian dapat mengantarkan pada konflik antar negara. Demi untuk mempertahankan kehidupannya, menguasai daerah lain menjadi strategi utama yang harus dijalankan, siapa yang memiliki kecanggihan teknologi bidang pertahanan dan keamanan, maka dialah yang akan bertahan hidup.

4. Makanan
Merupakan dasar utama manusia dapat bertahan hidup, lahan-lahan yang menghasilan sumber makanan semakin sempit karena sudah berubah menjadi tempat komunitas manusia. Ketika sumber makanan tidak seimbang dengan yang harus dikonsumsi, maka tindakan yang tepat adalah menguasai sumber makanan tersebut. Semua negara akan mengerahkan segala kapasitas dan potensinya untuk dapat menjamin kelangsungan hidup warga negaranya, dengan demikian lahan yang menyediakan sumber makanan dapat menjadi titik awal lahirnya kehidupan jahiliyah modern.

5. Kerusakan lingkungan
Teori siklus kehidupan menjelaskan bahwa manusia memiliki ketergantungan terhadap alam. Misalnya manusia dan tumbuhan, manusia mengeluarkan karbondioksida yang diperlukan oleh tumbuhan sebaliknya tumbuhan mengeluarkan oksigen yang diperlukan oleh manusia. Dengan semakin berkurangnya hutan akibat ilegal loging, membuat cadangan oksigen semakin berkurang sementara perkembangan manusia semakin meningkat akibatnya jumlah karbondiosida melebihi jumlah oksigen di udara bebas. Kondisi ini mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit pernapasan.


Kalau sebagian dari tanda-tanda kembalinya masyarakat dunia kepada awal-awal kehidupan tidak segera dipahami dan disadari maka bencana sosial dapat terjadi kapan saja. Berdasarkan kelima hal diatas, apakah kita masih belum percaya bahwa roda kehidupan berputar?

Artikel keren lainnya:

Langkah demi langkah meraih keberhasilan

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang berhasil meraih keberhasilan dengan hanya membalikkan telapak tangan, tidak pula dengan hanya mengatakan berhasil lalu dia pun berhasil, tidak juga dengan hanya memutar tongkat ajaib seperti peri sehingga muncullah harta yang banyak. Semua membutuhkan perjuangan, semua membutuhkan proses untuk mencapai keberhasilan.

Keberhasilan diperoleh dengan jalan menyelesaikan setiap langkah atau tangga yang dilalui, semakin banyak langkah yang kita selesaikan maka semakin mendekatkan kita pada tujuan yang ingin di capai, dibutuhkan kesabaran, ketekunan, keuletan serta keterampilan untuk menyelesaikan setiap langkahnya. Orang yang tidak memiliki kesabaran, orang yang mudah takluk dari rasa putus asa, bosan dan jenuh sulit untuk menyelesaikan langkahnya.


Sekarang, anda ingin berhasil sebagai apa? Maka lakukan dan laksanakan serta bekerja keraslah menyelesaikan langkah-langkah yang harus dilalui. Jangan membayangkan diri anda sudah berhasil apabila setiap langkah-langkah tersebut belum anda selesaikan. Keberhasilan harus berproses sedikit demi sedikit, agar kita tidak salah mengambil keputusan. Proses ditujukan untuk memberi pelajaran kepada kita demi mencapai kedewasaan berpikir dan bertindak. Ibarat anak kecil, mereka tidak langsung bisa berbicara dan berjalan. Mereka melalui proses belajar, proses belajar membutuhkan waktu yang lama. 

Artikel keren lainnya:

Memori daun pisang

Judul di atas mengingatkan kita pada sebuah lagu yang cukup populer, “memori daun pisang”, tetapi sebenarnya mungkin saja kita pernah mengalaminya. Pada saat hujan, tanpa ada persiapan seperti payung dimana tidak ada tempat berlindung, maka dibenak kita pastilah ingin mencari sesuatu. Yang paling dicari tentu saja adalah pohon pisang, bukan batang, bukan pula buahnya tetapi cukup daunnya saja untuk dipakai melindungi diri dari hujan.

Pertanyaannya adalah mampukah daun pisan melindungi kita dari hujan? Kalau untuk kepala saja mungkin iya, namun kalau seluruh tubuh tentunya tidak. Tetapi tetaplah daun pisang menjadi solusi yang dicoba bahkan dipertahankan sampai tujuan.

Sekecil apapun usaha maupun upaya untuk bertahan hidup, apabila dilandasi dengan keyakinan,  pastilah dapat membuat kita mencapai tujuan. Daun pisang tidak menjamin seseorang terbebas dari basah kuyup, namun karena dengan keyakinannya, seseorang memandang daun pisang dapat menyelamatkannya. Dengan daun pisang maupun tidak, kita tetap basah kuyup, jika demikian maka apa bedanya memakai daun pisang dan tanpa daun pisang?

Kembali lagi pada soal keyakinan, daun pisang hanyalah sebagai media atau sarana untuk membuat kita lebih yakin dengan jalan yang kita tempuh. Keyakinan merupakan kunci utama menuju sukses, lawan dari keyakinan tentu saja adalah keragu-raguan, inilah penyakit utama yang menghambat kita meraih sukses. Memakai daun pisang untuk melindungi diri dari hujan walaupun pada akhirnya basah juga merupakan bentuk keyakinan, dan pada saat kita basah, apakah dengan serta merta kita membuang daun pisang? Tentunya tidak kecuali sudah sampai pada tujuan.

Jadi, ketika jalan yang kita tempuh dilandasi dengan keyakinan maka pastilah tujuan dapat diraih walaupun sarana dan media tidak mumpuni untuk mengantarkan kita kepada tempat yang dituju. Orang yang sukses, orang yang berhasil, orang yang bahagia dalam hidupnya selalu menempatkan sesuatu sebagai yang diyakini dapat membawa mereka meraih cita-citanya. Sudah banyak contohnya, sesuatu yang tidak bernilai justru dapat membuat seseorang menjadi top leader di bidangnya. Mampukah kita melakukan sesuatu yang dilandasi dengan keyakinan?


Tetaplah diingat bahwa kegagalan hadir karena adanya keragu-raguan atas sarana atau media yang kita gunakan padahal itulah jalan sebenarnya yang akan menghantarkan kita pada tujuan apabila kita yakini manfaat dari kehadirannya.

Artikel keren lainnya:

Cara merubah diri kita atau orang lain menjadi lebih baik

Tiap manusia dilahirkan dalam bentuk yang terbaik. Terbaik dalam segala aspek, mulai dari rupa, fisik, sampai dengan prilaku, karakter maupun kepribadian. Perubahan prilaku biasanya dimulai ketika sudah mengenal lingkungan, pergaulan atau bentuk-bentuk lainnya. Sehingga kemudian manusia bisa menjadi baik atau bisa pula menjadi buruk prilakunya.

Dari dilahirkan secara terbaik kemudian mengalami perubahan menunjukkan bahwa pada diri manusia memiliki dua pribadi yang  berbeda. Satu pribadi baik yang merupakan bawaan sejak lahir dan yang satunya pribadi buruk hasil dari proses belajar pada kehidupan.

Kedua pribadi yang terdapat pada diri manusia saling menjegal, berjuang untuk mendominasi yang lain maka jangan heran apabila seburuk-buruknya prilaku manusia pasti memiliki sisi yang baik. Dan sebaik-baiknya manusia pasti memiliki sisi buruk, sangat sulit menemukan manusia yang mampu mempertahankan kesempurnaan atas kebaikan yang dimilikinya.

Dalam proses kehidupan manusia, kita dituntut untuk selalu memperbaiki diri, menyebar kebaikan dan saling mengingatkan akan kebaikan karena manusia dilahirkan dengan segala kelebihan dan kekurangan.

Demi mendapatkan pribadi yang baik, apakah terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain, yang harus dilakukan adalah memisahkan kebaikan dan keburukan, diawal sudah saya tekankan bahwa dalam diri kita atau orang lain terdapat dua pribadi yang berbeda. Melalui jalan memisahkan kedua pribadi ini, kita dapat mengambil tindakan untuk melenyapkan salah satu dari kedua pribadi tersebut.

Karena manusia dituntut untuk menjadi lebih baik setiap harinya, maka yang harus dilenyapkan adalah pribadi yang buruk. Caranya tentu saja dengan jalan tidak mengulangi tindakan-tindakan yang membuat kita berprilaku buruk dengan kata lain kalau ada penyakit tumor dalam tubuh, tindakan yang tepat biasanya langsung diamputasi melalui operasi.


Jadi, untuk merubah diri kita atau orang lain untuk menjadi lebih baik maka identifikasi keburukan, kemudian buang jauh-jauh dan jangan mengulanginya kembali tetapi harus dilandasi dengan komitmen yang tinggi dan konsekuen atas keputusan yang diambil.

Artikel keren lainnya:

Cara membebaskan diri dari kecemasan atas kesalahan

Pada saat kita mengalami masalah yang sulit dipecahkan solusinya, apalagi masalah itu merupakan hasil dari kelalaian kita sehingga menyebabkan timbulnya perasaan gelisah, cemas atas kesalahan tersebut. Akibatnya dapat menurunkan prestasi kerja kita, inilah bahaya yang harus diselesaikan karena dapat membuat kita semakin terpuruk bahkan dapat menimbulkan stress berat.

Saya yakin tidak ada yang ingin larut dalam situasi ini, kita pasti ingin bangkit, kita ingin keluar dari masalah yang menjerat kita. Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatasinya?

Orang yang di timpa masalah, cara berpikirnya selalu negatif, memandang dunia terlalu sempit sehingga menutup kesempatan untuk berusaha dan berubah. Dengan demikian kita akan melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri kita sendiri.

Apa yang kita lakukan adalah cermin dari cara kita memandang dunia, dunia itu luas, masing-masing orang memiliki kapasitas dan potensi untuk merubah dunia minimal merubah diri sendiri. Oleh karena itu, para ahli psikologi mengajarkan kepada kita untuk selalu berpikir positif sehingga kita dapat menikmati indahnya dunia ini, bekerja dan bertindak berdasarkan pikiran kita, sehingga kita dapat melakukan hal-hal yang berarti dalam hidup kita.


Bila kita takut menghadapi persoalan dunia sesungguhnya kita takut dengan diri kita sendiri, kita adalah dunia yang kecil. Dalam ajaran agama, kita diajarkan untuk senantiasa bersyukur atas apa yang kita dapatkan, bersyukur merupakan tindakan dari orang-orang yang berpikir positif, bersyukur dapat mendorong kita untuk bergerak maju penuh antusias. Kita hanya bisa berhasil dengan jalan berusaha, berusaha merupakan tanda orang yang selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang diterimanya.

Artikel keren lainnya:

Cara merebut pasar dan hati konsumen

Dalam ilmu ekonomi dikenal dengan kurva permintaan dan penawaran. Ketika penawaran berkurang maka permintaan menjadi naik, sebaliknya ketika penawaran meningkat maka permintaan berkurang. Prinsip ini sudah diakui kebenarannya. Apakah sekarang masih berlaku?

Untuk menemukan cara tepat menguasai pasar maka sebaiknya beberapa contoh berikut dapat dijadikan pertimbangan.

1. Perusahaan Honda
Perusahaan Honda selalu berada pada top rengking penjualan terutama untuk produk kendaraan roda dua. Apa yang membuat Honda bisa unggul dari produk lain? apakah karena kehebatan tenaga marketing mempengaruhi konsumen? Apakah dana promosi lebih besar dibanding yang lain?

Masyarakat awam atau konsumen tertarik dengan motor Honda oleh karena banyaknya stok Honda yang tersedia, bukankah tarian kolosal lebih menarik ketimbang tarian individual? Banyaknya cadangan motor yang dipajang ternyata membawa pengaruh terhadap minat beli masyarakat.

Honda pun membanjiri suku cadangnya di pasaran. Banyaknya suku cadang akan memudahkan konsumen untuk menentukan pilihan. Apalagi gaya hidup masyarakat yang serba instan, semua membutuhkan kemudahan. Kemudahan inilah pemicu masyarakat lebih berminat terhadap produk Honda.

2. Microsoft
Adalah salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Melalui system operasi Windows dan aplikasi officenya mengukuhkan perusahaan ini menjadi raksasa piranti lunak. Banyak produknya yang dibajak dipasaran tetapi microsoft seolah melakukan pembiaran karena mereka paham bahwa semakin banyak orang tahu mengoperasikan produknya maka semakin tinggi permintaan atas produknya.

Ibaratnya walaupun ekornya bergerak bebas tetapi kepalanya dibawah kontrol mereka. Artinya software bajakan dijadikan sebagai bagian dari proses belajar karena lebih banyak digunakan oleh pemula sedangkan yang original digunakan oleh unit yang lebih besar, sementara sumber daya manusianya lahir dari proses belajar dari software bajakan. Dengan demikian unit-unit tersebut harus mengikuti kemauan pasar SDM, inilah kemenangan Microsoft atas produk lainnya.

3. Makanan instan
Makanan instan menghiasi hampir semua toko. Stok yang beredar dipasaran berlimpah ruah sehingga konsumen merasa lebih dekat dengan produk makanan instan, pemandangan yang akrab di mata konsumen mampu merubah pola pikir dan kebiasaan konsumen, kesibukan yang padat merubah kebiasaan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan instan.

Ketiga contoh di atas sudah dapat menggambarkan cara merebut pasar. Dari ketiganya mengedepankan upaya untuk meningkatkan penawaran. Teori yang menjelaskan bahwa agar permintaan meningkat maka penawaran harus diturunkan tidak dapat menjadi pijakan mencapai keberhasilan.

Produk-produk yang ditawarkan dalam jumlah besar melebihi permintaan memiliki peluang menguasai pasar atau lebih diminati konsumen bila dibandingkan dengan produk yang ditawarkan secara terbatas.

Perilaku konsumen telah berubah, konsumen lebih memilih kemudahan, praktis dan berkualitas. Harga tidak menjadi ukuran, yang paling penting adalah produk yang ditawarkan memberi kepuasan kepada konsumen. Indikator kepuasan konsumen antara lain; kualitas dan kuantitas terjamin, mudah di peroleh, sesuai kebutuhan, menarik, dan cadangan berlimpah serta jujur. Kejujuran atas produk lebih diterima, banyak produk ditawarkan berbeda dengan bahasa yang disampaikan melalui promosi.

Penawaran yang tinggi berimplikasi pada meningkatnya pula biaya produksi, sehingga siapapun yang memiliki dana besar akan menjadi penguasa atau raja di bidang ekonomi. Memperbanyak produk di pasaran sama halnya dengan menguasai media informasi, perbedaanya adalah media informasi menampilkan produk secara visual sedangkan memperbanyak produk merupakan promosi secara nyata.

Artikel keren lainnya:

Pelajaran dari runtuhnya tembok Berlin

Sebelum menjadi Jerman yang kita kenal sekarang, Jerman pernah terbagi atas dua bagian yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. Ini terjadi karena adanya pemisah kedua wilayah tersebut, tembok Berlin namanya, tembok ini berdiri di kota Berlin.

Kehidupan masyarakat Jerman pada waktu itu dipengaruhi oleh dua faham yakni komunis dan liberal. Kebangkitan Jerman dimulai dari runtuhnya tembok Berlin, semua perbedaan menjadi satu dibawah bendera Jerman. Bersatunya Jerman berdampak pada kemajuan negara Jerman itu sendiri. Negara Jerman menjadi salah satu negara maju di dunia.

Berdasarkan pengalaman dari negara Jerman ini, hikmah yang dapat dijadikan pelajaran adalah ternyata perbedaan tidak dapat membawa kemajuan suatu negara atau bangsa. Indahnya perbedaan sebagai bagian dari proses demokrasi merupakan penyakit yang harus di evaluasi kembali. Pengalaman telah mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada negara manapun di dunia yang bisa maju dalam segala hal bila menerapkan demokrasi secara utuh dan menyeluruh. Negara demokrasi identik dengan kegaduhan politik, hukum dan agama. Kekuasaan dikendalikan oleh suatu kekuatan yang menguasai ekonomi negara. Semua perangkat negara menjadi alat untuk mencapai tujuan kelompok tertentu, informasi yang diterima oleh masyarakat di kemas agar tercipta opini masyarakat demi memuluskan dan memperkuat kekuasaan.

Perbedaan merupakan simbol kelemahan, guna mencapai tujuan kunci utamanya adalah persatuan dan kesatuan, selalu mempersempit ruang gerak perbedaan dan menerapkan pengawasan yang melekat terhadap informasi.

Dalam hal ini, pemerintah dituntut untuk dapat menguasai semua aspek kehidupan, demokrasi harus tetap dibawah kendali pemerintah, kekuatan-kekuatan yang menguasai hajat hidup orang banyak harus diatur oleh negara agar tercipta keadilan, ketentraman, kesejahteraan dan keamanan.

Segala potensi dan kapasitas diarahkan untuk kemakmuran rakyat, tidak memberikan kesempatan kepada kelompok tertentu untuk menguasainya secara penuh.

Negara yang pemerintahannya lahir dari proses politik banyak dipengaruhi oleh kepentingan kelompok. Program-program pemerintah disusun berdasarkan kesepakatan bukan kebutuhan masyarakat sekarang dan di masa datang.

Politik di negara demokrasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga hanya kelompok yang memiliki dana besar yang bisa berpartisipasi, sementara disisi lain untuk memahami segala kebutuhan masyarakat hanyalah kelompok ekonomi lemah yang mampu mengidentifikasi kebutuhannya. Inilah yang tidak dimiliki oleh negara demokrasi penuh.

Memandang keterbatasan tersebut, maka negara-negara maju belum menerapkan demokrasi secara penuh dalam sistem ketatanegaraannya. Mereka mengerti bahwa kegaduhan politik dapat mempengaruhi semua aspek kehidupan, merekapun paham bahwa demokrasi secara penuh hanya akan memperlebar perbedaan. Sementara perbedaan merupakan penghalang untuk mencapai tujuan. Kita semua tahu bahwa bekerja dalam satu tim tidak boleh ada perbedaan, kesatuan tim syarat utama mencapai tujuan dibentuknya tim tersebut. Negara adalah satu kesatuan tim, maka tidak boleh ada perbedaan minimal ruang gerak perbedaan dipersempit semaksimal mungkin.

Artikel keren lainnya:

Masihkah kita hidup normal?

Kalau melihat gejala prilaku manusia saat ini, dimana kodrat manusia sebagai ciptaan Tuhan yang paling mulia perlu dipertimbangkan. Mengapa demikian?

Mulia artinya suci, kesucian bisa diperoleh melalui menjaga prilaku dan perbuatan agar tidak melanggar aturan agama dan hukum yang berlaku, dalam bertindak selalu mengikuti adab, norma dan kaidah-kaidah kehidupan bermasyarakat. Demikianlah baru bisa kita disebut hidup normal.

Namun apabila memperhatikan kondisi masyarakat saat ini, kita semakin jauh dari hidup normal. Agama mulai dipersoalkan, agama dikarantina menjadi hanya menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan dalam hal ibadah atau sembahyang, padahal agama mengatur semua tentang hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam.

Bagaimana dengan persoalan hukum? Hukum menjadi alat untuk mempertahankan kepentingan, hukum telah mengalami perubahan telaah sehingga jangan heran apabila para pakar hukum saling bertentangan memahami makna hukum itu sendiri.

Bidang lainnya pun demikian, ketika ada kesempatan maka prosedur dilanggar. Hilanglah hati nurani kita, misalnya mengurus administrasi tertentu yang diperhatikan duluan adalah kerabat atau temankah dia? Yang menyenangkan yang lebih diprioritaskan. Maka timbullah persaingan yang tidak sehat, segala cara dilakukan, yang baik-baik semakin tersingkir. Apakah demikian bisa disebut dengan hidup normal? Apakah demikian cara hidup normal yang diajarkan?

Walaupun fenomena di atas terjadi di masyarakat secara luas bahkan kita sendiri mungkin menjadi bagian darinya, tetaplah menganggap bahwa itu masih dalam tataran hidup normal. Inilah kekeliruan yang telah mengaburkan pengertian hidup normal yang sebenarnya, akibatnya terdapat banyak pertentangan di masyarakat, pedoman dan tuntunan hidup bermasyarakat dan bersosial tidak dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya karena kebanyakan kita lebih baik mengikuti kesepakatan yang katanya baik dan dapat diterima.

Kalaulah kita menerapkan hidup normal yang sebenarnya, maka kebahagiaan, ketenangan, kenyamanan dan ketentraman dapat terwujud. Masing-masing orang mengikuti pedoman dan aturan yang sama, masing-masing orang satu dalam persepsi dan asumsi mengenai kebenaran dan kebaikan maupun kesalahan dan keburukan. Hubungan manusia dan manusia serta manusia dan alam semakin mengarah kepada hubungan yang saling menguntungkan, maka terciptalah kehidupan normal yang sebenarnya didambakan oleh semua orang. Kapankah kita mau memulainya?


Artikel keren lainnya:

Cara menemukan kebenaran; Benar pun ternyata salah

Sikap manusia yang memandang sesuatu dari sudut pandang pribadi, ternyata tindakan tersebut banyak mengantarkan kita pada sikap yang salah. Membuat kita menjadi arogan apabila tidak segera menyadarinya.

Ada banyak manusia terjebak pada situasi ini, anda merasa benar saja maka anda telah salah, sebab keputusan anda tersebut dipandang berdasarkan subyektifitas anda. Disisi lain pastilah orang lain akan melakukan hal serupa, kalau anda ingin dibenarkan maka anda pun harus bersedia untuk membenarkan orang lain. Artinya, tempatkanlah diri kita pada posisi bukan anda dan juga bukan orang lain. Niscaya anda akan menemukan jawabannya.

Orang yang perkataannya dapat didengar dan selalu menjadi solusi atas masalah, menempatkan dirinya pada posisi netral. Selalu berdasarkan aturan pasti bukan mengedapankan logika karena logika banyak dipengaruhi oleh subyektifitas individu. Kalau dalam tiap aktifitas anda, posisi anda tidak mewakili siapapun termasuk diri anda sendiri, akan mudah mengambil sikap benar setiap anda melangkah apalagi sikap anda selalu taat pada aturan, norma dan hukum serta adab yang baik.

Masihkah kita menemukan prilaku demikian?

Saya optimis bahwa anda termasuk orang-orang yang dapat dipercaya, orang yang senantiasa memandang kebenaran sebagai tujuan hidup dan kehidupan anda. Buktinya anda masih menyempatkan diri untuk membaca ini. Dorongan untuk menjadi lebih baiklah yang membuat kita mencari informasi bagaimana agar bisa berubah.

Di awal saya sudah katakan bahwa benar pun belum tentu benar. Bila ini menjadi pegangan hidup maka tiap langkah, sikap maupun perkataan akan di timbang baik dan buruknya sebelum dilaksanakan. Inilah yang perlu dibiasakan, bukan membiasakan yang diperlukan.

Luasnya pengaruh tujuan yang harus dicapai, mendorong seseorang untuk bekerja keras, membuka peluang-peluang untuk dijadikan sebagai landasan bertindak walaupun bertolak belakang dengan kebenaran sesungguhnya sehingga hilanglah nurani, segala cara di tempuh, merubah persepsi untuk membenarkan langkah kita. Jadilah yang salah menjadi benar, seolah-olah kebenaran milik kita.

Akibatnya, bukannya kita sadar melainkan semakin membiasakan kita pada kesalahan yang di benarkan. Pemilik ilmu hitam menjadi keterusan apabila berhasil membuat tujuannya menjadi tidak berkutik.

Karena ruang kebenaran begitu sempit sehingga membutuhkan pengetahuan dan kontrol diri secara maksimal. Tanpa itu, bisa jadi kebenaran yang kita pahami merupakan kesalahan yang di paksakan agar dibenarkan. Bila ini adalah sifat para pemimpin maka pertanda kehancuran, bila ada pada rakyat biasa pertanda tidak ada pemimpin. Bila menjangkiti hukum maka hukum menjadi alat untuk menindas, bila menjangkiti ekonomi pertanda kemelaratan bakal merajalela, bila menjangkiti pendidikan pertanda moral menjadi buruk. Pada akhirnya dunia hanya sandiwara pemilik kekuasaan, rakyat akan terus terjajah oleh saudaranya sendiri.

Artikel keren lainnya:

Resufle kabinet, menteri mana saja yang akan diganti?

Bagaimana partai dari KMP terkait resufle kabinet? Walaupun partai-partai KMP ramai-ramai tetap pada komitmen awalnya adalah sebagai penyeimbang, namun karena mereka adalah penguasa parlemen maka posisi tawar mereka tetap tinggi, akibatnya ada deal-deal politik yang mempengaruhi pemerintahaan. Misalnya Golkar, mereka tetap mempertahankan pengaruhnya di pemerintahan melalui posisi tawarnya ini walaupun tidak ada menteri dari partai Golkar.

Menurut sebagian pengamat, sasaran resufle kabinet pada kementerian yang terkait dengan ekonomi. Kalau melihat nama-nama yang terkait dengan kementerian ekonomi, semuanya adalah orang-orang yang menduduki posisi inti dalam tim pemenangan Jokowi-JK, ini berarti bahwa mengganti mereka menjadi dilema bagi Jokowi, dalam hal ini kemungkinan Jokowi memilih membuat keputusan yang memiliki sedikit resistensinya.

Resufle kabinet tetap ada, namun yang masuk dalam kategori resufle adalah nama-nama yang lemah dukungan politik,  kemungkinan mereka adalah yang dari kalangan profesional, kalaupun dari partai maka kader PKB dan Hanura yang akan diganti.

Dalam situasi seperti sekarang ini dimana pemerintah tidak mampu mengendalikan politik, keputusan yang terbaik adalah mengakomodir kekuatan-kekuatan yang bisa mengamankan pemerintahan. Kekuatan itu sudah mulai nampak, misalnya ABRI dan KMP. Maka pada saat resufle kabinet nantinya, kedua kekuatan ini akan menghiasi daftar menteri.

Bagaimana dengan KIH sebagai pendukung utama? Jokowi memiliki jurus ampuh untuk meredamnya, sebagaimana yang telah beliau tunjukkan pada saat pengumuman kabinet yang lalu.

Apabila kedua kekuatan di atas masuk dalam jajaran kabinet Jokowi-JK maka KIH semakin berada dalam kontrol Jokowi, PDIP sebagai penyokong utama pemerintahan Jokowi-JK lagi-lagi harus gigit jari, lemah di parlemen juga lemah di penggalangan opini karena akan berhadapan dengan kekuatan ABRI. Sebagaimana kita ketahui bahwa hanya ABRI-lah yang tidak tersentuh oleh proses politik dan hukum selama ini.

Selain itu, Jokowi akan tetap mempertahankan menteri "bidak", menteri ini adalah menteri yang berani mengorbankan dirinya dengan tujuan untuk membaca pergerakan peta politik nasional melalui kebijakan-kebijakannya yang kontroversial. Melalui menteri ini, Jokowi semakin mudah menemukan celah yang bisa dimaksimalkan demi melanggengkan kekuasaannya. Kerja menteri ini diharapkan dapat mengerucutkan pergerakan politik nasional sehingga tetap dalam genggamannya. Pada akhirnya Jokowi tetap menjadi sentral pengendali pemerintahan, politik, hukum dan bidang-bidang lainnya.

Bagaimana partai dari KMP terkait resufle kabinet? Walaupun partai-partai KMP ramai-ramai tetap pada komitmen awalnya adalah sebagai penyeimbang, namun karena mereka adalah penguasa parlemen maka posisi tawar mereka tetap tinggi, akibatnya ada deal-deal politik yang mempengaruhi pemerintahaan. Misalnya Golkar, mereka tetap mempertahankan pengaruhnya di pemerintahan melalui posisi tawarnya ini walaupun tidak ada menteri dari partai Golkar.

Dengan demikian, resufle kabinet pada akhirnya hanya untuk menjawab desakan masyarakat, resufle kabinet menjadi momentum untuk memperkuat posisi pemerintahaan saat ini. Menteri-menteri terkait dengan ekonomi kemungkinan tidak akan berubah, resufle kabinet hanya ditujukan pada kementrian yang belum maksimal menjalankan program kerjanya. Dengan alasan bahwa yang membuat kerja kabinet tidak maksimal adalah karena terdapat beberapa menteri yang memiliki kinerja buruk sehingga mengganggu kerja kementerian lainnya.

Artikel keren lainnya: