Rapor siswa pada kurikulum 2013 tidak seperti rapor sebelumnya. Jika sebelumnya kita menuliskan dalam bentuk angka-angka maka untuk kurikulum 2013 tidak lagi ditulis dengan angka-angka tetapi menggunakan konversi predikat A – D untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan sedangkan untuk kompetensi sikap, menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut:
  Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
              |           PREDIKAT         |                   NILAI KOMPETENSI         |      
             |           PENGETAHUAN         |                   KETERAMPILAN         |                   SIKAP         |      
             |           A         |                   4         |                   4         |                   SB         |      
             |           A-         |                   3.66         |                   3.66         |      
             |           B+         |                   3.33         |                   3.33         |                   B         |      
             |           B         |                   3         |                   3         |      
             |           B-         |                   2.66         |                   2.66         |      
             |           C+         |                   2.33         |                   2.33         |                   C         |      
             |           C         |                   2         |                   2         |      
             |           C-         |                   1.66         |                   1.66         |      
             |           D+         |                   1.33         |                   1.33         |                   K         |      
             |           D         |                   1         |                   1         |      
   
  Sedangkan rentang nilai konversi untuk kmpetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan adalah:
    Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
              |           No.         |                   Nilai         |                   Predikat         |      
             |           1         |                   0,00 ˂     Nilai     ≤     1,00         |                   D.         |      
             |           2         |                   1,00   ˂      Nilai     ≤     1,33         |                   D+         |      
             |           3         |                   1,33   ˂      Nilai     ≤     1,66         |                   C-.         |      
             |           4         |                   1,66   ˂      Nilai     ≤     2,00         |                   C         |      
             |           5         |                    2,00   ˂     Nilai     ≤     2,33         |                   C+         |      
             |           6         |                   2,33   ˂    Nilai   ≤     2,66         |                   B-         |      
             |           7         |                   2,66 ˂   Nilai     ≤     3,00         |                   B         |      
             |           8         |                   3,00  ˂ Nilai    ≤     3,33         |                   B+         |      
             |           9         |                   3,33    ˂      Nilai     ≤     3,66         |                   A-         |      
             |           10         |                   3,66    ˂      Nilai     ≤     4,00         |                   A         |      
   
  Penghitungan Nilai Pengetahuan adalah dengan cara :
  1)      Menggunakan skala nilai 0 sd 100.
  2)      Menetapkan pembobotan dan rumus.
  3) Penetapan bobot nilai ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik.
  4)   Nilai harian disarankan untuk diberi bobot lebih besar dari pada UTS dan UAS karena lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.
   
  5)   Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 untuk NH : NUTS : NUAS  (jumlah perbandingan pembobotan = 4
  Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai berikut:
  NH                     = 70,
  NUTS                = 60,
  NUAS                = 80
  Nilai Rapor        = {(2x70)+(1x60)+(1x80)} : 4
  = (140+60+80) : 4
  = 280: 4
  Nilai Rapor        = 70
  Nilai Konversi    =  (70 :100)  x 4 = 2,8  = Baik
     Deskripsi        = sudah menguasai seluruh kompetensi denganbaik namun masih perlu peningkatan dalam .... ( dilihat dari Nilai Harian yang kurang baik atau pengamatan dalam penilaian proses ).
 
  
  
      CONTOH PENGISIAN
  Nama Sekolah             :  SMP ……….                       Kelas                   :  VII
  Alamat                          :  …………………                  Semester            :  1 (Satu)
  Nama                           :  …………………                  Tahun Pelajaran  :  2013/2014
  Nomor Induk/NISN      :  000065
   
  CAPAIAN
                                      MATA PELAJARAN         |                   Pengetahuan           (KI 3)         |                   Keterampilan           (KI 4)         |                   Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1dan KI 2)         |      
             |           Mata Pelajaran         |                   Antar-           Mata Pelajaran         |      
               |           Kelompok A                     |                                         |                                         |                                         |                             |      
             |           1         |                   Pendidikan Agama dan Budi Pekerti         |                   A         |                   A-         |                   SB         |                    Faris menunjukkan sikap konsisten dan sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap spiritual, jujur , dan  kerjasama, terutama dalam mapel Pendidikan Agama dan Budi pekerti, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.         |      
             |           2         |                   Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan         |                   A-         |                   B+         |                   B         |      
             |           3         |                   Bahasa Indonesia         |                   A         |                   A         |                   SB         |      
             |           4         |                   Matematika         |                   A-         |                   B         |                   B         |      
             |           5         |                   Ilmu Pengetahuan Alam         |                   B+         |                   B+         |                   B         |      
             |           6         |                   Ilmu Pengetahuan Sosial         |                   B         |                   B         |                   B         |      
             |           7         |                   Bahasa Inggris         |                   A-         |                   A-         |                   SB         |      
             |           Kelompok B         |                             |                             |                             |      
             |           1         |                   Seni Budaya          |                   B+         |                   B+         |                   B         |      
             |           2         |                   Pendidikan Jasmani,Olah Raga,dan Kesehatan          |                               A         |                               A         |                               SB         |      
             |           3         |                   Prakarya          |                   B-                     |                   C         |                   B         |      
   
                |           Kegiatan Ekstrakurikuler         |                   Nilai         |                   Keterangan         |      
             |           1.  Praja Muda Karana         |                   A                     |                   Sangat Memuaskan. Juara LT I tingkat Provinsi         |      
             |           2.Usaha Kesehatan  Sekolah (UKS)         |                   B         |                   Memuaskan, aktif dalam setiap kegiatan         |      
   
   
              |           Ketidakhadiran         |      
             |           Sakit                      : 1  hari         |      
             |           Izin                       : -   hari         |      
             |           Tanpa Keterangan  : -   hari         |      
   
              |           No.         |                   Mata Pelajaran         |                   Kompetensi         |                   Catatan         |      
               |           Kelompok A.         |      
             |           7..         |                   Bahasa Inggris         |                   Pengetahuan         |                   Sangat Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama dalam memahami tujuan,  dan susunan teks namun perlu lebih teliti dalam menggunakan unsur kebahasaan yang baik dan benar         |      
             |           Keterampilan         |                   Sudah terampil dalam menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari, namun perlu lebih berani lagi dan percaya diri         |      
             |           Sikap Spiritual dan Sosial                     |                   Sudah konsisten menunjukkan sikap  beriman bertaqwa, jujur, disiplin, kerjasama namun perlu peningkatan rasa percaya diri.         |      
             |           Kelompok B         |      
             |           2         |                   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan                     |                   Pengetahuan         |                   Sudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali            konsepgayahidupsehatuntukmencegahberbagaipenyakit. Perlulebihdisiplindalammemahamikonsepgayahidupsehat..         |      
             |           Keterampilan         |                   Sudah menguasai permainan dan olah raga, terutama mempraktikkan teknik dasar Dapat diikutsertakan dalam lomba OSN tingkat kota.         |      
             |           Sikap Spiritual dan Sosial         |                   Sudah menunjukan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. perlu terus dikembangkan sikap  , sportif dalam bermain dan menghargai perbedaan         |      
   
  Semoga bermanfaat!
  
    
Artikel keren lainnya: