Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Cara Mengirim Semua Status Grup WhatsApp Sejak Tanggal Dibuat ke Email

Membuka status yang pernah dikirim oleh semua anggota grup sejak grup whatsapp dibuat tidak mudah terutama bagi grup yang sudah berusia tahunan.

Masalahnya adalah kita mesti melakukan scrolling sampai ke awal status, tentunya pekerjaan ini membutuhkan waktu yang lama dan koneksi jaringan data atau internet yang stabil. Stamina juga harus dalam keadaan fit.


Saya rasa belum ada seorang pun yang mau melakukan pekerjaan ini walaupun cume iseng saja. Bayangkan jika grup tersebut memiliki anggota grup yang aktif dan dibuat sejak 2 atau 3 tahun yang lalu. Hancur juga jari kita melakukan scrolling ke atas.

Namun dalam perkembangannya, pihak pengelola WhatsApp telah melakukan penambahan fasilitas. Salah satunya adalah fasilitas yang berfungsi mengirim pesan dan data dari WhatsApp ke email. Melalui fasilitas ini, kita bisa membuka semua status sejak awal grup dibuat dalam bentuk file txt. Anda pun bisa membukanya baik melalui HP maupun melalui PC dan Laptop.

Adapun caranya adalah:

Langkah Pertama
  1. Buka aplikasi WhatsApp anda
  2. Buka grup yang anda kirim data dan statusnya ke email

Langkah kedua
  1. Setelah grup terbuka, klik ikon tiga titik vertical disudut kanan atas
  2. Akan muncul menu daftar pilihan
  3. Pilih pilihan "lainnya"
  4. Kembali muncul beberapa pilihan baru
  5. Pilih pilihan “ekspor chat”

Langkah ke empat
  1. Selanjutnya akan muncul kota dialog dengan dua pilihan yakni “Tanpa Media” dan “Sertakan Media”
  2. Jika anda hanya menginginkan dalam bentuk teks saja maka pilih Tanpa Media, selain itu pilih Sertakan Media
  3. Pilih salah satunya

Langkah ke lima
  1. Akan muncul proses “inisialisasi”. Proses ini membutuhkan beberapa waktu tergantung banyaknya data yang pernah terkirim di grup WhatsApp tersebut.
  2. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan. Pilihan ini menentukan kemana anda mengirim semua isi data status grup WhatsApp tadi akan dikirimi. 
  3. Pilih "email" atau "gmail" apabila email anda di buat di gmail
  4. Kemudian akan muncul dialog. Salah satunya adalah “kepada” atau “send”, isi dengan alamat email tujuan data akan dikirim.
  5. Selanjutnya klik “kirim” atau gambar mainan pesawat di sudut kanan atas

Langkah keenam
  1. Kemudian anda akan dibawa kembali ke grup WhatsApp 
  2. Proses kirim selesai

Buka Email Tujuan

Untuk mengetahui apakah data status yang anda kirim tadi sudah terkirim di email, silahkan buka email tujuan pengiriman. Lihat di kotak masuk atau di kotak spam, disitu akan ada email baru. Jika belum ada maka tunggu beberapa saat karena masih berproses.

Isi email yang dikirim akan mencakup beberapa file yakni isi chat, file .vcf dan file media. Untuk membaca status buka file chat jenis txt, sedangkan .vcf berisi nomor telepon anggota grup yang belum tersimpan di HP kita.

Selamat Mencoba!




Artikel keren lainnya:

3 Tujuan Orang yang Memiliki Kebiasaan Sering atau Banyak Berbicara yang Harus Anda Ketahui

Tidak perlu saya bertanya apakah anda memiliki teman yang banyak berbicara, karena budaya masyarakat sosial yang berkembang belakangan ini, menjebak setiap orang untuk terlibat didalamnya. 

Bayangkanlah, apabila yang tidak memiliki kompetensi dan pengetahuan terkait materi pembicaraan, terdorong untuk terlibat mengamati, menganalisa dan menyimpulkan berdasarkan sudut pandangnya sendiri, seolah-olah mereka pernah mendalami permasalahan atau menguasai yang dibicarakan maka akan memicu persepsi berbeda dari yang sebenarnya. Inilah bentuk budaya yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa.

Namun demikian, ada juga yang banyak berbicara tetapi memiliki niat yang positif, misalnya istri yang banyak ngomel di rumah. Mendengarnya pasti terasa sakit menusuk jantung tetapi semua yang dingomelkan demi kebaikan semua anggota keluarga.

Tentunya, prilaku manusia yang banyak berbicara bukan tanpa tujuan. Mereka yang berusaha untuk sering berbicara memiliki tujuan, setidaknya ada 3 tujuan yang membuat mereka banyak berbicara :

1. Menyelesaikan Masalah
Tujuan pertama adalah menyelesaikan masalah. Yang termasuk dalam kelompok ini patut diapresiasi dan didukung penuh karena materi pembicaraannya bersifat positif dan membangun demi kebaikan bersama. Mereka mengungkap sumber masalah, dan mereka pun pasti menawarkan solusi guna menyelesaikan masalah. Kehadirannya kadang mengganggu aktivitas kita tetapi jika dijadikan sebagai teman berpikir dan lawan debat, dapat membuka ruang dan pola berpikir kita menjadi lebih baik dan berkualitas.

2. Memperumit Masalah
Tujuan kedua adalah memperumit masalah. Biasanya yang termasuk kelompok ini adalah orang-orang memiliki karakter negatif seperti iri hati, dendam, sombong, congkak dan sebagainya. Kehadirannya tidak hanya memperumit masalah tetapi memicu munculnya masalah baru yang dapat menggaggalkan tujuan karena itulah yang mereka harapkan.

3. Mengaktualisasi Diri
Sedangkan tujuan ketiga adalah mengaktualisasi diri. Salah satu langkah yang paling berhasil dalam membangun citra diri adalah dengan memperbanyak berbicara agar tampak berpengatahuan bagi yang terbatas pengetahuannya. Mereka berusaha memposisikan dirinya didalam suatu masalah sebagai pahlawan, memihak pada kebenaran, bahkan menjadi penyambung lidah rakyat yang paling amanah jika kapasitasnya sebagai anggota dewan.

Jadi, berdasarkan ketiga alasan di atas, jika anda termasuk salah seorang yang memiliki karakter suka banyak berbicara, kira-kira anda termasuk kelompok yang manakah?

Artikel keren lainnya:

Bagaimana parasit masuk ke dalam tubuh? Dan Pencegahannya!

Parasit merupakan ancaman nyata yang jarang disadari, keberadaan parasit dalam tubuh menimbulkan penyakit seperti napas bau, sering pilek, bersin, hidung tersumbat, keletihan kronis walaupun tidak pernah melakukan atau mengerjakan sesuatu, sering sakit kepala, konstipasi atau diare, nyeri otot dan sendi, gangguan tidur bahkan gangguan nafsu makan.

Jika anda bercermin, kemudian memperhatikan mata anda dan terdapat lingkaran hitam disekitar mata dan kantung di bawah mata, itu menunjukkan di dalam tubuh anda sedang berkembang parasit berbahaya apabila di biarkan terus menerus berkembang.


Parasit pada prinsipnya merupakan sumber penyakit menular dan penyakit kanker, mempengaruhi fungsi hati, paru-paru, otak dan jantung. Yang lebih mengerikan adalah mereka bisa tumbuh hingga 40 cm dan bertelur hingga 900 ribu butir telur sekaligus.

Lalu bagaimana parasit masuk ke dalam tubuh?

Ada 4 cara parasit masuk ke tubuh manusia:

1. Melalui orang yang terinfeksi
Berdekatan dengan orang yang terinfensi parasit bisa menular ke pada kita lewat pernapasan. Jadi ketika lawan bicara menghasilkan bau mulut yang tajam sebaiknya menghindarinya atau berjauhan. Tapi tetap menjaga perasaan lawan bicara agar tidak kecewa dengan anda

2. Melalui air, tanah dan makanan
Air minum dan makanan yang kita konsumsi jika tidak diolah dengan baik, peluang masuknya parasit dalam tubuh terbuka lebar. Anak-anak atau orang dewasa yang sebelumnya bersentuhan dengan tanah sebaiknya bersihkan tangan atau tubuh secara keseluruhan.

3. Melalui hewan peliharaan dan serangga
Hewan peliharaan terutama kucing bila tidak dirawat dengan baik akan menjadi sumber penyakit karena umumnya hewan peliharaan akan bersentuhan langsung dengan pemiliknya. Padahal hewan tersebut senantiasa berkeliaran dimana-mana termasuk wilayah yang tidak terjamin kesehatannya.

4. Melalui tempat umum dan tempat lainnya
Tempat umum seperti ATM, Halte, Bus dan lain sebagainya bukanlah tempat yang steril dari penyakit menular walaupun tampak bersih.


Cara Pencegahannya

Jika anda terinfeksi parasit, tindakan apa yang harus dilakukan? Basmi parasit dengan bahan-bahan alami diantaranya:

1. Bawang putih
Bawang putih mengandung alisin dan sulfur sebagai antibiotik. Bawang putih bisa mengobat penyakit cacingan. Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, makanlah 1 atau 2 siung bawang putih.

2. Bawang bombay
Bawang bombay memiliki sifat anti parasit karena mengandung senyawa sulfur yang bisa menumpas cacing di dalam tubuh. Bawang bombay bisa dibuat jus, jika dilakukan secara rutin, maka cacing atau parasit dalam tubuh akan mati.

3. Minyak kelapa murni
Minyak kelapa murni bisa menjadi detoks dan mencegah cacing berkembang biak. Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil memiliki sumber nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan lemak jenuhnya yang tinggi dapat membunuh parasit termasuk cacing dalam tubuh

4. Kunyit
Kunyit mengandung antimikroba yang ampuh membasmi cacing. Kunyit juga bisa meredakan gejala kembung, gas berlebih, mula dan nyeri perut.

5. Kacang almond
Kacang almond sangat ampuh membasmi telur cacing. Selain mengandung vitamin E, juga mengandung antioksidan yang bisa membasmi cacing dan telurnya di dalam usus. Kacang almond sangat baik bila dikonsumsi saat perut masih kosong

Artikel keren lainnya:

6 Bahaya Menggunakan Rokok Elektrik bagi Kesehatan Tubuh, lebih berbahaya ketimbang rokok biasa

Maksud mencari aman, ternyata justru sangat berbahaya. Ibarat pepatah “keluar dari mulut harimau masuk ke mulut buaya”. Itulah nasib para perokok elektrik yang biasa disebut Vape.

Di beberapa negara mulai melarang berederanya rokok elektrik termasuk negara sumbernya yakni Korea Selatan dan Amerika Serikat. Negara pengguna terbesar seperti India juga sudah melarang penggunaan rokok elektrik atau Vape.

Dilarangnya penggunaan rokok elektrik seiring dengan banyaknya pengguna rokok elektrik yang mengalami gangguan kesehatan.



Berdasarkan hasil konferensi pers dari beberapa lembaga kesehatan termasuk IDI, diperoleh informasi tentang bahaya penggunaan rokok elektrik bagi kesehatan tubuh. Berikut bahaya menggunakan rokok elektrik atau vape bagi kesehatan :
  1. Rokok elektrik menimbulkan penyakit komplikasi seperti kardiovaskular, paru-paru, tuberkulosis, kanker dan lainya.
  2. Rokok elektrik mengandung 7 x 1011 zat radikal per hirup dampaknya akan meningkatkan stress oksidatif dan memiliki efek pengubah status imun yang mirip dengan rokok reguler.
  3. Kandungan zat berbahaya dalam rokok elektrik adalah nikotin dan ICAM-4 yang dapat meningkatkan penempelan bakteri tuberkulosis.
  4. Rokok elektronik mengandung bahan karsinogen/menyebabkan kanker (seperti propylene glycol, gliserol, formaldehid, nitrosamin dll) dan bahan toksik lain (seperti logam/heavy metals, silikat, nanopartikel dan particulate matter) yang merangsang iritasi dan peradangan serta menimbulkan kerusakan sel. Oleh karena itu, rokok elektronik berpotensi menimbulkan adiksi, meningkatkan risiko kanker seperti kanker paru, mulut dan tenggorokan, dan juga gangguan di bidang pencernaan, sistem imun, dan timbulnya trombosis dan risiko kesehatan lainnya pada manusia
  5. Mengganggu sistem paru dan pernapasan, seperti peningkatan peradangan/inflamasi, kerusakan epitel, kerusakan sel, menurunkan sistem imunitas lokal paru dan saluran napas, peningkatan hipersensitif saluran napas, risiko asma dan emfisema dan risiko kanker paru. Beberapa penelitian di populasi juga menunjukkan bahwa rokok elektrik menyebabkan iritasi saluran napas, meningkatkan gejala pernapasan, risiko bronkitis, asma serta risiko penyakit bronkiolitis obliterans dan infeksi paru.” 
  6. Rokok elektronik berpengaruh negatif pada sel mukosa mulut bahkan dapat membuat penggunanya adiksi terhadap nikotin cair yang ada di dalamnya. 


Artikel keren lainnya:

Apakah anda termasuk generasi milenial?


Jangan mentang-mentang masih muda, sudah ngaku-ngaku sebagai generasi milenial. Belum tentu anda adalah generasi milenial. Simak penjelasannya berikut!

Sejak munculnya Teori Generasi (Generation Theory), kita diperkenalkan dengan istilah-istilah generasi, Generasi Baby Boomer, Generasi  X, Y, Z, dan generasi terbaru yaitu, Generasi Alpha. Generasi pertama, generasi Baby Boomer. Generasi ini dikategorikan lahir pada tahun 1946-1964

Anda yang lahir antara tahun 1945 sampai dengan 1964 masuk dalam kategori generasi Baby Boomer. Alasan disebut generasi baby boomer adalah akibat tingginya angka kelahiran pada saat itu, utamanya setelah perang dunia ke dua. Kini generasi ini sudah pada tua, mungkin termasuk kakek dan nenek anda.

Generasi X
Generasi ini lahir pada tahun 1965 sampai 1980. Saya termasuk golongan generasi X, jadi gini-gini sudah tua juga. Generasi ini ditandai dengan masa transisi era perang dingin antara blok barat dan blok timur, Indonesia memilih membentuk sebuah poros yakni non blok. Perang saudara di Vietnam, runtuhnya tembok Berlin.  Yang membanggakan adalah Komputer, video games, tv kabel, dan internet awal penggunaanya terjadi di generasi X.

Generasi Y
Kalau anda tidak lahir di tahun 1981 sampai dengan tahun 1994, jangan menyebut diri anda sebagai kaum MILENIAL. Kaum milenial adalah sebutan lain dari generasi Y, memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, video games dan smartphone. Bicara yang instan-instan, generasi Y adalah jagonya karena mereka dalam berkomunikasi sudah menggunakan teknologi internet seperti email, SMS, instant messaging, facebook, line, path, instagram, whatsapp dan twitter. Kebiasaan lainnya adalah suka bermain game online.

Generasi Z
Generasi Z bisa dibilang sebagai gerasi peralihan dari generasi Y, mereka lahir antara tahun 1995 sampai tahun 2010. Sebagian besar masih merupakan keturunan generasi X dan Y.

Generasi Z disebut juga dengan iGeneration, generasi net atau generasi internet. Generasi sudah memiliki kemampuan mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu, sebut saja multitasking. Misal, ngetweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik pakai headset.

Generasi Alpha
Generasi ini lahir antara tahun 2011 sampai dengan tahun 2024. Berdasarkan tahun kelahirannya, belum bisa kita mengetahui karakteristiknya karena ada yang masih bayi bahkan belum lahir dan ada yang sedang menempuh pendidikan. Tapi yang pasti, mereka sudah sangat mengenal teknologi komunikasi sejak balita seperti nonton video dan bermain game melalui HP.


Artikel keren lainnya:

Bahaya Terapi Estrogen dan Testosteron Bagi Yang Ingin Operasi Jenis Kelamin

Bagi yang mencoba melakukan operasi mengganti kelamin sebaiknya perlu waspada dengan risikonya. Memutuskan untuk menjadi transgender tidak mudah, ada beberapa tahap yang perlu dilalui.

Salah satu tahap yang harus dilalui adalah melakukan terapi estrogen bagi yang ingin merubah kelaminnya menjadi perempuan dan terapi testosteron bagi wanita yang ingin mengganti kelaminnya menjadi pria.


Kedua terapi ini memiliki efek samping yang cukup beresiko. Terapi estrogen dapat meningkatkan resiko pembentukan gumpalan darah pada paru-paru dan pembuluh darah di area kaki. Dengan demikian, pelaksanaan operasi bisa terganggu karena dipicu oleh komplikasi akibat terapi estrogen.

Sementara itu, terapi testosteron bisa meningkatkan tekanan darah, penurunan respons tubuh terhadap insulin, dan perubahan abnormal pada jaringan lemak. Perubahan ini tentu memicu peluang munculnya obesitas, hipertensi, serta diabetes di kemudian hari.

Jadi sebaiknya terimalah kodrat ilahi, jika anda dilahirkan sebagai perempuan maka jalani hidup anda sebagai perempuan normal sebaliknya jika anda dilahirkan sebagai pria maka jalani hidup anda sebagai pria normal.

Pengakuan bahwa anda sebenarnya adalah pria berwujud perempuan atau perempuan berwujud pria adalah penyakit mental dan hati yang mesti diobati bukan mengambil jalan pintas yakni operasi mengganti kelamin.

Ketahuilah bahwa pada saat anda lahir, jelas anda adalah perempuan atau laki-laki. Perubahan prilaku tumbuh akibat pergaulan, keinginan dan mimpi yang menyimpang dari status anda.

Jangan menyalahkan diri anda dilahirkan sebagai apa tetapi salahkanlah prilaku anda yang menyimpang karena tidak memperhatikan norma dan batasan pergaulan. 

Agama khususnya agama Islam jelas mengajarkan kepada umatnya ketika sudah balig untuk membatasi diri agar jangan mengikuti pergaulan yang bercampur antar laki-laki dan perempuan.

Pengalaman menunjukkan, seorang laki-laki apabila pergaulannya lebih banyak bersama perempuan akan timbul sifat feminim, begitu pula sebaliknya.

Terapi estrogen merupakan terapi yang dilaksanakan untuk membentuk jiwa feminim bagi laki-laki, sedangkan terapi testosteron ditujukan untuk membentuk watak kelakian bagi wanita.

Jadi jelaslah bahwa laki yang feminim atau wanita yang kelaki-lakian adalah watak yang terbentuk oleh pergaulan bukan ada sejak lahir. 

Artikel keren lainnya:

Fakta! Bukan Body Lotion yang menumbuhkan bulu tangan dan kaki. Tapi inilah penyebabnya!


Bulu tangan, badan dan kaki dapat memberi efek jantan pada pria, namun tidak dengan wanita. Masalahnya ada beberapa wanita memiliki bulu tangan, badan dan kaki yang mengakibatkan rasa percaya diri wanita rendah.

Sehingga muncul mitos di masyarakat yang menyatakan bahwa body lotion atau alat kecantikan sejenisnya menjadi salah satu penyebanya.

Asumsi tersebut ternyata hanyalah mitos belaka, karena body lotion hanya berfungsi sebagai pelembab kulit sehingga tampak segar dan tidak kusam terutama ketika terkena pancaran sinar matahari langsung.


Kulit yang senantiasa lembap akan terlindung dari kerusakan, infeksi, maupun masalah kulit lainnya. Ini sebabnya penggunaan body lotion sangat disarankan dalam rangkaian perawatan kulit.

Jika demikan, apakah yang menyebabkan bulu tangan, kaki dan badan bisa tumbuh subur pada tubuh kita?

Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  1. Gen. Jika orangtua atau saudara kandung Anda memiliki bulu badan yang lebat, besar kemungkinan Anda akan mengalami kondisi yang sama. Pelajaran biologi sudah menjelaskan bahwa gen akan diwariskan secara turun temurun. 
  2. Hormon. Orang-orang dengan hormon androgen yang tinggi biasanya memiliki bulu tangan dan kaki yang lebat, suara yang dalam, jerawat berlebih, serta payudara berukuran kecil. Lalu apakah hormon androgen? Hormon androgenik atau testoid, adalah istilah generik untuk senyawa alami atau sintetis. Androgen adalah hormon steroid yang merangsang atau mengontrol perkembangan dan pemeliharaan karakteristik laki-laki vertebrata dengan mengikat reseptor androgen yang juga merupakan pendukung aktivitas organ seks pria dan pertumbuhan karakteristik seks sekunder laki-laki. Androgen pertama kali ditemukan pada tahun 1936. Androgen juga merupakan steroid anabolik asli serta pendahulu dari semua estrogen hormon seks perempuan. Androgen yang utama dan paling terkenal adalah testosteron, androgen lain yang kurang penting adalah dihidrotestosteron dan androstenedione.
  3. Obat-obatan. Jangan lupa bahwa mengkonsumsi obat-obatan selain dapat mencegah dan mengobati penyakit juga berefek negatif bagi tubuh. Salah satu efek negatif yang ditimbulkan antara lain terganggunya keseimbangan horman sehingga memicu pertumbuhan bulu tangan, kaki dan badan. Obat-obatan dimaksud adalah obat yang mengandung steroid, minoxidil dan danazol. 
Jadi, anda tak perlu cemas akan mitos bahwa body lotion dapat menumbuhkan bulu tangan dan kaki. Selama tidak ada reaksi alergi maupun iritasi, body lotion adalah produk dengan manfaat yang amat besar bagi kesehatan kulit.

Artikel keren lainnya:

Unik, Kucing lebih banyak daripada penduduknya

Kalau anda sedang ke Jepang, jangan lupa untuk singgah di pulau Tashirojima di Prefektur Miyagi Jepang. Ada apa dengan pulau ini?

Ada salah satu hewan yang jumlahnya melebihi jumlah penduduknya, hewan dimaksud adalah kucing. Bagi masyarakat setempat kucing mewakili keberuntungan dan nasib baik. Mereka juga meyakini keberuntungan bisa dua kali lipat jika memberi makan dan merawat kucing di pulau tersebut.

Di pulau Tashirojima, Keberadaan kucing sangat disukai oleh penduduk setempat, kucing diperlakukan seperti raja, mereka akan diberi makan dan dirawat dengan baik. Antara kucing liar maupun peliharaan mendapatkan perlakuan sama.



Saking banyaknya kucing di pulau Tashirojima, para pendatang menyebutnya sebagai pulau kucing. Bahkan hewan peliharaan lain seperti anjing tidak diijinkan di pelihara di pulau ini demi melindungi kesejahteraan kucing. Luar biasa bukan?

Ditengah pulau terdapat kuil kucing kecil namanya Neko-jinja, dibangun untuk memperingati kucing yang terbunuh tidak sengaja.

Para wisatawan khususnya pecinta kucing membanjiri pulau Tashirojima yang penasaran ingin melihat dan membuktikan bahwa benarkah pulau Tashirojima dipenuhi kucing.

Nah, kalau anda pecinta kucing, tidak salah kalau sekali-kali ke Jepang merasakan sensasi hidup ditengah ribuan kucing. Menikmati suara raungan kucing dimalam hari kalau sedang mau kawin.

Sensasi lainnya adalah merasakan tatapan mata kucing liar yang berkeliaran bebas di pulau Tashirojima. Di Indonesia, kucing liar justru tampak menjijikan karena tidak terurus dan terawat dengan baik. Berbeda halnya dengan kucing yang ada di pulau Tashirojima. 

Dan yang pasti, kunjungan wisatawan yang terus meningkat di pulau Tashirojima berdampak pada tingginya tingkat pendapatan masyarakatnya. Mungkin inilah yang disebut dengan keberuntungan bagi penduduk setempat.

Uniknya, walaupun pulau Tashirojima dipenuhi kucing namun anda tidak akan menemukan satu pun toko yang menyediakan makanan kucing. Dengan demikian apabila anda ingin memberi makan pada kucing maka anda harus membeli makanan kucing sebelum ke pulau Tashirojima.

Artikel keren lainnya:

Cara cek tunggakan iuran pembayaran BPJS

Akhir-akhir ini ramai dibicarakan tentang BPJS kesehatan terutama bagi yang menunggak iuran BPJS kesehatan. Bayangkan sanksi yang diperoleh apabila anda menunggak iuran BPJS kesehatan antara lain tidak bisa mengurus Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Izin Mengemudi (SIM), Sertifikat tanah, Pembuatan paspor, dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Sanksi merujuk pada Peraturan Pemerintah Nomor 86 tahun 2013, namun selama ini belum dijalankan oleh institusi yang ditunjuk. Untuk mempertegas Peraturan Pemerintah tersebut sedang dibuatkan Instruksi Presiden (Inpres). 

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi status pembayaran BPJS kesehatan, pihak BPJS kesehatan telah menyediakan sebuah laman khusus yang bisa diakses semua orang. Tujuannya adalah agar masyarakat tahu berapa jumlah ketunggakan mereka sehingga ketika aturan tentang sanksi diberlakukan dengan tegas, peserta BPJS tidak lagi mengeluh dengan sanksi tersebut.

Jadi nanti sistem pelayanan publik dengan BPJS terintegrasi. Ketahuan kalau Anda mau mengakses layanan publik, seperti pembuatan paspor misalnya. Tapi Anda masih menunggak iuran BPJS, maka otomatis tidak bisa menerima permintaan tersebut.

Di laman ini anda hanya diminta memasukkan No. Kartu dan Tanggal Lahir. Selanjutkan akan ditampilkan data dari peserta BPJS.

Data yang ditampilkan antara lain Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Peserta, Jenis Peserta, dan Jumlah Anggota Keluarga.

Kemudian akan ditampilkan tabel yang memuat Nama Peserta, Nomor Peserta, Tagihan, Denda, Total Tagihan, Tanggal Pembayaran Terakhir, Nominal Pembayaran, dan Saldo.

Pada laman itu, akan disampaikan pula terkait update data, update data mengacu pada update yang terakhir.

Kemudian, yang perlu diketahui pula bahwa laman ini hanya untuk Peserta Bukan Penerima Upah / Mandiri. Jadi PNS tidak bisa menggunakan lama ini untuk mengecek iuran BPJSnya.

Adapun laman yang saya maksudkan silahkan klik gambar berikut:


 Cara cek tunggakan iuran BPJS


Sudah tidak punya asuransi, iuran BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan nunggak. Bagaimana nanti kalau sakit atau kecelakaan? Bisa-bisa tabungan terkuras habis untuk membayar biaya pengobatan di rumah sakit.

Anda perlu melindungi diri Anda dari risiko penyakit atau kecelakaan, minimal dengan produk asuransi atau BPJS. Kalau perlu punya keduanya agar saling melengkapi. Jadi jangan telat atau menunggak iuran BPJS ya. Disiplin bayar iuran, jaminan kesehatan dan jaminan kecelakaan Anda akan aman bila sewaktu-waktu dibutuhkan.  

Artikel keren lainnya:

Jalan kaki solusi agar terhindar dari penyakit sakit pinggang di usia muda

Usia belum seberapa tapi sudah merasakan sakit pinggang, kalau orang tua dulu tahu kalian menderita sakit pinggang, mereka akan tertawa terbahak-bahak. Pasalnya, yang namanya sakit pinggang itu penyakitnya orang lanjut usia.

Sakit pinggang diluar sebab medis terjadi karena ada saraf pada tulang belakang dan pinggul yang terjepit. Biasanya berawal dari mengangkat beban yang terlalu berat. Lalu mengapa lifter angkat besi tidak merasakan sakit pinggang?

Olahraga adalah kuncinya, otot dan tulang mesti dibiasakan untuk bergerak agar tidak kaku. Mesin yang tidak dipanaskan terlebih dahulu alias langsung ngebut bisa mengakibatkan keretakan pada komponennya. 


Apalagi manusia, dimana tulangnya tidak sekeras besi, butuh pemanasan yang terus menerus sehingga otot dan tulang siap menerima rangsangan mendadak baik ringan maupun berat.

Olahraga bisa dalam bentuk jalan kaki atau lari, tergantung anda karena keduanya merupakan olahraga yang bisa memicu gerakan pada otot dan tulang. Selain itu, olahraga renang bisa anda coba khusus bagi yang bisa berenang, sedangkan bagi yang belum tahu berenang cukup jalan kaki dan lari saja. Tenggelam!

Bagi pekerja kantoran, tidak salah kalau mengganti alat transportasinya menggunakan sepeda bukan kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil. Selain berhemat dimasa sulit seperti sekarang ini juga berdampak pada tubuh yang sehat, tubuh yang sehat akan meningkatkan motivasi kerja dan pola pikir yang sehat pula.

Para pakar kesehatan menyarankan sekurang-kurangnya berjalan kaki sekitar 10.000 langkah dalam sehari, tentunya bukan hanya omong kosong tetapi sudah melalui penelitian. Jadi mau ikut perintah gaya hidup malas atau pola hidup sehat. 

Sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang melakukan jalan 10.000 langkah sehari mampu menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh mereka.

Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 150 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit latihan aerobik per minggu dengan intensitas tinggi yang diimbangi dengan olahraga lainnya.

Untuk memenuhi rekomendasi tersebut, Anda perlu berjalan sekitar 7.000 sampai 8.000 langkah sehari.

Gaya hidup malas lebih memamerkan kemewahan harta benda, sedangkan pola hidup sehat cenderung kepada kebahagiaan mental dan jiwa raga.

Ingatlah bahwa biaya kesehatan sangat tinggi, yang murah hanyalah menerapkan pola hidup sehat. Tapi bagi yang berduit, mereka bisa membeli kesehatan. Jadi jangan ajari mereka hidup sehat, karena sebagian dari mereka sedang menikmati kemewahannya sampai kemewahan itu tidak berguna lagi untuknya.

Bagi yang miskin, sering-seringlah berjalan kaki atau berlari, jangan tumpuk bibit penyakit di tubuh kita karena membuka tumpukan itu biayanya mahal.Tidak bisa dibarter dengan keringat melainkan hasil keringat yang dikumpulkan bertahun-tahun lamanya.

Artikel keren lainnya:

Tips agar terhindar dari Kegemukan dan Perut Buncit

Menurut Robert Milanes, MD menyatakan bahwa konsumsi makronutrien berlebih bisa menyebabkan kenaikan berat badan, salah satunya adalah karbohidrat yang mengakibatkan penimpunan lemak terutama di bagian perut.

Kekurangan karbohidrat juga berbahaya bagi tubuh seperti lemas dan tidak bertenaga, sembelit, sakit kepala dan mual dan lain-lain. Tapi ingat tidak boleh juga berlebihan.

Di dalam tubuh, karbohidrat akan terpecah menjadi glikogen sebagai bahan bakar energi untuk sel-sel, jaringan tubuh dan organ tubuh.


Kelebihan glukosa akan disimpan sebagai glikogen di hati. Glikogen pada hakekatnya merupakan cadangan yang di simpan untuk menjaga asupan karbohidrat tidak mencukupi ukuran normalnya. Masalahnya kalau media penyimpanannya telah mencapai batas maksimal maka akan terjadi penimbunan lemak termasuk lemak di bagian perut. 

Selain karbohidrat, ada juga insulin. Insulin berfungsi membawa glukosa dari aliran darah ke area tubuh yang membutuhkan energi. Namun insulin juga termasuk horman penyimpan lemak. Mengkonsumsi karbohidrat akan meningkatkan insulin.

Karbohidrat sendiri ada dua tipe yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana biasa ditemukan pada makanan olahan dan dicerna secara cepat oleh tubuh. 

Cemilan paling tinggi kadar karbohidrat sederhana, sehingga apabila tidak dikontrol maka tubuh bisa melar alias mengalami kegemukan bahkan bisa mengakibatkan obesitas. 

Sebagian pakar kesehatan menyarankan untuk mengganti cemilan dengan buah-buahan segar yang mengandung serat tinggi.

Sementara karbohidrat kompleks dicerna lebih lama dan memiliki kandungan serat lebih tinggi. Karbohidrat kompleks akan membuat kita kenyang lebih lama dan menjaga insulin tetap pada level yang stabil. Artinya, karbohidrat kompleks mendorong pembakaran energi dan mencegah penyimpanan lemak. 

Mengkonsumsi karbohidrat komplek bisa menurunkan berat badan termasuk lemak yang ada dibagian perut. Beberapa sayuran yang termasuk karbohidrat kompleks dan dianjurkan antara lain brokoli, kubis, kol, hingga Brussel sprout. 

Sedangkan untuk menjaga dan menurunkan level insulin dalam tubuh, biji-bijian utuh dan buah manis sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Pada intinya, kita mesti mengatur pola makan, diutamakan makanan yang mengandung rendah karbohidrat, setidaknya mempertahankan berat badan ideal. Atau memasukkan karbohidrat kompleks ke dalam menu makan kita sehari-hari

Artikel keren lainnya:

Konsumsi Buah Apel karena bisa Membantu Kadar Asam Urat Tetap dalam Batas Aman

Pada usia tertentu, tubuh akan mengalami penumpukan logam berat, tubuh akan kelebihan zat-zat tertentu yang tidak bisa dioksidasi oleh tubuh. Hal ini akan menurunkan kerja saraf, alat pencernaan, otot dan sendi tulang pada manusia. Dalam kondisi ini, diperlukan salah satu zat yang bisa mengikatnya dan menetralkannya. Zat dimaksud menurut para ahli dapat berupa asam malat karena zat ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mencegah penumpukan logam berat serta menetralkan zat purin pembentuk asam urat pada tubuh.

Asam malat banyak ditemukan pada buah apel. Apel merupakan salah satu buah yang super menyehatkan. Apel mengandung zat yang baru ditemukan pada abad ke -17. Asam malat lebih dikenal dengan sebutan malic acid yang berasal dari bahasa latin 'malum' yang berarti apel. 



Keberadaan asam malat pada buah ini membantu menetralkan asam urat di darah bahkan menjadi bahan yang digunakan untuk perawatan kulit. Konsumsi buah ini baik dalam bentuk utuh maupun cuka apel bisa membantu mengatur kadar gula darah dan meringankan asam urat di darah.

Asam malat akan menetralkan zat purin dalam tubuh sehingga bisa mengatasi fibromyalgia yakni kondisi yang menyebabkan peradangan, nyeri otot, nyeri sendi, dan rendahnya tingkat energy. Dosis aman asam malat yang direkomendasikan adalah 1.200 hingga 2.400 mg per hari. Sebuah studi pada tahun 1995 oleh Universitas Texas menemukan dosis tersebut efektif dan aman saat digunakan untuk 24 pasein fibromyalgia.

Namun demikian, bagi penderita penyakit asam urat sebaiknya memperbanyak juga konsumsi Vitamin C yang bisa membantu disintegrasi dari asam urat dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Hal ini bisa menjadi cara mudah untuk mengontrol kadar asam urat dengan mudah dan lezat.

Selain Air putih merupakan obat alami untuk banyak penyakit yang bisa kamu alami. Air putih mampu menghilangkan racun keluar dari tubuh termasuk asam urat dari aliran darah. Konsumsi air dalam jumlah banyak bisa mengusir dan mencegah terjadinya masalah asam urat ini.

Artikel keren lainnya:

Media Massa dan Pembangunan Civil Society

Sulit dipungkiri bahwa media massa memainkan peran penting dalam upaya bersama membangun sebuah masyarakat sipil (civil society). Diseminasi informasi yang mentransformasikan pengetahuan khalayak berimplikasi pada pembentukan masyarakat yang cerdas dan kritis terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan kepentingan umum. Terutama di negara-negara maju yang telah mempraktekkan sistem pemerintahan demokratis, tentu saja dimulai dari prakondisi masyarakatnya yang lebih dahulu menyadari sistem demokrasi. Kesadaran yang terakumulasi menjadi sebuah tuntutan yang bersifat massif.

Dalam konteks masyarakat sipil, menurut Dedy N. Hidayat, media massa semakin dituntut untuk memainkan peran mediasi antar berbagai kepentingan kelompok dalam masyarakat, atau antar pemerintah dan rakyatnya. Untuk memahami peran media massa, Dedy memaparkan sebuah konsep pemikiran yang pernah dipopulerkan oleh Habermas yaitu konsep public sphere.

Menurutnya, diskursus seputar media massa, khususnya dalam konteks kajian seputar masyarakat madani dan demokratisasi, pada akhirnya akan sulit mengesampingkan keberadaan konsep public sphere. Sebagai suatu ideal type, kawasan publik atau ruang publik merujuk pada suatu celah di antara negara dan masyarakat madani, di mana setiap individu warga negara bisa melibatkan diri dalam diskursus tentang berbagai isu permasalahan bersama, dalam kerangka pencapaian konsensus di antara mereka sendiri ataupun untuk mengontrol negara dan pasar.

Dalam proses tersebut, media massa menempati posisi sentral, khususnya dalam era peradaban di mana praktis semua orang menjadi bagian dari kesepakatan untuk bersatu dalam kesatuankesatuan politik besar seperti negara. Media massa dalam konteks ini, berfungsi memasok dan menyebarluaskan informasi yang diperlukan untuk penentuan sikap dan memfasilitasi pembentukan opini publik dengan menempatkan dirinya sebagai wadah independen di mana isu-isu permasalahan umum bisa diperdebatkan.

Dalam sebuah public sphere, yang terpenting adalah terwujudnya prinsip-prinsip obyektivitas inter-media dan bukan hanya obyektivitas intra-media. Dedy memaparkan bahwa sulit untuk mengharapkan agar setiap media membuat pemberitaan obyektif, misalnya konflik bernuansa SARA di Indonesia. Arti realitas obyektif dalam perspektif Dedy merupakan penjumlahan atau agregasi dari berbagai realitas simbolik yang ditampilkan dan dipertarungkan sejumlah media, masing-masing dengan visi dan pandangannya sendiri.

Artikel keren lainnya:

Ideologi Terselubung Namun Menentukan Arah Kebijakan Media

Dalam berbagai literatur yang mengkaji tentang aspek ideologis di balik operasionalitas media massa tergolong masih langkah. Apa yang sering mengemuka lebih bersifat teoritik akademik dengan lebih menonjolkan aspek sosiologis dibandingkan aspek filosofis dan ideologis yang mendalam. Beberapa penulis kontemporer sebut saja misalnya; James Lull, Roland Barthes, Baudrillard dan beberapa penulis lainnya. Khusus di Indonesia muncul penulis berbakat seperti Yasraf Amir Piliang yang dengan cerdas dan piawai dalam menyoroti persoalan fenomena media massa menurut perspektif filsafat Postmodernisme. Dalam tulisan ini tampaknya banyak merujuk pada pemikiran Yasraf dari berbagai tulisan-tulisannya, baik melalui jurnal ilmiah maupun melalui buku-bukunya yang secara serius dan mendalam mengkaji persoalan ini.

Menurut Yasraf Amir Piliang, pengkajian tentang media massa tidak dapat dipisahkan dari kepentingan yang ada di balik media tersebut, khususnya kepentingan terhadap informasi yang disampaikannya. Di dalam perkembangan media mutakhir, setidak-tidaknya ada dua kepentingan utama (eksternal media) yaitu kepentingan ekonomi (economic interest) dan kepentingan kekuasaan (power interest) yang membentuk isi media (media content) berupa informasi yang disajikan dan makna yang ditawarkannya. Di antara dua kepentingan utama tersebut, ada kepentingan yang lebih mendasar yang justru terabaikan, yaitu kepentingan publik. Media yang seharusnya berperan sebagai ruang publik (publik sphere) sering diabaikan oleh kuatnya dua kepentingan tersebut.

Kuatnya kepentingan ekonomi dan kekuasaan politik inilah sesungguhnya menjadikan media tidak dapat bersikap netral, jujur, adil, obyektif dan terbuka. Akibatnya, informasi yang disuguhkan oleh media telah menimbulkan persoalan obyektivitas pengetahuan yang serius pada media itu sendiri. Kepentingan-kepentingan ekonomi dan kekuasaan politik akan menentukan apakah informasi yang disampaikan oleh sebuah media mengandung kebenaran (truth) atau kebenaran palsu (pseudo-truth), menyampaikan obyektivitas atau subyektivitas, bersifat netral atau memihak, merepresentasikan fakta atau memelintir fakta, menggambarkan realitas (reality) atau mensimulasi realitas (simulacrum).

Publik pada umumnya berada diantara dua kepentingan utama media, yang menjadikan mereka sebagai mayoritas yang diam, yang tidak mempunyai kekuasaan dalam membangun dan menentukan informasi di ranah publik (public sphere) milik mereka sendiri. Di satu pihak ketika ranah publik dikuasai oleh politik informasi atau politisasi informasi yang menajdikan informasi sebagai alat kekuasaan politik, media pun menjadi perpanjangan tangan penguasa dengan menguasai ruang publik. Di pihak lain ketika media dikuasai oleh kekuatan para pemilik modal (ekonomi politik informasi), informasi pun menjadi alat kepentingan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, dengan cara mengeksploitasi publik, sebagai salah satu prinsip dasar kapitalisme.

Perdebatan mengenai media massa sebagai sebuah wacana (discourse), tidak dapat dipisahkan dari relasi saling keterkaitan antara bahasa yang digunakan di dalamnya, pengetahuan (knowledge) yang melandasinya, serta bentuk-bentuk kepentingan dan kekuasaan (power) yang beroperasi di balik bahasa dan pengetahuan tersebut. Perbincangan mengenai media tidak dapat dipisahkan dari ideologi yang membentuknya yang pada akhirnya mempengaruhi bahasa (gaya, ungkapan, kosa kata dan tanda) yang digunakan dan pengetahuan (keadilan, kebenaran, realitas) yang dihasilkannya.

Selain itu, perbincangan mengenai media dalam konteks kepentingan-kepentingan di baliknya, pada kenyataanya tidak dapat dilepaskan dari berbagai paradoks pengetahuan yang juga dihasilkannya. Berbagai paradoks pengetahuan yang muncul ketika media menjadi bagian dari sebuah sistem ideologi (ekonomi atau politik) dan sistem kekuasaan yang sangat menentukan arah perkembangannya dengan mengabaikan kepentingan publik yang lebih luas.

Apa yang disebut sebagai hiperealitas media sesungguhnya berkembang ketika media dikendalikan oleh dua kepentingan utama di atas yang di dalamnya obyektivitas, kebenaran dan keadilan sebagai kepentinga publik kalah oleh subyektivitas permainan bahasa (language game). Sangatlah mungkin jika media berusaha untuk selalu merepresentasikan peristiwa secara obyektif, benar dan adil, namun oleh berbagai tekanan dan kepentingan ideologis tersebut di atas, telah menyebabkan media terperangkap ke dalam politisasi media yang implikasinya merugikan publik.

Lanjut Yasraf Amir Piliang negaskan bahwa persoalan ideologi pada media muncul ketika apa yang disampaikan media (dunia representasi), tatkala dikaitkan dengan kenyataan sosial memunculkan berbagai problematika ideologis di dalam kehidupan sosial dan budaya. Pertanyaan-pertanyaan ideologis yang sering muncul mengenai politik media adalah, misalnya apakah media merupakan cermin atau refleksi dari realitas? Atau apakah sebaliknya menjadi cermin dari separuh realitas, dan menjadi topeng
separuh realitas lainnya? Apakah media melukiskan realitas atau sebaliknya mendistorsi realitas.

Ketika media dikendalikan oleh berbagai kepentingan ideologis di baliknya maka, ketika menjadi cermin realitas (mirror of reality). Media sering dituduh sebagai perumus realitas (definer of reality) sesuai dengan ideologi yang melandasinya. Beroperasinya ideology di balik media, tidak dapat dipisahkan dari mekanisme ketersembunyian (invisibility) dan ketidaksadaran yang merupakan kondisi dari keberhasilan sebuah ideologi. Artinya, sebuah ideologi menyusup dan menanamkan pengaruhnya lewat media secara
tersembunyi (tidak terlihat dan halus), dan ia merubah pandangan setiap orang secara tidak sadar. 

Ada berbagai mekanisme beroperasinya ideologi di dalam media, yang diantaranya adalah sebagai berikut; Pertama, mekanisme oposisi biner (binary opposition), yaitu mekanisme penciptaan disitribusi makna simbolik berdasarkan sistem kategori pasangan (binary) yang bersifat polaristik dan kaku. Setiap hall digeneralisir diredusir sedemikian rupa, sehingga ia hanya mendapat berada pada satu kutub (makna
simbolik) yang ekstrim, kalau tidak pada kutub ekstrim di seberangnya. Tidak ada pilihan-pilihan tanda, kode, makna, dan bahasa yang beraneka ragam (polysemi). Yang ada hanya pilihan hitam-putih. Mesin-mesin biner (binery mecine) ini, menurut Deleuze dan Parnet di dalam dialogue, biasanya digunakan oleh sistem kekuasaan yang represif dan totaliter. Mesin biner ini hanya memproduksi berbagai oposisi biner di dalam masyarakat; oposisi biner kelas sosial (penguasa/rakyat); opsisi biner seks (pria-wanita); oposisi biner idelogi (Pancasilais/antiPancasila); oposisi biner ras (kulit putih/kulit hitam), dsb. Mesin-mesin biner ini juga diterapkan di dalam sistem politik media dan politik informasi orde baru.

Kedua, akibat logis yang ditumbulkan oleh mesin-mesin oposisi biner, adalah berupa mekanisme paralogisme dan kekerasan simbolik di dalam media. Dalam hall ini, disebabkan otoritas kekuasaan yang dimilikinya, kelas dominan selalu mengidentifikasi diri mereka sebagai mulia, baik, benar. Sementara orang-orang dikuasai dimusuhi sebagai buruk, jahat, bersalah, subversif, kriminal. Kecenderungan pembenaran diri sendiri semacam ini pada penguasa ketika diartikulasikan dalam media, menciptakan sebuah media yang di dalamnya beroprasi apa yang ada di dalam teori politik informasi disebut Pierre Bourdeu sebagai kekerasan simbolik (symbolic violency), yaitu sebuah bentuk kekerasan yang halus dan tak tampak, yang menyembunyikan di baliknya pemaksaan dominasi. Dalam hal ini, kekerasan simbolik tidak saja dilihat sebagai bentuk dominasi politik melalui media. Tetapi bentuk dominasi yang diakui secara salah (misrecognized) oleh publik, meskipun secara fakta diakui sebagai legitimate. Di dalam mekanisme kekerasa simbol, relasi komunikasi (communicative realtion) saling bertautan dengan relasi kekuasaan (power relation), yang didalamnya hegemoni sebuah sistem kekuasaan dipertahankan dengan mendominasi (mendistorsi) produksi dan interpretasi terhadap media, bahasa, dan makna yang beroperasi di dalamnya, yang menciptakan pertandaan dan pemaknaan yang serba tunggal; mono-signification dan mono-semy.

Ketiga, adalah apa yang disebut oleh Paul L. Jalbert, di dalam language, image media, sebagai mekanisme dered/e dicto. Dere berarti sesuatu hal, sedangkan de dicto berarti tentang apa yang dikatakan (mengenai sesuai hal). Dere mengandung transparansi serta kejelasan fakta dan referensi, sedangkan de dicto mengandung kekaburan dan ambiguitas fakta dan referensi media, misalnya, menciptakan de dicto, ketika ia menulis sebagai judul headilline-nya, presiden mengeluarkan dekrit. Padahal, yang sesungguhnya terjadi adalah presiden akan mengeluarkan dekrit bila situasi dianggap darurat. Tindakan yang akan dilakukan, diredusir oleh media, seolaholah tindakan tersebut telah dilakukan, semata untuk menciptakan daya tarik dan provokasi terhadap pembaca. Distorsi dan pengaburan makna semacam itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari media dewasa ini, yang terperangkap di dalam paradigma provokasi (kapitalistik), semata untuk mempertahankan rating atau oplah.

Pemaksaan kekerasan, dan rekayasa di dalam media seringkali berlangsung halus dan tidak tampak, sehingga tidak disadari sebagai suatu pemaksaan, kekerasan, atau rekayasa. Artinya, semua satu bentuk rekayasa media yang meskipun demikian bukan sebuah bentuk kekerasan adalah apa yang disebut dengan hiperealitas media, yaitu penciptaan realitas-realitas artifisial di dalam media, yang menciptakan realitas (kebenaran, fakta, kebenaran) tandingan.

Artikel keren lainnya:

9 Hal yang harus diperhatikan selama menduduki jabatan di Pemerintahan

Jabatan bisa mendatangkan kebahagiaan namun anda juga perlu waspada karena yang menginginkan jabatan tersebut bukan hanya anda, oleh karena itu, anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Amanah
Jabatan adalah amanah, sebuah kepercayaan yang diberikan untuk membantu atasan ataupun organisasi dalam mewujudkan tujuannya melalui program kerja yang disusun oleh bagian perencanaan. Beban dan tanggung jawab ini menjadi ujian bagi anda, karenanya kompetensi, kapasitas serta potensi yang anda miliki wajib dimaksimalkan.

2. Visi dan misi
Menjabat tanpa visi dan misi ibaratbank tanpauang.Dua hal inilah yang menjadi pedoman untuk bertindak dan bekerjamenciptakan perubahan di lingkup kerja anda. Visi dan misi merupakan gambaran pemikiran, ide, kreativitas, inovasi, dan efektifnya pekerjaan anda. 

3. Manajemen
Manajemen tidak hanya sekedar memimpin, mengelola dan memutuskan akan tetapi memudahkan pekerjaan anda, menciptakan kebersamaan dan keadilan. Jabatan merupakan wadah untuk menunjukkan seni manajemen, irama emosi dan pola komunikasi berupasignal tertentu guna merealisasikanprinsip dan harapan anda


4. Konten
Konten merupakan faktor pembeda dan tingkat kualitas, program kerjayang anda rencanakanadalah konten. Apakah konten itu menarik atau tidak tergantung kualitas dan kemampuan menjawab kebutuhan, visualisasi masa depan harus bisa dihadirkan sehingga menjiwai konten yang anda kerjakan. Kalau ini bisa dipraktekkan maka posisi anda semakin kuat. Kekuatan jabatan tergantung seberapa tinggi kualitas konten anda dan bagaimana merealisasikannya.

5. Performance
Apakah perform dengan jabatan anda? Inilah pertanyaan yang tidak perlu anda jawab karena baik perform maupun tidak, suka atau tidak, anda wajib perform dengan jabatan yang diamanahkan maka tunjukkan performance terbaik agar semakin memotivasi anda bekerja. Ingatlah bahwa anda dilantik dan diamanahkan dengan jabatan bukan untuk gagal melainkan peroleh keberhasilan.

6. Belajar
Belajarlah dari masa lalu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama selama anda menjabat. Yang baik ditingkatkan dan yang buruk dibenahi. Jadilah anda sebagai solusi dan jembatan keberhasilan, hanya dengan banyak belajar hal ini bisa dicapai. Banyak belajar dapat memperbanyak alternatif tindakan dan pengambilan keputusan. Bahkan bisa menutupi kekurangan ide dan gagasan untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dan luarbiasa.

7. Mental baja
Dinamika bekerja dalam sebuah tim kadang menyenangkan dan kadang pula menyakitkan maka persiapkanlah mental anda menghadapi situasi dimaksud. Jabatan terkait erat dengan keputusan, kemandirian dalam pengambilan keputusan sangat diperlukan terutama keputusan-keputusan yang sifatnya strategis. Butuh tekad dan keteguhan berpendirian serta keyakinan bahwa keputusan yang diambil akan bermanfaat dan membawa perubahan positif, hal ini ditujukan pada saat keputusan yang diambil lemah dari sisi dukungan lingkungan pekerjaan.

8. Menguasai Tupoksi
Tupoksi adalah pedoman kita dalam bekerja, didalamnya memuat instrumen yang dikerjakan dan batasan-batasannya. Penting sekali menguasai tupoksi jabatan karena organisasi pemerintahan sama dengan organisasi lainnya yang digambarkan berupa potongan puzzledan jabatan anda adalah salah satu potongan, anda tidak berdiri sendiri melainkan salah satu bagian dari gambar utuh sebuah organisasi.

9. Berpolitik
Budaya berpolitik bagi seorang pejabat lahir sejak era reformasi. Walaupun jabatan di pemerintahan bukan jabatan politik melainkan jabatan karir namun pada kenyataannya setiap kali selesai pilkada dan pilpres, terjadi perubahan besar-besar dalam struktur organisasi pemerintahan. Siapa yang menanam itulah menuai hasilnya, siapa yang ikut terlibat berjuang, kesempatan menduduki jabatan terbuka luas baginya.

Artikel keren lainnya:

Penyakit Asam Urat dan Penyembuhannya

Asam urat dalam bahasa Inggris disebut uric acid, urate, adalah senyawa turunan Purina. Purina  adalah sebuah senyawa organik heterosiklik aromatik, yang terdiri dari cincin pirimidina dan cincin imidazola yang bergandeng sebelahan. Purina merupakan salah satu dari dua grup basa nitrogen. Purina, termasuk purina-purina bersubstitusi dan berbagai tautomernya, adalah heterosiklik bernitrogen yang paling banyak tersebar di alam (1). 

Asam urat terjadi karena tiadanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin, hal inipula yang menyebabkan munculnya batu ginjal. Jadi batu ginjal sebenarnya merupakan Kristal yang terbentuk akibat kelebihan asam urat yang tidak lagi dikelola oleh enzim urikasi. Batas maksimum kadar asam urat sendiri dalam darah tidak boleh melewati 6,8 mg/dL. Ketahuilah bahwa Kelarutan asam urat pada manusia rendah, dan rata-rata kadar asam urat dalam darah sangat dekat dengan ambang batas kelarutan asam urat normal.


Kelebihan zat purin menjadi faktor penyebab munculnya penyakit asam urat. Zat purin sebenarnya merupakan sisa makanan yang kita konsumsi yang menyebabkan terjadinya penumpukan di persendian, akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. 

Lalu dari mana zat puring itu bersumber? Semua tubuh makhluk hidup terdapat zat purin, karena kita sering mengkonsumsi seperti sapi, ayam, kambing dan lain-lain maka zat purin yang terdapat pada tubuh makhluk hidup tersebut berpindah ke tubuh kita. 

Makhluk hidup bukan hanya hewan, tumbuhan juga mengandung zat purin, jadi sayur-sayuran yang kita konsumsi juga sebenarnya mengandung zat purin. Tidak sampai disitu, sel-sel tubuh kita pasti mengalami perusakan seiring bertambahnya usia, sel-sel yang rusak tersebut juga menghasilkan zat purin. Itulah mengapa mereka yang lanjut usia mudah sekali terserang penyakit asam urat. 

Kelebihan asam urat menyebabkan kegemukan atau diabetes, kelainan genetik sehingga tubuh tidak dapat memproduksi enzim, gangguan fungsi ginjal. Dan terbentuknya Kristal asam urat yang dihasilkan dari makanan yang mengandung kadar purin berlebihan.

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Jika terjadi peradangan di persendian, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat. Sedangkan bagi yang ingin melakukan pencegahan maka sebaiknya ikuti beberapa cara berikut sebagaimana dilansir dari laman Wikipedia.org:

  1. Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
  2. Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  3. Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  4. Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  5. Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  6. Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  7. Bebek, angsa dan kalkun.
  8. Burung dan kelelawar.
  9. Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  10. Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  11. Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  12. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  13. Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  14. Makanan kaya protein, lemak dan darah.

Pustaka: 
1.  Rosemeyer, H. Chemistry & Biodiversity 2004, 1, 361.

Artikel keren lainnya:

Penjelasan UU Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia


Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menjamin setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dan kesempatan yang sama tanpa diskriminasi untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak. Bekerja merupakan hak asasi manusia yang wajib dijunjung tinggi, dihormati, dan dijamin penegakannya. Pekerja Migran Indonesia harus dilindungi dari perdagangan manusia, termasuk perbudakan dan kerja paksa, korban kekerasan, kesewenang-wenangan, kejahatan atas harkat dan martabat manusia, serta perlakuan lain yang melanggar hak asasi manusia. 


Pelindungan Pekerja Migran Indonesia perlu dilakukan dalam suatu sistem yang terpadu yang melibatkan pemerintah pusat, Pemerintah Daerah, dan masyarakat. Pelindungan Pekerja Migran Indonesia meliputi pelindungan secara kelembagaan yang mengatur tugas dan kewenangan kementerian sebagai regulator/pembuat kebijakan dengan Badan sebagai operator/ pelaksana kebijakan. 


Hal ini memberikan ketegasan baik tugas dan kewenangan kementerian dan Badan, mengingat permasalahan yang ada selama ini adalah karena adanya dualisme kewenangan antara kedua pihak tersebut. Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia dilaksanakan oleh Badan yang dibentuk oleh presiden.

Selanjutnya, peran Pemerintah Daerah dalam memberikan pelindungan kepada Pekerja Migran Indonesia dilakukan mulai dari desa, kabupaten/kota, dan provinsi, sejak sebelum bekerja sampai setelah bekerja. Pemerintah Daerah berperan mulai dari memberikan informasi permintaan (job order) yang berasal dari Perwakilan Republik Indonesia, Pemberi Kerja, dan Mitra Usaha di luar negeri. 

Pemerintah Daerah memberikan layanan terpadu satu atap serta memfasilitasi keberangkatan dan kepulangan Pekerja Migran Indonesia. Pekerja Migran Indonesia yang diberangkatkan harus memiliki kompetensi atau keahlian. Begitu juga pada Pekerja Migran Indonesia setelah bekerja, Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Pemerintah Pusat memberikan pelatihan kewirausahaan kepada Pekerja Migran Indonesia purna dan keluarganya. 

Dalam rangka memberikan pelayanan penempatan dan pelindungan yang mudah, murah, cepat, dan aman, layanan terpadu satu atap melakukan pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UndangUndang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Layanan terpadu satu atap memberikan layanan dalam pengurusan persyaratan dokumen dan administrasi penempatan dan pelindungan Calon Pekerja Migran Indonesia dan/atau Pekerja Migran Indonesia dan bersama Pemerintah Pusat melakukan perekrutan dan mempersiapkan pelayanan persyaratan administratif.

Pelatihan kerja dilaksanakan oleh lembaga pelatihan kerja milik pemerintah atau swasta yang terakreditasi kepada Calon Pekerja Migran Indonesia. Undang-Undang ini lebih menekankan dan memberikan peran yang lebih besar kepada pemerintah dan mengurangi peran swasta dalam penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Undang-Undang ini juga memberikan pelindungan Jaminan Sosial bagi Pekerja Migran Indonesia yang selama ini dilaksanakan oleh perusahaan asuransi yang tergabung dalam konsorsium asuransi dengan program pelindungan meliputi pelindungan prapenempatan, masa penempatan, dan purna penempatan. Peran pelindungan tersebut saat ini dialihkan dan dilaksanakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 

Untuk risiko tertentu yang tidak tercakup dalam program Jaminan Sosial, BPJS dapat bekerja sama dengan lembaga pemerintah atau swasta. Ketentuan yang mengatur tentang penempatan dan pelindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri belum memenuhi kebutuhan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri belum mengatur pembagian tugas dan wewenang antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan swasta secara proporsional. Berdasarkan pertimbangan tersebut, perlu dilakukan perubahan mendasar terhadap Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2OO4 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, yakni dibentuknya suatu Undang-Undang yang baru yang menitikberatkan pengaturan pada Pelindungan pekerja Migran Indonesia. Dalam Undang-Undang ini, peran pelindungan pekerja Migran Indonesia diserahkan kepada pemerintah baik pusat maupun daerah, dimulai dari sebelum bekerja, selama bekeda, dan setelah bekerja. Pihak swasta hanya diberi peran sebagai peiaksana penempatan Pekerja Migran Indonesia.

Adapun pelindungan Calon Pekerja Migran Indonesia dan Pekerja Migran Indonesia bertujuan untuk: 
  1. menjamin pemenuhan dan penegakan hak asasi manusia sebagai warga negara dan Pekerja Migran Indonesia; dan 
  2. menjamin pelindungan hukum, ekonomi, dan sosial Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya. 

Pokok-pokok pengaturan dalam Undang-Undang ini meliputi Pekerja Migran Indonesia yang bekerja pada Pemberi Kerja berbadan hukum, Pekerja Migran Indonesia yang bekerja pada Pemberi Kerja perseorangan, pelaut awak kapal dan pelaut perikanan, hak dan kewajiban Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya, upaya Pelindungan Pekerja Migran Indonesia baik pelindungan dalam sistem penempatan (sebelum bekerja, selama bekerja, dan sesudah bekerja), atase ketenagakerjaan, layanan terpadu satu atap, sistem pembiayaan yang berpihak pada Calon Pekerja Migran Indonesia dan Pekerja Migran Indonesia, penyelenggaraan Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia, dan pelindungan hukum, sosial, dan ekonomi. 

Undang-Undang ini juga mengatur tugas dan wewenang Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta peran dan fungsi Badan sebagai pelaksana kebijakan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. Dalam Undang-Undang ini, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 diperkuat fungsi dan perannya sebagai pelaksana pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia. Dalam pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia dibutuhkan pengawasan dan penegakan hukum yang tegas. Pengawasan mencakup pelindungan sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja. Penegakan hukum meliputi sanksi administratif dan sanksi pidana.

Artikel keren lainnya:

Pengertian Penyandang Disabilitas dan Hak-Haknya

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.


Adapun hak yang bagi penyandang disabilitas adalah

Hak Hidup
Hak hidup untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. atas Penghormatan integritas; 
  2. tidak dirampas nyawanya; 
  3. cmendapatkan perawatan dan pengasuhan yang menjamin kelangsungan hidupnya; 
  4. bebas dari penelantaran, pemasungan, pengurungan, dan pengucilan; 
  5. bebas dari ancaman dan berbagai bentuk eksploitasi; dan 
  6. bebas dari penyiksaan, perlakuan dan penghukuman lain yang kejam, tidak manusiawi, dan merendahkan martabat manusia

Hak bebas dari stigma
Hak bebas dari stigma untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak bebas dari pelecehan, penghinaan, dan pelabelan negatif terkait kondisi disabilitasnya.

Hak privasi
Hak privasi untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. diakui sebagai manusia pribadi yang dapat menuntut dan memperoleh perlakuan serta Pelindungan yang sama sesuai dengan martabat manusia di depan umum; 
  2. membentuk sebuah keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah; 
  3. Penghormatan rumah dan keluarga; 
  4. mendapat Pelindungan terhadap kehidupan pribadi dan keluarga; dan 
  5. dilindungi kerahasiaan atas data pribadi, suratmenyurat, dan bentuk komunikasi pribadi lainnya, termasuk data dan informasi kesehatan.

Hak keadilan dan perlindungan hukum
Hak keadilan dan perlindungan hukum untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. atas perlakuan yang sama di hadapan hukum; 
  2. diakui sebagai subjek hukum; 
  3. memiliki dan mewarisi harta bergerak atau tidak bergerak; 
  4. mengendalikan masalah keuangan atau menunjuk orang untuk mewakili kepentingannya dalam urusan keuangan; 
  5. memperoleh akses terhadap pelayanan jasa perbankan dan nonperbankan;
  6. memperoleh penyediaan Aksesibilitas dalam pelayanan peradilan; 
  7. atas Pelindungan dari segala tekanan, kekerasan, penganiayaan, Diskriminasi, dan/atau perampasan atau pengambilalihan hak milik; 
  8. memilih dan menunjuk orang untuk mewakili kepentingannya dalam hal keperdataan di dalam dan di luar pengadilan; dan 
  9. dilindungi hak kekayaan intelektualnya.

Hak pendidikan
Hak pendidikan untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. mendapatkan pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan secara inklusif dan khusus; 
  2. mempunyai Kesamaan Kesempatan untuk menjadi pendidik atau tenaga kependidikan pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan; 
  3. mempunyai Kesamaan Kesempatan sebagai penyelenggara pendidikan yang bermutu pada satuan pendidikan di semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan; dan 
  4. mendapatkan Akomodasi yang Layak sebagai peserta didik.

Hak pekerjaan, kewirausahaan, dan koperasi
Hak pekerjaan, kewirausahaan, dan koperasi untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau swasta tanpa Diskriminasi; 
  2. memperoleh upah yang sama dengan tenaga kerja yang bukan Penyandang Disabilitas dalam jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang sama; 
  3. memperoleh Akomodasi yang Layak dalam pekerjaan; 
  4. tidak diberhentikan karena alasan disabilitas; 
  5. mendapatkan program kembali bekerja; 
  6. penempatan kerja yang adil, proporsional, dan bermartabat; 
  7. memperoleh kesempatan dalam mengembangkan jenjang karier serta segala hak normatif yang melekat di dalamnya; dan 
  8. memajukan usaha, memiliki pekerjaan sendiri, wiraswasta, pengembangan koperasi, dan memulai usaha sendiri.

Hak kesehatan
Hak kesehatan untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. memperoleh informasi dan komunikasi yang mudah diakses dalam pelayanan kesehatan;
  2. memperoleh kesamaan dan kesempatan akses atas sumber daya di bidang kesehatan; 
  3. memperoleh kesamaan dan kesempatan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau; 
  4. memperoleh kesamaan dan kesempatan secara mandiri dan bertanggung jawab menentukan sendiri pelayanan kesehatan yang diperlukan bagi dirinya; 
  5. memperoleh Alat Bantu Kesehatan berdasarkan kebutuhannya; 
  6. memperoleh obat yang bermutu dengan efek samping yang rendah; 
  7. memperoleh Pelindungan dari upaya percobaan medis; dan 
  8. memperoleh Pelindungan dalam penelitian dan pengembangan kesehatan yang mengikutsertakan manusia sebagai subjek.

Hak politik
Hak politik untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. memilih dan dipilih dalam jabatan publik; 
  2. menyalurkan aspirasi politik baik tertulis maupun lisan; 
  3. memilih partai politik dan/atau individu yang menjadi peserta dalam pemilihan umum; 
  4. membentuk, menjadi anggota, dan/atau pengurus organisasi masyarakat dan/atau partai politik; 
  5. membentuk dan bergabung dalam organisasi Penyandang Disabilitas dan untuk mewakili Penyandang Disabilitas pada tingkat lokal, nasional, dan internasional; 
  6. berperan serta secara aktif dalam sistem pemilihan umum pada semua tahap dan/atau bagian penyelenggaraannya; 
  7. memperoleh Aksesibilitas pada sarana dan prasarana penyelenggaraan pemilihan umum, pemilihan gubernur, bupati/walikota, dan pemilihan kepala desa atau nama lain; dan 
  8. memperoleh pendidikan politik.

Hak keagamaan
Hak keagamaan untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. memeluk agama dan kepercayaan masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya; 
  2. memperoleh kemudahan akses dalam memanfaatkan tempat peribadatan;
  3. mendapatkan kitab suci dan lektur keagamaan lainnya yang mudah diakses berdasarkan kebutuhannya; 
  4. mendapatkan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pada saat menjalankan ibadat menurut agama dan kepercayaannya; dan 
  5. berperan aktif dalam organisasi keagamaan.

Hak keolahragaan
Hak keolahragaan untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak:
  1. melakukan kegiatan keolahragaan; 
  2. mendapatkan penghargaan yang sama dalam kegiatan keolahragaan; 
  3. memperoleh pelayanan dalam kegiatan keolahragaan; 
  4. memperoleh sarana dan prasarana keolahragaan yang mudah diakses; 
  5. memilih dan mengikuti jenis atau cabang olahraga;
  6. memperoleh pengarahan, dukungan, bimbingan, pembinaan, dan pengembangan dalam keolahragaan; 
  7. menjadi pelaku keolahragaan; 
  8. mengembangkan industri keolahragaan; dan 
  9. meningkatkan prestasi dan mengikuti kejuaraan di semua tingkatan.

Hak kebudayaan dan pariwisata
Hak kebudayaan dan pariwisata untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. memperoleh kesamaan dan kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan seni dan budaya; 
  2. memperoleh Kesamaan Kesempatan untuk melakukan kegiatan wisata, melakukan usaha pariwisata, menjadi pekerja pariwisata, dan/atau berperan dalam proses pembangunan pariwisata; dan 
  3. mendapatkan kemudahan untuk mengakses, perlakuan, dan Akomodasi yang Layak sesuai dengan kebutuhannya sebagai wisatawan.

Hak kesejahteraan sosial
Hak kesejahteraan sosial untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial.

Hak Aksesibilitas
Hak Aksesibilitas untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. mendapatkan Aksesibilitas untuk memanfaatkan fasilitas publik; dan 
  2. mendapatkan Akomodasi yang Layak sebagai bentuk Aksesibilitas bagi individu.

Hak Pelayanan Publik
Hak Pelayanan Publik untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. memperoleh Akomodasi yang Layak dalam Pelayanan Publik secara optimal, wajar, bermartabat tanpa Diskriminasi; dan 
  2. pendampingan, penerjemahan, dan penyediaan fasilitas yang mudah diakses di tempat layanan publik tanpa tambahan biaya.

Hak Pelindungan dari bencana
Hak Pelindungan dari bencana untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. mendapatkan informasi yang mudah diakses akan adanya bencana; 
  2. mendapatkan pengetahuan tentang pengurangan risiko bencana; 
  3. mendapatkan prioritas dalam proses penyelamatan dan evakuasi dalam keadaan bencana; 
  4. mendapatkan fasilitas dan sarana penyelamatan dan evakuasi yang mudah diakses; dan 
  5. mendapatkan prioritas, fasilitas, dan sarana yang mudah diakses di lokasi pengungsian.

Hak habilitasi dan rehabilitasi
Hak habilitasi dan rehabilitasi untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. mendapatkan habilitasi dan rehabilitasi sejak dini dan secara inklusif sesuai dengan kebutuhan; 
  2. bebas memilih bentuk rehabilitasi yang akan diikuti; dan 
  3. mendapatkan habilitasi dan rehabilitasi yang tidak merendahkan martabat manusia.

Hak pendataan
Hak pendataan untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. di data sebagai penduduk dengan disabilitas dalam kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil; 
  2. mendapatkan dokumen kependudukan; dan 
  3. mendapatkan kartu Penyandang Disabilitas

Hak hidup secara mandiri dan dilibatkan dalam masyarakat
Hak hidup secara mandiri dan dilibatkan dalam masyarakat untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. mobilitas pribadi dengan penyediaan Alat Bantu dan kemudahan untuk mendapatkan akses; 
  2. mendapatkan kesempatan untuk hidup mandiri di tengah masyarakat; 
  3. mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk hidup secara mandiri; 
  4. menentukan sendiri atau memperoleh bantuan dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk menetapkan tempat tinggal dan/atau pengasuhan keluarga atau keluarga pengganti; 
  5. mendapatkan akses ke berbagai pelayanan, baik yang diberikan di dalam rumah, di tempat permukiman, maupun dalam masyarakat; dan 
  6. mendapatkan akomodasi yang wajar untuk berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat.

Hak berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi
Hak berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. memiliki kebebasan berekspresi dan berpendapat; 
  2. mendapatkan informasi dan berkomunikasi melalui media yang mudah diakses; dan 
  3. menggunakan dan memperoleh fasilitas informasi dan komunikasi berupa bahasa isyarat, braille, dan komunikasi augmentatif dalam interaksi resmi.

Hak kewarganegaraan
Hak kewarganegaraan untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. berpindah, mempertahankan, atau memperoleh kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; 
  2. memperoleh, memiliki, dan menggunakan dokumen kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan 
  3. keluar atau masuk wilayah Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hak bebas dari Diskriminasi, penelantaran, penyiksaan, dan eksploitasi
Hak bebas dari Diskriminasi, penelantaran, penyiksaan, dan eksploitasi untuk Penyandang Disabilitas meliputi hak: 
  1. bersosialisasi dan berinteraksi dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, dan bernegara tanpa rasa takut; dan 
  2. mendapatkan Pelindungan dari segala bentuk kekerasan fisik, psikis, ekonomi, dan seksual.


Artikel keren lainnya: