Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

6 Misi rahasia dari penulis artikel atau tulisan yang wajib diketahui agar tidak mudah terprovokasi

Tulisan baik berupa artikel, berita,karangan, ulasan, laporan dan lain sebagainya merupakan ide, gagasan dan pendapat para penulisnya yang diekspresikan kedalam susunan kata dan kalimat. Kalimat-kalimat tersebut adalah hasil karya, rasa dan cipta yang ditujukan untuk mempengaruhi, menanamkan, mengubah, memberitahu, memotivasi atau merangsang para pembacanya sehingga menerima dan mengikuti kemauan para penulis tersebut.

Sementara beberapa ahli menjelaskan bahwa karangan merupakan hasil akhir dari pekerjaan merangkai kata, kalimat, dan alinea untuk menjabarkan atau mengulas topik dan tema tertentu (Finoza, 2004:192). Menulis atau mengarang pada hakikatnya adalah menuangkan gagasan, pendapat gagasan, perasaan keinginan, dan kemauan, serta informasi ke dalam tulisan dan ”mengirimkannya” kepada orang lain (Syafie’ie, 1988:78). Selanjutnya, menurut Tarigan (1986:21), menulis atau mengarang adalah proses menggambarkan suatu bahasa sehingga pesan yang disampaikan penulis dapat dipahami pembaca. 

Lantas bagaimana sesungguhnya tujuan rahasia yang diharapkan para penulis atas hasil karya atau tulisan yang dibuatnya? Berikut adalah rinciannya:

1. Mengubah keyakinan pembaca
Tulisan ilmiah pada umumnya mampu mempengaruhi bahkan mengubah keyakinan para pembacanya. Kekuatan tulisan ilmiah adalah terletak pada data dan fakta yang disajikan, karena dukungan data-data tersebut mampu memperkuat pendapat penulis terhadap suatu obyek atau tema bahasan. Selain itu teknik dalam menarasikan pendapat yang disesuaikan dengan golongan pembacanya menjadi senjata yang mudah diterima sebagai sebuah kebenaran walaupun informasi yang disampaikan atau pesan dari tulisan tersebut tidak terlalu kuat untuk dijadikan sebagai alat atau tujuan tulisan. Olehnya itu, sebelum mengambil sebuah kesimpulan terhadap suatu informasi yang diperoleh dalam tulisan tersebut maka sebaiknya temukan tulisan-tulisan lainnya, perkaya sumber-sumber yang akurat dan valid, sandingkan dan analisis semua informasi yang diperoleh, barulah kemudian menarik sebuah kesimpulan. 

2. Menanamkan pemahaman sesuatu terhadap pembaca
Tulisan yang panjang dan berlembar-lembar bila diperas sedemikian rupa maka akan menghasilkan inti dari tulisan tersebut yang disebut dengan ”tema”. Tema kadangkala sulit dimengerti, sehingga butuh penjelasan lebih dalam dan rinci, penjelasan inilah yang membentuk sebuah rangkaian kalimat dan kata yang panjang dan berlembar-lembar tadi. Menyampaikan kepada pembaca dengan hanya sepenggal tema dapat mengaburkan dan membiaskan tujuan dari tema itu sendiri karena masing-masing orang memiliki sudut dan cara pandang yang berbeda, melalui tulisanlah penulis menyampaikan ide, gagasan dan pendapatnya dengan harapan dapat menyamakan pemahaman dirinya dengan para pembacanya. Artinya diharapkan melalui tulisan dari penulis, pembaca bisa memahami sesuatu yang sebelumnya tidak dipahaminya.

3. Merangsang proses berpikir pembaca
Roh tulisan adalah besarnya keinginan penulis memasuki cara berpikir pembacanya untuk kemudian mengendalikan pola pikir pembaca sesuai dengan apa yang diinginkannya. Dalam hal ini, pembaca sebenarnya dipaksa untuk mengikrarkan dirinya kepada kemauan dan keinginan penulis. Ketertarikan pembaca terhadap sesuatu yang dijabarkan oleh penulis, merupakan harapan penulis. Biasanya penulis akan menciptakan tulisan-tulisan yang mendorong pembaca tertarik untuk membacanya, memunculkan tantangan dan teka-teki yang sebenarnya adalah jebakan yang diciptakan oleh penulis sehingga pembaca merasa tertantang untuk terus berpikir mengikuti irama penulisnya.

4. Menyenangkan atau menghibur pembaca
Biasanya tulisan ini adalah tulisan yang ringan, jauh dari beban dan tekanan hidup, tulisan yang jauh dari kaidah ilmiah. Penulis menyusun tulisan hanya semata-mata mengajak para pembacanya berbahagia bersama tanpa ada tujuan lain yang bersifat pengakuan terhadap sesuatu.

5. Memberitahu pembaca
Tulisan ini disemangati oleh keinginan untuk berbagi informasi atau ilmu pengetahuan kepada para pembacanya.

6. Memotivasi pembaca.
Jangan takut berubah, hiduplah secara dinamis, tataplah masa depan sebagai rejeki yang wajib dikejar. Artinya tulisan yang disajikan terdorong oleh perasaan penulis yang ingin membangkitkan harapan para pembacanya sehingga mau melakukan sesuatu yang bersifat positif.

Itulah 6 misi rahasia yang sengaja diselipkan oleh penulis dalam tulisannya.

Artikel keren lainnya:

11 Hal yang perlu diperhatikan oleh "peneliti" dalam melakukan wawancara kepada responden penelitian

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan menghindari penolakan dari responden, peneliti harus memahami etika dan menguasai teknik wawancara yang baik. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan peneliti dalam melakukan wawancara dengan responden:
  1. Usahakan agar kunjungan dapat diatur sedemikian rupa sehingga responden yang akan diwawancarai sedang berada di rumah. Jangan mengadakan wawancara jika ada kesibukan dalam rumah tangga tersebut, misalnya sedang ada pesta atau upacara.
  2. Pada saat berkunjung hendaknya berpakaian yang wajar dan sopan. Sebelum memasuki rumah untuk mengadakan wawancara, mintalah izin terlebih dahulu dengan mengucapkan salam, mengetuk pintu atau dengan cara lain yang biasa berlaku.
  3. Awali wawancara dengan memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud kedatangan ke rumah tangga tersebut dan jelaskan alasan mengapa wawancara diperlukan. Bila diperlukan, tunjukkan surat-surat yang berkaitan dengan kegiatan dan tanda pengenal.
  4. Mengerti dan mengetahui siapa yang seharusnya diwawancarai. Jangan mewawancarai tamu, saudara atau tetangga yang sedang berkunjung ke rumah responden.
  5. Sebelum mulai mengajukan pertanyaan, peneliti perlu menjelaskan pentingnya pengambilan data ini diadakan dan diyakinkan bahwa keterangan yang diberikan akan dirahasiakan.
  6. Lakukan wawancara dengan menggunakan bahasa daerah bila responden tidak bisa berbahasa Indonesia, namun jangan sampai mengubah maksud dari pertanyaan.
  7. Pada saat melakukan wawancara, akan ditemui berbagai macam sikap dan perilaku responden. Sebagian di antaranya suka berterus terang (jujur) dan senang membantu, namun ada pula yang merasa ragu-ragu, curiga dan tidak berterus terang. Gunakan kecerdikan, kesabaran dan keramahan selama berwawancara.
  8. Jika responden mengalihkan percakapan kepada hal-hal yang menyimpang dari pertanyaan yang diajukan, arahkan kembali pembicaraan secara bijaksana ke daftar isian (kuesioner).
  9. Jangan memberikan tanggapan terhadap jawaban yang diberikan responden dan jangan kehilangan kesabaran. Bersikaplah tenang dalam menghadapi suasana yang tidak diinginkan.
  10. Bersabarlah terhadap rasa keingintahuan responden dan jawablah pertanyaan responden dengan tepat dan jelas. 
  11. Jangan lupa mengucapkan terima kasih setelah selesai melakukan wawancara


Artikel keren lainnya:

Proses Terjadinya Lahan Kritis Menurut Penjelasan Markus Kudeng Sallata

Munculnya lahan kritis dimulai dari hilangnya penutup tanah berupa vegetasi yang tumbuh di atasnya, menyebabkan lahan tersebut terbuka untuk terpaan butir-butir hujan secara langsung. Begitu air hujan mengenai permukaan tanah, maka secara langsung akan menyebabkan hancurnya aggregat-aggregat tanah dan terlepaslah partikel-partikel tanah tersebut (Sallata; 2011). 

Pada kondisi ini penghancuran aggregat-aggregat dan pelepasan partikel-partikel tanah dipercepat oleh adanya daya penghancur dari air itu sendiri. Inilah fase awal dan terpenting dalam mekanisme terjadinya erosi (Utomo, 1989; Seta,1991). 

Selanjutnya partikel-partikel tanah yang terlepas ini akan menyumbat pori-pori tanah sehingga akan menurunkan kapasitas dan laju infiltrasi air ke dalam tanah. Jika intensitas hujan lebih tinggi dari kapasitas dan laju infiltrasi tanah maka akan terjadi genangan air di permukaan tanah, yang kemudian akan mengalir menjadi aliran permukaan (runoff). 

Air yang mengalir pada permukaan tanah yang miring mempunyai energy lebih besar untuk mengangkut partikel-partikel tanah yang telah dilepaskan baik oleh pukulan butir hujan maupun oleh adanya aliran permukaan itu sendiri. Selanjutnya, jika energi aliran permukaan sudah tidak mampu lagi untuk mengangkut partikel-partikel tanah tersebut terjadilah proses sedimentasi atau pengendapan (Arsyad, 1989). 

Pada umumnya dalam peristiwa erosi, fraksi halus tanah akan terangkut lebih dahulu dan lebih banyak dari pada fraksi kasar, sehingga kandungan liat sedimen lebih tinggi dari kandungan liat tanah semula (Utomo,1989). Proses ini bertalian dengan daya angkut aliran permukaan terhadap butir-butir tanah yang berbeda berat jenisnya (Kartasoeputra et al, 1991). Kejadian ini disebut selektivitas erosi, dan tanah yang telah mengalami erosi teksturnya menjadi lebih kasar. 

Demikian juga kandungan unsur hara dan bahan organik pada sedimen hasil erosi lebih tinggi dari kandungan unsur hara dan kandungan bahan organik pada tanah yang tertinggal. 

Hilangnya atau kurangnya pepohonan di lereng-lereng bukit akan memberi peluang besar kepada butir-butir hujan deras menerpa permukaan tanah dan akan segera menghanyutkan lapisan atas tanah (top soil) yang subur akibat erosi. 

Hal ini tidak hanya mengurangi produksi tanah di perbukitan, namun juga akan mengakibatkan banjir bahkan longsor yang melanda tanah pertanian di lembah-lembah bagian bawahnya. Kita telah memaklumi bahwa peristiwa banjir telah menimbulkan kerugian yang sangat besar terhadap masyarakat yang dilaluinya. Pendangkalan sungai, saluran irigasi dan waduk sebagai akibat sedimen banyak dijumpai dimana-mana. 

Menurut catatan sejarah Kehutanan Indonesia, hutan mulai rusak pada zaman pendudukan Jepang 1942-1945, bukan saja tanaman jati dan tanaman kayu lainnya ditebas, lahan-lahan dibagi-bagikan dan kemudian dianggap sebagai milik penggarap. Reboasasi dilakukan seadanya saja yaitu menanami luasan sangat sedikit dibanding dengan luas lahan yang terbuka (Dephut,1986). 

Semakin luasnya lahan kritis secara tidak langsung akan menyebabkan peningkatan penduduk miskin dan kekurangan makanan karena produktivitas lahan rendah, lahan pertaniannya sempit, harga hasil pertanian rendah dan kesempatan kerja di luar usaha tani atau pendapatan di luar usaha tani sangat terbatas. Petani miskin di lahan yang miskin akan terus saling memiskinkan apabila faktor penyebabnya tidak dibenahi (Harahap,2007). 

Keadaan ini dapat dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia terutama di pertanian lahan kering. Sistem pertanian dan pengelolaannya yang kurang sesuai di lahan kering tidak hanya menurunkan produktivitasnya tetapi juga meningkatkan erosi yang pada gilirannya mengakibatkan lahan tidak produktif dan selanjutnya menjadi lahan kritis. Erosi tersebut tidak hanya mengakibatkan berkurangnya lahan produktif tetapi juga merusak fungsi hidrologis yang berpengaruh pada satuan wilayah DAS yang selanjutnya mengakibatkan banjir pada musim hujan dan kekeringan pada musim kemarau di bagian hilir DAS( Sallata dan Renden,1989).

Artikel keren lainnya:

Hasil rekapitulasi suara pilkada DKI Jakarta versi KPUD DKI berdasarkan form C1

Setelah melalui tahapan yang panjang dengan segala kontroversialnya, akhirnya perolehan suara pilkada DKI Jakarta telah rampung. Anda sudah dapat melihatnya di website KPU RI atau melalui laman berikut ini.

Berdasarkan rekapitulasi KPU DKI Jakarta tersebut diperoleh persentase suara terdiri dari pasangan Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A. dan Prof. Dr. Hj. Sylviana Murni, S.H.,M.Si. memperoleh suara sebanyak 935.021 suara atau 17.04%.


Sedangkan pasangan dengan nomor urut 2 yakni Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. dan Drs. H. Djarot Saiful Hidayat, M.S. memperoleh suara sebanyak 2.355.371 suara atau 42.92%. Sementara pasangan nomor urut 3 yakni Anies Baswedan, Ph.D. dan Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh suara sebanyak 2.197.903 suara atau 40.05%.



HASIL PERHITUNGAN SUARA PILKADA DKI JAKARTA (Form C1)

Berdasarkan peroleh suara di atas, maka sudah dapat dipastikan bahwa pilkada DKI Jakarta dilangsungkan sebanyak 2 putaran. Putaran kedua akan mempertemukan pasangan nomor urut 2 dan nomor urut 3.

Artikel keren lainnya:

Inilah 5 hal yang dapat menggadaikan hidupmu yang harus diketahui karena dampaknya akan menghilangkan kebebasanmu

Hidup ditengah persaingan membutuhkan kewaspadaan yang tinggi, berbagai bentuk strategi untuk memenangkan persaingan mewarnai perjuangan tersebut, lengah sedikit justru akan menjerumuskan kita ke dalam kehidupan yang tidak menentu. Berbagai bentuk strategi yang dibangun biasanya berwujud baik karena akan mengatasi masalah tetapi pada prinsipnya dapat mengikat diri kita dan menghilangkan kebebasan serta kemerdekaan kita sebagai manusia. Sementara manusia sempurna adalah manusia yang memiliki kebebasan dalam segala hal sepanjang tidak bertentangan dengan akidah, norma, adat, etika, etiket dan hukum-hukum yang berlaku di tengah masyarakat.

Gaya hidup yang materialistik telah banyak menjebak orang kedalam perangkap kehidupan hingga akhirnya kehilangan harga diri dan jati dirinya. Hal inilah yang membuat beberapa orang yang awalnya dikenal sebagai panutan justru menjadi pengikut setia dari gaya hidup materialistik tersebut. Biasanya mereka akan mengorbankan semua harga diri dan jati dirinya yang telah diraih hanya untuk mengikuti gaya hidup ini. Padahal semakin lama gaya hidup materialistik menyelimuti kita maka semakin mengantarkan kita pada ketidakberdayaan menghadapi kehidupan.

Olehnya itu, kita harus mengenal jebakan “batman” yang menjadi modus awal dari gaya hidup materialistik. Berikut 7 hal yang dapat menggadaikan kebebasan dan kemerdekaan kita sebagai dampak dari gaya hidup materialistik.

1. Jabatan
Di era demokrasi saat ini, jabatan dapat dikatakan sebagai modus untuk memuluskan kepentingan kelompok tertentu. Untuk memperoleh jabatan, harus ada kewajian dan syarat-syarat lain yang harus dipenuhi. Inilah yang sering dikenal dengan “Kontrak Politik” yang berisi poin-poin yang menjadi keinginan kelompok tertentu yang memiliki pengaruh dalam memuluskan seseorang memperoleh jabatan yang diinginkan. Mungkin anda sering mendengar istilah “proxy”, proxy adalah seseorang yang dipersiapkan oleh kelompok tertentu untuk menduduki jabatan strategis dengan maksud mengamankan kebijakan dan program yang menguntungkan kelompok tersebut. Pejabat yang terlibat dalam kontrak politik atau orang yang berperan sebagai proxy tidak akan pernah merasakan kebebasan dan kemerdekaannya sebagai manusia walaupun secara material sangat berlebihan. 

2. Perempuan
Salah satu kelemahan manusia yang selalu diekspose oleh para pegiat gaya hidup materialistik adalah menggunakan perempuan sebagai media untuk menjebak orang lain. Penggunaan media perempuan sudah banyak terjadi karena menjanjikan suatu kebahagiaan dan kesenangan. Padahal jika disadari, kebahagiaan dan kesenangan yang diperoleh bersifat sesaat saja, sementara rekam jejak tidak dapat dihapus begitu saja bahkan rekam jejak negatif inilah yang dipegang oleh kelompok yang memanfaatkan media perempuan untuk menjebak anda sebagai kartu AS untuk mengikat dan mengendalikan kehidupan anda menurut keinginan dan tujuan dari kelompok tersebut.

3. Harta/kekayaan
Gaya hidup materialistik identik dengan harta atau kekayaan. Para pegiat gaya hidup ini tidak mempersoalkan bagaimana mereka memperolehnya yang penting memiliki harta termasuk menggunakan harta untuk mencapai tujuannya. Dalam memuluskan langkahnya, mereka menggunakan harta tersebut membeli kebebasan dan kemerdekaan orang lain. Maka kemudian lahirlah suatu budaya “suap/menyuap” dilingkaran kekuasaan dan diluar kekuasaan, budaya ini tidak mengenal latar belakang seseorang bahkan termasuk para penegak hukum sekalipun telah banyak yang terlibat.

4. Balas Budi
Anda mungkin sering mendapatkan perlakuan baik dari seseorang? Jika anda termasuk orang didalamnya maka mulailah untuk selalu waspada, kenali bagaimana latar belakang orang tersebut karena hal ini akan mengikat anda secara batin dan psikologis. Pengaruh batin dan psikologis jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan jebakan perempuan, harta dan jabatan. Jika orang tersebut memiliki prilaku yang baik, rekam jejak yang baik maka nilainya bukan jebakan tetapi bila rekam jejak dan prilakunya buruk maka akan berdampak buruk pula pada diri anda, inilah yang disebut dengan “balas budi”, apakah balas budi untuk kebaikan atau balas budi dalam keburukan.

5. Masa lalu (rekam jejak)
Rekam jejak masa lalu merupakan senjata paling ampuh saat ini, banyak yang karirnya sedang menanjak justru hancur karena masa lalu. Rata-rata mereka kesandung persoalan hukum walaupun kasusnya sudah terjadi beberapa tahun yang lalu.

Jadi, bagi anda yang sedang meniti karir atau sedang merencanakan untuk meniti karir maka berjalanlah selalu pada kebenaran dan taatlah pada hukum yang berlaku. Ketahuilah semua hal yang dapat menggadaikan hidupmu karena hal itu akan menjadi masalah di kemudian hari.

Artikel keren lainnya:

Sejarah singkat Penemuan Icon Smile dan aneka macam model smile dan artinya yang banyak digunakan orang

Pada tahun 1963, seorang seniman asal Amerika Serikat yang bekerja di biro periklanan merancang sebuah gambar yang menggambarkan ungkapan perasaan atau emosi seseorang. Gambar ini dikenal dengan “emoticon”, beliau adalah Harvey Ball seorang pensiunan angkatan darat Amerika Serikat.

Akan tetapi emoticon sebenarnya pertama kali muncul sejak buku National Telegraph Review and Operators Guide yang diterbitkan di Amerika Serikat pada April 1857. Dalam buku tersebut terdapat symbol-simbol dalam kode morse untuk mengekspresikan “Love and Kisses” dalam sebuah surat telegraph.


Gambar emoticol yang diciptakan oleh Harvey Ball bentunya sangat simple tapi lucu, berupa lingkaran berwarna kuning telur, dengan dua titik hitam yang menggambarkan mata, dan garis lengkung ke atas sebagai bibi yang sedang tersenyum. Belakangan gambar ini semakin terkenal karena menjadi representasi grafis dari emoticon.

Kini emoticon sudah menyebar luas, sudah menjadi milik semua orang. Banyak model-model baru lahir sebagai hasil inovasi dan karya yang merupakan ungkapan perasaan seseorang. 

Berikut aneka macam model emoticon beserta artinya.


Universal emotion
:-) atau :) = Senang / tersenyum.                     
:-( atau : ( = Sedih / kecewa
: - 0 atau : - o = Terkejut/ heran                       
:- @ = Berteriak
:- < = Sedih sekali                                           
:- || = Marah
:-D = Tertawa                                                  
:’-( = Menangis
;-) = Berkedip                                                  
%-) = Bahagia --bingung
%-( = Sedih –bingung                                     
:- / atau :- \ = Pikir-pikir
: P = Meledek


Kaomoji emotion
(^_^) atau (^-^) = Tersenyum                         
(^0^) = Tertawa lebar
(^.^) = Senyum simpul                                    
\(^0^0)/ = Bersorak riang 
(^3^) = Berseru                                               
(*^-^*) = Senyum malu, tersipu
(o^-^o) = Senyum merona                              
("-";) = Merasa terganggu 
(-_-;;) = Gugup                                                
f(^_^) = Garuk garu kepala 
(T_T) = Menangis                                           
( ;_; ) = Menitikkan air mata 
(" ~ ") = Manyun                                             
(>_<) = Geram 
(-_-#) = Marah                                                 
(+_+) = BeTe 
(x_x) = Pusing                                                 
(x_x#) = Pusing habis dipukuli
(?_?)...??? = Bertanya-tanya dalam hati         
(@_@) = Melotot, Heran
( _ _ )..zzZZ = Tidur                                       
( _ _ ")..zzZZ = Bosan sampai ketiduran 
m( _ _ )m = Memohon                                    
w(^ _ ^) = Mendengarkan
(*^3^) = Mencium                                          
(*^.^*) = Dicium 
(=_=) atau (#^ ^#) = Malu sampai tersipu-sipu
( _ _ ) ..ooOO = Bermimpi                              
Ø(. .) = Menulis
((( (((;^ ^) = Berlari                                         
C=C=(;' _') = Tergesa-gesa 
(o_ _)o = Putus asa                                         
(^ _^)d = Acungkan jempol 
(^ _^)V = Tanda peace                                   
(p^ ^)p = Ngajak brantem 
y(^o^)y~~~ = Merokok


Artikel keren lainnya:

Fungsi kantong kecil di sebelah kanan celana jeans yang tidak diketahui orang

Siapa tidak kenal dengan celana jeans, sejak di ciptakan oleh Levi Strauss pada tahun 1829, celana ini sudah menarik perhatian orang. Selain karena modelnya trendy dan dapat dipakai oleh semua kalangan tanpa memandang jenis pekerjaannya, juga termasuk celana yang berbahan tebal karena terbuat dari kanvas, kini celana jeans sudah mendunia. 

Celana jeans sebenarnya dibuat untuk keperluan para pekerja tambang di California, kata “jeans” sendiri berasal dari bahasa Italia yakni “Genes” yang berarti biru. Celana ini memiliki 4 buah saku yakni 2 saku didepan dan 2 saku di belakang.


Karena celana ini dibuat untuk keperluan para penambang khususnya penambang emas, maka desain produk ini menambahkan saku kecil disebelah kanan yang berfungsi untuk menyimpan emas, kemudian berkembang bukan hanya untuk menyimpan emas tetapi juga coin. Sehingga jadilah celana jeans dengan 5 buah sakunya.

Merek “Levi’s” merupakan merek celana jeans pertama. Merek ini sesuai dengan nama penciptanya yakni Levi Strauss. Dalam perkembangannya, pada tahun 1970, dunia dikejutkan dengan penampilan artis cantik Brooke Shield yang memakai celana jeans produksi Calvin Klein. Sejak saat itu, celana jeans menjadi produk yang paling banyak diminati oleh masyarakat dunia terutama kaum muda yang suka berkelana.

Dampaknya tentu saja mendorong banyak perancang tertarik untuk mengembangkan celana jeans. Sebut saja Armani, Klein dan Versace, mereka adalah perancang terkenal yang sangat berjasa mengangkat celana jeans menjadi top.

Celana jeans yang pada awalnya diciptakan untuk para pekerja tambang, saat ini sudah merambah ke semua bidang pekerjaan. Bahkan beberapa desain sudah menembus ke acara-acara formal dan non formal.

Artikel keren lainnya:

Inilah bentuk pelajaran dari Tuhan yang langsung kepada manusia yang harus di ketahui!

Manusia adalah makhluk Tuhan yang beradab, makhluk yang diciptakan dalam keadaan sempurna. Diantara semua makhluk ciptaan Tuhan, hanya manusialah yang dilengkapi dengan akal dan pikiran. Dan inilah yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya.

Selain itu, Tuhan juga menurunkan pedoman yang harus diikuti oleh manusia, pedoman dimaksud yakni ajaran agama. Berdasarkan ajaran agama inilah diharapkan manusia dapat meningkatkan keimanan dan kualitas hidupnya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Ajaran agama diturunkan kepada manusia melalui perantara Malaikatnya, mengangkat salah seorang manusia terpilih yakni Nabi dan Rasul untuk menyebarkan ajaran tersebut kepada seluruh manusia. 

Akan tetapi, kehidupan modern yang berpemikiran liberal bahkan atheis mulai memandang ajaran agama sebagai sesuatu yang fiktif belaka, karena semua hal harus disertai dengan pembuktian. Pemikiran liberal dan atheis lebih mengharapkan suatu bukti, dampaknya tentu saja mulai meragukan kebenaran dari ajaran agama. Agama dianggap sebagai dogma yang memenjarakan kebebasan berpikir manusia, dengan demikian agama tidak dapat dijadikan sebagai pedoman.

Mereka mempertanyakan keberadaan Tuhan, dimana Tuhan berada, bagaimana wujudnya dan lain sebagainya. Bagi yang beriman tentu saja tindakan para pemikir liberal bahkan atheis dianggap sebuah kekafiran. 

Tentang pembuktian dimaksud, mungkin ada baiknya contoh berikut dapat dijadikan sebagai rujukan bahwa Tuhan itu ada.

Ketahuilah bahwa manusia khususnya laki-laki pada saat memasuki usia balig atau remaja akan mengalami mimpi “enak (berhubungan badan)” sedangkan perempuan mengalami masa “datang bulan”. Sebuah mimpi yang mengajarkan kepada kita bagaimana seharusnya kita memperlakukan perempuan. Mimpi ini jika anda cermati sebenarnya tidak langsung dalam bentuk vulgar melainkan secara bertahap sesuai dengan usia dan tingkat kedewasaan berpikir manusia. Melalui mimpi ini pula, Tuhan mengajarkan kita secara langsung terhadap dua hal :
  1. Bahwa pendidikan seks tidak dapat disampaikan secara formal seperti yang dibesar-besarkan oleh para intelektual kita selama ini. Pendidikan seks hanya bisa disampaikan oleh orang tua secara bertahap kepada anaknya seperti Tuhan mengajarkan manusia melalui mimpi sebagaimana dimaksud di atas. Jadi apa yang terjadi selama ini dimana para remaja telah mengenal pacaran, seks bebas dan film porno adalah sesuatu yang bertentangan dengan ajaran Tuhan termasuk pelajaran yang mengajarkan pendidikan seks di sekolah formal maupun non formal. Dampaknya, terjadinya penyimpangan perilaku manusia, misalnya pemerkosaan, pelecehan seksual dan lain sebagainya.
  2. Bahwa Tuhan mengajarkan kita bagaimana beretika yang baik. Yang bersifat rahasia harus disampaikan dengan cara-cara yang baik pula, tidak terlalu vulgar sebab dampak negatifnya dapat merusak nilai-nilai dan hakikat manusia sebenarnya, karena menyangkut hubungan manusia dengan manusia maka bentuk penyampaiannya didasarkan pada etika dan etiket yang telah diajarkan dalam ajaran agama dan norma yang berkembang di masyarakat.


Mimpi dimaksud adalah bukti bahwa Tuhan ada dan selalu hadir di kehidupan kita. Tuhan akan mengajarkan kepada kita tentang semua yang tidak kita ketahui tetapi melalui cara-cara yang hanya Tuhan yang tahu. Mimpi ini merupakan bentuk perhatian Tuhan kepada hambanya untuk berperilaku baik, menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan mengajarkan kepada hambanya untuk memisahkan yang benar dan yang tidak benar. 

Artikel keren lainnya:

Inilah 7 percobaan hidup yang selalu dilakukan oleh manusia

Tidak seorang pun manusia mengetahui masa depannya. Mengingat sifat alamiah dari manusia adalah cenderung melakukan sesuatu untuk mengetahui rahasia sesuatu itu atau mengharapkan adanya hasil dari sesuatu maka sadar ataupun tidak sadar manusia senantiasa melakukan percobaan hidup termasuk melakukan kajian dan penelitian atau tindakan yang tidak terencana karena tuntutan kehidupan. Taruhannya adalah jika berhasil maka akan mengantarkannya pada harapan sebaliknya apabila gagal maka akan menguburkan segala impiannya.

Berikut 7 percobaan hidup manusia yang perlu diketahui:

1. Keyakinan
Keyakinan berorientasi pada kebenaran. Kebenaran terbangun oleh sebuah kesepakatan yakni kesepakatan antara hati dan realitas yang dipercayainya. Masing-masing manusia memiliki cara pandang sendiri-sendiri dalam menyimpulkan sebuah kebenaran. Sehingga apa yang kita yakini sebagai sebuah kebenaran belum tentu dibenarkan oleh orang lain begitu pula sebaliknya. Dalam hal ini, sebenarnya manusia membutuhkan jawaban yang pasti dan nyata yang dapat dibuktikan. Sementara jawaban pastinya atau sebuah kenyataan yang belum dilewati oleh manusia hanya diketahui oleh pemilik kebenaran, akan tetapi jawaban itu tidak diperolehnya secara langsung sehingga jadilah ini sebagai percobaan hidup yang pertama yang dilakukan oleh manusia berdasarkan hati dan cara pandangnya sendiri tentang kebenaran.

2. Jodoh
Semua makhluk hidup diciptakan secara berpasang-pasangan, manusia juga termasuk makhluk hidup yang diciptakan berpasang-pasangan, ada wanita dan ada pula pria. Untuk menjaga keberlangsungan hidupnya, manusia sebagaimana makhluk hidup lainnya dituntut untuk berkembang biak. Maka kemudian, manusia membutuhkan pasangan hidupnya yang dikenal dengan “jodoh”. Jodoh adalah rahasia Tuhan, tidak seorang pun yang mengetahui siapa jodohnya melainkan kecuali telah mengucapkan akad atau perjanjian untuk hidup bersama dalam bentuk “pernikahan”. Sehubungan dengan pemilihan jodoh, sebagian manusia mengakalinya dengan “pacaran”. Pacaran dapat dikatakan sebagai suatu tindakan percobaan hidup atau media untuk menemukan jodoh yang sebenarnya.

3. Nasib
Nasib merupakan keadaan yang dirasakan oleh manusia di masa lalu, sekarang dan yang akan datang, ada nasib baik dan ada pula nasib buruk. Nasib sebenarnya dapat dirubah, tergantung bagaimana manusia memperlakukannya. Namun demikian, nasib seseorang masih sebuah rahasia yang tidak dapat diketahui kecuali sudah dilalui. Bagi sebagian orang, berdasarkan data dan informasi yang diperoleh atas serangkaian pengalamannya, mereka dapat membaca nasibnya walaupun tidak seluruhnya benar. Dalam hal ini, manusia terus mencoba melakukan sesuatu dan inilah salah satu percobaan hidup manusia.

4. Takdir
Takdir merupakan suatu keadaan yang tidak diketahui yang dipenuhi oleh rahasia, takdir tidak mengenal ruang dan waktu. Pada saat datang maka tidak seorangpun manusia dapat menghindarinya kecuali dia melaluinya. Takdir merupakan sebuah rahasia yang dimiliki oleh semua makhluk hidup termasuk manusia, dan hanya Tuhanlah yang tahu takdir manusia itu. Sehingga berdasarkan hal ini, manusia terus melalukan sesuatu dengan harapan dapat memperoleh takdir yang sesuai dengan harapannya. Inilah pula salah satu percobaan hidup manusia.

5. Bahagia dan sedih
Setiap manusia pasti merasakan kebahagiaan dan kesedihan, hanya saja waktunya yang tidak diketahui. Kadangkala suasana bahagia tiba-tiba berubah menjadi suasana sedih, ataupun sebaliknya. Rangkaian kondisi ini menuntut manusia untuk selalu bertindak dan bergerak, sadar ataupun tidak sadar sebenarnya manusia telah melakukan percobaan hidup.

6. Sehat dan sakit
Baik rasa sehat maupun sakit, datangnya tidak dapat diprediksi. Manusia hanya bisa melakukan sesuatu dengan jalan mengkondisikan keadaan walaupun hasilnya belum tentu sesuai harapan. Dokter dengan segala keilmuannya juga merasakan rasa sakit, atau para pemulung walaupun kesehariannya dipenuhi oleh kondisi “kotor” badannya juga selalu sehat dan bugar. Sama halnya dengan dokter atau pemulung tersebut, kita juga terus melakukan sesuatu yang dampaknya dapat berupa “sehat” atau “sakit. Apa yang kita kerjakan ini merupakan percobaan hidup.

7. Kehidupan Sosial
Setiap manusia tidak bisa lepas dari keberadaan manusia lain, karena itu sehingga manusia selalu hidup berkelompok. Untuk membangun komunitas sosial, manusia perlu membangun komunikasi antar sesama. Komunikasi tidak selamanya berjalan baik dan juga tidak selamanya berakhir buruk, semua tergantung bagaimana mereka menempatkan dirinya dan bagaimana melakukan sosialisasi sehingga timbul penerimaan terhadap dirinya pada diri orang lain. Apa yang terjadi hari ini, besok, lusa dan di masa yang akan datang merupakan keadaan yang masih penuh tanda tanya. Apakah hubungan komunikasi berjalan lancar ataukah mengalami pasang surut. Dalam hal ini manusia akan melakukan tindakan-tindakan sebagai bentuk percobaan dengan tujuan dapat membangun hubungan komunikasi yang baik, yang dapat dipahami bersama dan dimengerti oleh semua tanpa adanya kesalahpahaman memaknai bentuk-bentu komunikasi terjadi dalam komunitas tersebut. 

Artikel keren lainnya:

Inilah bahaya yang paling merusak bagi anak pejabat atau anak titipan karena pengaruh ego, harga diri dan ambisi sesaat

Saya masih ingat pada saat pengiriman kontingen peserta Jambore Nasional, para peserta kontingen di dominasi oleh anak dan titipan dari para pejabat, atau mereka-mereka yang berperan di organisasi kepramukaan. Ada kebanggaan dari anak-anak tersebut karena telah mewakili daerahnya, ada kebanggaan pula dari para orang tua atau si penitip karena anak-anak mereka mengikuti kegiatan dimaksud. 

Kondisi ini terjadi pada hampir semua bidang, anak dipaksa untuk melakukan sesuatu yang melebihi kemampuannya, mereka diberi beban yang sebenarnya belum mampu mereka pertanggungjawabkan. Dampaknya, secara perlahan dan tentunya tidak dapat dipantau perubahaannya karena terbungkus oleh perkembangan usia, anak-anak ini akan mengalami gangguan secara psikologis. Gangguan ini mempengaruhi kemampuan dan kecakapan hidupnya dalam melakukan sosialisasi diri, kemandirian, bahkan pada tataran tingkat kepercayaan dirinya.

Ego, harga diri dan ambisi serta kebanggaan telah mengorbankan masa depan anak, tujuannya baik yakni untuk melatih anak namun pengaruhnya justru menimbulkan kerusakan mental pada anak. Beban orang tua bukannya bertambah ringan dalam hal didikan melainkan justru bertambah berat karena mengajarkan anak tidak pada tempat anak itu seharusnya.

Marilah kita mengingat kembali bagaimana anak belajar jalan, seandainya orang tua terus menuntun anak belajar jalan tanpa pernah melepas mereka atau karena sayangnya terhadap anak sehingga selalu digendong karena takut terjatuh, maka apakah anak tersebut dapat jalan sendiri?

Posisi orang tua terhadap anak seharusnya adalah mengawasi, memantau, membimbing, mengarahkan dan mendidik bukan memberi jalan. Memberi jalan merupakan tindakan yang salah, karena memberi jalan pada prinsipnya menutup kemampuan anak untuk menemukan jalannya sendiri. Memberi jalan sama halnya dengan menciptakan manusia yang berjiwa robot, memiliki kemampuan melakukan sesuatu tetapi tidak mampu menciptakan perubahan pada dirinya.

Kebanggaan sesungguhnya adalah bukan bagaimana anak menjadi yang terbaik karena yang terbaik dapat dikondisikan sesuai kebutuhan atau keinginan tertentu tetapi bagaimana anak menciptakan perubahan. Kemampuan anak menciptakan perubahan merupakan indikasi bahwa anak tersebut dapat melakukan sesuatu yang berdampak positif bagi dirinya dan bagi orang lain termasuk orang tuanya. Kelemahan anak pejabat yang selalu diberi jalan oleh orang tuanya atau anak titipan yang selama ini terjadi adalah prilaku ketergantungan. Mereka selalu kesulitan memenangkan persaingan akibat sifat ketergantungan kepada orang tuanya. Secara emosional, mereka tidak matang, mereka tidak akan mampu menempatkan dirinya pada deretan orang-orang terbaik kelak. Persaingan hidup bukannya semakin ringan, persaingan hidup semakin berat. Deretan penghargaan yang dipaksakan tidak akan mampu memenangkan persaingan, pemenang dari persaingan sesungguhnya adalah segudang kompetensi yang dimiliki oleh anak tersebut. 

Kompetensi inilah yang akan menopang anak untuk menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya, yang akan membawa anak pada tempat sesungguhnya. Sebuah tempat yang “dirinya banget”, tempat yang dikuasainya. Hal ini akan membawa anak untuk selalu berada pada ruang dan waktu kehidupan yang sebenarnya.

Jadi, jangan pernah bermain-main dengan masa depan anak. Bentuklah anak anda sesuai dengan tingkat kemampuannya, jangan dipaksakan walaupun anda adalah seorang pejabat atau memiliki kesempatan untuk melakukannya. Jangan memberi sesuatu yang tidak seharusnya mereka miliki, jangan menjadikan mereka alat atau media kebanggaan atau luapan ego, harga diri dan ambisi sesaat. Saya katakan ini bukan karena cemburu tetapi saya hanya sedih karena begitu banyaknya anak pejabat yang pada awalnya membanggakan justru seiring waktu menuju kedewasaan anak tersebut tidak mampu melakukan sesuatu yang diharapkan. Sebagian lagi setelah sadar akan kemampuannya, anak-anak yang diperlakukan “istimewah” tersebut umumnya “menarik diri” dari kehidupan sosial akibat beban yang sangat berat ketika mengingat masa lalunya. Mereka memandang hidupnya bagaikan dalam penjara, terlalu banyak jeruji kehidupan menghalanginya, mereka melihat setiap tatapan seperti menanti sebuah tanggung jawab moral yang butuh pembuktian terbaik, jadilah mereka hidup diantara dua kondisi yang tidak mampu mereka ilustrasikan apalagi untuk menempatkan dirinya dalam “bagian kehidupan” yang sesungguhnya.

Artikel keren lainnya:

Bahaya buang sampah di laut bagi kehidupan manusia

Oeeee....laut bukan tempat sampah, wahai manusia sadarlah bahwa laut merupakan penyanggah kehidupan kita. Sampah dapat mengganggu kehidupan ekosistem yang ada di laut, sementara ketika ekosistem laut terganggu maka sudah dapat dipastikan akan mengganggu siklus kehidupan yang pada gilirannya akan memberi dampak negatif pada kehidupan manusia.

Budaya negatif yang merusak lingkungan khususnya laut harus dihentikan, kondisi hari ini alam sudah tidak bersahabat dengan manusia mulai dari udara, laut, dan darat semua melaknat manusia akibat perbuatannya yang hanya merusak tanpa mau melestarikan.

Pengalaman saya dalam suatu perjalanan ke Jakarta, di atas kapal pelni banyak sekali penumpang yang dengan sengaja membuang sampah ke laut, hatiku sangat sakit dan sedih karena laut yang seharusnya kita jaga kebersihannya tetapi tidak tampak budaya itu di atas kapal. Ironisnya, yang membuang sampah dapat dikatakan dari golongan yang berpendidikan. Mereka pasti tahu dan paham tentang dampak negatif sampah terhadap kelangsungan hidup ekosistem laut.

Disuatu tempat saya juga menyaksikan beberapa komunitas manusia menjadikan laut sebagai belakang rumah, artinya sampah rumah tangga semua dibuang ke laut. Baik sampah plastik maupun sampah non plastik sasarannya adalah laut. Akibatnya, beberapa jenis spesies ikan mengalami penurunan jumlah bahkan punah, belum lagi terganggunya terumbu karang yang merupakan rumah bagi ekosistem laut.

Ini semua adalah akibat dari ulah manusia yang tidak pernah sadar dengan ketergantungan manusia terhadap laut. Kita seringkali menemukan ibu-ibu rumah tangga mengeluhkan mahalnya harga ikan, tetapi kita tidak pernah terdorong untuk membudayakan gerakan penyelamatan terhadap keselamatan ekosistem laut. 

Ketahuilah bahwa didalam tubuh menusia terdapat sejumlah unsur, unsur tersebut di peroleh dengan mengkonsumsi bahan makanan dari darat seperti sayuran dan lain sebagainya, tetapi ada sebagian juga unsur dalam tubuh manusia hanya dapat diperoleh dari sumber makanan yang berasal dari laut. Ketika sumber makanan yang berasal dari laut terganggu, atau tidak mencukupi kebutuhan dasar manusia, maka sudah pasti pasokan unsur tersebut kedalam tubuh manusia menjadi berkurang. Ini mengandung maksud bahwa terdapat unsur didalam tubuh yang tidak terpenuhi, berarti telah terjadi proses yang tidak seimbang di dalam tubuh manusia. Ketidakseimbangan itu mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, maka jangan heran jika dewasa ini timbul penyakit-penyakit baru yang tidak dapat disembuhkan.

Di SD, kita diajarkan tentang siklus kehidupan. Siklus kehidupan pada intinya adalah keseimbangan. Hidup ini harus seimbang, jika tidak maka akan berdampak pada kehidupan manusia. Olehnya itu, marilah kita jaga keseimbangan alam ini karena terganggunya siklus kehidupan akan kembali pula berdampak pada kita sebagai manusia.

Jadi, selamatkan alam khususnya laut dengan cara tidak membuang sampah di laut. Tingkatkan budaya membuang sampah pada tempatnya agar alam tidak menunjukkan murkanya kepada manusia. Harta benda, pangkat, jabatan, dan sebagainya tidak dapat menyelamatkan kita dari bencana alam akibat ulah manusia. Keselamatan hanya dapat dicapai dengan jalan membangun dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya alam sebagai bagian dari kehidupan manusia itu sendiri.

Artikel keren lainnya:

Apakah tangan kiri atau tangan kanan yang paling tepat untuk memasang jam tangan?. Inilah jawabannya!

Jam tangan selain berfungsi untuk mengontrol waktu, jam tangan juga menjadi fashion mode. Saat ini, model dan bentuk jam tangan sengaja dibuat unik dan menarik dengan tujuan dapat meningkatkan gaya hidup pemakainya. Itulah sebabnya, harga jam tangan berbeda-beda, mulai dari harga yang paling murah sampai dengan harga jutaan rupiah bahkan ada yang menembus angka miliaran rupiah, padahal tujuan utamanya hanya satu yakni sebagai pengontrol waktu.

Jika anda memperhatikan orang, maka anda akan menemukan bahwa ada sebagian orang memakai jam tangan menggunakan tangan kiri dan ada pula yang menggunakan tangan kanan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain; kebiasaan, keinginan, perasaan, pengaruh lingkungan, budaya dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata penempatan jam tangan baik tangan kiri atau kanan mempengaruhi keseimbangan tubuh manusia,  pola pikir, prilaku dan karakter serta merangsang kerja otak.
Lalu, tangan manakah yang paling tepat untuk menempatkan jam tangan? Kita semua tahu bahwa kekuatan tangan manusia baik tangan kiri maupun tangan kanan berbeda, pada umumnya tangan kanan lebih kuat dari tangan kiri, sebagian orang justru sebaliknya yakni tangan kiri lebih kuat daripada tangan kanan. Dalam kehidupan sehari-hari, tangan yang lebih kuat lebih dominan bergerak misalnya karena tangan kanan yang paling kuat maka tangan kanan yang difungsikan untuk menulis, mencengkeram, mengangkat dan lain sebagainya. Artinya tangan kananlah yang menyelesaikan semua pekerjaan sedangkan tangan kiri hanya bersifat membantu apabila diperlukan, hal ini juga berlaku sebaliknya.

Kerja otak manusia tidak dapat difungsikan secara bersamaan, otak manusia tergantung pada fokus dominan sehingga otak tidak memiliki kemampuan untuk menggerakkan organ tubuh secara bersamaan dalam waktu yang sama. Misalnya, jika anda menulis maka anda tidak akan bisa menulis dengan kedua tangan secara bersamaan, atau jika anda membaca maka anda tidak akan bisa membaca dua buah buku secara bersamaan dengan memanfaatkan mata kanan dan mata kiri. Atau jika anda sedang fokus pada satu titik dalam tubuh anda, maka anda tidak akan merasakan rangsangan dibagian tubuh lainnya. Hal ini semata-mata karena kerja otak manusia selalu berpusat pada satu titik rangsangan yang diberikan.

Membiasakan salah satu tangan baik tangan kiri atau tangan kanan untuk bergerak tanpa ada keseimbangan akan melemahkan salah satu bagian otak dan memperkuat bagian otak lainnya, sebab kemampuan peningkatan kerja otak tergantung seberapa besar frekuensi rangsangan yang diberikan. Ketika otak tidak mencapai titik keseimbangan antara semua bagian, maka akan berpengaruh pada perilaku manusia, pola pikir dan lain sebagainya, tergantung pada otak bagian mana yang paling banyak menerima rangsangan. Para ahli telah menemukan kaitan antara sikap dan perilaku manusia dengan cara kerja otak kiri maupun otak kanan. Lebih jelasnya silahkan temukan melalui internet.
Kembali lagi, tangan manakah yang paling tepat bagi penempatan jam tangan? Setelah kita tahu bahwa kerja otak tergantung pada rangsangan yang diberikan, maka dapat disimpulkan bahwa sebaiknya jam tangan ditempatkan pada tangan yang paling lemah atau tangan yang paling sedikit bergerak. Berikut beberapa faktor yang mendasarinya:
  1. Letak jantung terdapat di bagian kiri tubuh manusia, jantung merupakan titik keseimbangan tubuh. Jumlah organ tubuh manusia baik kiri maupun kanan sama, hal ini membuat tubuh bagian kanan harus memikul beban lebih besar dibandingkan dengan bagian kiri agar posisi tubuh selalu seimbang. Sehingga penyakit stroke yang diderita oleh manusia selalu dibagian kanan, kalaupun dibagian kiri maka penyakit stroke dimaksud adalah penyakit stroke ringan. Karena titik keseimbangan ada pada jantung yang letaknya dibagian kiri, maka frekuensi rangsangan pada otak lebih dominan bagian kanan daripada bagian kiri. Kehadiran jam tangan di tangan kiri dapat meningkatkan rangsangan pada otak kiri, frekuensi rangsangan tergantung seberapa besar anda melihat jam tangan. Semakin sering anda melihat jam tangan maka semakin besar pula rangsangan yang diterima oleh otak bagian kiri.
  2. Gesekan antara jam tangan dan kulit tangan akan menimbulkan rangsangan pada otak. Jika Jam tangan ditempatkan pada tangan yang paling lemah, maka setiap rangsangan dapat meningkatkan kerja otak khususnya pada bagian yang mengontrol tangan tersebut. Hal ini mampu mempertahankan keseimbangan pada otak, melatih dan meningkatkan fokus otak terhadap rangsangan serta dapat menciptakan jaringan-jaringan baru yang bekerja untuk mengontrol hal baru secara maksimal.


Artikel keren lainnya: