Ada lima peran guru yang harus dikuasai ketika memberikan pembelajaran di kelas sehingga tercipta pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Kelima peran dibawah ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berlangsung di kelas.
Adapun 5 peran tersebut adalah sebagai berikut :
1). Guru sebagai model. Anak dan remaja berkembang kearah idealisme dan kritis. Mereka membutuhkan guru sebagai model yang dapap dicontoh dan dijadikan teladan. Karena itu guru harus memiliki kelebihan, baik pengetahuan, keterampilan dan kepribadian. Dia senanteiasa berusaha memberikan bimbingan menciptakan iklim kelas yang menyenangkan dan menggairahkan anak untuk belajar, menyediakan kesempatan bagi anak untuk terlibat dalam perencanaan bersama dengan guru, memungkinkan secara dierective
2). Guru sebagai perencana. Guru berkewajiban mengembangkan tujuan-tujuan poendidikan menjadi rencana-rencana yang operasional. Dalam perencanaan itu murid perlu dilihatakan sehingga menjamin relevansinya dengan perkembangan, kebutuhan, dan tingkat pengalaman mereka.
3). Guru sebagai peramal atau mengagnosis kemajuan belajar murid. Peranan tersebut erat kaitannyadengan tugas mengevaluasi kemajuan belajar siswa. Penilaian mempunyai arti yang penting, baik bagi siswa, orang tua dan bagi guru sendiri. Bagi siswa, agar mereka mengetahui, seberapa jauh mereka telah berhasil dalam studinya, bagi orang tua agar mereka mengetahui kemajuan belajar anaknya, dan bagi guru penting untuk menilai dirinya sendiri dan efektivitas pengajaran yang telah diberikannya.
4). Guru sebagai pemimpin. Guru adalah sebagai pemimpin dalam kelasnya sekaligus sebagi anggota kelompok-kelompok dari siswa. Banyak tugas yang sifatnya manajerial yang haarus dilakukan oleh guru, seperti memelihara ketertiban kelas, mengatur ruangan, bertindak sebagai pengurus rumah tangga kelas, serta menyusun laporan bagi pihak yang memerlukannya.
5). Guru sebagai petunjuk jalan kepada sumber-sumber. Guru berkewajiban menyediakan berbagai sumber yang memungkinkan akan memperoleh pengalaman yang kaya. Curtis mengemukakan, bahwa guru memiliki komponen-komponen lengkungan tertentu, yang terdiri: (1) sumber-sumber guru, (2) sumber-sumber manusia, (3) sumber-sumber masyarakat, (4) sumber-sumber media, dan (5) sumber-sumber kepustakaan
Belum ada tanggapan untuk "5 Peran guru yang harus dikuasai"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung