Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Cara agar rumah terhindar dari serangga seperti kecoak, laba-laba, anai-anai dan lain sebagainya tanpa obat dan racun

Setiap orang mendambakan rumah idaman yang sehat utamanya terhindar dari kehadiran serangga yang sangat mengganggu pemandangan misalnya kecoak yang selalu terbang bermanufer di dalam rumah, laba-laba yang kreatif membuat perangkapnya di bawah plafon rumah, atau anai-anai dengan sifat malunya sehingga bersembunyi di bawah terowongan yang di desainnya sendiri.

Bayangkan pula jika ada cecak yang selalu menari di dinding rumah menunggu mangsa, atau yang paling berbahaya terutama bagi anak-anak adalah kehadiran lipan dengan senjata rahasiannya yang mematikan, dan gerombolan semut yang berbaris menyambut HUT Kemerdekaannya. Tentunya kehadiran mereka tidak pernah kita harapkan, maka segala cara dilakukan misalnya membeli obat atau racun serangga, menyemprot kesana kemari, menebar bau busuk dan lain sebagainya. Semua dilakukan dengan harapan agar terhindar dari kehadiran para serangga ini.

Dalam waktu tertentu mungkin kita bebas dari sebagian serangga, tetapi tidak secara keseluruhan. Bagaimana caranya agar bebas dari serangga tanpa batas waktu? Tanpa satupun serangga yang berhasil masuk didalam rumah kita? Tanpa menggunakan obat atau racun?

Inilah caranya!

Caranya cukup mudah, tempelkan keramik seperti tegel/tehel di dinding dekat pondasi atau dimanapun yang anda sukai pada dinding bagian dalam maupun dinding bagian luar rumah dan dibuat mengelilingi rumah, cukup ukuran satu tegel/tehel saja, gunanya untuk menghalangi serangga masuk dalam rumah. Ketahuilah bahwa serangga apa saja tidak mampu melewati tegel/ tehel atau keramik lainnya jika dalam posisi berdiri atau vertikal atau yang melengket di dinding karena permukaannya licin yang menyebabkan jari-jari mereka tidak bisa melekat di tegel/tehel tersebut.

Dengan cara ini, rumah anda akan terhindar dari serangga dan sudah di praktekkan dan dibuktikan keampuhannya. Silahkan mencoba dan terima kasih atas masukannya.

Artikel keren lainnya:

Dengan alasan inilah maka sebaiknya hindari penggunaan foto free webding pada undangan pernikahan. Wajib untuk diperhatikan dan dipahami!

Proses pernikahan adalah salah satu moment terindah dalam hidup ini, suatu kejadian yang luar biasa dan sakral karena bermakna penyatuan dua insan manusia yang berbeda jenis, pernikahan seyogyanya hanya dilalui sekali dalam seumur hidup kecuali akibat kondisi tertentu. Sangat wajar jikalau pernikahan dikemas sedemikian rupa karena diharapkan dapat meninggalkan kesan mendalam yang tidak terlupakan kepada semua yang turut berbahagia. Begitu pentingnya arti dan makna pernikahan dalam hidup kita, maka jangankan perkara besar, perkara kecil pun harus menjadi fokus perhatian.

Salah satu yang menentukan dalam proses pernikahan adalah desain undangan. Undangan merupakan perwakilan kita menyampaikan maksud dan hajad kepada para kerabat dan sanak famili sehingga desain undangan harus diperhatikan betul, jangan asal buat karena itulah gambaran diri kita yang sebenarnya. Mengapa demikian? Karena dalam memilih model desain tentu melibatkan rasa suka, emosi dan jiwa kita.

Sehubungan dengan judul di atas, apakah penggunaan foto free webdding dapat disertakan dalam undangan? Saya menyarankan agar foto free wedding dibuat terpisah dengan kertas undangan, jangan pernah memasang foto di kertas undangan, tentunya ada beberapa alasan antara lain:

1. Memiliki aura,roh atau jiwa kita
Foto merupakan bagian dari tubuh kita yang harus di jaga dan diperhatikan penggunaannya dengan baik. Ketahuilah bahwa foto orang yang masih hidup dan foto orang yang sudah meninggal akan tampak berbeda jika kita perhatikan. Foto orang yang masih hidup tampak memiliki aura, sedangkan foto orang yang sudah meninggal tampak redup. Pada prinsipnya foto memiliki hubungan jiwa dengan pemilik foto, itulah sehingga para dukun hitam menjadikan foto sebagai media untuk melakukan keinginannya terhadap pemilik foto.

2. Kepercayaan 
Hampir semua foto tidak menjelaskan diri kita yang sebenarnya, terdapat banyak kebohongan yang ditampilkan. Lihatlah, banyak foto yang menggambarkan kecantikan dan kegantengan seseorang namun kenyataannya penampakan aslinya jauh berbeda. Siapapun pasti senang jika fotonya cantik atau ganteng, tetapi tidak pernah menyadari bahwa menyetujui foto tersebut disebar kepada orang lain sama halnya dengan membohongi orang lain. Dalam situasi pertemuan dengan orang-orang yang pernah melihat foto kita, pasti menimbulkan suasana penuh ketidakpercayaan, akibatnya tingkat kepercayaan orang lain terhadap kita menurun karena merasa telah dibohongi, misalnya dulu saya selalu menganggap artis itu wajahnya cantik-cantik, namun setelah saya ke Jakarta dan melihat langsung mereka pada saat di Mall, saya jadi tidak suka dengan mereka karena wajahnya ternyata lebih cantik dan bersih gadis di kampung saya.

3. Harga diri
Foto sebagaimana saya jelaskan pada poin 1 di atas, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan diri kita. Perlu dipahami bahwa kebiasaan masyarakat pada umumnya setelah membaca undangan tidak pernah menyimpannya ditempat yang layak, bahkan tong sampah akan menjadi tempat favorit dari kertas undangan walaupun didesain dalam bentuk sempurna dan harga yang mahal. Pertanyaannya!, bagaimana perasaan kita jika foto kita diinjak-injak oleh orang lain? Pasti hati kita akan terasa sakit, susah bernafas karena dipengaruhi oleh emosi yang timbul dari dalam diri. Sekarang berapa banyak undangan yang kita sebar? Kira-kira berapa banyak pula dari undangan yang tersebar tersebut masuk dalam tong sampah? Maka sekira itulah harga diri kita sebenarnya.

4. Penyalahgunaan
Foto dapat disalahgunakan oleh orang yang berniat jahat, atau orang yang merasa sakit hati dengan kita. Sehubungan dengan sakit hati, pada point satu di atas sudah saya katakan bahwa melalui media foto, dukun hitam dapat mengirim ilmunya kepada kita karena terdapat keterkaitan jiwa antara foto diri dan diri kita sendiri. Sedangkan tentang penyalahgunaan dapat berupa penggunaan foto profil di media sosial, banyak orang terlibat pada kasus-kasus tertentu hanya karena foto dirinya yang bisa diperoleh dengan mudah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Sasaran kejahatan
Di luar negeri atau juga di dalam negeri ini, telah banyak kejadian yang berumber dari foto, hanya melihat foto menimbulkan rasa suka yang berlebihan. Untuk memuaskan rasa sukanya, mereka akan mencari pemilik foto. Biasanya mereka itu adalah orang-orang yang memiliki kelainan atau memiliki masalah seksual.

Itulah alasan mengapa foto diri perlu dijaga dan diperhatikan penggunaanya bagi yang menyadarinya.

Artikel keren lainnya:

4 Kemampuan yang harus di kuasai agar bisa bersaing mencari pekerjaan di DKI Jakarta

Sebagaimana yang kita tahu bahwa DKI Jakarta adalah Ibukota Negara, DKI Jakarta merupakan pertemuan semua orang baik warga negara Indonesia sendiri maupun dari luar negeri. Kehadiran mereka di DKI Jakarta telah memberi warna terhadap persaingan memenangkan setiap peluang dan kesempatan kerja.

Sebelum memutuskan untuk mengadu nasib atau mencari pekerjaan di DKI Jakarta, maka persiapkan diri anda dengan 3 kemampuan yang akan saya paparkan berikut. Ketiganya akan menentukan langkah anda meraih setiap peluang kerja. 

1. Harus menguasai Bahasa Inggris
Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang harus dikuasai selain Bahasa Indonesia sendiri. Mengingat perusahaan yang ada di DKI Jakarta adalah perusahaan asing, perusahaan patungan dan perusahaan lokal yang telah memperoleh sertifikasi go intenasional. Sehingga gaya hidup masyarakatnya terutama kalangan atas yang lebih banyak menggunakan Bahasa Inggris ketimbang Bahasa Indonesia karena tidak ada perbedaan dan batasan antara kaum pribumi dan asing. Semua berbaur menjadi satu komunitas yang memaksa kita wajib menguasai Bahasa Inggris.

2. Harus menguasai IT
IT menjadi salah satu kebutuhan yang wajib di penuhi, pengaruh IT telah menyentuh semua aspek kehidupan termasuk para “ojek”. Dengan demikian salah satu kompetensi yang harus dikuasai agar bisa bersaing dan minimal bisa bertahan hidup di DKI Jakarta adalah penguasaan IT. Inilah salah satu modal yang harus dimiliki oleh orang-orang yang ingin mengadu nasib di DKI Jakarta.

3. Harus memiliki keahlian khusus
Orang yang memiliki keahlian khusus lebih mampu bersaing di DKI Jakarta dibandingkan dengan yang tidak memiliki keahlian sama sekali. Apapun keahlian yang anda kuasai walaupun bernilai kecil tetap akan mendapatkan tempat. Masyarakatnya sudah profesional terutama masyarakat menengah ke atas, sehingga penghargaan mereka terhadap keahlian yang anda kuasai sangat tinggi. Hampir semua orang yang menjadi korban keganasan DKI Jakarta disebabkan oleh tidak memiliki keahlian khusus, sedangkan orang-orang sukses selalu memiliki keahlian khusus, keahlian inilah yang membawa mereka mampu bersaing dengan berbagai individu untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan harapannya.

4.  Jangan pernah merasa kecil
Hanya orang yang optimis yang mampu bersaing di Jakarta, selalu merasa besar walaupun kemampuan anda kecil, kesempatan kecil dan peluang kecil. 

Bermodalkan keempat kemampuan atau kompetensi di atas, apapun bentuk persaingan yang anda hadapi selama berada di DKI Jakarta akan bisa anda menangkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan anda meraih sukses melebihi yang anda bayangkan karena jika kesuksesan telah datang, maka datangnya pasti bertubi-tubi sampai roda kehidupan anda berputar kembali kebawah.

Artikel keren lainnya:

Jangan hanya diam ditempat kita jika ingin khayalan menjadi kenyataan karena itu salah satu kelemahan bagi orang yang gagal dalam hidupnya

Orang yang lemah, orang yang gagal dalam hidupnya biasanya memiliki kebiasaan hanya menunggu, diam membisu sembari membayangkan dirinya telah meraih kesuksesan atau keberhasilan, dari pagi hingga malam hanya menghayal di tempat tidurnya, selalu menatap dirinya dicermin, sibuk dengan jerawat yang menghiasi wajahnya seolah wajahnya akan merubah hidupnya kelak, membuat berbagai perbandingan antara dirinya dengan orang lain tanpa pernah berinisiatif untuk menggerakkan tubuhnya melakukan hal-hal yang bisa dikerjakannya. 

Padahal sampai kapanpun keberhasilan atau kesuksesan tidak akan pernah menjadi milik orang yang lemah, orang hanya diam menunggu ditempatnya, orang hanya menggantungkan hidupnya pada orang terdekatnya. Keberhasilan hanya bisa diraih dengan jalan bekerja keras, mau melakukan sesuatu yang menghasilkan, bermanfaat bagi orang lain dan tentu saja selalu bergerak maju dengan berbagai inovasi baru.

Mulailah dari sekarang, merubah diri kita yang hanya menghayal, yang berpikir ingin melakukan sesuatu tetapi tidak pernah berbuat, yang menganggap diri kita berjiwa besar padahal selalu menjadi pengikut setia kegagalan, tetapi buanglah kebiasaan lama kemudian berbuatlah dengan jalan menciptakan karya-karya yang menghasilkan. Jangan terbentur oleh persoalan nilainya kecil, sesuatu yang kecil jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan secara terus menerus suatu saat akan menjadi besar pula.

Kalau sudah melangkah, gunakan berbagai cara untuk memisahkan diri kita dengan kegagalan, tingkatkan kreativitas, manfaat kemampuan dan kapasitas diri, serta bangun jaringan dengan masyarakat sosial yang dimulai dari sekitar kita kemudian ciptakan kesempatan dan raih setiap kesempatan itu. Dan yang perlu diperhatikan adalah jangan lalai pada keberhasilan atau kesuksesan dan jangan pula membuka kesempatan terhadap hadirnya kebiasaan masa lalu yang ingin menguasai jiwa kita.

Lebih arifnya lagi adalah manfaatkan setiap momentum secara bijak, proaktif, waspada, dan siapkan segala kebutuhan atau sesuatu yang nantinya menjadi unsur penunjang perjuangan kita mewujudkan impian menjadi kenyataan. Jadi, jangan hanya diam ditempat, tetapi bangunlah dari tidur “bodoh” dan bawalah diri kita menjadi pribadi “sukses”.

Artikel keren lainnya:

3 Cara menemukan potensi diri yang tersembunyi agar menjadi jalan menuju sukses tanpa harus menjadi pengikut setia orang-orang sukses

Semua manusia telah dibekali dengan potensi diri, bermodalkan potensi diri ini diharapkan minimal dapat bertahan hidup atau bisa jadi menjadi manusia sukses.  Sukses dan bertahan hidup adalah hak kita semua, namun butuh kesadaran mendalam agar harapan bisa menjadi nyata, harapan harus dipupuk agar tumbuh melalui perjuangan dengan mengandalkan potensi diri.

Untuk bisa mewujudkan harapan menjadi kenyataan maka temukan potensi diri kita, lakukan secara bertahap, jangan segera mengharapkan hasil besar tetapi selalu aktif dan sadarlah dengan kemampuan kita demi mewujudkan harapan itu. Ada tiga cara yang biasa dilakukan oleh orang-orang sukses.

1. Pikirkan apa saja karya yang bisa kita hasilkan
Karya tidak mesti yang bernilai besar, karya yang bernilai kecil pun apabila kita kembangkan dengan sungguh-sungguh pasti akan menghasilkan nilai besar. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu anda untuk berpikir hanya untuk menemukan karya besar yang tidak bisa kita hasilkan.

2. Pikirkan pekerjaan apa saja yang bisa kita selesaikan
Bekerja, bekerja dan bekerja. Seseorang tidak akan pernah sukses dan mengetahui potensi dirinya apabila hanya diam, merenung, dan berpikir ditempat tidurnya. Mulailah dengan pekerjaan yang mudah dikerjakan, intinya adalah jangan lewatkan setiap pekerjaan yang bisa diselesaikan karena akan memotivasi kita untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

3. Pikirkan apa saja kompetensi kita
Banyak orang terjebak pada persoalan ini, berlagak gagah dan hebat ternyata kemampuannya tidak lebih dari kompetensi yang dimiliki oleh orang-orang yang hidupnya selalu gagal. Jujurlah dengan kompetensi kita, jangan dilebih-lebihkan hanya untuk mendapatkan pujian. Apapun kompetensi yang kita miliki, jadikanlah itu sebagai modal untuk mewujudkan harapan, jikalau mau lebih maka giatlah belajar.

Lakukan salah satu ketiga cara di atas, kemudian jika anda sudah menemukannya maka maksimalkan karena hanya dengan jalan itu anda akan meraih kesuksesan. Jika semuanya ada pada diri anda, maka padukan ketiganya karena pada prinsipnya ketiga cara di atas adalah dasar anda menemukan aneka potensi yang anda miliki.

Artikel keren lainnya:

5 Perbuatan baik yang dibenci Tuhan

Berbuat baik adalah kewajiban semua manusia, perbuatan baik tidak semata-mata menyangkut hubungan manusia dengan manusia namun dengan semua makhluk ciptaan Tuhan. Pengaruh gaya hidup telah menyeret manusia terjebak pada pemahaman yang keliru tentang kebaikan. Memandang kebaikan hanya pada sisi manusianya saja tanpa memperhatikan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Gaya hidup modern membuat manusia mengalami perubahan pola pikir, segala tindakan dan perbuatan hanya dipandang berdasarkan logika manusia yang serba terbatas, tidak berdasarkan dalil dan hukum Tuhan seperti yang diajarkan melalui ajaran agama.

Akibatnya, berbagai perbuatan baik justru menjadi sia-sia karena kesalahan memahami makna dari perbuatannya itu sendiri. Berikut 5 perbuatan baik yang di benci Tuhan.

1. Perceraian
Walaupun dibolehkan dalam hukum agama, namun perceraian sebenarnya adalah sesuatu yang dibenci oleh Tuhan. 

2. Sumbangan
Sumbangan seyogyanya diberikan secara sukarela dan ikhlas. Kenyataannya banyak diantara kita justru memanfaatkan sumbangan demi sesuatu. Yang paling dibenci lagi adalah memberi sumbangan dengan rejeki yang bersumber dari perbuatan yang tidak halal misalnya mencuri atau korupsi.

3. Menghadiri Pernikahan
Ada dua hal yang menghilangkan nilai kebaikan dalam menghadiri pernikahan. Pertama, niatnya untuk diketahui bahwa telah memenuhi undangan bukan karena mengharap ridho Allah dan Kedua, isi amplop. Isi amplop menarik untuk dibahas, umumnya yang hadir menganggapnya ibarat arisan sehingga nilainya menjadi hilang karena telah merubah niat memberi secara sukarela dan ikhlas menjadi utang yang harus dibayar di kemudian hari. Artinya, kita telah membebani orang dengan utang yang tidak mereka ketahui.

4. Mengajar
Mengajar merupakan perbuatan baik, perbuatan yang pasti dilingkupi oleh rahmat dari Tuhan. Namun bila niat mengajar termotivasi oleh harapan memperoleh gaji dan pujian dengan mengabaikan nilai-nilai kesuciannya maka nilainya menjadi buruk karena didalamnya sudah terkandung kesombongan. Mengajar yang dimaksud bukan hanya sebagai guru di sekolah, tapi semua tindakan yang berdampak pada perubahan sikap dan perbuatan seseorang.

5. Silaturahim
Silaturahim dapat memperpanjang umur menurut para ulama, silaturahim terhadap sesama merupakan perbuatan mulia karena dapat meningkatkan hubungan persaudaraan dan kekeluargaan sebagai masyarakat sosial. Namun demikian, nilai-nilai silaturahim akan hilang dan bahkan mendatangkan dosa apabila diisi dengan mempergunjingkan orang lain, menutup diri terhadap orang yang jarang bersilaturahim dengan kita dan menciptakan batasan-batasan hubungan dengan kelompok lain berdasarkan suku, agama, ras dan kedekatan mental apalagi menjatuhkan sanksi sosial kepada orang lain.

Jika kelima perbuatan baik di atas tidak dikelola dengan baik maka akan menghapus jejak-jejak kebaikan di masa lalu, masa sekarang dan bahkan di masa yang akan datang. Kita akan terdorong secara terus menerus untuk melakukan hal yang sama, membenarkan perbuatan salah karena itulah yang dipahami kebanyakan manusia.

Artikel keren lainnya:

3 hal penting yang selalu diabaikan manusia dalam kehidupan

Emas sebenarnya ada pada diri kita sendiri, masing-masing memiliki sesuatu yang bernilai emas, hanya saja kita sering lupa dan tidak pernah melihat diri sendiri. Kita pada umumnya hanya melihat kesuksesan orang lain, kemudian mengikutinya padahal jati diri kita, rel kesuksesan kita tidak sama, jalur kehidupan kita berbeda sehingga melupakan sesuatu yang sangat penting dalam diri kita.

Lupa diri telah membawa manusia kedalam kegagalan, memandang jauh namun terbentur oleh tembok keputusasaan, hati menjadi beku, kehidupan kelam melanda kita. Jika tidak segera menyadarinya maka kita akan terus larut dalam belenggu kehidupan.

Agar bisa keluar dari situasi di atas maka patut kiranya mengenal 3 hal penting yang sebenarnya sudah ada dalam diri kita, 3 hal penting yang menjadi modal kita menghadapi berbagai persoalan hidup, tantangan dan persaingan yang semakin konpetitif. Ke tiga hal dimaksud adalah:

1. Potensi diri
Memenangkan persaingan hidup atau menjalani kehidupan ini membutuhkan kekuatan yang bersumber dari diri sendiri, itulah potensi diri. Potensi diri harus dimaksimalkan, sehingga dapat menciptakan kesuksesan demi kesuksesan. Jangan bersandar pada potensi yang dimiliki orang lain karena itu bukan karakter anda, bukan jati diri anda, dan juga bukan kepribadian anda. Berusaha dan bekerja keraslah demi mencapai impian anda dengan jalan merubah potensi diri menjadi sesuatu yang bisa dijual.

2. Rasa Syukur
Rasa takut pada kehidupan telah menjebak orang melupakan nikmat yang telah diraihnya. Mereka terus sibuk mengejar impiannya bagaikan sedang dikejar oleh seekor anjing, takut melihat kebelakang dan terus berlari tanpa arah demi menyelamatkan dirinya. Kondisi ini berdampak pada menurunnya kualitas hidup, tidak pernah merasa puas, hidup orang seperti ini sangat menderita walaupun berada ditengah tumpukan harta dan kemewahan serta tidak pernah menikmati hidup. Justru hari demi hari hidupnya selalu diliputi oleh ketakutan, pada gilirannya semua yang sudah diperoleh menjadi tidak bernilai pada dirinya sendiri. 

Agar terhindari dari rasa takut yang berkepanjangan maka tingkatkan kualitas diri anda dengan jalan memperbanyak rasa syukur atas nikmat yang sudah didapatkan. Mensyukuri nikmat yang sudah didapatkan akan membuat anda menjadi lebih enjoy sehingga dalam mengejar impian jauh dari tekanan dan beban hidup serta rasa takut. 

3. Keterbukaan pada diri sendiri
Bangkitkan kesadaran pada diri sendiri, jangan takut kekurangan dengan alasan ingin disebut sebagai orang sukses. Kegagalan lebih banyak menghampiri orang-orang yang tidak terbuka pada dirinya. Siapa anda, apa pekerjaan anda, berapa usia anda, dimana anda sekarang dan lain sebagainya. Semua harus anda lihat secara jujur karena hal itu akan mendorong anda untuk berubah kearah yang lebih baik. Artinya jadikan semua yang anda miliki saat ini sebagai pemicu untuk bangkit dari keterpurukan, pilihannya hanya satu yakni putarlah roda kehidupan anda, jangan biarkan berhenti apalagi harus mundur kebelakang. Terus berbuat, berusaha dan jangan lupa untuk selalu melihat diri anda sejujur-jujurnya.

Artikel keren lainnya:

Percayalah, jangan pernah pacaran demi kebahagiaanmu

Pacaran? Jangan pernah malu kalau anda belum punya pacar tetapi berbanggalah karena kebahagiaan pasti akan menjadi milik anda. Ketahuilah bahwa pacaran merupakan belenggu bagi diri anda. Perasaan anda tidak akan bisa menemukan kebebasan karena selalu menjaga diri, menjaga hubungan anda dengan orang lain. Ketika anda memutuskan untuk pacaran maka ketika itu pula anda telah memberi batas diri anda.

Mengapa saya menyarankan anda untuk tidak pacaran? Sebenarnya bukan saya yang melarang pacaran tetapi Tuhan melalui ajaran agama yang melarang kita berpacaran. Ayat dalam agama merupakan surat-surat yang ditulis oleh Tuhan kepada hambanya, Tuhan Maha Tahu atas segalanya, maka jangan pernah ragukan kebenarannya. Kalau Tuhan sudah melarang kita maka jangan pernah lakukan karena sesungguhnya Tuhan melarang kita demi kebahagiaan dan kenikmatan yang akan kita peroleh.

Ijinkan saya untuk mengilustrasikan soal pacaran. Pacaran ibarat membeli barang secara kredit, menikmati sedikit demi sedikit kenikmatannya, kalau belum lunas maka barang tersebut belum menjadi milik kita, kita akan terus terbebani dengan cicilannya, langkah kita terbatas karena merasa barang tersebut belum menjadi milik kita. Ketika barang tersebut telah lunas, jika dikaitkan dengan hukum ekonomi maka barang tersebut telah mengalami penyusutan nilai. Artinya pada saat anda memiliki penuh barang yang anda cicil, nilainya tidak lagi sempurna. Maka anda pun akan melirik barang baru sebab barang lama sudah tidak menarik lagi di mata anda. Nilainya sudah berkurang.

Suatu barang akan sangat menarik apabila terdapat kejutan, dampaknya terasa sekali dalam hidup kita walaupun barang itu di beli dari pasar loak. Barang yang diperoleh dengan jalan di cicil tidak memberi kejutan karena pikiran kita belum bebas menikmati barang tersebut karena masih tersangkut dengan cicilan. Bandingkan dengan barang yang anda beli secara lunas, pikiran anda terasa lepas, ringan dan bahkan menumbuhkan perasaan memiliki terhadap barang tersebut.

Kembali ke soal pacaran. Pacaran pada prinsipnya ibarat anda sedang membeli barang kredit, terlalu banyak batasan yang anda hadapi sehingga anda hanya bisa menikmati sedikit demi sedikit, pertama sebatas padangan mata, kemudian menebar senyum, dilanjutkan dengan sentuhan tangan, hari berikutnya mulai bertambah lagi dan seterusnya dan seterusnya. Sedikit demi sedikit anda peroleh, kalau sekiranya anda ditakdirkan berjodoh maka sesudah anda mengikrarkan janji pernikahan, tidak ada kejutan pada awal pernikahan anda. Tidak ada dorongan motivasi yang sedang tumbuh setelah pernikahan anda, akibatnya perjalanan pernikahan anda menjadi datar bahkan akan terasa hambar. Mengapa demikian? Karena nilainya telah mengalami penyusutan.

Sebagai catatan bahwa perceraian terjadi karena tidak adanya cinta, perceraian terjadi karena akibat dari kehidupan rumah tangga yang terasa hambar, perjalanan rumah tangga datar-datar saja. Bumbu-bumbu pernikahan tidak tumbuh bersemi selama menjalani pernikahan. Maka jangan heran pasangan yang bercerai di pengadilan di dominasi oleh pasangan yang didasarkan cinta yang tumbuh pada saat pacaran. Ketika mendapat tantangan berupa beban hidup, tekanan kebutuhan dan lain sebagainya berimbas pada menurunnya kualitas cinta yang dimiliki, lama kelamaan cinta semakin memudar, pertengkaran terus terjadi, kesalahpahaman menjadi masalah serius, bahkan mengungkit masa lalu. Semua itu akibat dari tidak adanya nilai kejutan yang anda rasakan mulai dari pacaran sampai dengan selama menjalani kehidupan berumah tangga.

Bagaimana dengan orang yang tidak melalui tahapan pacaran?

Barulah utusan keluarga berencana melamar, perasaan kita sudah deg-deg-gan, perasaan bahagia bercampur penasaran. Pikiran terus melayang, yang dipikirkan hanyalah sesuatu yang membahagiakan, suatu nikmat yang tidak terbatas. Khayalan sampai kesuatu tempat yang dipenuhi oleh segala macam kenikmatan.

Perasaan ini terus terjadi sampai detik-detik akad nikah, perasaan akan lega setelah akad nikah, berikutnya mulai tumbuh benih-benih cinta, pandangan pertama, sentuhan tangan dan seterusnya. Gugup, gemetar dan terjadi goncangan dari dalam diri sendiri, karena akan beroleh sesuatu yang tidak dibatas-batasi. Anda akan menikmatinya tanpa adanya beban, tekanan, perasaan takut dan lain sebagainya. Anda seperti melewati jalan tol yang tiada hambatan, semua bebas anda peroleh seketika itu pula secara penuh. 

Benih-benih itu akan terus tumbuh seiring waktu dan kebersamaan anda, kejutan yang tidak terganggu oleh batasan terus berlanjut sehingga memabukkan anda, lupa bahwa ada beban hidup, tekanan hidup, tanggung jawab yang sangat berat di pundak anda. Mengapa? Karena anda sedang dimabuk cinta. Kehidupan rumah tangga anda akan penuh warna, semua warna bersatu padu membentuk satu kumparan yang akan selalu menyelimuti perjalanan rumah tangga anda. 

Belumlah hilang candu cinta anda, lahirlah buah hati anda. Kehadirannya semakin menambah bundel-bundel kebahagiaan anda, menumpuk tinggi sampai anda tidak menemukan sedikitpun noda yang mengotori kebahagiaan itu.

Sekedar ingin tanya, bagaimana perasaan anda ketika pacaran? Seperti itulah yang dialami oleh orang yang menikah tanpa melewati tahap pacaran. Bedanya, orang pacaran dirasakan ketika belum menikah. 

Mabuk cinta membuat orang bekerja keras demi menyenangkan orang yang dicintainya, kalau semangat ini terjadi pada saat pacaran tentu tidak memiliki nilai karena masih dibawah bayang-bayang orang tua, langkah masih terbatas sehingga dapat dikatakan hasilnya tidaklah sempurna. Sebaliknya apabila ini terjadi setelah anda menikah, semua yang anda peroleh sangat bernilai dan disinilah letaknya kesempurnaan hidup anak manusia.

Maka janganlah mendahului menikmati sesuatu karena tidak ada faedah dan manfaatnya kelak, cepat luntur dan pudar, kalau ini yang terjadi pertanda kehidupan anda tiadalah bahagia selamanya. Buah yang belum matang seenak apapun tidak akan kalah enaknya apabila buah tersebut dinikmati pada saat sudah matang. Lihatlah buah pepaya atau buah pisang, kalau seringkali anda menindihnya sekedar ingin tahu sudah masak atau belum maka pada saat masak, rasanya tidak akan seenak kalau dibiarkan sampai masak. Buah yang selalu diperiksa biasanya cepat habis, umumnya baru matang sedikit sudah dimakannya walau masih mengandung sedikit getah. Akan tetapi buah yang sudah masak selain rasanya nikmat, makan sedikit saja sudah memuaskan kita, dan kebiasaan kita kalau buah itu enak selalu dimakannya sedikit-sedikit sehingga lama baru habis.

Kesimpulannya, Tuhan tidak membuat aturan kalau itu tidak membawa kebahagian bagi hambanya. Setiap aturan yang diturunkan oleh Tuhan pasti akan membawa manusia atau hambanya merasakan nikmatnya hidup sebab Tuhan mencintai keindahan, kebahagiaan dan semua yang tidak menimbulkan keburukan bagi hambanya. Jadi, selagi anda masih disadarkan olehNya maka ikutilah segala petunjukNya dan jauhi semua yang dilarangNya. Hanya dengan jalan itulah kita bisa menemukan hamparan kenikmatan dunia dan akhirat.

Artikel keren lainnya:

Orang utan berbudaya barat

Malam ini saya menyaksikan salah satu siaran TV tentang animal, anda pasti sudah tahu TV mana yang sangat konsisten menyiarkan kehidupan binatang di seluruh dunia. Yang jelasnya bukan TV nasional karena mereka lagi sibuk dengan urusan politik, mudik, dan hukum. 

Dalam suatu acara yakni ILC yang dipandu bung Karni Ilyas yang saya kagumi, saya pernah mendengar pernyataan salah seorang pemimpin negara. Beliau menyatakan bahwa hanya orang Indonesialah yang mengenal Indonesia, sejujurnya saya sangat sepakat dengan pernyataan beliau, karena kitalah yang lebih tahu tentang Indonesia baik budaya, adat, hukum, politik, karakter, kepribadian dan sebagainya. Begitulah seharusnya, orang luar harus belajar dari kita apabila mereka ingin mengetahui tentang Indonesia.

Bagaimana dengan kenyataannya?

Anda tahu sendirilah, bagaimana dengan sumber daya alam kita, bagaimana dengan ekonomi kita, bagaimana dengan aspek-aspek lainnya. Sepertinya kita tidak mengenal Indonesia, betapa tidak. Baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, semuanya dikuasi orang asing, bukan orang Indonesia. Malam ini saya semakin yakin bahwa kita masyarakat Indonesia hanya numpang hidup dinegeri yang bernama Indonesia, negeri yang berjuluk seribu pulau, negeri yang seringkali disebut dengan nusantara dan sebagainya.

Misalnya, binatang yang bernama Orang utan. Orang Utan adalah binatang kebanggaan bangsa Indonesia, lebih tepatnya kehidupan mereka ada di Kalimantan. Kebanggaan ini tentunya tidak dimiliki oleh bangsa lain walaupun memiliki kawasan hutan yang terjaga kelestariannya. Ya.. itulah Indonesia, terdapat aneka ragam budaya, aneka ragam sumber daya termasuk ribuan spesies binatang.

Acara yang saya saksikan malam ini, dari awal sampai akhir, tidak satupun menampilkan wajah orang-orang Indonesia, semuanya adalah orang luar negeri. Mereka sangat mengenal gerak gerik orang utan, mereka tahu dimana harus menanti kemunculannya, mereka tahu jumlahnya, mereka tahu kebiasaannya, yang jelasnya mereka sangat paham dengan orang utan. Bahkan mereka pun sudah memberi nama pada masing-masing orang utan, kemanapun orang utan muncul, mereka langsung tahu bahwa yang muncul itu bernama si anu.

Kok bisa demikian?

Inilah yang terjadi di Indonesia, pakar hewan sekalipun sibuk dengan urusan politik, walaupun mereka berbicara tentang aneka hewan yang ada di Indonesia tetapi mereka hanya mengutip sumber, tidak pernah menjadi sumber. Artinya kehebatan mereka hanya di atas meja, dalam ruangan yang ber AC, ditemani televisi dan sejumlah buku-buku tentang hewan.

Mereka mungkin tidak menerima pendapat saya ini, namun ketahuilah bawah di sejumlah tempat di Indonesia, yang menjadi peneliti hewan tidak lain adalah orang luar negeri. Orang Indonesia hanya membantu mengangkat barang-barang bawaannya, apakah kita masih bangga dengan mengatakan bahwa kita lebih tahu dari orang luar?

Ya. .. kalau itu urusan partai politik, korupsi dan nepotisme, bahkan sandiwara politik, para pemimpin kita lebih tahu, yang lainnya, kita adalah orang asing di negeri sendiri. Hal-hal kecil yang menjadi kebanggan Indonesia, tidak pernah mendapat perhatian serius. Yang memelopori pelestarian alam guna spesies kebanggaan yang ada di wilayah Indonesia tetap lestari atau tidak punah justru orang asing. Tidakkah kita malu?

Mengaku orang Indonesia, tetapi tidak pernah mengenal Indonesia.

Artikel keren lainnya:

4 Aplikasi wajib bagi penyuluh pertanian

Menjadi penyuluh pertanian tidak akan pernah lepas dari kegiatan lapangan, mulai dari pengukuran lokasi pertanian, pembuatan peta, sampai dengan penentuan titik koordinat. Semua digambarkan dalam sebuah peta untuk kemudian dijadikan sebagai laporan.

Kegiatan di atas tentunya membutuhkan alat yang disebut dengan GPS, saat ini alat GPS masih sangat terbatas di semua kantor pertanian, sementara kebutuhan lapangan sangat mendesak bagi penyuluh pertanian. Dalam hal ini anda membutuhkan alternatif lain agar tidak menghambat pekerjaan sehingga pembuatan laporan, analisis masalah dan kebutuhan lapangan bisa segera diselesaikan tepat waktu, efektif dan efisien.

Anda punya HP berbasis Android? 

Jika belum segeralah untuk membelinya, anda tidak akan rugi karena selain digunakan untuk gaya-gayaan, sebagai alat komunikasi, juga dapat digunakan sebagai pengganti alat GPS bagi penyuluh pertanian, laporan pun dapat dengan mudah diselesaikan.

Kalau anda sudah memiliki HP android maka segeralah miliki 4 aplikasi berikut yang tersedia secara gratis di google play, anda tinggal search di google play kemudian klik install, tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai segera coba jalankan, kalau belum paham penggunaannya, search pedomannya di google.

4 Aplikasi yang saya maksudkan berikut sudah direkomendasikan oleh para instruktur pelatihan bagi para penyuluh pertanian, selain para penyuluh pertanian juga bermanfaat bagi yang suka melakukan aktivitas jelajah alam, traveling dan sebagainya. Aplikasinya antara lain:

1. Felds Area Measure Free
Dengan Fields Area Measure Anda dapat membuat koordinat-koordinat dalam sebuah area tertentu, misalnya Anda ingin mengukur luas tanah kemudian memberi tanda di setiap titik-titik penting. Fungsi ini sangat berguna untuk pekerja lapangan yang ingin mengetahui luas dan cakupan area tertentu. Jadi sangat bermanfaat terutama bagi yang para penyuluh pertanian sehinggat tidak perlu lagi cape-cape harus melakukan pengukuran.


2. GPS Photo Viewer
Untuk menambahkan informasi GPS ke dalam foto dimana anda berada, informasi yang terekam bersama foto berupa posisi garis lintang dan bujur atau tempat dimana anda mengambil gambar. Kelebihannya dapat terhubung langsung dengan google maps sehingga memudahkan anda untuk menemukan kembali lokasi tersebut.


3. GPS Test
GPS Test berfungsi untuk :
  • Menampilkan sinyal GPS dalam bentuk grafik yang bertujuan untuk menunjukkan kekuatan sinyal setiap satelit, serta akurasi dan status GPS.
  • Informasi tentang posisi satelit, ditampilkan menggunakan kompas berputar.
  • Posisi anda saat ini di bumi akan ditampilkan berupa teks dan pada peta dunia. Posisi saat matahari dan kurva transisi hari / malam juga ditampilkan.
  • Menampilkan kecepatan Anda berkendara, posisi dan ketinggian.
  • Waktu saat membaca GPS dan waktu setempat berdasarkan zona waktu Anda saat ini, serta waktu matahari terbit dan terbenam di lokasi Anda.


4. Open Camera
Aplikasi Open Camera, selain berfungsi untuk pengambilan gambar yang stabil juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain terutama bagi para penyuluh lapangan. Kelebihan dimaksud seperti penandaan lokasi foto dan video berdasarkan GPS, untuk ini menggunakan arah kompas dengan akurasi dan presisi yang tinggi. Foto akan dilengkapi dengan keterangan berupa tanggal dan waktu pengambilan gambar, titik koordinat lokasi, dan teks lainnya.


Dengan ke empat aplikasi di atas, semua pekerjaan anda dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat waktu dan bahkan dapat menghemat energi, tenaga dan biaya selama anda melakukan kegiatan lapangan. Dan yang jelasnya keempat aplikasi di atas gratis kecuali anda ingin yang berbayar.



Artikel keren lainnya:

Cara merubah generator menggunakan gas elpiji

Bisakah generator yang identik dengan bensi dirubah menggunakan gas elpiji? BISA, bahkan lebih hemat daripada menggunakan bensin, selain itu, mesin tidak mudah panas. Kelebihan inilah yang mendorong petani sawah banyak merubah bahan bakar generator dari bensin beralih ke gas elpiji. Gas elpiji yang manakah? Gas elpiji yang digunakan untuk memasak tentunya.

Mengapa bisa demikian? Pada prinsipnya mesin motor digerakkan oleh gas. Salah satu bagian dari mesin motor atau generator adalah karburator. Karburator berfungsi untuk mencapur bahan bakar seperti bensi dengan udara sehingga menghasilkan gas. Menurut teori perbandingannya adalah 1:15 artinya 1 gram bensin dicampur dengan 15 gram udara. Apabila perbandingan campurannya lebih dari 1:15 maka dikatakan campuran miskin atau sebaliknya dikatakan sebagai campuran kaya. Sedangkan yang dibutuhkan adalah campuran sempurna.

Berdasarkan teori di atas maka dapat dipastikan bahwa mesin motor atau generator dapat digerakkan dengan menggunakan gas elpiji yang sering dipakai oleh rumah tangga untuk memasak.

Bagaimana caranya?

Anda harus menyiapkan beberapa alat berikut:
1. Satu buah high pressure regulator (regulator kompor)
2. Satu setengan meter selang vakum (karet) ukuran 8 X 3 mm
3. Beberapa klem selang
4. Dua buah naple kecil ukuran 4 mm (bahan kuningan)
5. Kawat diameter 2.5 mm dengan panjang 15 cm
6. Satu buah vacumm valve dengan tekanan kerja maksimum 50 cm WC

Adapun cara pemasangannya atau cara menyambungkannya dengan mesin generator silahkan klik berikut:


Selamat mencoba semoga berhasil.

Artikel keren lainnya:

Lowongan kerja di luar negeri, temukan di sini!

Bekerja di luar negeri banyak diimpikan orang, bergaji tinggi, masa depan terjamin. Saya yakin anda memiliki kompetensi untuk berkarir di luar negeri. Masalah klasiknya adalah bagaimana mencari informasi tentang lowongan kerja di luar negeri? Masalah inilah yang menghambat orang-orang potensial di negara ini untuk bisa mendapatkan pekerjaan di luar negeri.

Memang benar ada lembaga dan perusahaan di Indonesia yang berfungsi menyalurkan tenaga kerja di luar negeri, akan tetapi pada umumnya hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Bagi pekerja yang tidak memiliki keahlian, jasa dari lembaga atau perusahaan ini sangat berarti namun akan berbeda apabila dialamatkan kepada mereka-mereka yang memiliki keahlian.

Disinilah pentingnya kita berbagi!

Matteo adalah pelajar Italia berusia 22 tahun. Dia menciptakan situs pertemanan untuk pekerja profesional, Egomnia tahun 2012 dan dijuluki “Italian Zuckerberg” oleh majalah populer di Italia. Egomnia telah diluncurkan ke pasar internasional pada Oktober 2014 dengan dukungan Microsoft dan Google. Seiring perkembangan reputasinya, Roberto Cingolani, Direktur Ilmiah di Italian Institute of Technology, mengatakan padanya:

“Banyak orang memutuskan berkontribusi pada pengembangan dunia saat mereka sudah di puncak karir. Nasihatku padamu Matteo, mulailah berpikir bagaimana kamu bisa mengembangkan dunia dan hidupkan orang lain sejak awal.”

Nasihat ini menginspirasinya untuk mulai menggunakan perusahaannya dan membantu generasinya keluar dari tingkat pengangguran yang sangat tinggi (lebih dari 40% orang Italia yang berusia di bawah 30 tahun adalah pengangguran).

Dulu Matteo hanya berpikir pada lingkup di negaranya yakni Italia, tetapi kini situs pertemanan Egomnia telah mendunia, artinya melalui situs ini, kita semua memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat Italia guna memperoleh pekerjaan.

Mengapa situs Egomnia?

Situs ini merupakan situs pertemanan bagi pekerja profesional di seluruh dunia walaupun sampai saat ini masih didominasi oleh pekerja dari Italia. Kalau hanya tentang pertemanan mungkin banyak situs sosial yang sudah akrab dengan kita misalnya Google+ dan Facebook. 

Akan tetapi Egomnia memiliki kelebihan lain seperti misi awal dibentuknya, yakni membantu para generasi pengangguran di Italia agar mereka mendapatkan pekerjaan. Dalam situs ini banyak berisi tentang informasi pekerjaan atau lowongan kerja, perusahaan-perusahaan yang selalu memanfaatkan jasa Egomnia untuk memenuhi kekurangan pekerjanya, dan jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan.

Anda juga dapat menelusuri lowongan kerja berdasarkan negara, jenis pekerjaan, dan lain sebagainya. Saya yakin anda memiliki potensi yang dibutuhkan oleh perusahaan luar negeri, saran saya mulailah untuk berbuat, cari informasi dan temukan yang anda butuhkan.

Bagaimana caranya?

Anda cukup bergabung dengan Egomnia, tampilannya mirip facebook jadi tidak terlalu rumit. Syaratnya cuma satu yakni harus memiliki email. Bahasa yang dipakai umumnya bahasa Italia, tetapi jangan ragu karena terdapat pilihan bahasa, anda bisa menggunakan bahasa Inggris.

Maka segera lah bergabung dengan Egomnia, agar memudahkan langkah anda silahkan klik gambar berikut:
Sebelum saya akhiri, saya mengucapkan selamat menelusuri informasi tentang lowongan kerja di luar negeri, semoga anda menemukan jalan anda, menemukan impian anda, dan tentunya potensi dan keahlian anda menjadi sangat berharga karena anda mendapatkan tempat dan penghargaan yang layak anda terima.

Artikel keren lainnya:

Celakalah hidupnya orang yang berani merubah suara rakyat

Setiap pilkada, pilcaleg, bahkan pilpres selalu melahirkan banyak kecurangan. Permainan begitu kencang, suara yang menjadi hak masyarakat sangat mudah dirubah. Hal ini terjadi dari tingkat TPS sampai dengan tingkat KPU. Yang berbahaya lagi adalah lahirnya perselingkuhan politik yang berdampak pada transaksi suara.

Wahai para penyelenggara yang diamanahkan untuk mengelola suara rakyat, ketahuilah bahwa suara rakyat adalah suara Tuhan, anda berani merubah atau mengacak-acak suara rakyat berarti anda telah melawan kodrat Tuhan. Tuhan telah menggariskan seseorang untuk menjadi pemimpin namun anda merubahnya, kecelakaanlah yang akan menimpa anda karena Tuhan tidak pernah diam, Tuhan maha melihat, sekecil apapun yang anda rubah, Tuhan pasti tahu walaupun administrasi anda lengkap.

Mungkin anda mengira bahwa tobat dapat menghapus perbuatan anda, dan terlepas dari hukuman dari Tuhan? TIDAK saudaraku! Kesalahan anda hanya bisa dibayar apabila anda mampu mengembalikan kodrat Tuhan yang telah anda rubah, artinya tobat anda hanya bisa diterima oleh Tuhan apabila anda mengembalikan seseorang yang telah ditakdirkan oleh Tuhan untuk menjadi pemimpin. Tugas ini sangat berat, dan tidak satupun manusia yang mampu melakukannya. Jadi jangan pernah bermain-main dengan suara rakyat.

Selagi anda di beri kesempatan untuk menentukan pemimpin yang dipilih berdasarkan suara rakyat maka tunaikanlah amanah itu secara jujur dan adil karena sesungguhnya anda telah menjaga tanggung jawab mulia tersebut. Ditangan anda keselamatan semua orang ditentukan, kelak anda akan memperoleh kemuliaan disisi Tuhan. Buatlah orang-orang jujur tersenyum dan berilah pelajaran kepada orang-orang yang menghalalkan segala cara dengan jalan menegakkan kebenaran. Keselamatan negeri ini membutuhkan kejujuran dan keadilan anda, jadi jangan nodai dengan cara-cara yang tidak benar walaupun buat orang terdekat anda.

Artikel keren lainnya:

Dampak negatif dari demokrasi langsung

Kita semua sepakat bahwa demokrasi langsung telah memberi kesempatan kepada semua orang untuk menjadi pemimpin, menjadi wakil rakyat yang menyuarakan aspirasi rakyat berdasarkan daerah pemilihannya. Demokrasi langsung telah merubah pola pikir masyarakat tentang kebebasan berpendapat, berkumpul dalam satu organisasi, tentunya dengan tujuan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat secara umum.

Akan tetapi dalam prakteknya, harapan tidak selamanya menjadi kenyataan. Pemimpin yang amanah yang merupakan harapan semua orang justru melahirkan para pemimpin yang ambisius, atau wakil rakyat yang hanya memikirkan periuknya sendiri. Hal ini harus kita pahami akibat dari biaya demokrasi yang cukup mahal, untuk menjadi pemimpin membutuhkan modal besar untuk membiayai pergerakan tim, makanya hanya pemimpin yang ambisiuslah yang mampu menjalani proses demokrasi langsung saat ini.

Mudah saja membedakan pemimpin yang amanah dengan pemimpin yang ambisius, pemimpin yang amanah umumnya maju karena atas desakan masyarakat, bagi mereka jabatan adalah hukuman yang membelenggu kebebasannya sedangkan pemimpin yang ambisius adalah mereka yang maju atas kemauannya sendiri, berusaha menciptakan citra positif dimasyarakat, melakukan proses sosialisasi diri secara maraton agar dikenal dan disenangi. Padahal apa yang mereka lakukan hanyalah untuk mengambil hati rakyat. Pemimpin ambisius sangat muda memposisikan dirinya sebagai yang terbaik misalnya “saya adalah pemimpin yang amanah”, “Hanya bekerja untuk rakyat”, “hidup sederhana dan merakyat” dan lain sebagainya.

Pemimpin yang ambisius dapat pula dikenali melalui gencarnya kampanye atau sosialisasi dirinya. Mereka paham bahwa hanya dengan jalan ini, mereka akan dikenal oleh masyarakat. Berapapun besarnya biaya yang dikeluarkannya yang penting tujuan tercapai. Mengapa demikian? Karena selama hidupnya tidak pernah membangun komunikasi dan silaturahmi dengan orang lain. Bandingkan dengan pemimpin yang amanah, walaupun kurang sosialisasi tetapi karena selama hidupnya, komunikasi dan silaturahmi terus berjalan dengan baik. Sifatnya yang selalu membantu dan menjadi orang yang dipercaya sehingga masyarakat lebih mudah mengenalnya. 

Kenyataan sekarang, pemimpin yang ambisius mendominasi proses demokrasi langsung. Hal ini karena jembatan untuk menjadi pemimpin juga dikuasai oleh orang-orang yang ambisius pula, orang yang hanya memikirkan kepentingan pribadi dan kelompoknya, orang yang tidak memiliki kepribadian dan hati nurani. Pemimpin yang amanah akan bertolak belakang dengan praktek-praktek seperti yang terjadi selama ini karena hati dan tujuan mereka hanya untuk mencari keselamatan dunia dan akhirat ketika jabatan tersebut berada dipundaknya.

Jadi, pada intinya masyarakat saat ini tidak memiliki pilihan selain memilih pemimpin yang ambisius, sebab para calon pemimpin dikuasai oleh orang-orang yang ambisius. Sikap dan prilaku, akhlak dan moral bahkan agamanya tidak menjadi pertimbangan lagi, kekuatan uang telah menguasai semua aspek kehidupan, apalagi masyarakatnya juga menjadi bagian dari ketidaksadaran akan pentingnya kehadiran pemimpin yang amanah.


Artikel keren lainnya:

Cara Mengetahui tingkat kedewasaan seseorang

Tingkat profesionalisme seorang pilot pesawat terbang dihitung berdasarkan jumlah jam terbang. Semakin tinggi jumlah jam terbang seorang pilot maka semakin profesional dia menerbangkan pesawatnya. Atau misalnya mobil, semakin lama seseorang mengendarai mobil maka semakin halus cara membawanya, para penumpang pun semakin nyaman selama perjalanannya. Bayangkan jika mobil dikendarai oleh sopir yang baru belajar, penumpang pasti tegang selama perjalanan.

Kalau pilot berdasarkan jumlah jam terbangnya, sopir berdasarkan lamanya menjadi sopir maka kedewasaan seseorang didasarkan pada perkataannya. Semakin bijak perkataannya maka semakin dewasa dia, untuk membentuk seseorang menjadi bijak membutuhkan berbagai tempaan ujian hidup, pengalaman, pengetahuan, pemikiran atau wawasan yang luas, sikap dan prilaku yang baik, serta memiliki kepedulian sesama.

Kadangkala kita menganggap bahwa usia adalah faktor penentu kedewasaan. Semakin lanjut usianya maka semakin dewasa dia, sehingga banyak orang menyimpulkan bahwa orang dewasa adalah orang yang telah melewati masa remajanya. Memang betul, seharusnya demikian namun ternyata masih banyak orang yang telah memiliki usia lanjut tetapi pola pikirnya masih kanak-kanak atau masih pada tingkat remaja, orang seperti ini belum bisa membendakan mana yang baik dan yang tidak baik. Jadi usia belum bisa menjamin seseorang telah berada pada tingkat kedewasaan.

Semestinya semakin usianya lanjut maka orang tersebut telah memiliki semua yang dibutuhkan seperti yang saya sebutkan di atas, maka kemudian orang seperti ini barulah dapat dikatakan telah dewasa. Bagaimana menurut anda?

Artikel keren lainnya:

Setiap Kejadian adalah Nasehat

Ingat dengan pepatah lama? “pengalaman adalah guru besar”. Pengalaman tidak diperoleh hanya dengan duduk manis di kursi goyang sambil ditemani oleh kopi dan sebungkus rokok bagi yang merokok sambil melamun memikirkan bagaimana mengelola negara ini. Pengalaman diperoleh karena adanya tindakan yang pernah kita kerjakan.

Ya.. hanya dengan mengerjakan sesuatu kita akan memperoleh pengalaman. Berdasarkan sesuatu yang telah kita kerjakan, kita akan tahu tentang sesuatu itu. Bahwa sesuatu itu baik untuk kita atau buruk untuk kita. Yang baik tentunya mesti ditingkatkan, yang buruk dijadikan sebagai pelajaran agar tidak mengulanginya lagi. 

Jadi jangan pernah menghindar dari setiap kejadian karena tiap-tiap kejadian adalah langkah kita untuk mengetahui sesuatu yang nantinya akan sangat berguna dan bermanfaat bagi diri kita. Kedewasaan seseorang dalam berpikir, keluasan pengetahuan seseorang atas sesuatu dan kemampuan seseorang mengambil keputusan yang bijaksana dan adil berdasarkan takarannya adalah hasil dari proses belajar dari setiap kejadian yang pernah dihadapinya.

Olehnya itu, terbukalah pada pengalaman yang pernah alami, kejadian demi kejadian yang kita peroleh merupakan anak tangga mencapai tujuan kalau kita mau belajar darinya. Keterbukaan ini akan membawa kita pada perubahan sikap dan tindakan selanjutnya sehingga mendorong kita secara alami untuk berkembang dan menciptakan peluang-peluang terbaik yang akan menentukan langkah kita selanjutnya dalam menjalani kehidupan ini.

Artikel keren lainnya: