Menurut Zainul dan Nasoetion (dalam Mervin, 2003:52), tes hasil belajar (THB) adalah salah satu alat ukur yang paling banyak digunakan untuk menemukan keberhasilan seseorang dalam suatu proses belajar mengajar atau untuk menentukan keberhasilan suatu program pendidikan. Adapun dasar-dasar penyusunan THB adalah sebagai berikut:
a. THB harus dapat mengukur apa yang dipelajari dalam proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan instruksional yang tercantum di dalam kurikulum yang berlaku,
b. THB disusun sedemikian sehingga benar-benar mewakili bahan yang telah dipelajari,
c. pertanyaan THB hendaknya disesuaikan dengan aspek-aspek tingkat belajar yang diharapkan,
d. THB hendaknya disusun sesuai dengan tujuan penggunaaan tes itu sendiri, karena tes dapat disusun sesuai dengan kebutuhan.
Pengertian Pretest dan postest
1) Pretest adalah tes yang diberikan sebelum pembelajaran dimulai, bertujuan untuk mengetahui sejauh manakah siswa telah mengusai materi yang akan diberikan.
2) Postest adalah tes yang diberikan sesudah pembelajaran, tujuannya ialah untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mengusai bahan yang telah diajarkan.
Perbedaan kedua jenis tes ini akan ditentukan oleh proses belajar dan mengajar, karena jika proses belajar dan mengajar baik maka akan terdapat perbedaan yang besar antara postest dengan pretest. Supaya kedua hasil ini dapat dibandingkan sudah tentu pertanyaan-pertanyaan pada pretest dibuat sama atau parallel dengan pertanyaan pada postest.
Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Tes Hasil Belajar"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung