Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Cara cepat menemukan masalah untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Untuk memenuhi kebutuhan kenaikan pangkat, seorang guru harus memenuhi beberapa syarat. Salah satunya adalah karya ilmiah. Karya ilmiah banyak ragamnya, di dunia pendidikan khususnya guru dikenal dengan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), ternyata walaupun PTK dianggap sangat sederhana namun tidak semua guru mampu melakukannya. Kendala utamanya adalah apa yang perlu di PTK-kan, hal ini berarti bahwa untuk melakukan PTK membutuhkan masalah. Inilah yang menyulitkan bagi guru, bagaimana menemukan masalah?

Untuk menemukan masalah tidaklah sulit bila kita memiliki data lengkap tentang siswa. Bagi guru cukup membuka dokumen penilaian sudah dapat menemukan permasalahan yang perlu di PTK-kan. Misalnya ketika membuka dokumen, ternyata ada satu kelas yang nilainya tidak tuntas, rata-rata nilai yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan, atau hasil yang diperoleh tidak mencapai indikator yang telah di susun dalam RPP. Artinya terdapat selisih atau kesenjangan antara yang direncanakan (RPP) dengan hasil yang dicapai, berarti dikelas tersebut terdapat masalah yang perlu diselesaikan. Untuk menyelesaikannya harus dilakukan melalui penelitian, disinilah guru dapat mem-PTK-kan masalah dikelas yang tidak tuntas tersebut.

Pada contoh di atas, proses penemuan masalah dilakukan dengan cara membadingkan harapan dan kenyataan. Apabila kenyataan tidak mencapai harapan maka PTK diperlukan, sebaliknya apabila kenyataan mencapai harapan maka tidak diperlukan PTK.

Kalau semua kelas misalnya tuntas, maka proses penemuan masalah bisa dilakukan dengan membandingan kelas yang satu dengan kelas yang lainnya. Bila kesenjangan nilai hasil evaluasi di peroleh terlalu jauh maka kelas yang memiliki nilai rata-rata terendah perlu dilakukan PTK.

Hanya dengan membandingkan antara RPP dan kenyataan, seorang guru sudah dapat merumuskan masalah. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk dapat menemukan masalah untuk di PTK-kan, tanpa masalah PTK tidak diperlukan sebaliknya ketika ada masalah maka sangat direkomendasikan untuk dilaksanakan PTK. Karena solusi yang di peroleh dapat menjadi kajian dan bahan evaluasi untuk perbaikan pada tahap selanjutnya.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara cepat menemukan masalah untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK)"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung