Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

10 syarat sahabat sejati yang harus diketahui! Bagaimana dengan sahabatmu?

Memiliki teman setia tidak semudah mencari musuh, biasanya pertemanan terjalin berawal dari tujuan yang sama, kebiasaan berkumpul dan karena kebutuhan. Teman setia atau sahabat sejati dalam hidup kita tidak lebih dari dua orang. Belumlah teruji sahabat tersebut, kita sudah menganggapnya sebagai sahabat sejati atau sahabat setia. Bagaimana sebenarnya syarat teman setia atau sahabat sejati?

Prof. Buya Hamka telah membuat ukuran atau syarat teman setia. Syarat itu adalah :
  1. Jangan ada maksud yang tak jujur (udang di balik batu)
  2. Hendaklah dia streng kepada kita pada waktunya, tidak mengambil-ambil muka, bersikap terus terang, bukan mengia-iakan perbuatan kita, padahal nyata salah. Sanggup dia menyalahkan pekerjaan kita yang salah, walaupun pahit bagi kita menerimanya.
  3. Kalau perlu, dia suka berkorban untuk kita pada waktunya, sebagaimana kesanggupan kita berkorban pada waktunya pula. Jangan hanya menerima saja, hendaklah sanggup pula memberi.
  4. Tahan hatinya melihat perangai kita yang kerapkali berubah-ubah dan tabiat buruk yang ada pada tiap-tiap orang, sehingga tidak segera dia naik darah melihat kebuturukan itu. Bahkan dia sabar. Kelak apabila datang angin baik, suka dia menunjukkan kesalahan kita itu dengan laku yang patut.
  5. Dia terus terang kepada kita, tidak pernah membohong, walaupun dengan berdusta itu menurut pertimbangannya akan dapat memelihara hati kita.
  6. Dihormatinya rumah tangga kita, dimuliakannya kehormatan kita, dan tidak “lain” pandangannya kepada isteri/suami kita.
  7. Hendaklah lebih utama budinya dari kita, luas akalnya, mulia tujuannya. Sehingga dibawanya kita ke atas, bukan dijatuhkannya ke bawah.
  8. Kalau perlu, dia sanggup mengorbankan apa yang perlu dan mahal buat kita.
  9. Dipersetujukannya jalan fikirannya dengan jalan fikiran kita
  10. Rahasia kita disimpannya, tidak diupat-digunjingnya dibelakang kita. Zahir dan batinnya sama rata di dalam perkara-perkara yang berhubung dengan kita.



Itulah 10 syarat teman setia dan sahabat karib. Bagaimana dengan sahabat karib anda? Sudahkah memenuhi syarat diatas?

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "10 syarat sahabat sejati yang harus diketahui! Bagaimana dengan sahabatmu?"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung