Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

3 ciri fundamental sistem ekonomi islam yang membedakan ekonomi islam dengan prinsip kapitalisme dan sosialisme

Sesuai dengan karakteristik kulturalnya, sistem ekonomi berkembang berbeda-beda antara masyarakat satu dengan lainnya. Masyarakat barat yang secara cultural sangat menekankan prinsip hak dan kebebasan individu memiliki sistem ekonomi yang bercorak individualistis.

Main-stream pemikiran dan kegiatan perekonomian masyarakat secara umum juga didasarkan pada prinsip hak dan kebebasan individu tersebut. Jika dibandingkan dengan sistem-sistem ekonomi yang lain, misalnya sistem ekonomi yang secara ekstrim didasarkan pada prinsip kapitalisme atau sosialisme, sistem ekonomi Islam memiliki ciri fundamental antara lain:

  1. sistem ekonomi Islam, baik pada tataran konsep maupun implementasi, dibangun di atas nilai-nilai fundamental dan ajaran utama syariat Islam. 
  2. pelaksanaan sistem ekonomi Islam berdasar pada motivasi mencapai keberuntungan dan kesejahteraan secara komprehensif, yang mencakup kesejahteraan material-spiritual, individual-kolektif, serta dunia-akhirat sekaligus. 
  3. kegiatan ekonomi di samping ditujukan untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri, harus pula diupayakan pada membangkitkan semangat kesetiakawanan sosial di antara sesama warga masyarakat demi terciptanya masyarakat yang lebih adil dan sejahtera. (siti zulaikha)


Dalam konteks pembahasan tentang perekonomian, Islam tidak menganjurkan kepada umat manusia untuk menjadikan harta kekayaan sebagai tujuan akhir dan paling utama dalam hidup mereka. Islam juga tidak menyuruh mereka untuk mengabaikannya, karena harta kekayaan dapat menjadi sarana yang penting dan amat dibutuhkan untuk mendapatkan berbagai kemudahan dan kenikmatan hidup sebagai karunia Allah

Artikel keren lainnya:

5 Kota besar yang paling banyak dituju oleh pelajar Indonesia Timur dalam melanjutkan pendidikannya

Indonesia bagian timur dapat dikatakan sangat tertinggal dalam dunia pendidikan, bahkan pemerintah melabeli pendidikan di Indonesia bagian timur dengan tipe C. Tipe A terdiri dari Jawa dan Sumatera, tipe B kalimantan, Sulawesi khususnya Sulsel dan Sulut, Bali  sedangkan sisanya adalah Tipe C. Pembagian format ini tentunya sudah berdasarkan sejumlah standar yang harus di penuhi. 

Pembagian format ini juga berpengaruh kepada minat pelajar Indonesia bagian timur dalam menentukan kelanjutan pendidikannya. Maka muncullah beberapa tempat favorit yang selalu menjadi tujuan kelanjutan pendidikannya.

1. Makassar
Di kota ini terdapat Universitas Hasanuddin, UNM dan UMI. Tiga universitas inilah yang menjadi icon kota Makassar yang paling dikenal oleh pelajar Indonesia Bagian Timur. Selain itu juga terdapat beberapa universitas dan sekolah tinggi. Posisinya yang sangat strategis membuat Kota Makassar sangat mudah dijangkau baik melalui darat, laut maupun udara.

2. Jogjakarta
Kota ini dikenal dengan kota pendidikan, kota yang menganut sistem kesultanan ini telah menjadi tempat favorit kedua sesudah kota Makassar yang menjadi tujuan pelajar Indonesia Bagian Timur. Di kota ini ada UGM yang merupakan universitas tertua di Indonesia, hampir semua pelajar Indonesia Timur mengharapkan kuliah di tempat ini. Pertimbangannya adalah kualitas pendidikan di Jogjakarta. Selain UGM juga masih terdapat sejumlah universitas dan sekolah tinggi serta akademi yang menjadi sasaran pelajar Indonesia bagian timur. Menurut mereka ada gengsi tersendiri yang melandasi minat pelajar Indonesia bagian timur tertarik menempuh pendidikan di Jogjakarta walaupun akses untuk ke kota ini tidak terlalu mudah seperti kota Makassar.

3. Jakarta
Inilah ibukota negara Indonesia, selain karena faktor akses yang mudah dijangkau juga karena kualitas pendidikannya. Siapa tidak kenal dengan UI, Trisakti dan UNJ. Minat pelajar Indonesia bagian timur cukup tinggi di kota ini, apalagi alumni dari Jakarta selalu mendapatkan hati dan kesempatan kerja yang besar di daerah-daerah.

4. Bandung
Di kota ini ada universitas padjajaran yang menjadi tempat favorit, selain itu terdapat beberapa sekolah tinggi yang berstandar internasional. Suasana dingin dan keramahtamahan warganya cukup membangkitkan minat pelajar Indonesia bagian timur. Walaupun hanya asumsi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, ternyata minat pelajar Indonesia bagian timur banyak yang tertarik ingin berbaur dengan mojang-mojang Bandung yang dikenal dengan berparas cantik dan anggun.

5. Semarang
Kota yang terletak di Jawa Tengah ini cukup menjadi favorit pelajar Indonesia bagian timur. Universitas yang paling dikenal adalah Universitas Muhammadiyah Semarang yang banyak menelorkan program bea siswa bagi pelajar Indonesia bagian timur. Bea siswa ini sangat menarik minat pelajar untuk melanjutkan pendidikannya di kota Semarang.

Selain kelima kota di atas, kota yang sering dituju oleh pelajar Indonesia bagian timur antara lain Manado, Surabaya, Bali, Kendari, Mataram, Solo, Palembang dan lain-lain.

Artikel keren lainnya:

8 Peran penting dan strategis terhadap politik ekonomi atau kebijakan pemerintah terkait bidang perekonomian

Politik ekonomi atau kebijakan ekonomi adalah langkah-langkah mendasar dibidang perekonomian yang diambil oleh para pejabat negara dalam upaya mengembangkan kegiatan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan dibidang ekonomi tidak terlepas dari filosofi yang menjadi tujuan didirikannya sebuah kepemimpinan politik, misalnya negara.

Oleh karena itu, demi kepentingan masyarakat luas, negara harus memainkan peran-peran positif yang signifikan, penting dan strategis dalam pengembangan kehidupan masyarakat, termasuk dalam kegiatan perekonomian. Beberapa peran negara yang penting, terkait dengan bidang perekonomian antara lain :

  1. Peran regulative (pengaturan) yakni peran menyusun, menetapkan, dan menegakkan berbagai peraturan dalam lapangan perekonomian yang harus dipatuhi oleh semua warga masyarakat
  2. Peran sebagai motifator yakni memberikan dorongan bagi segenap warga masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif
  3. Peran sebagai fasilitator yakni menyediakan berbagai fasilitas infrastruktur yang diperlukan para pelaku usaha dalam menjalankan dan memperlancar kegiatan usaha.
  4. Peran meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan transformasi sosial. 
  5. Peran dalam penyelesaian sengketa dan konflik kepentingan
  6. Peran supervise, yaitu mengawasi kegiatan perekonomian yang dijalankan oleh masyarakat agar tidak bertentangan dengan normanorma sosial dan hukum yang berlaku, membahayakan masyarakat yang lain atau bertentangan dengan ajaran syariat.
  7. Peran sebagai mediator, yakni menjembatani dan menghubungkan berbagai sektor kegiatan ekonomi agar dapat saling mendukung dan mengambil keuntungan.
  8. Peran pemberdayaan masyarakat miskin.


Artikel keren lainnya:

Cara menghilangkan bau mulut super cepat tanpa efek samping, mudah, murah, gratis dan menyehatkan

Bau mulut bagi sebagian orang menjadi penghalang yang dapat menurunkan kepercayaan diri. Sebagian orang mengakalinya dengan mengkonsumsi permen walaupun sifatnya hanya sementara. 

Bau mulut sangat mengganggu orang lain, maka jangan heran apabila sahabat anda selalu berusaha menjauh ketika sedang berbicara dengan anda. Tentunya ini menjadi pertanda bahwa ada masalah serius yang harus diatasi.

Untuk membuktikan bahwa mulut anda bau adalah dengan mencium pernapasan anda pada saat bagun dari tidur, jika pernapasan anda bau maka sudah pasti mulut anda bau. Bukti lainnya dapat anda liat dibantal ada bekas air liur yang menempel.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah bau mulut namun yang paling cepat dan efektif menyembuhkan bau mulut adalah dengan jalan mengkonsumsi air jeruk nipis.

Caranya, peras jeruk nipis sebanyak satu biji per setiap kali konsumsi, air hasil perasan jangan dicampur dengan bahan lainnya. Hasil perasan jeruk nipis tersebut di minum sebelum anda tidur, baik tidur malam atau tidur siang. Lakukan selama 7 hari, maka bau mulut anda akan sembuh total.

Perlu saya sampaikan bahwa minum pertama akan langsung menghilangkan bau mulut, namun apabila ini sembut total maka lalukan selama 7 hari.

Air perasan jeruk nipis juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, jadi tidak semata-mata hanya untuk menyembuhkan bau mulut.

Demikian info ini saya bagikan semoga bermanfaat buat kesehatan anda. 

Artikel keren lainnya:

Pengaruh positif dan negatif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme

Pengaruh globalisasi baik pengaruh positif maupun negatif bekerja secara perlahan merasuki setiap sendi kehidupan. Globalisasi dapat merubah paradigma berpikir masyarakat guna menyesuaikan diri dengan perkembangan terbaru yang serba terbuka, transparan dan bebas. Pada prinsipnya, pengaruh globalisasi dapat membuka wawasan dan cakrawala masyarakat terhadap perubahan yang terjadi, namun bila tidak dihadapi dengan cermat dan bijak maka dampaknya justru menjadi bumerang yang dapat meruntuhkan semangat dan motivasi kebhinekaan tunggal ika.

Adapun pengaruh positif globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme:

  1. Bidang politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis, karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan dijalankan secara jujur, bersih dan dinamis akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat
  2. Bidang ekonomi, terbukanya pasar internasional dapat meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional.
  3. Bidang sosial budaya dapat meningkatkan pola pikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin serta iptek dari bangsa lain yang sudah maju. Dampaknya dapat meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan dan mempertebal rasa nasionalisme terhadap bangsa


Sedangkan pengaruh negatif gobalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme antara lain:
  1. Mampu meyakinkan masyarakat bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi menjadi ideologi liberalisme. Jika hal ini terjadi maka rasa nasionalisme bangsa akan hilang
  2. Di bidang ekonomi dapat menghilangkan rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri yang membanjiri pasar dalam negeri. Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat terhadap negara.
  3. Generasi muda banyak yang melupakan identitasnya sebagai bangsa Indonesia karena perubahan gaya hidup yang cenderung meniru budaya luar
  4. Dapat meningkatkan kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan yang miskin. Persaingan bebas telah menimbulkan pertentangan yang dapat mengganggu kehidupan nasional
  5. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakadilan antar perilaku sesama warga negara. Hal ini dapat meruntuhkan kepedulian antara sesama.


Artikel keren lainnya:

Inilah prinsip utama seorang pimpinan dalam meraih keberhasilan yang perlu diketahui oleh semua orang

Ketahuilah bahwa seorang pemimpin yang sukses tidak akan pernah membiayai kegagalan. Setiap program yang telah disusun dan diputuskan dilaksanakan demi satu tujuan yakni sukses, apapun yang ditempuhnya tidak ada kata “gagal” karena dengan keyakinan dan kerja keras serta berpegang teguh pada komitmen maka program-program yang dijalankannya harus “berhasil”.

Itulah yang telah ditunjukkan oleh manajer-manajer handal, kita tahu bagaimana Ford membuat inovasi terhadap mobil-mobil merek Ford, berapapun biaya yang dikeluarkannya untuk membiayai penelitian tujuannya harus berhasil menghasilkan produk baru yang inovatif. Kita pun tahu bahwa Bill Gates mendapatkan sorotan karena berani mengeluarkan biaya besar hanya untuk melakukan promosi terhadap program windowsnya dan hasilnya beliau menempatkan dirinya pada deretan manajer handal. Dan masih banyak lagi contoh manajer handal yang telah berhasil meraih sukses termasuk para  manajer Google.

Semua itu karena terdorong oleh keteguhan dalam mewujudkan programnya dengan satu prinsip bahwa “tidak akan membiayai program yang gagal”. Intinya, terletak pada keyakinan mereka, bahwa program yang dikerjakannnya adalah program yang membawanya pada keberhasilan walaupun program tersebut bagi orang lain adalah sesuatu yang tidak mungkin. 

Contoh program yang tidak mungkin seperti Ipad produk Aple. Bahwa perusahaan Aple sedang mengalami masalah serius, sedang menghadapi kebangkrutan. Dengan keyakinan yang kuat, perusahaan tersebut membangun sesuatu yang tidak mungkin menjadi top leader produk masa kini yakni Ipad dan Iphone. Apa yang dilakukannya? Yakni dengan merubah pola pikir dan kesukaan masyarakat dunia. Hal ini hanya bisa dilaksanakan apabila keyakinan akan keberhasilan sangat kuat, bahwa program yang dikerjakan bukan program “gagal” tetapi sebuah program yang akan mengantarkan pada kesuksesan atau keberhasilan.

Kita semua mungkin memiliki program yang dapat menciptakan perubahan atas diri kita, tetapi karena kita selalu menyerah ditengah kegagalan sehingga program tersebut tidak bisa diwujudkan menjadi keberhasilan. Padahal kegagalan adalah pelajaran berharga yang akan menuntun kita menuju titik kesuksesan. Ford seringkali menghadapi kegagalan, Bill Gates banyak kali gagal dengan produk-produknya, bahkan yang paling sering kita dengar adalah kegagalan yang dialami oleh Thomas Alfa Edison dalam menciptakan lampu. 

Artinya ketahuilah bahwa ternyata kegagalan adalah rel yang mengarahkan kita kepada kesuksesan, jangan berhenti ketika menemui kegagalan tetapi ikutilah rel tersebut. Hanya orang sukses yang memahami arti sebuah kegagalan, orang gagal tidak akan pernah memahami arti kegagalan sebab mereka menyerah di tengah kegagalan dimaksud.

Mengapa demikian? Bahwa ternyata untuk memahami sesuatu maka tidak bisa dipahami hanya sepenggal saja melainkan secara keseluruhan. Tidak bisa memahami sesuatu hanya satu scane tetapi harus secara keseluruhan scane, misalnya anda ingin memahami sebuah film maka tidak bisa menyimpulkan film tersebut hanya melihat menit awalnya saja melainkan sampai selesai. Demikian pula dengan kegagalan yang anda alami, jangan baru menghadapi kegagalan langsung memutuskan untuk berhenti, tetapi teruslah kerjakan program tersebut sampai dengan batas akhir dari kegagalan itu, ingat kunci utamanya adalah dibalik kegagalan terdapat kesuksesan.

Itulah yang mendasari seorang pemimpin handal dalam memimpin sebuah organisasi, mereka sebenarnya tahu bahwa program yang mereka kerjakan akan menghadapi kegagalan namun karena selalu komitmen terhadap keyakinannya bahwa dibalik kegagalan terdapat kesuksesan maka program tersebut terus dijalankannya sampai melewati batas sebuah kegagalan. Dan jika sudah melewati batas tersebut maka yakinlah kesuksesan yang ditemuinya. Artinya jangan mudah menyerah tetapi teruslah bekerja keras sampai semua tuntas walaupun proses yang dilalui sangat berat.

Artikel keren lainnya:

Dunia pendidikan Indonesia berada diantara simpul mati, revolusi mental sebagai harapan dan tujuan pendidikan nasional bagaikan fatamorgana

Secara kualitas, pendidikan di Indonesia mengalami penurunan. Pendidikan di Indonesia jauh tertinggal dari negara lain termasuk negara-negara tentangga. Segala upaya telah dilaksanakan, program-program terbaik dan terencana diimplementasikan semata-mata untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Katakanlah Kurikulum 2013, kurikulum ini diterapkan untuk mengejar ketertinggalan sebagai solusi atas tantangan dan permasalahan global yang mengedepankan pengitegrasian teknologi informasi di semua aspek kehidupan.

Disisi lain, kehidupan berbangsa dan bernegara mengalami degradasi mental, dimana-mana terjadi konflik sosial, kenakalan remaja yang menjurus pada tindakan kriminal, maraknya peredaran narkoba, dan tindakan-tindakan lain yang membahayakan keberagaman dan keanekaragaman bangsa ini. Maka pemerintahan sekarang mengedepankan program revolusi mental, dimana intinya adalah perbaikan mental dan karakter bangsa Indonesia, mengembalikan budaya dan norma, meningkatkan kualitas etika dan etiket masyarakat Indonesia dengan harapan terjadi perubahan mental kearah lebih baik sebagai dasar menghadapi era globalisasi semua aspek kehidupan.

Menyikapi berbagai permasalahan ini, dunia pendidikan diharapkan dapat berperan aktif melakukan pembinaan dan pembentukan karakter. Demi harapan itu, maka kurikulum 2013 menitikberatkan 3 aspek yakni aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang teritegrasi dengan penggunaan teknologi informasi tetapi tetap mendorong pembentukan sikap dan prilaku berdasarkan karakter dan kepribadian bangsa.

Sikap menjadi hal utama dalam penilaian kurikulum 2013, pembinaan ini dilaksanakan melalui pembiasaan sebelum, selama dan setelah proses belajar mengajar. Baik etika maupun etiket menjadi bagian dari penilaian dan evaluasi pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk mendorong siswa secara terus menerus sehingga terjadi perubahan kearah yang lebih baik. Arah yang diharapkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Akan tetapi, pembentukan karakter yang sudah berjalan baik di satuan pendidikan, bertolak belakang dengan kondisi nyata yang terjadi di masyarakat. Mulai dari para pemimpin sampai dengan masyarakat biasa mempertontonkan tindakan-tindakan atau sikap yang jauh dari karakter dan norma bangsa Indonesia yang sebenarnya. Yang cukup memprihatinkan justru perbuatan itu mendapatkan pembenaran dengan berbagai argumen. Kebaikan dianggap sebagai kesalahan dan keburukan atau kebobrokan menjadi benar dan layak. Tontonan ini berdampak pada dunia pendidikan, segala macam teori dan ajaran menjadi hambar karena kenyataan tidak sejalan dengan yang dipelajari.

Dunia pendidikan seolah berada pada simpul mati, di satu bagian yakni masyarakat tidak menciptakan situasi lingkungan pendidikan sedangkan di bagian lain yakni para pemimpin memperagakan tindakan-tindakan abnormal bahkan menjurus pada perbuatan melawan hukum dan norma serta budaya yang menjadi kepribadian bangsa yang dibanggakan selama ini. Dampaknya tentu saja dapat menurunkan tingkat kepercayaan anak didik terhadap esensi pendidikan yang sesungguhnya.

Jangan terlalu berharap pada dunia pendidikan selama kedua bagian dimaksud belum berubah. Program revolusi mental seharusnya tidak ditujukan kepada anak didik melainkan kepada para pejabat atau pemimpin negara dan masyarakat umum. Hal ini untuk membuka simpul mati yang mengikat dunia pendidikan, yang telah merongrong dunia pendidikan sebagai akibat dari perbedaan materi pendidikan dengan kondisi riil di lapangan.

Bukan dunia pendidikan yang menjadi garda terdepan dari revolusi mental atau pendidikan karakter tetapi para pejabat negaralah yang seharusnya menjadi pelopor perubahan. Apapun yang dilakukan di dunia pendidikan tidak akan bernilai apabila para pejabat negara masih mempertontonkan perbuatan yang tidak pantas ditiru dan diteladani. Apalagi perbuatan yang melanggar etika dan etiket dibela dan dibenarkan dengan berbagai alasan karena semata-mata untuk menyelamatkan pejabat dimaksud.

Ketika dunia pendidikan berada pada simpul mati, maka ketidakadilan pasti merajalela. Keserakahan terjadi dimana-mana, hukum yang menjadi pengatur dan pembatas antara kebaikan dan keburukan dijadikan sebagai alat permainan demi kepentingan individu, kelompok atau golongan tertentu atau bahkan sebagai alat kekuasaan. Maka apa yang dikatakan oleh Panglima ABRI bahwa telah terjadi ancaman kebhinekaan tunggal ika itu sangatlah benar. Karena ketahuilah bahwa ketidakadilan dan keserakahan akan menimbulkan ketidakpuasan. Inilah yang mendorong orang untuk melakukan hal serupa atau bahkan melakukan perbuatan melawan hukum, baik itu dilakukan per individu atau bahkan per kelompok atau massa dalam jumlah besar.

Maka sebelum semangat kebhinekaan tunggal ika luntur, hukum harus ditegakkan seadil-adilnya dengan jalan membuka simpul mati yang telah mengikat dunia pendidikan. Membangun semangat kebhinekaan tunggal ika tidak semudah yang dibayangkan, butuh proses yang panjang. Menyatukan semua kepentingan, suku, ras, golongan dan agama bukan pekerjaan mudah sekalipun panglima ABRI telah menegaskan akan menjaga keutuhan NKRI dibawah kebhinekaan tunggal ika.

Akankah dunia pendidikan selalu berada pada simpul mati? Akankah semangat revolusi mental hanya sebagai citra? Akankah tujuan pendidikan nasional hanya menjadi lembaran negara? Kemanapun anda mencari jawabannya, jika perubahan belum menjadi semangat dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara maka semua itu hanyalah fatamorgana. Sebuah mimpi yang hanya menjadi khayalan dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang.

Artikel keren lainnya:

Persepsi adalah proses dimana kita mengorganisasi dan menafsirkan pola stimulus dalam lingkungan, 4 komponen terkait dengan persepsi tersebut

Persepsi adalah proses dimana kita mengorganisasi dan menafsirkan pola stimulus dalam lingkungan (Atkinson, 1997). Pengertian kita akan lingkungan atau dunia di sekitar kita melibatkan unsur interpretasi terhadap rangsang-rangsang yang diterima. Proses diterimanya rangsang (objek, kualitas, hubungan antargejala, maupun peristiwa) sampai rangsang itu disadari dan dapat dimengerti disebut persepsi (Irwanto, 2002). 

Menurut Ittelson (dalam Bell dkk, 1996), persepsi terdiri dari empat komponen, yaitu: 

1. Kognitif (Berpikir) 
Dalam proses kognitif, kita akan membandingkan situasi tersebut dengan pengalaman kita sebelumnya atau sesuatu yang pernah kita baca. Hal ini berarti bahwa persepsi bergantung pada pengalaman dan memori yang kita miliki. 

2. Afektif (Emosional) 
Komponen afektif (emosional) merupakan bagaimana perasaan kita mengenai suatu situasi. Perasaan yang kita miliki ini akan mempengaruhi persepsi kita tentang situasi tersebut. 

3. Interpretasi 
Interpretasi merupakan penilaian yang kita lakukan mengenai apa-apa saja yang ada dalam suatu situasi. Menurut Hawkins dkk (2007), interpretasi berhubungan dengan bagaimana kita memahami dan membuat pengertian tentang informasi yang kita terima. 

4. Evaluatif 
Dalam proses evaluatif, kita akan menentukan apakah situasi tersebut merupakan situasi yang baik atau buruk. Kita melakukan evaluasi terhadap suatu situasi dan menentukan apakah elemen-elemen yang ada di dalamnya merupakan suatu hal yang baik atau buruk. 

Artikel keren lainnya:

Inilah cara mengetahui penggunaan pajak anda yang dikelola oleh negara

Seringkali kita bertanya, untuk apakah pajak yang kita bayarkan? Jawabannya sudah pasti untuk pembangunan. Namun apakah anda telah mengetahui secara rinci besaran penggunaan pajak yang anda bayarkan? Itulah yang ingin saya bagikan pada kesempatan ini.

Bagi negara, pajak sangat penting bagi pembangunan, bagi masyarakat dari hasil pajak inilah kita dapat menikmati berbagai macam fasilitas dan layanan. 

Demi transparansi khususnya penggunaan dana masyarakat melalui penerimaan pajak, pemerintah telah membuat fitur khusus yang bisa diakses oleh masyarakat Indonesia, tujuannya untuk mengetahui bagaimana negara mengelola pajak yang anda bayarkan.

Caranya anda cukup memasukkan jumlah pajak yang anda bayarkan, kemudian dibagian bawahnya lihatlah alokasi dana pajak anda tersebut yang disebar kepada semua bidang. 

Dimanakah kita bisa mengetahuinya? Caranya anda tinggal klik alamat berikut atau gambar berikut:





Artikel keren lainnya:

Pentingnya merubah orientasi olahraga dari olahraga prestasi menjadi olahraga hiburan rakyat

Secara fisik, rakyat Indonesia tidak kalah dengan China, Thailand, Jepang, Brazil, Argentina, Korea Selatan dan lain-lain, bahkan rakyat Indonesia memiliki keunggulan dari negara tersebut seperti mental dan jiwa nasionalisme. Akan tetapi jika dipandang secara khusus dari semua aspek kehidupan, rakyat Indonesia tertinggal jauh dari yang lain. Apa yang sebenarnya terjadi dengan Indonesia?

Baik SDM maupun SDA, Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa, Indonesia merupakan salah satu negara yang berlimpah dalam semua aspek kehidupan. Akan tetapi mengapa pula Indonesia masih dalam kategori negara berkembang, levelnya pun masih belum jauh meninggalkan level negara miskin. 

Padahal semua syarat untuk menuju negara maju dan sejahtera telah terpenuhi. Bayangkanlah, Indonesia memiliki jutaan ton emas yang menjadi simbol devisa negara, Indonesia memiliki ribuan tenaga kerja yang siap mengisi berbagai jenis pekerjaan, Indonesia memiliki luas wilayah yang mampu memberi ruang gerak kepada rakyatnya untuk memainkan perannya sesuai dengan keahliannya, Indonesia memiliki ribuan obyek wisata yang siap melepas kejenuhan setiap rakyatnya setelah bergelut dengan pekerjaannya, Indonesia memiliki sumber pangan, sandang dan papan yang siap memenuhi kebutuhan rakyatnya, Indonesia memiliki sumber air yang melimpah, wilayah laut yang luas. Intinya, Seharusnya Indonesia menjadi negara mandiri, negara yang segala kebutuhannya bisa terpenuhi didalam negeri tanpa harus menggantungkan hidupnya dengan negara lain.

Ironisnya lagi, untuk mengisi skuad tim nasional sepakbola yang jumlahnya hanya 11 orang, Indonesia justru kalah dengan negara kecil misalnya Singapura, Brunei, Vietnam, dan kini Kamboja. Padahal jumlah rakyat Indonesia sekitar 200 jutaan. Apa yang sebenarnya terjadi?

Berdasarkan pengamatan saya, salah satu yang membuat Indonesia tidak bisa berkembang dengan baik adalah akibat terlalu memandang sesuatu sebagai sebuah proses untuk meraih prestasi dan keuntungan pribadi. Kita terlalu bangga ketika memperoleh penghargaan, lihatlah dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah daerah, semua berlomba melakukan segala sesuatu demi untuk mendapatkan penghargaan, maka ditempuhlah berbagai macam cara.

Hal ini pula berimbas pada perkembangan olahraga, semua cabang olahraga tidak dilakukan dengan perencanaan yang matang, pembinaan hanya ditujukan untuk mendapatkan prestasi sehingga melupakan karakter dan kepribadian bangsa. Lihatlah sepakbola, tidak ada karakter khusus yang dimiliki, bandingan dengan negara-negara yang sudah berprestasi seperti Jerman, Spanyol, Brazil, Argentina, Italia, Belanda, dan lain-lain. Di Asia ada Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi kini Cina mulai merangkak naik. Khusus Asia Tenggara, Thailand sangat sulit sekali dikalahkan, kini Malaysia, Philipina, Vietnam dan Singapura sudah mulai meninggalkan Indonesia. Mereka memiliki karakter masing-masing, Indonesia? 

Masalah sepakbola Indonesia adalah bukan karena minim prestasi, melainkan karena tidak adanya karakter yang dimiliki, pola permainan monoton, kurang variatif, dan lebih banyak tindakan yang tidak sportif. Semua yang terlibat dari manajemen, pemain bahkan pemerintah hanya menatap satu tujuan yakni prestasi. 

Jika pemerintah dan semua insan sepakbola ingin meraih prestasi yang tinggi maka budayanya dulu yang mesti diperbaiki. Selama ini sepakbola dan termasuk olahraga lain hanya diperhadapkan dengan kata “menang atau kalah”, itu sudah terbentuk sejak usia dini. “Yang namanya pertandingan pasti ada yang menang dan ada yang kalah”, jika ini terus dibiarkan maka sudah dapat dipastikan Indonesia susah untuk berprestasi.

Paradigma ini mesti dirubah, olahraga sebagai prestasi harus dirubah. Mengapa demikian? Karena ternyata telalu besar beban dan tekanan yang diterima para atlet atau pemain saat menghadapi pertandingan, fokus mereka hanya satu yakni prestasi tanpa memperhatikan siapa lawan mereka dan bagaimana pula kemampuan mereka. Konsentrasi ini membuat para atlet atau pemain menjadi tidak maksimal.

Seharusnya, olahraga diarahkan sebagai hiburan, jika perlu semua olahraga menjadi hiburan rakyat. Semua pemain atau atlet yang bertanding semata-mata hanya untuk menghibur rakyat, bukan mengejar prestasi. Jika olahraga sudah berkembang menjadi hiburan rakyat maka dapat dipastikan perkembangan olahraga semakin pesat, pembinaan mudah dilakukan karena bibit muda terus tumbuh seiring munculnya kebanggaan menjadi penghibur bagi masyarakat umum melalui olahraga.

Olahraga menjadi hiburan rakyat, dapat menggerakkan sektor ekonomi kecil, ekonomi kerakyatan sehingga pada akhirnya dapat melahirkan jutaan lapangan pekerjaan. Ekonomi kreatif akan tumbuh bersama tingginya gairah masyarakat setiap menyaksikan pertandingan-pertandingan olahraga, hal ini hanya bisa terwujud bilamana olahraga diarahkan menjadi hiburan bukan prestasi.

Coba banyangkan seandainya para pemain sepakbola melakukan aksi-aksi brilian, memainkan si kulit bundar dengan sangat apik, melewati para pemain lawan yang kebingungan menyaksikan aksi itu, pemandangan ini akan sangat menghibur para penonton dari pada memperoleh “bola gol” dengan jalan “diving” di kotak penalti lawan dengan harapan memperoleh hukuman penalti.

Ketika olahraga telah menjadi hiburan rakyat, masyarakat tidak akan segan-segan mengeluarkan biaya untuk menyaksikan setiap aksi para pemain. Mereka pun rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar seseorang demi mendapatkan hiburan. Brazil pada awalnya menjadikan sepakbola sebagai hiburan, kepuasan penonton nomor satu, prestasi nomor terakhir. Akan tetapi dampaknya justru dengan begitu kualitas para pemainnya menjadikan mereka selalu berada di puncak prestasi dunia sepakbola. Kini perubahan di Brazil telah menurunkan prestasi mereka, yang awalnya hanya hiburan menjadi mengejar prestasi. Akibatnya, Jerman mampu mempermalukan mereka dikandang sendiri dengan skor telak pula.

Memandang olahraga, tidak bisa dipandang dari sudut prestasi melainkan dari sudut hiburannya. Semangat diciptakannya berbagai bentuk permainan bukan untuk prestasi tetapi untuk menghibur rakyat dan menciptakan pola pikir sehat. Olahraga prestasi dapat menghilangkan tujuan itu, beban dan tekanan bagaikan virus yang setiap saat siap melahirkan penyakit baru bagi para atlet dan pemain olahraga termasuk para penontonnya akibat rasa penasaran dan tidak siapnya menerima kekalahan. 

Coba seandainya olahraga dipandang sebagai hiburan. Siapapun yang menang, bukan itu tujuannya karena yang diharapkan hanyalah sisi hiburannya. Semakin baik para atlet atau pemain menunjukkan kemampuannya maka semakin puas para penontonnya, semangat kedaerahan yang selama ini terlalu mengintervensi sportifitas permainan tidak akan tampak pada saat olah raga telah menjadi huburan. Hiburan yang baik adalah ketika yang bertanding sama-sama mengeluarkan keahlian dan keterampilannya dengan maksimal. Yakinlah, kedepan olahraga dengan sendirinya akan melahirkan banyak prestasi sebab para atlet dan pemain terbiasa ingin menunjukkan yang terbaik dan maksimal kepada para penonton.

Artikel keren lainnya:

Cara menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan sehingga berhasil menjadi kenyataan

Jangan terlalu lama terjebak oleh pemikiran anda, karena pemikiran biasanya memenjarakan anda sehingga sesuatu yang seharusnya bisa anda kerjakan justru menjadi sulit bahkan membuat anda menyerah untuk melakukannya.

Sebagai contoh, pernah suatu saat kami diberi kepercayaan untuk merias sebuah kapal dalam rangka mengikuti pembukaan sebuah festival pantai. Pada saat itu kami memutuskan untuk membuat ular naga yang akan dipasang dikapal. Ukurannya cukup besar, hal ini mendorong salah seorang teman yang tidak pernah terlibat bekerja, berpikir bagaimana mengeluarkan ular naga tersebut, selain berat juga dinilai tidak dapat melewati pintu gerbang rumah tempat ular naga tersebut dibuat. Yang kami pikirkan saat itu adalah bukan bagaimana memindahkan ular naga melainkan apakah kami bisa menyelesaikannya pada waktu yang tepat, kami memutuskan untuk terus bekerja, selesai atau tidak nanti tiba saatnya baru di lihat yang penting bekerja dulu sesuai konsep dan rencana yang telah dibuat dan selalu mengikuti target yang harus dicapai yang sudah kami petakan berdasarkan durasi waktu yang tersedia sampai pada hari sebelum di tampilkan. Setelah selesai, tibalah saatnya untuk memindahkan ular naga itu ke kapal. Ternyata memindahkan ular naga tidak sesulit yang dibayangkan teman-teman yang datang. Saat itu kami memanfaatkan ketinggian mobil, dibantu oleh beberapa buah bambu dan batang kayu serta beberapa utas tali, semua proses pemindahan berjalan lancar.

Berdasarkan contoh di atas, jangan memandang sebuah pekerjaan dalam arti sempit, tetapi harus selalu optimis. Kemudian sebelum memulai pekerjaan, perencanaan harus disusun terlebih dahulu, komitmen terhadap rencana yang telah disusun sangat penting karena perencanaan akan selalu mengarahkan kita pada jalur yang diharapkan.

Semua rintangan dan halangan jangan dijadikan sebagai penghambat pekerjaan tetapi menjadi motivasi untuk menunjukkan hasil yang terbaik. Tetap bekerja, jangan menyerah pada keadaan yang dihadapi, sebab keadaan kadang menipu pemikiran kita yang penuh dengan keterbatasan. Ingatlah bahwa semakin terbiasa anda mencoba pekerjaan itu maka semakin mudah anda menemukan cara terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan itu dan semakin banyak pula ide yang akan terlintas di pikiran anda, tergantung sisi mana keresahan mendominasi hati dan pikiran anda.

Pekerjaan yang rumit bahkan yang tidak mungkin akan menjadi nyata apabila anda berani memulai. Selama proses menyelesaikan pekerjaan, anda akan menemukan banyak inspirasi bagaimana menyelesaikan pekerjaan itu.

Jangan pernah takut, tinggal bagaimana memicu gerakan perubahan dari dalam diri kita, sebuah gerakan yang diarahkan untuk selalu berani memulai dan mengambil resiko dalam rangka perbaikan terutama perbaikan pola pikir negatif menjadi pola pikir positif.


Jadi pada intinya, kesulitan menyelesaikan pekerjaan bukan berdasarkan pekerjaannya melainkan pola pikir kita yang terlalu membayangkan pekerjaan melebihi yang kita ketahui. Energi kita terlalu banyak terbuang hanya untuk memikirkan bagaimana kemungkinan-kemungkinan yang menjadi hambatan atau rintangan termasuk kesulitan yang bakal dihadapi dalam menyelesaikan pekerjaan yang belum tentu terjadi. Ketahuilah bahwa inilah kebiasaan yang menggurita membentuk semacam  penyakit yang menghambat keberhasilan orang mencapai kesuksesan.

Artikel keren lainnya:

Cara agar rumah menjadi tempat yang nyaman dan membahagiakan bagi para penghuni serta tamu

Siapapun ingin bahagia termasuk anda, kebahagiaan merupakan idaman kita semua, namun untuk menuju ke tingkatan itu membutuhkan kerja keras, pengorbanan dan keikhlasan hati dan pikiran kita. Bahagia adalah suasana dimana kita jauh dari tekanan dan persoalan hidup, tidak ada orang yang bahagia karena beban hidup yang berat. Bahagia merupakan kondisi dimana tubuh didominasi oleh energi positif, energi inilah yang mendorong pikiran dan hati kearah positif.

Rumah sebagai tempat tinggal, tempat berkumpulnya semua keluarga, dan tempat kita bisa berbagi dengan para tamu, membutuhkan sentuhan yang tepat dan dikondisikan sedemikian rupa guna menjadi hunian yang nyaman sehingga dapat membawa kebahagiaan bagi semua penghuninya. Olehnya itu, penataan rumah harus lebih diperhatikan, penempatan kursi, lemari, dan segala macamnya harus mengandung makna karena dapat mempengaruhi pikiran dan pandangan orang.

Sejatinya, rumah menjadi tempat netral, tempat dimana segala persoalan hidup terselesaikan. Dengan demikian peran rumah diharapkan dapat pula membuyarkan energi negatif para penghuninya. 

Salah satu bagian rumah yang memiliki peran sentral adalah halaman depan rumah. Biasanya halaman depan rumah berisi aneka macam bunga, mulai dari yang terurus rapi sampai dengan jauh dari perawatan alias asal tumbuh saja. Sampai sekarang tahukah anda manfaat bunga di halaman depan rumah? 

Kebanyakan dari kita akan menjawab “tahu” yakni untuk menambah keindahan rumah. Apakah hanya itu? Bisa “iya” bisa juga “tidak”. Lalu apa kelebihan bunga di halaman depan rumah?

Kelebihan lainnya yang tidak pernah kita sadari adalah sebagai filter energi negatif yang sangat berbahaya bagi penghuni rumah. Bunga khususnya yang berdaun hijau mampu menyerap energi negatif tersebut. Energi negatif dapat berasal dari pribadi para penghuni rumah maupun orang lain.

Olehnya itu, perbanyak bunga yang berdaun hijau di depan rumah anda. Pernahkah anda ke penjual bunga?, perhatikan penempatan bunga-bunganya. Dibagian depan selalu didominasi oleh bunga-bunga yang berdaun hijau, tujuannya tidak lain agar memberi kesan pertama kepada para pengunjungnya. Kesan yang dimaksud adalah berupa kenyamanan, kedamaian, dan kesegaran. Perasaan orang akan tenang dan sejuk dikala berada di tempat penjual bunga, mengapa demikian? Karena energi negatif yang terdapat didalam diri kita terserap oleh bunga-bunga disekitar kita. Begitupula kalau anda perhatikan meja pengadilan, pasti berwarna hijau. Warna hijau dipercaya dapat menetralkan suasana hati dan pikiran manusia. Warna hijau juga sangat menyatu dengan tubuh kita, sayur-sayuran lebih banyak yang berwarna hijau.

Berdasarkan pengalaman tersebut coba anda praktekkan dirumah anda, penuhi halaman depan rumah dengan bunga-bunga yang berdaun hijau, agar dapat mempertahankan kehijauan daunnya maka batasi masuknya sinar matahari sore, karena sinar matahari sore dapat memudarkan warna-warna daun. Dapatkan suasana asri dan nyaman dengan menghadirkan banyak bunga yang berdaun hijau, jangan pernah terpancing dengan kehadiran bunga-bunga yang tidak berdaun hijau oleh karena hanya kesukaan orang lain atau trend yang sedang terjadi karena itu sifatnya sesaat saja. Ketahuilah bahwa bunga berwarna selain hijau hanya indahnya saja yang dapat dinikmati tetapi tidak dapat menetralkan suasana hati, tidak pula bisa menyerap energi negatif dan tidak juga mampu mempengaruhi pola pikir.

Akan tetapi walaupun bunga yang berdaun hijau berharga murah, kurang menarik dan kalah cantik dari bunga lainnya, namun mengingat perannya yang luar biasa bagi manusia maka pelihara dan rawatlah bunga-bunga yang berwarna hijau tersebut. 


Artikel keren lainnya:

Cara terbaik supaya anak anda kembali suka makan ikan

Setiap orang tua mengharapkan seorang anak yang memiliki kecerdasan melebihi anak lainnya. Kecerdasan itu dapat ditingkatkan dengan menjaga pola makan dan menu makanan yang dikonsumsi anak. Salah satunya adalah menjaga anak agar tetap mengkonsumsi ikan. Konsumsi ikan bagi anak sangat penting, selain menjaga asupan protein dalam tubuh, ikan pada umumnya mengandung unsur omega yang dapat meningkatkan kecerdasan otak sehingga sangat baik jika dikonsumsi sejak usia dini.

Akan tetapi, banyaknya makanan instan yang dibungkus menarik bagi anak membuat nafsu makan anak terhadap makanan pokok terutama ikan menjadi berkurang, bahkan ada sebagian anak yang hanya tertarik makan nasi dan telur. Hal ini tentunya cukup berbahaya bagi perkembangan otak anak, kemampuan olah pikir anak menjadi lemah yang menyebabkan lemahnya pula daya pikir dan analisis anak terhadap sesuatu. 

Olehnya itu, dibutuhkan cara yang tepat yang dapat membangkitkan selera anak. Salah satu cara yang dapat kami tawarkan adalah dengan jalan membuat pentol ikan. Pentol pada umumnya sangat disukai oleh anak-anak, membuat pentol ikan dapat meningkatkan selera makan anak terhadap ikan tentunya akan berdampak pada terjaganya konsumsi ikan bagi anak-anak. Ketahuilah pentol merupakan makanan favorit anak, inilah kelemahan anak yang dimaksimalkan untuk kebaikan anak anda.

Artikel keren lainnya: