Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Alat Melukis Digital

Dulu saya membayangkan untuk bisa melukis secara digital, melukis secara digital memiliki kelebihan diantaranya dapat kita mengemat biaya. Kertas yang selalu memenuhi ruang lukis karena salah gores atau tiba-tiba muncul inspirasi yang lebih bagus tidak akan anda temui jika menggunakan alat lukis digital.

Kelebihan lainnya adalah tidak perlu membawa-bawa alat lukis yang menghabiskan tenaga dan waktu. Pada saat kita menemukan obyek untuk dilukis biasanya kita akan berusaha memposisikan alat lukis pada tempat atau sudut yang paling tetap sehingga kita pun berusaha menggeser peralatan.

Akan tetapi coba anda bayangkan ketika menemukan obyek yang membuat kita tergerak untuk melukis, yang kita lakukan hanya dengan membuka tablet kemudian mulai melukis tanpa perlu mencampur warna, mengangkat berbagai peralatan dan lain sebagainya. Saya kira pasti anda sudah bisa membayangkannya!

HANVON SenTIP 1201WD

Alat yang gambarnya muncul di atas adalah HANVON SenTIP 1201WD. Tablet inilah yang saya maksudkan, tablet multifungsi yang dapat digunakan untuk melukis karena dilengkapi dengan pulpen digital. Untuk mendapatkan tablet HANVON SenTIP 1201WD, silahkan anda kunjungi www.bhineka.com

Artikel keren lainnya:

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Secara Online

Beberapa waktu lalu, salah satu acara TV Nasional menampilkan tema belanja secara online. Acara tersebut yakni Indonesia Lawak Klub (ILK), walau disampaikan secara lawakan namun banyak informasi yang dapat kita jadikan sebagai referensi untuk melakukan transaksi secara online. Selama acara tersebut berlangsung, banyak terungkap kelebihan dan kekurangan berbelanja secara online.

Kelebihan yang diperoleh:

  • Kita dapat menemukan barang-barang yang tidak dapat diperoleh dengan berbelanja secara langsung.
  • Harga yang ditawarkan dibawah harga yang ditawarkan oleh para pedagang di pasar
  • Waktu yang digunakan sangat efisien sehingga tidak mengganggu aktivitas lainnya
  • Barang pesanan langsung di antar ke alamat pembeli
  • Barang yang ditawarkan sangat bervariasi, mampu menjawab minat pembeli karena model yang ditawarkan hampir semua tersedia.
  • Tidak menghabiskan energi dan tenaga

Sementara kekurangannya antara lain :

  • Kualitas barang pesanan kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan
  • Barang pesanan sering terlambat atau bahkan tidak datang sama sekali
  • Seringkali ditemukan barang sudah rusak, biasanya terjadi pada barang-barang yang memiliki masa kadarluasa
  • Sulit menukar kembali barang pesanan yang tidak sesuai dengan permintaan. Selain disebabkan oleh perbedaan tempat distributor dengan pembeli juga memakan waktu yang lama.
  • Khusus barang elektronik, mesin dan sejenisnya, tidak ada garansi yang disediakan.
  • Kita tidak dapat mencoba barang sehingga kelebihan dan kekurangan barang tidak dapat dideteksi secara langsung. Kita hanya bisa mendapatkan informasi dari tulisan-tulisan yang mengulas tentang barang tersebut.
  • Kita tidak dapat memeriksa kondisi fisik barang, apakah masih dalam keadaan original  atau sudah cacat atau telah mengalami perubahan.

Dengan demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin berbelanja secara online diantaranya :

  • Pastikan website yang menawarkan barang tersebut dapat dipercaya, bukan spam atau sejenisnya
  • Pastikan pula bahwa website tersebut menerapkan kebijakan yang sangat ketat terhadap pemasang iklan. Wabsite yang dapat menjamin pembelinya dan barang yang ditawarkan dapat dijamin kualitasnya adalah website yang sudah memiliki rating tinggi misalnya www.ebay.com untuk luar negeri sedangkan di Indonesia seperti www.bhinneka.com, www.tokobagus.com, dan www.berniaga.com.
  • Website yang sistem pembayarannya dapat dilakukan melalui paypal atau di support oleh www.paypal.com

Belanja online memang sangat menguntungkan, akan tetapi apabila masih bisa dilakukan dengan belanja langsung di pasar maka sebaiknya lakukanlah alternatif ini. Membeli barang tidak terlepas dari faktor kepuasan, hanya belanja secara langsung yang dapat memberi kita kepuasan sesuai yang diharapkan apalagi di pasar masih bisa dilakukan tawar-menawar harga.

Artikel keren lainnya:

Peluang Usaha Paling Menguntungkan di Tahun 2014

Setiap tahun selalu terjadi pergantian minat beli masyarakat, minat beli masyarakat paling banyak dipengaruhi oleh media. Media merupakan alat propaganda yang sangat ampuh, sehingga jangan heran apabila perusahaan-perusahaan mengalokasikan dana yang besar untuk melalukan sosialisasi atas produk yang dihasilkannya. Selain itu pergantian minat juga salah satunya di sebabkan oleh kebijakan dan regulasi dari pemerintah. Misalnya penggunaan helm standard, saat ini penggunaan helm standard mulai diberlakukan tidak hanya pengendara tetapi juga yang menumpang kendaraan tersebut.

Di Kota-kota besar, helm standard sudah berlaku baik kepada pengendara maupun penumpangnya, tetapi untuk kota-kota kecil baru diberlakukan mulai tanggal 26 Mei 2014 di seluruh Indonesia. Dengan demikian, di tahun 2014 ini peluang usaha yang paling menguntungkan adalah usaha jualan helm standard.

Usaha jualan helm standard tidak akan pernah berkurang, hal ini disebabkan oleh tingginya daya beli masyarakat Indonesia terhadap kendaraan roda dua. Kendaraan roda dua memang sangat representatif dengan kondisi wilayah di Indonesia, selain itu harga yang ditawarkan sangat terjangkau untuk rata-rata ekonomi masyarakat Indonesia.

Keuntungan yang diperoleh berkisar antara Rp. 25 ribu sampai dengan Rp. 100 ribu, tergantung minat masyarakat setempat. Semakin tinggi permintaan masyarakat terhadap helm semakin tinggi pula keuntungan yang diperoleh. Diberlakukannya penggunaan helm standard bukan hanya kepada pengendara tetapi juga penumpangnya membuka kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula.

Untuk meningkatkan keuntungan, kita dapat memanfaatkan kreatifitas  yang kita miliki dengan mendesign motif-motif helm yang akan dijual. Dukungan para pemasok helm yang menjual helm tanpa motif merupakan bentuk peluang yang dapat dimanfaatkan oleh yang berminat menekuni bisnis helm standard.

Nah sekarang kesempatan mendulang uang sebanyak-banyaknya telah terbuka lebar, tinggal kemampuan dan kemauan untuk meraih kesempatan tersebut. Jangan terlalu berpikir panjang karena semakin lama semakin berkurang peluang yang kita miliki karena semakin banyak pula orang lain melakukannya, maka jadilah yang pertama melakukannya.

Artikel keren lainnya:

PDAM dikelola secara amatiran

Siapa yang tidak kenal dengan PDAM singkatan dari Perusahaan Daerah Air Minum yang dikelola oleh negara melalui pemerintah daerah. Perusahaan ini bisa dikatakan sebagai perusahaan tanpa saingan, perusahaan yang pelanggannya hampir semua masyarakat Indonesia terutama di daerah perkotaan. Perusahaan negara yang biaya produksinya paling kecil dengan pendapatan yang sangat besar.

Keberadaan PDAM buat daerah belum membawa perubahan, keuntungan yang diharapkan dapat menambah PAD tidak nampak bahkan PDAM selalu membebani APBD, padahal apabila dikelola dengan baik dan profesional, PDAM merupakan perusahaan yang diprediksi mampu mendongkrat PAD daerah selain dari pajak.

Indikatornya dapat dilihat dari besarnya pelanggan PDAM, biaya produksi yang rendah, sumber air yang memadai, serta pengalamannya sebagai pelayan masyarakat terhadap kebutuhan air minum. Selain itu, PDAM merupakan operator satu-satunya penyedia air minum yang dibentengi oleh undang-undang sehingga menutup peluang dari pihak swasta bersaing merebut pangsa pasar.

Pelaksanaan otonomi daerah yang memberi kewenangan penuh kepada daerah untuk mengelola daerahnya sendiri seharusnya membawa berkah tersendiri bagi PDAM untuk dikelola secara profesional. Akan tetapi yang terjadi justru sebaliknya, banyak kepala daerah menjadikan PDAM sebagai lahan untuk menambah pundi-pundinya. Penghasilan yang diperoleh oleh PDAM dilaporkan tidak transparan, terdapat indikasi bahwa PDAM menjadi sumber ekonomi daerah yang paling mudah dikorupsi oleh kepala daerah.

Kurang profesionalnya pengelolaan PDAM mempengaruhi kinerja karyawan. Pencatat meteran biasanya hanya menulis angka-angka dengan merata-ratakan bukan meninjau langsung meteran, kesalahan pencatatan meteran dapat merugikan para pelanggan di satu sisi dan menguntungkan di sisi lain. Apabila pemakaian lebih besar dari yang dicatatan tentunya menguntungkan pelanggan sebaliknya catatan lebih besar dari pemakaian akan merugikan pelanggan sehingga jangan heran apabila banyak pelanggan yang mengeluhkan pelayanan PDAM.

Sangat banyak terjadi pelanggan membayar tagihan air sangat besar. Biasanya PDAM tidak mengembalikan kelebihan bayar tetapi dengan mengurangi pembayaran di bulan berikutnya. Tentunya hal ini sangat merugikan bagi pelanggan.

 

Apakah PDAM yang awalnya merupakan perusahaan daerah harus dijadikan menjadi BUMN? Masyarakat membutuhkan pelayanan prima termasuk kecukupan kebutuhan air minum, melihat kinerja pemerintah daerah yang tidak memiliki inovasi dan program untuk menjadikan PDAM sebagai perusahaan publik berstandar nasional, solusi terbaiknya adalah sebaiknya PDAM diambil alih oleh pemerintah pusat atau jika perlu diserahkan kepada swasta untuk dikelola secara terbatas, artinya harga harus tetap dibawah kontrol dan pengawasan dari pemerintah pusat. Hanya dengan cara ini, PDAM dapat dikelola dengan baik dan profesional.

Artikel keren lainnya:

Cara Penulisan Raport Siswa Kurikulum 2013

Rapor siswa pada kurikulum 2013 tidak seperti rapor sebelumnya. Jika sebelumnya kita menuliskan dalam bentuk angka-angka maka untuk kurikulum 2013 tidak lagi ditulis dengan angka-angka tetapi menggunakan konversi predikat A – D untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan sedangkan untuk kompetensi sikap, menggunakan skala Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut:

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap

PREDIKAT

NILAI KOMPETENSI

PENGETAHUAN

KETERAMPILAN

SIKAP

A

4

4

SB

A-

3.66

3.66

B+

3.33

3.33

B

B

3

3

B-

2.66

2.66

C+

2.33

2.33

C

C

2

2

C-

1.66

1.66

D+

1.33

1.33

K

D

1

1

Sedangkan rentang nilai konversi untuk kmpetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan adalah:

Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan

No.

Nilai

Predikat

1

0,00 ˂     Nilai          1,00

D.

2

1,00   ˂      Nilai          1,33

D+

3

1,33   ˂      Nilai          1,66

C-.

4

1,66   ˂      Nilai          2,00

C

5

 2,00   ˂     Nilai          2,33

C+

6

2,33   ˂    Nilai        2,66

B-

7

2,66 ˂   Nilai          3,00

B

8

3,00  ˂ Nilai         3,33

B+

9

3,33    ˂      Nilai          3,66

A-

10

3,66    ˂      Nilai          4,00

A

Penghitungan Nilai Pengetahuan adalah dengan cara :

1)      Menggunakan skala nilai 0 sd 100.

2)      Menetapkan pembobotan dan rumus.

3) Penetapan bobot nilai ditetapkan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik.

4)   Nilai harian disarankan untuk diberi bobot lebih besar dari pada UTS dan UAS karena lebih mencerminkan perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik.

 

5)   Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 untuk NH : NUTS : NUAS  (jumlah perbandingan pembobotan = 4

Siswa A memperoleh nilai pada Mata Pelajaran Agama dan Budi pekerti sebagai berikut:

NH                     = 70,

NUTS                = 60,

NUAS                = 80

Nilai Rapor        = {(2x70)+(1x60)+(1x80)} : 4

= (140+60+80) : 4

= 280: 4

Nilai Rapor        = 70

Nilai Konversi    =  (70 :100)  x 4 = 2,8  = Baik

Deskripsi        = sudah menguasai seluruh kompetensi denganbaik namun masih perlu peningkatan dalam .... ( dilihat dari Nilai Harian yang kurang baik atau pengamatan dalam penilaian proses ).

CONTOH PENGISIAN

Nama Sekolah             :  SMP ……….                       Kelas                   :  VII

Alamat                          :  …………………                  Semester            :  1 (Satu)

Nama                           :  …………………                  Tahun Pelajaran  :  2013/2014

Nomor Induk/NISN      :  000065

 

CAPAIAN


MATA PELAJARAN

Pengetahuan

(KI 3)

Keterampilan

(KI 4)

Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1dan KI 2)

Mata Pelajaran

Antar-

Mata Pelajaran

Kelompok A

 

 

 

 

 

 

 

 

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

A

A-

SB

 Faris menunjukkan sikap konsisten dan sungguh-sungguh dalam menerapkan sikap spiritual, jujur , dan  kerjasama, terutama dalam mapel Pendidikan Agama dan Budi pekerti, Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

A-

B+

B

3

Bahasa Indonesia

A

A

SB

4

Matematika

A-

B

B

5

Ilmu Pengetahuan Alam

B+

B+

B

6

Ilmu Pengetahuan Sosial

B

B

B

7

Bahasa Inggris

A-

A-

SB

Kelompok B

 

 

 

1

Seni Budaya

B+

B+

B

2

Pendidikan Jasmani,Olah Raga,dan Kesehatan

 

A

 

A

 

SB

3

Prakarya

B-

 

C

B

Kegiatan Ekstrakurikuler

Nilai

Keterangan

1.  Praja Muda Karana

A

 

Sangat Memuaskan. Juara LT I tingkat Provinsi

2.Usaha Kesehatan  Sekolah (UKS)

B

Memuaskan, aktif dalam setiap kegiatan

 

Ketidakhadiran

Sakit                      : 1  hari

Izin                       : -   hari

Tanpa Keterangan  : -   hari

No.

Mata Pelajaran

Kompetensi

Catatan

Kelompok A.

7..

Bahasa Inggris

Pengetahuan

Sangat Baik, sudah memahami seluruh kompetensi, terutama dalam memahami tujuan,  dan susunan teks namun perlu lebih teliti dalam menggunakan unsur kebahasaan yang baik dan benar

Keterampilan

Sudah terampil dalam menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari, namun perlu lebih berani lagi dan percaya diri

Sikap Spiritual dan Sosial

 

Sudah konsisten menunjukkan sikap  beriman bertaqwa, jujur, disiplin, kerjasama namun perlu peningkatan rasa percaya diri.

Kelompok B

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

 

Pengetahuan

Sudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali

konsepgayahidupsehatuntukmencegahberbagaipenyakit. Perlulebihdisiplindalammemahamikonsepgayahidupsehat..

Keterampilan

Sudah menguasai permainan dan olah raga, terutama mempraktikkan teknik dasar Dapat diikutsertakan dalam lomba OSN tingkat kota.

Sikap Spiritual dan Sosial

Sudah menunjukan usaha maksimal dalam setiap aktivitas gerak jasmani, sportif dalam bermain, perlu peningkatan dalam menghargai perbedaan. perlu terus dikembangkan sikap  , sportif dalam bermain dan menghargai perbedaan

Semoga bermanfaat!

Artikel keren lainnya: