Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Tugas Guru menurut Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional telah mengatur tugas dan hak guru dalam menjalankan profesinya sebagai guru yang melaksanakan pembelajaran. Tugas guru didalam UU Nomor 20 tahun 2003 diatur pada pasal 40 ayat 2 dan 2 bab II.
Pasal 40 ayat 1, pendidik dan tenaga kependidikan berhak memperoleh :
  1. penghasilan dan jaminan kesejahteraan sosial yang pantas dan memadai
  2. penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja;
  3. pembinaan karier sesuai dengan tuntutan pengembangan kualitas;
  4. perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas dan hak atas hasil kekayaan intelektual; dan
  5. kesempatan untuk menggunakan sarana, prasarana, dan fasilitas pendidikan untuk menunjang
  6. kelancaran pelaksanaan tugas.

Pasal 40 ayat 2, pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban :
  1. menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis;
  2. mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan
  3. memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Artikel keren lainnya:

Cara Mudah Mencapai Keberhasilan

Seringkali kita merasa iri setelah melihat penampakan luar kehidupan orang-orang yang berhasil. Kemewahan dengan segala fasilitas yang dimilikinya membuat kita ingin menjadi seperti mereka. Padahal kita tidak pernah tahu tentang perjuangan mereka mencapai keberhasilan dan kita juga tidak pernah tahu apa yang mereka rasakan setelah mencapai keberhasilan.

Untuk mencapai keberhasilan sebenarnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan, saya yakin semua orang dapat mencapai sukses setelah melakukannya.
Temukan rahasianya disini dengan gratis.

Artikel keren lainnya:

Semakin Saya Belajar Menjadi Seorang Guru Semakin Banyak Kekuranganku

Sampai dengan saat ini saya merasa baru mampu melaksanakan tugas seorang guru. Walaupun jika saya hitung-hitung masa kerjaku yang sudah lumayan lama yakni 10 tahunan tetapi ternyata saya masih menganggap bahwa saya harus banyak belajar lagi untuk menjadi seorang guru. Sejujurnya saya mengakui bahwa untuk menjadi seorang guru tidaklah seperti yang saya bayangkan sebelumnya yakni mengajar, mendidik, memotivasi, mengarahkan dan membina. 



Secara umum guru dapat diartikan sebagai orang yang mentransfer ilmunya kepada anak didik, sedangkan secara filosofi guru adalah teladan bagi semua. Setiap perkataan guru harus mengandung kebenaran, setiap sikap dan prilakunya harus menjadi contoh bagi yang lain. Pada intinya baik perkataan maupun perbuatan haruslah sama, jangan karena sudah menjadi guru lantas yang diutamakan hanyalah perkataannya, janganlah menganggap bahwa perbuatan guru bukan bagian terpadu dari guru itu sendiri.

Pada saat ini, untuk menjadi guru sangat mudah, kita tinggal sekolah di kependidikan kemudian ikut seleksi CPNS dan setelah lulus dengan bermodalkan SK penempatan maka kitapun sudah dapat dikatakan guru. Apakah guru dapat dimaknai seperti demikian? Ternyata tidak! Sebab guru merupakan cahaya penerang kegelapan, disaat semua orang tidak dapat melihat makna kehidupan maka gurulah yang harus mengajarkannya. Disaat ada orang bimbang maka guru harus memberi petunjuk, disaat orang bertanya maka guru harus menjawabnya , disaat orang menanti derma berupa ilmu maka guru harus memberi. Apakah dengan sistem penerimaan guru di atas dapat mencetak figur guru sebenarnya? Yang jelasnya saya adalah salah seorang produk dari sistem tersebut.

Tanggung jawab yang begitu besar yang dipikul oleh seorang guru membuat hatiku merasa berdosa, berdosa karena sampai dengan saat ini saya masih sebatas menjalankan tugas guru secara formal saja tetapi secara non formal ternyata semakin saya memperbaiki diri mencapai arti guru sebenarnya semakin saya menemukan banyak kekurangan yang kumiliki. Kekurangan-kekurangan itu datang seperti badai, walaupun saya terus belajar tetapi tetaplah membuatku menemukan kekurangan-kekurangan lainnya. Yang satu belum selesai, ribuan datang kepadaku untuk diselesaikan.

Kesibukanku kini menjadi bertambah padat, saya harus belajar materi yang akan diajarkan kepada anak didik, saya juga harus belajar untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri. Disisi yang lain saya juga harus belajar memperbaiki diri baik sikap maupun prilaku selama disekolah maupun diluar sekolah.

Akhirnya jika kurenungkan maka untuk menjadi guru, kita harus menjadi pribadi yang lain, pribadi yang diharapkan oleh semua orang. Secara kasarnya dapat saya katakan bahwa menjadi guru harus siap hidup seperti robot, insan yang kehilangan kemerdekaan, dikelilingi oleh protokoler sosial karena hampir semua pandangan mata tertuju pada kita.

Diujung jalan, apabila kita mengikuti panduan untuk menjadi seorang guru maka kita akan menemukan kemuliaan yang tidak dapat diraih oleh profesi lain. Ternyata perasaan seperti robot dan kehilangan kemerdekaan hanyalah merupakan cobaan yang semestinya harus dihadapi oleh seorang guru demi mendapatkan kemuliaan tersebut.

Artikel keren lainnya:

Casio G-Shock Mudman [G-9300-1DR]

Jam Tangan Digital Anti Air

Jam tangan digital yang memiliki fitur lengkap dengan warna gelap membuat tampilannya semakin cocok buat yang hoby mendaki ataupun yang selalu bepergian jauh. Jam tangan ini juga sangat pas digunakan oleh mereka-mereka yang hoby menjamah alam seperti pecinta alam.

Jam tangan yang diproduksi oleh perusahaan Casio menawarkan berbagai fungsi seperti tampilan digital, mineral glass, resin band, twin sensor, tough solar power, digital compass, shock rsistant, mud an dust resistant thermometer, dan 200 m water resistant.

Berdasarkan fiturnya jam tangan ini memiliki kelebihan misalnya dapat mengukur suhu disekitar kita, dan juga anti air pada kedalaman maksimal 200 meter.

Jam tangan Casio G-Shock Mudman [G-9300-1DR] juga dilengkapi dengan lampu indikator yang bermanfaat pada saat dimalam hari. Jam tangan ini termasuk jam tangan yang lagi HOT dan merupakan jam tangan generasi terbaru. Untuk kelas digital, jam tangan ini menempati urutan teratas berdasarkan fitur dan kelebihannya atas jam tangan lainnya.

Kekurangannya adalah hanya pada harga yang ditawarkan yakni sangat mahal untuk ukuran ekonomi pas-pas sehingga pembeli masih dikuasai oleh yang berduit.

Bagi yang suka bergaya, jam tangan Casio G-Shock Mudman [G-9300-1DR] dapat dijadikan tambahan penampilan anda.

Akan lebih baik lagi apabila anda mencoba langsung. Untuk memudahkan anda mendapatkan jam tangan Casio G-Shock Mudman [G-9300-1DR] silahkan klik berikut ini :

CASIO G-Shock Mudman [G-9300-1DR] CASIO G-Shock Mudman [G-9300-1DR]

Artikel keren lainnya:

Perbedaan antara bahan ajar dan buku teks

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, guru menggunakan sumber belajar baik bahan ajar maupun buku teks. Kedua sumber belajar ini memiliki perbedaan yakni :
 

Menurut Tarigan (1993: 11-13) menyimpulkan bahwa :
  1. Buku teks selalu merupakan buku pelajaran yang ditujukan bagi siswa pada jenjang pendidikan tertentu.
  2. Buku teks selalu berkaitan dengan bidang studi tertentu
  3. Buku teks selalu menampilkan buku yang standar
  4. Buku teks biasanya disusun dan ditulis oleh para pakar
  5. Buku teks ditulis untuk tujuan pembalajar tertentu
  6. Buku teks biasanya dilengkapi dengan sarana pembelajaran
  7. Buku teks selalu ditulis untuk menunjang sesuatu program pembelajaran

Sedangkan bahan ajar adalah sarana untuk mendukung penyampaian materi pembelajaran. Bahan ajar dapat berbagai macam, seperti buku teks pelajaran, modul, diktat, atau karya terjemahan. Penulisan bahan ajar merupakan komponen pengembangan profesionalisme guru sehingga guru diharapkan dapat menghasilkan buku, modul atau diktat.

Artikel keren lainnya:

Ciri-Ciri Kebudayaan

Kebudayaan merupakan rekam jejak yang memiliki nilai dan menggambarkan prilaku serta sikap dalam mempertahan hidup. Kebudayaan dapat berupa adat istiadat, agama, seni budaya dan bahasa. Di Indonesia yang terdiri dari berbagai suku melahirkan aneka macam budaya yang berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya, antara satu komunitas sosial dengan komunitas sosial lainnya. Namun pada umumnya kebudayaan dapat dikelompokkan menjadi dua yakni kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional




Kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang disuatu daerah yang bersifat kedaerahan. Ciri-ciri kebudayaan daerah antara lain :
  • memiliki sifat kedaerahaan tertentu
  • mempunyai adat istiadat yang khas
  • Memiliki unsur kebudayaan asli dan tradisional.
  • Dianut oleh penduduk daerah tersebut.
  • Adanya bahasa dan seni daerah.
  • Adanya unsur kepercayaan.
  • Adanya peninggalan sejarah

Sedangkan kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang bersifat nasional dan dimiliki oleh seluruh rakyat. Ciri-ciri kebudayaan nasional:
  • Mengandung unsur budaya daerah yang sifatnya diakui secara nasional.
  • Mencerminkan nilai luhur dan kepribadian bangsa.
  • Merupakan kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.
  • Mengandung unsur-unsur yang mempersatukan bangsa.

Artikel keren lainnya:

Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar : Tukang Cukur Rambut Raup Rp. 72.340.000,- per tahun

Belum lama ini dibuka lowongan penerimaan CPNS baik melalui jalur umum maupun jalur honorer. Jumlah pelamar melebih kuota yang tersedia, bahkan dapat dikatakan sangat tidak rasional. Misalnya ada daerah yang hanya menerima CPNS sebanyak 500 orang tetapi pelamar melebihi 3000-an orang.  Berdasarkan jumlah pelamar dan kuota yang diterima tentunya telah membuka mata kita bahwa ternyata jumlah usia angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan sangatlah banyak.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka saatnyalah kita mencari alternatif lain yang menguntungkan bahkan dapat menciptakan lapangan kerja baru. Artikel saya yang pertama tentang peluang usaha modal kecil untung besar, saya awali dengan peluang usaha tukang rambut atau potong rambut atau pangkas rambut terserah apa namanya yang jelasnya berhubungan dengan rambut.

Tukang Pangkas Rambut

Usaha ini belum banyak yang menggelutinya, saya sering melihat anak-anak muda yang memiliki keterampilan memangkas rambut. Apabila keterampilan tersebut dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi sumber pencahariannya. Mengapa pangkas rambut?

Menurut para ahli rambut, bahwa rambut akan tumbuh 1,5 cm per bulan. Berarti para PNS, Tentara, dan Polisi akan memangkas rambutnya minimal sekali dalam sebulan atau maksimal satu kali dalam dua bulan. Didaerah saya, orang yang membuka usaha pangkas rambut diperkirakan sebanyak 200-an orang. Mari kita berhitung peluang! kita ambil contoh didaerah saya. Jumlah masyarakat wajib pilih yang terdaftar (orang dewasa) sekitar 120.000 orang, misalnya kita ambil saja sebanyak 20% dari jumlah tersebut yang selalu memangkas rambutnya di tempat cukur rambut berarti sekitar 24.000 orang.

Karena jumlah tukang cukur rambut misalnya 200 orang maka masing-masing orang mendapat jatah mencukur sebanyak 120 orang. Biaya cukur rambut didaerah saya sebesar Rp. 20.000,- untuk dewasa dan Rp. 15.000,- untuk anak-anak. Jika dikalikan dengan dengan jatah masing-masing tukang cukur maka 120 x 20.000 = 2.400.000,- per bulan dengan asumsi bahwa setiap bulan 120 orang tersebut mencukur rambutnya. Hitungan ini belum termasuk remaja dan anak-anak serta pendatang.

Untuk menguatkan data tersebut saya mencoba mewawancarai seorang teman yang berprofesi sebagai tukang cukur. Menurut dia, dalam sehari minimal 10 orang yang datang ketempatnya untuk mencukur rambutnya. Artinya teman tersebut dalam sehari minimal dia mendapatkan Rp. 200.000,-  atau sebulan sebesar Rp. 6.000.000,- (melebihi gaji sertifikasi guru). Berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam sebulan?  pengeluarannya hanya sebesar Rp. 50.000,- untuk biaya beli silet dan Rp. 100.000,- untuk lampu. Berarti dalam sebulan dia dapat menyimpan uang sebesar Rp. 5.850.000,-.

Informasi ini membuat saya semakin penasaran sehingga saya mencoba mengikutinya selama 3 hari. Dalam 3 hari kerja tersebut saya merasa kaget dengan hasil yang dia peroleh, dari data yang saya himpun rata-rata jumlah pelanggan yang datang minimal sebanyak 20 orang lebih dengan pembagian pagi sebanyak 8-12 orang sedangkan sore antara 10 sampai 15 orang kategori dewasa.

Kebetulan ditempat tersebut bukan hanya teman yang membuka usaha pangkas rambut, tetapi sekitar 30-an lebih. Jika saya perhatikan hampir semua tukang cukur atau pangkas rambut tidak sepi dari pelanggan.

Berapa Investasi Awal? Biaya yang dibutuhkan pada awal membuka usaha cukur rambut atau pangkas rambut (data ini berdasarkan biaya teman yang saya wawancarai) :

Modal Usaha

Sewa tempat Rp. 2.000.000,- per tahun, Alat cukur rambut Rp. 800.000,-. jumlah Rp. 2.800.000,- sudah termasuk asesoris ruangan.

Biaya perbulan
Biaya silet Rp. 50.000, Biaya lampu Rp. 100.000, sabun Rp. 20.000, bedak Rp. 50.000, jumlah biaya perbulan adalah Rp. 220.000,-.

Keuntungan/Pendapatan

Keuntungan perbulan yang berhasil dia peroleh dalam hitungan 10 orang per hari adalah:
Rp. 6.000.000 - Rp. 220.000 = Rp. 5.780.000,-

Keuntungan dibulan pertama buka
Rp. 5.780.000 - Rp. 2.800.000 (modal usaha) = Rp. 2.980.000,-

Keuntungan dibulan kedua dan seterusnya
Rp. 5.780.000,- karena modal sudah terbayar dibulan pertama. Pada bulan kedua dan seterusnya hanya untuk menutupi biaya operasional seperti beli silet, lampu, bedak, dan sabun atau shampo.

Pendapatan selama satu tahun kerja

(Rp. 5.780.000 x 11) + Rp. 2.980.000 = 72.340.000,-

Jumlah pendapatan yang sangat besar bahkan usaha rental mobil pun tidak akan mampu menyamainya.  Tertarik buka usaha pangkas rambut? silahkan dapatkan peralatannya berharga murah dengan klik alamat berikut:
EPIC Main Hair Clipper [VE 2026]


EPIC Main Hair Clipper [VE 2026] Alat cukur ini yang sering digunakan oleh para tukang cukur. Tersedia dalam beberapa set untuk pengaturan ukuran panjang rambut.



PANASONIC Shaver [ES-4036S451]
PANASONIC Shaver [ES-4036S451]Pencukur jenggot istimewa yang pengoperasiannya dengan atau tanpa kabel serta mudah dicuci.



PHILIPS Hair Clipper [QC5130]

PHILIPS Hair Clipper [QC5130]
Alat cukur yang dapat digunakan untuk mencukur rambut perempuan dan laki-laki gaya jabrik atau yang lebih tepat mendukung berbagai model cukur

Artikel keren lainnya:

Cara Merubah Televisi agar dapat kirim email, youtube, dan lain-lain

Selama ini kita selalu diperhadapkan pada kegunaan televisi secara standar. Namun kini telah hadir sebuah alat yang dapat merubah televisi menjadi komputer pintar yang dapat melakukan aktivitas layaknya komputer.

Anda bisa mengirim dan menerima email, menonton video dari youtube, update status dari twitter atau facebook, skype dengan teman, dan bermain game online pada layar TV di rumah Anda. Kini TV rumah anda tidak akan membosankan lagi dengan acara-acara TV biasa. Ingin menonton film dengan kualitas BluRay pun dapat anda lakukan dengan alat ini. Gunakan flashdisk atau memori external anda dan sambungkan dengan TV box untuk dapat menontonnya.
Tehnologi yang dapat mengubah fungsi tersebut adalah DTC Digital Media Player [T1000]. Alat ini menggunakan fitur-fitur menarik seperti ARM v.7 Processor, Android 4.0 Ice Cream Sandwich, HDMI, RCA, External HDD Support, Browser, BluRay Movie (USB dan Hardisk External), Email, Youtube dan Games.   Dengan design yang sangat simpel dan dinamis, DTC Digital Media Player [T1000] hanya berukuran 20 x 15 x 5 cm dengan berat hanya 0,4 Kg.




Menggunakan DTC Digital Media Player [T1000] dirumah kita sama saja membuat televisi menjadi lebih bermanfaat karena mendukung segala aktivitas kita. Laptop atau Komputer dipinjam tidak menjadi masalah, dengan DTC Digital Media Player [T1000] kita masih dapat membuka email dan sejenisnya.

Akan sangat jelas dan mengerti dengan kegunaan dan manfaatnya apabila segera memiliki produk ini, apalagi produk DTC Digital Media Player [T1000] merupakan produk yang masih baru. Tertarik mencobanya? silahkan klik alamat/link berikut:
DTC Digital Media Player [T1000]



Artikel keren lainnya:

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Apakah kita makhluk hidup? Apabila ingin mengetahui yang mana saja makhluk hidup maka sebaiknya kita harus mengetahui ciri-ciri makhluk hidup. Dikatakan makhluk hidup apabila memenuhi persyaratan yakni bernapas, bergerak, makan, mengeluarkan zat sisa, tumbuh, berkembangbiak, peka terhadap rangsangan dan beradaptasi. Lebih dalam lagi dapat dilanjutkan dengan penjelasannya per-komponen.

1. Bernapas
Yang paling utama dikatakan makhluk hidup apabila dapat bernapas. Pada saat bernapas makhluk hidup akan menghirup Oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2) atau sebaliknya misalnya tumbuhan. Adapun reaksi oksidasinya sebagai berikut :
Zat makanan + oksigen --> energi + uap air + karbon dioksida.

2. Bergerak
Makhluk hidup harus dapat bergerak. Bergerak dapat berupa gerak pasif dan gerak aktif, gerak pasif misalnya ditunjukkan oleh tumbuhan, tumbuhan tidak dapat berpindah tempat tetapi dapat menggerakkan sebagaian tubuhnya sedangkan gerak aktif adalah gerak berpindah tempat misalnya dengan kaki, sayap dan sirip.

3. Makan
Makhluk hidup memerlukan sumber energi untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak. Energi diperoleh melalui makanan maka semua makhluk hidup memerlukan makan. Tumbuhan hijau memperoleh makanan dengan memproduksi sendiri, tumbuhan hijau juga berfungsi sebagai produsen dalam mengolah zat-zat anorganik menjadi zat organik melalui proses fotosintentis. Proses fotosintentis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan cahaya matahari, selain tumbuhan hijau proses makhluk hidup memperoleh makanan dengan cara memanfaatkan makanan hasil olahan fotosintetis dan sumber lain dari hewan dan alam.

4. Mengeluarkan zat sisa

Selama proses penyerapan makan berlangsung membentuk zat sisa yang merupakan zat yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Zat itu disebut dengan zat sisa oksidasi biologis, misalnya air dan karbon dioksida. Pengeluaran zat sisa dapat dibedakan menjadi :
  1. Ekskresi. Ekskresi merupakan pengeluaran zat sisa yang dilakukan melalui kulit dan ginjal. Melalui kulit dinamakan keringat sedangkan melalui ginjal dinamakan urine.
  2. Respirasi. Respirasi merupakan pengeluaran karbon dioksida (CO2) sebagai zat sisa proses respirasi yang dikeluarkan melalu hidung.
  3. Defekasi. Defekasi merupakan pengeluaran zat sisa pencernaan makanan berupa tinja (feses) melalui anus atau dubur.

5. Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan meliputi perubahan ukuran tubuh berupa luas, tinggi dan berat sedangkan perkembangan adalah perubahan menjadi dewasa.

6. Berkembang Biak
Untuk menjaga keberlangsungan hidupnya, sifat makhluk hidup adalah berkembang biak. Berkembang biak merupakan aktivitas yang ditujukan untuk menghasilkan keturunan. Hewan berkembang biak dengan melahirkan, bertelur, bertelur melahirkan, bertunas, fragmentasi atau membelah diri. Tumbuhan berkembang biak secara alami dan buatan.

7. Peka terhadap rangsangan
Makhluk hidup memiliki sifat peka terhadap rangsangan akibat perubahan yang terjadi disekitarnya. Makhluk hidup dilengkapi dengan indra. Indra yang dimiliki oleh makhluk hidup dapat mengenali cahaya, bunyi, bau, rasa atau sentuhan. Indra juga dapat berfungsi sebagai alat untuk melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa dan menyentuh atau meraba.

8. Beradaptasi
Makhluk hidup dilengkapi dengan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Beberapa  cara adaptasi yang digunakan oleh makhluk hidup antara lain; adaptasi morfologi, adaptasi tingkah laku dan adaptasi fisiologi.
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan yang berhubungan dengan bentuk tubuh atau alat tubuh. Contoh katak dan itik terdapat selaput renang pada kakinya untuk berenang
Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. Contoh migrasi hewan ketempat lain untuk mencari sumber makanan
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian terhadap lingkungan dalam bentuk tingkah laku. contoh berkeringat saat cuaca panas.

Apabila kita sudah mengenal ciri-ciri makhluk hidup di atas maka kita sudah mengenal obyek-obyek yang dikatakan atau dikelompokkan sebagai makhluk hidup.

Artikel keren lainnya:

7 Penemuan Terkini dibidang sains

1. Fosil kucing tertua di Dunia
Paleontolog Amerika dan China menemukan fosil kucing besar tertua di dunia yang dinamakan Panthera blytheae. Fosil ini diperkirakan memiliki usia 4,1 hingga 5,95 juta tahun. Penemuan fosil di Tibet ini mendukung teori bahwa kucing besar berevolusi di Asia Tengah dan menyebar ke luar daerahnya, bukan di Afrika.  "Kucing ini adalah saudara dari macan tutul salju, dia memiliki dahi yang lebar dan wajah kecil," kata Dr Jack Tseng dari University of Southern California seperti dilansir Nationalgeographic, Selasa (12/11).

Dengan menggunakan data anatomi dan DNA para ilmuwan berhasil menentukan kerangka itu dimiliki kucing besar yang sudah punah. Kucing besar ini dulunya tinggal di daerah yang saling tumpang tindih dengan spesies yang diketahui saat ini.

Informasi Lengkapnya baca : Fosil Kucing Tertua di Dunia


2. Fosil Dinosaurus Paling Ganas

Fosil predator kelas wahid dari jenis dinosaurus dan diduga menjadi salah satu pengelana bumi sekitar 80 juta tahun lalu, ditemukan di selatan negara bagian Utah, AS. Predator ini diduga merupakan kerabat dekat Tyrannosaurus rex, tapi hidup pada era lebih tua sehingga menjadi predator terbesar di darat pada masanya. Sang dinosaurus baru ini diperkirakan bertinggi 9 meter, dan dinamai Lythronax argestes yang berarti si "raja terkam". Riset tentang hasil temuan ini diterbitkan melalui jurnal Plos One dan mereka menggarisbawahi bahwa temuan-temuan tentang para dinosaurus belum berakhir.

Informasi Lengkapnya baca : Fosil Dinosaurus Paling Ganas


3. Fosil Platipus Raksasa

Temuan fosil gigi hewan platipus raksasa di Queensland, Australia, kemungkinan bisa dijadikan petunjuk mengenai kepunahan hewan berpenampilan tak ada duanya ini. Dari temuan tersebut, ilmuwan akhirnya mengetahui jika hewan berparuh mirip bebek ini dahulu besarnya dua kali lipat dibanding yang ada sekarang. Menurut laman sydneymorningherald (5/11), binatang platipus dari Australia terbilang cukup unik di dunia satwa. Hewan ini berparuh dan bertelur layaknya unggas namun menyusui anaknya layaknya mamalia. Di zaman ini, platipus hanya berukuran sekitar 40 cm, namun sekitar lima hingga 10 juta tahun lalu, terdapat platipus berukuran dua kali lipat lebih besar dan bahkan dibekali gigi yang mampu mengunyah binatang lain.

Platipus raksasa ini dahulu menghuni sungai-sungai di kawasan utara Australia.  "Kita harus menamakan hewan ini Platypus Godzilla," ucap Profesor Mike Archer dari University of New South Wales, merujuk pada film klasik Jepang tentang monster besar bernama Godzilla. Keberadaan sang 'Godzilla' ini disimpulkan dengan menggunakan fosil gigi yang ditemukan di kawasan  terlindung Riversleigh World Heritage, Queensland.

Informasi Lengkapnya baca : Fosil Paltipus Raksasa


4. Planet Layak Huni di Bimasakti
Para astronom memperkirakan dari 100 milliar bintang di galaksi Bimasakti memiliki planet potensial untuk dihuni. Dijelaskan, dengan menggunakan data dari teleskop Kepler milik NASA, mereka berpendapat satu dari lima bintang memiliki kesamaan dengan matahari yang memiliki planet seukuran Bumi. Planet-planet tersebut dikategorikan sebagai "potensial huni" karena memiliki zona atau jarak tertentu dengan matahari, sehingga suhu planet dapat menjaga air sebagai elemen kunci kehidupan dan tetap berada dalam bentuk cair di permukaan. Riset ini dipublikasikan secara rinci dalam jurnal PNAS.

"Ini berarti, ketika Anda melihat ribuan bintang di langit malam, bintang mirip Matahari yang berpotensi memiliki planet layak huni mungkin hanya berjarak 12 tahun cahaya dan bisa dilihat dengan mata telanjang," kata salah satu peneliti Erik Petigura, dari Universitas California, Berkeley seperti dilansir telegraph (5/11).
 Informasi Lengkapnya baca : Planet Layak Huni di Bimasakti


5. Mobil Terbang Bukan Lagi Mimpi
Perusahaan Amerika Terrafugia baru akan memproduksi mobil serbaguna yang dapat terbang. Selain dapat dioperasikan di jalan raya, kendaraan ini juga bisa berubah menjadi pesawat terbang untuk menghindari kemacetan di jalanan. Namun di slovakia, seorang desainer berhasil menguji prototipe mobil terbang baru-baru ini. Stefan Klein, sang pembuat mobil ini merupakan salah satu pendiri Aeromobil dan kepala mekanik di perusahaan itu. Menurut discovery (21/10), sebelumnya, Stefan bekerja pada pabrikan otomotif raksasa seperti Audi , BMW dan Volkswagen. Dia mulai mengembangkan Aeromobil pertama di awal 1990-an dan musim gugur ini prototipe Aeromobil 2,5  berhasil diujicoba

Informasi Lengkapnya baca : Mobil Terbang


6. Bukti Komet Hantam Bumi di Mesir
Sebuah tim ilmuwan mengklaim telah menemukan bukti hantaman komet ke bumi. Diyakini, kejadian tabrakan benda asing ke Bumi terjadi di Mesir jutaan tahun silam. Hal ini didapatkan setelah para ilmuwan melakukan serangkaian analisis menentukan kerikil hitam misterius yang ditemukan tahun lalu di gurun Mesir. Batuan ini diduga merupakan bagian dari inti komet pertama yang pernah ditemukan.
"Ini adalah euforia ilmiah yang khas ketika anda menghilangkan semua pilihan lain dan melihat realitas yang ada," ungkap pemimpin studi Jan Kramer, University of Johannesburg Afrika Selatan, seperti dilansir livescience (9/10). Kerikil hitam, yang  dinamai "Hypatia" untuk menghormati matematikawan, astronom dan filsuf perempuan kuno Alexandria, Hypatia, yang juga mengandung makna berlian.
"Berlian biasanya berasal dari karbon. Mereka terbentuk jauh di dalam bumi, pada kondisi tekanan yang tinggi. Tetapi dalam kondisi tertentu juga dapat dihasilkan karena adanya tekanan sangat tinggi yang merupakan dampak dari tabrakan benda asing ke Bumi," lanjutnya. Dampak ini terjadi sekitar 28 juta tahun yang lalu di Mesir. Diperkirakan komet yang tidak diketahui namanya ini meledak di atmosfer, menyebabkan pemanasan pasir dibawahnya sampai suhu 3.630 derajat Fahrenheit atau 2.000 derajat Celsius. Kondisi ini memicu munculnya sejumlah besar dari kaca silika kuning di wilayah 6.000 km di Gurun Sahara.
Informasi Lengkapnya baca  : Bukti Komet Hantam Bumi di Mesir


7. SmartPipe, Pipa yang "Berteriak" Bila Bocor
TIM peneliti dari Norwegia dibantu beberapa perusahaan minyak, berhasil mengembangkan sebuah pipa pintar atau SmartPipe. Dikatakan pintar, karena pipa yang dikembangkan sejak tahun 2006 itu memiliki kemampuan memberitahu secara langsung (real time) jika terjadi sesuatu yang salah. Semisal perubahan suhu mendadak di dalam pipa sampai adanya kebocoran. Pendek kata, pipa ini mampu mendeteksi kesehatannya sendiri. Tujuannya tentu saja meminimalisasi kerusakan dan kecelakaan kerja yang kemungkinan dialami pekerja bidang perminyakan dan gas, atau kerusakan lingkungan akibat kerusakan pipa. 
Ide yang diusung SmartPipe sebenarnya sederhana, yakni mengaliri pipa dengan "sabuk sensor" yang terus-menerus mengawasi temperatur, getaran, akselarasi, ketegangan, sampai ketebalan dinding pipa. Hasil pemeriksaan sensor tadi kemudian dikirimkan ke sistem yang ada di platform tempat pipa berada atau lokasi pemantauan khusus.
Informasi Lengkapnya baca  : SmartPipe, Pipa yang "Berteriak" nila bocor

Artikel keren lainnya:

Internet Menuju Ramah Anak

Kegelisahan orang tua terhadap internet karena tidak menjamin keselamatan anak semakin memunculkan penyelesaian. Kini orang tua tidak perlu lagi merasa takut oleh karena aktivitas anak di internet. Kabar baik ini datang dari dua perusahaan searching terbesar yang Google dan Microsoft yang mengelola Bing.

Google dan Microsoft akan memblokir sebanyak 100 ribu istilah pencarian pornografi anak. Setiap yang akan menggunakan istilah pencarian itu akan ditampilkan peringatan bahwa Klik pelecehan anak adalah ilegal dan tidak akan ditemukan data atau informasi tentang hal tersebut.

Upaya Google dan Microsoft yang memblokir istilah pencarian pornografi anak bermula dari usulan Perdana Menteri Inggris David Cameron. Beliau mengusulkan agar Google dan Microsoft bersama-sama mengatasi aksi pornografi anak. Pasalnya adalah Google dan Microsoft menyumbang 95 persen dari lalu lintas pencarian di internet.

Google telah meniadakan 13.000 istilah dalam mesin pencarian mereka sedangkan Microsoft bertekat tidak akan mentolerir konten yang berisi pelecehan seksual terhadap anak. Sementara Huawei telah mengaktifkan kendali filter pornografi di Inggris.

Upaya Google dan Microsoft dan juga mesin pencarian yang lain yang telah memblokir sejumlah istilah dan konten yang mengandung pelecehan anak patut kita dukung bersama. Kedepan kita harapkan bukan hanya sebatas pada kasus pornografi anak tetapi semua aksi-aksi pornografi diblokir agar persepsi masyarakat bahwa internet adalah sumber maksiat berubah menjadi sumber ilmu secara menyeluruh.

Artikel keren lainnya:

Alat-Alat Kesehatan Yang dapat Anda Miliki Dengan Harga Murah

Saat ini biaya kesehatan sangat mahal, konsultasi ke dokter ahli harus merogoh kocek minimal Rp. 100.000,-, belum lagi paket obat yang diberikan. Namun apakah hanya untuk mengetahui perkembangan kesehatan kita harus ke dokter? tentunya tidak! Sebab sudah banyak alat-alat kesehatan yang dapat kita miliki. Berikut beberapa alat kesehatan yang mudah digunakan dengan berharga terjangkau.

GLUCODR AGM 2100 w strip 25 T



Alat Ukur kadar gula, sangat cocok digunakan oleh penderita penyakit diabetes

Fitur :

  • Rentang test kadar gula darah paling luas: 30-600 mg/dL  
  • Hanya memerlukan sedikit darah: 4µL, minimal 2.5µL  
  • Waktu test hanya 11 detik dengan hasil yang terpercaya  


ROSSMAX AC-701k



Alat ukur tekanan darah atau lebih dikenal dengan tensimeter otomatis
Fitur : 


  • Indikator resiko hipertensi  
  • Detektor denyut jantung tidak teratur  



  • 120 memori / 2 pengguna dengan tanggal dan waktu  
  • Rata-rata 3 hasil pengukuran terakhir  


  • FAMILY Dr Cholesterol Meter
     
    Alat ukur kolesterol atau lemak
    fitur:

    • Rentang pengukuran kolesterol 100 – 400 mg/dl  
    • Hanya memerlukan 10 µl darah pada saat pengukuran  
    • Kapasitas memori hingga 180 kali pemakaian  


    FAMILY Dr Uric Acid Meter

    Alat ukur asam urat
    fitur:
    • Rentang pengukuran 3 – 20 mg/dl  
    • Hanya memerlukan 0,7 µl sampel darah  
    • Hasil pengukuran hanya dalam waktu 15 detik  
    • Kapasitas memori hingga 180 kali hasil pengukuran


    BENECHECK HB meter
    Alat ukur Hemoglobin darah




    BREMED Thermometer Blue Beam [BD1500]

    Alat ukur suhu tubuh atau thermometer




    BREMED Ultrasonic Nebulizer [BD5200]
     
    Alat ukur terapi pernapasan atau Nebulizer




    OMRON HJ-203
     
    Alat pencatat langkah atau aerobic pedometer
    Fitur:


  • Step Counter  
  • Can be placed in pocket or bag  
  • Activity Mode - for interval measurement  
  • Good Achievement Symbol - Activated if more than the recommended 10,000 steps per day has been recorded  
  • Artikel keren lainnya:

    Yang Hobi Traveling sangat tepat miliki LIFESTRAW

    Sejujurnya saya sangat tertarik dengan LIFESTRAW, alat yang mampu mengubah air kotor menjadi air siap minum. Selama ini pada saat bepergian jauh terutama mengikuti kegiatan lintas alam, didalam ransel saya selalu dipenuhi dengan perbekalan berupa air minum. Kendatipun persiapan selalu matang namun pada umumnya saya kehabisan perbekalan air ditengah jalan, sudah pasti kelanjutannya adalah sibuk mencari air yang kemudian harus dimasak pula. Jadi waktu yang terbatas lebih banyak digunakan untuk menyiapkan kebutuhan.

    Jaman berubah dengan cepat, teknologi berkembang sangat cepat yang mampu melahirkan segala macam peralatan yang mendukung aktivitas manusia. Masalah kehabisan air ditengah jalan bagi yang hobi traveling dapat diatasi dengan menggunakan alat yang bernama LIFESTRAW. Bentuknya seperti sebuah pipa, dengan ukuran sekitar 15 cm membuat alat ini tidak menyulitkan dan memberatkan pemiliknya. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, kita tinggal mencari air lalu mencelupnya di dalam genangan air. Kemudian tanpa harus melalui proses dimasak, kita langsung menghisap air melalui alat tersebut. Cukup mudah kah?





    Bagaimana dengan status air hasil olahannya? menurut sumbernya air hasil olahan sudah diuji dilaboratorium dengan menggunakan beberapa sampel air, mulai dari yang paling kotor sampai dengan yang bersih tetap menghasilkan kualitas air layak minum.

    Mungkin sulit untuk menggambarkannya sehingga sebaiknya anda mencoba memiliki sendiri alat yang bernama LIFESTRAW tersebut. Sebagai bahan pertimbangan pula saya informasikan bahwa setiap alat selain mempunyai kelebihan juga terdapat kekurangan, begitu pula dengan LIFESTRAW, kita harus menemukan air apakah berupa genangan air atau sungai tanpa itu alat tersebut hanya akan menjadi pajangan. Sedangkan penggunaannya maksimal dipakai untuk 1000 liter, setelah itu alat ini harus diganti dengan yang baru untuk mengantisipasi kemungkinan adanya bakteri yang mengendap pada alat tersebut. 

    Tertarik untuk mencobanya? silahkan klik linkberikut ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

    LIFESTRAW Personal : Mengubah Air Kotor Menjadi Air Siap Minum


     

    Artikel keren lainnya:

    Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014

    Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014, mulai dilaksanakan pada tanggan 14 April 2014 setelah pemilihan umum (pemilu) yang berlangsung 9 April 2014. UN akan dimulai dengan SMA/SMK/MA dan SMALB pada Senin, 14 April 2014, kemudian disusul dengan SMP/MTs dan SMPLB pada 5 Mei 2014. Sedangkan Ujian Nasional (UN) tingkat SD, pelaksanaan UN diserahkan kepada daerah dan tidak lagi diurus oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) seperti sebelumnya.
     
    Menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim memastikan bahwa UN SD tidak lagi dilaksanakan oleh BNSP melainkan oleh Dinas Pendidikan di masing-masing daerah artinya UN SD akan dipasrahkan ke Pemerintah Propivinsi tetapi tetap mengacu pada standar nasional. Mengenai soal UN SD, 75 Persen dibuat oleh tim di Pemprov sedangkan sisanya 25 persen dari Kemendikbud dengan tujuan agar pemerintah pusat tetap mengontrol kualitas pendidikan secara nasional. Sebaliknya soal UN SMP sederajat dan SMA sederajat pembuatan naskah ujian tetap dilakukan oleh tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud.

    Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014 bakal menelan anggaran sebesar Rp. 600 miliar, nilai biaya UN tersebut sudah disepakati oleh DPR sejak bulan Oktober 2013. Terkait percetakan dan penggandaan naskah ujian, akan diserahkan kepada daerah yang dibagi secara region-region sehingga tidak tidak lagi diurus oleh pusat. Hal ini untuk mengatasi permasalahan seperti yang terjadi pada UN 2013 yang lalu. Percetakan yang dulunya bermasalah tidak dipakai lagi artinya masuk dalam daftar black list.


    Berikut kutipan wawancara Jawa Pos dengan Nuh di sela-sela peluncuran bukunya berkaitan dengan UN 2014, Menyemai Kreator Peradaban, baru-baru ini.
    http://www.jpnn.com/read/2013/10/16/195878/Unas-Bisa-Gantikan-SNMPTN-
    Konvensi pendidikan pada 26-27 September lalu memutuskan unas tetap dilaksanakan tahun depan?

    Unas tetap diperlukan dalam pendidikan dasar hingga menengah atas sebagai sarana mengukur prestasi belajar siswa. Jika unas tidak dilaksanakan, tidak ada tolok ukur siswa dalam penguasaan materi selama menempuh pendidikan di sekolah. Tahun depan kami ingin menciptakan unas lebih kredibel, reliable, dan akuntabel.
    Apa indikator unas kredibel?

    Unas dikatakan kredibel jika bisa dipakai untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Sehingga, jenjang berikutnya tidak perlu repot dan sudah percaya dengan hasil unas. Selain itu, hasil unas bisa digunakan untuk pemetaan. Tidak sekadar pemetaan jumlah siswa yang lulus dan tidak lulus, tetapi pemetaan indeks prestasi sekolah. Dari situ bisa dilakukan evaluasi. Misalnya, di sekolah Al Islah nilai matematika di bawah rata-rata. Nilai tersebut akan dibandingkan dengan sekolah di tingkat kabupaten maupun provinsi untuk dievaluasi.
    Langkah selanjutnya setelah evaluasi?

    Sekolah yang nilainya rendah pada mata pelajaran tertentu itu langsung diberi pembinaan agar kualitas pendidikan di bidang tersebut meningkat. Dalam Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 (jo PP 32 Tahun 2013) tentang Standar Nasional Pendidikan, hasil unas digunakan untuk pemetaan, sarana seleksi pada jenjang pendidikan lebih tinggi, serta pembinaan.
    Jika unas bisa untuk seleksi perguruan tinggi, apakah seleksi nasional dihapus?

    Saat ini dalam seleksi perguruan tinggi negeri, ada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) dan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Jika unas nanti sudah kredibel, ke depan dua seleksi nasional tersebut tidak lagi digunakan.
    Bagaimana langkah Kemendikbud untuk mencapai itu semua?

    Tentu kualitas soal unas harus diperbaiki dan ditingkatkan. Saat ini kami terus mempersiapkan kualitas soal unas bersama perguruan tinggi. Selain itu, kami memperbaiki sistem pelaksanaan unas.
    Praktiknya seperti apa?

    Pencetakan dan penggandaan soal unas diserahkan ke daerah. Tetapi, dalam hal ini masih ada pembahasan kelanjutan, apakah persiapan itu bakal diserahkan provinsi atau per wilayah (region). Ini masih dalam pembahasan. (ayu/c6/roz)

    Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional

    Artikel keren lainnya:

    Indonesian Lowyers Club (ILC) Bukti Lemahnya Hukum di Indonesia

    Kesimpulan apa yang dapat anda tarik apabila melihat perdebatan yang terjadi di Indonesian Lowyers Club (ILC) yang ditayangkan oleh TVONE? Acara yang dikomandoi oleh Karni Ilyas ini setiap penampilannya selalu menghadirkan para pejabat, pakar hukum, akademisi, politikus bahkan seniman. Topik yang dibahas selalu berkaitan dengan top news terkini.

    Selama diskusi berlangsung kita disuguhi dengan argument-argument, asumsi dan pendapat yang selalu didasarkan dengan dasar hukum baik pidana, perdata maupun ketatanegaraan tidak ketinggalan politikus dengan basic ilmu sosial juga berbicara pada ranah hukum tentunya diikuti dengan analisis yang mengacu pada konsep-konsep ilmiah. 


    Yang menarik sebenarnya adalah ternyata para pakar hukum baik pidana, perdata maupun tatanegara berbeda dalam menerjemahkan undang-undang. Hal ini memunculkan persepsi bahwa hukum di Indonesia masih sebatas konsep, jadi selama ini kita mengacu dan mendasarkan penegakan hukum berdasarkan undang-undang yang masih bersifat draf atau rancangan. Menurut saya yang awam terhadap hukum, rancangan undang-undang apabila sudah disahkan menjadi undang-undang berarti tidak ada lagi pasal-pasal yang mengandung terjemahan lain.

    Lemahnya muatan atau isi undang-undang mempengaruhi proses penuntutan sehingga jangan heran apabila banyak koruptor dan terpidana lainnya lolos dari jeratan hukum. Bukti lemahnya undang-undang adalah dengan banyaknya undang-undang yang dianulir oleh MK melalui uji materi.

    Hukum seharusnya bersifat dinamis yang berarti mengikuti perkembangan jaman, hukum harus selalu dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan sikap dan prilaku masyarakat terkini. Namun apa yang terjadi dengan hukum di Indonesia? ternyata sebagian besar hukum di Indonesia masih mengadopsi hukum buatan Belanda dimana perumusannya disesuaikan dengan kondisi masa penjajahan Belanda. Tidak adanya relevasinsi antara hukum yang dijalankan dengan keadaan masa kini membuat banyaknya celah yang dapat dimanfaatkan oleh para pakar hukum (pengacara) dalam melakukan pembelaan.

    Kesimpulan
    Saya sangat mengharapkan agar undang-undang baik pidana, perdata maupun tatanegara di Indonesia disempurnakan dengan mempertimbangkan kondisi waktu sekarang. Banyak undang-undang yang perlu dirumuskan kembali sehingga penegakan hukum dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Menyempurnakan undang-undang harus melalui uji materi yang dilakukan oleh para pakar hukum dan akademisi bukan melalui lobi politik. Diupayakan sedapat mungkin perumusannya tidak dipengaruhi oleh kepentingan kelompok tertentu. Sehingga perdebatan mengenai terjemahan pasal demi pasal dalam undang-undang seperti yang terjadi selama ini dapat teratasi. Dengan demikian hukum sebagai panglima tidak hanya sebatas semboyang tetapi benar-benar menjadi alat untuk menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi.    

    Artikel keren lainnya:

    Kasus Penyadapan Telepon, ZEE Terancam jadi Sengketa

    Minggu-minggu ini berita tentang kasus penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah Australia terhadap pemerintah Indonesia menjadi top news hampir semua media baik media elektronik maupun media cetak. Respon balik atas perbuatan Pemerintah Australia tersebut, pemerintah Indonesia memulangkan duta besarnya sebagai bentuk protes.

    Pernyataan PM Australia Toni Abbot yang menolak meminta maaf dan menyatakan bahwa kasus penyadapan adalah hal yang biasa adalah perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Australia memperlihatkan sikap yang tidak bersahabat sehingga dapat membuat terganggunya semua bentuk kerjasama yang dibangun selama ini.


    ZEE walaupun sudah disepakati luasnya namun sampai kini masih terjadi insiden penangkapan para nelayan dari Indonesia yang dilakukan oleh penjaga perbatasan Australia. Dalam keadaan tidak terjadi konflik saja, Australia telah melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum apalagi jika pemutusan hubungan kerjasama dengan Australia menjadi nyata. Olehnya itu, penjaga perbatasan Indonesia yang juga mengawasi wilayah ZEE harus lebih diintensifkan lagi dan ditingkatkan kualitas dan kemampuannya demi menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah Indonesia. Masalah perbatasan memang selalu menjadi wilayah yang rawan sengketa terlebih lagi wilayah tersebut memiliki hasil bumi.

    Fungsi ZEE sebagai zona ekonomi telah banyak merubah nasib rakyat Indonesia yang berprofesi sebagai nelayan. Hasil tangkapan ikan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, namun apakah para nelayan tetap merasa tenang mencari ikan di ZEE pasca terjadinya pemutusan hubungan kerjasama secara menyeluruh? Disinilah dibutuhkan kerja keras penjaga perbatasan dalam hal ini Angkatan Laut Indonesia. Karena kemungkinan besar Pemerintah Australia kembali mengklaim ZEE sebagai wilayah kedaulatannya hal ini sangat mungkin oleh karena adanya dukungan dari negara-negara barat dan Amerika Serikat.

    Dengan demikian, tanpa perhatian serius dari pemerintah, ZEE memungkinkan menjadi wilayah sengketa menyusul wilayah-wilayah perbatasan lainnya yang sudah lebih dahulu menjadi daerah sengketa dengan negara tetangga artinya ZEE terancam sebagai wilayah sengketa baru.

    Artikel keren lainnya:

    Memahami Lebih Dekat Kurikulum 2013

    Menurut PP No.32 Tahun 2013 tantang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang didesaing untuk menjawab permasalahan terkini dalam dunia pendidikan. Inti dari kurikulum 2013 adalah merubah paradigma pengajaran dari "Diberi Tahu" menjadi "Mencari Tahu" dengan sasaran peserta didik akan "bisa apa" setelah menempuh pendidikan dasar, menengah dan atas.

    Seperti apakah kurikulum 2013? untuk mengetahui kurikulum 2013 kita harus tahu terlebih tentang 4 domain yang menjadi landasan kurikulum 2013. Keempat domain tersebut adalah Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian. Keempat domain ini saling berkaitan.

    Pelaksanaan kurikulum 2013 diawali dengan menetapkan kompetensi peserta didik setelah menempuh pendidikan dasar, menengah dan atas, atau dengan kata lain siswa "bisa apa" setelah tamat SD, SMP dan SMA. Untuk itulah ditetapkanlah domain pertama yakni Standar Kompetensi Lulusan dalam Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang SKL dengan sasaran mencakup kualifikasi kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.

    Setelah mengetahui SKL yang harus dimiliki oleh peserta didik, maka selanjutnya adalah apa yang perlu diisikan atau materi yang harus diberikan agar peserta didik dapat mencapai SKL yang ditetapkan tersebut. Disinilah peran domain yang kedua yakkni Standar Isi yang diatur dalam Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi.

    Baik SKL maupun SI tidak akan dapat berjalan apabila tidak dilaksanakan atau berproses dalam kegiatan pembelajaran. oleh karena itu, maka diaturlah Standar Proses yang dirumuskan melalui Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

    Kemudian yang terakhir diaturlah bentuk-bentuk penilaian atas pelaksanaan kurikulum 2013 yang dirumuskan melalui Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Standar Penilaian ditujukan untuk mengetahui apakah kompetensi peserta didik mencapai SKL yang ditetapkan atau belum. Bagaimana bentuk penilaiannya? silahkan baca Permendikbud No. 66 Tahun 2013.

    Dengan mengenal keempat domain di atas berarti kita sudah memahami kurikulum terutama kurikulum 2013. Keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013 tergantung implementasinya dalam kegiatan pembelajaran di tiap satuan pendidikan. Olehnya itu, dirumuskanlah sistem implementasi kurikulum 2013 berdasarkan jenjang pendidikan yang diatur melalui Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum yang memuat pedoman-pedoman baik pedoman pengembangan muatan lokal, kegiatan ekstrakurikuler, pedoman umum pembelajaran dan evaluasi kurikulum disemua jenjang pendidikan.

    Download :

    Artikel keren lainnya:

    APPLE iPhone 5 16GB - Black





    Siapa yang tidak mengenal gadget besutan Apple ini. Dimana beberapa waktu lalu smartphone ini menjadi hot topic diantara pecinta gadget, khususnya gadget besutan Apple. Setelah sebelumnya sukses dengan seri iPhone 4S dan iPhone 4 ditahun sebelumnya, kini Apple kembali membuat gebrakan dengan mengeluarkan iPhone 5 terbaru.



    Desain dan Build Quality

    Apple merancang smartphone ini dengan desain yang benar-benar baru. Dengan desain yang lebih tipis dan lebih ringan, walau awalnya banyak yang meragukan karena tidak mungkin melakukan hal ini tanpa mengorbankan performa atau fitur. Namun kita semua tahu bagaimana kinerja perusahaan ini. Apple menjawab tantangan tersebut dengan menciptakan smartphone ini bahkan dengan performa dan fitur yang lebih hebat.

    iPhone 5 ini memiliki layar 4 inci dengan resolusi 1136 x 640, sehingga dengan home screen terbarunya dapat menampilkan sebanyak lima buah baris menu. Bukan lagi empat baris menu seperti iPhone-iPhone generasi sebelumnya. Bagian belakangnya dilapisi alumunium yang membuatnya terlihat kokoh dan elegan.
    Phone 5 memiliki ketebalan hanya 7.6 millimeter. Untuk itu Apple menciptakan simcard yang berukuran lebih kecil dari sebelumnya yaitu nano-SIM yang lebih kecil hingga 44 persen dibandingkan dengan micro-SIM. Tidak ketinggalan, smartphone ini sudah ditunjang dengan jaringan 4G alias LTE. Dimana jaringan LTE ini mendukung beberapa belahan dunia yang sudah memiliki jaringan LTE. Untuk Asia sendiri, iPhone 5 mensupport jaringan 4G LTE di SingTel, SmarTone, SK Telecom, dan Soft Bank. Dengan teknologi nirkabel LTE walaupun iPhone Anda lebih tipis dan ringan tetapi daya tahan baterai menjadi lebih bertahan lama tidak cepat habis dan juga koneksi data yang lebih dan sangat cepat dari sebelumnya
    Fitur dan Performa
    Untuk mesinnya, iPhone memiliki prosesor terbaru dari Apple, yaitu prosesor Apple A6. Prosesor ini menawarkan kemampuan proses data dan grafik yang dua kali lebih cepat dibandingkan prosesor generasi sebelumnya, yaitu prosesor Apple A5.
    iPhone 5 hadir dengan kamera 8 MP untuk kamera belakangnya dan 1,3 MP untuk kamera depan. Kameranya memang masih sama dengan kamera iPhone 4S . Nmaun bedanya, kamera iPhone 5 sudah memiliki fitur panorama, Anda dapat mengambil foto panorama pada kamera iPhone 5 ini dan fitur Low-light-mode untuk menunjang pengambilan foto pada kondisi minim cahaya. Bukan itu saja, kemampuan merekamnya pun begitu impresif dengan kualitas 1080p pada kamera belakang dan 720p pada kamera depan. Dan sekarang semua momen berharga Anda dapat Anda abadikan dengan mudah dengan hasil yang menawan.
    Bukan hanya ukurannya saja yang besar tetapi layar iPhone 5 lebih unggul dari layar sebelumnya. Dengan layar 4 inci ini membuat Anda lebih nyaman untuk mengetik, lebih puas saat melihat halaman web, melihat inbox lebih banyak, dan juga melihat aplikasi lebih banyak pada home screen Anda. Dengan 326 piksel per inci, memberikannya kerapatan piksel yang begitu tinggi. Dengan 18 piksel lebih tinggi dari iPhone 4S Anda akan terkesima dibuatnya. Selain itu Anda juga dapat menikmati betapa kayanya dan tajamnya cahaya dengan 44 persen saturasi lebih hebat dari sebelumnya. Bermain game, menonton video, membaca artikel dan membuka gambar atau aplikasi yang Anda inginkan akan terasa lebih hebat dan nyata.
    Dengan adanya aplikasi baru dari Apple yaitu Apple Maps, memberi Anda cara yang lebih baik untuk menunjukkan jalan bagi Anda. Berbasis vector sebagai elemen maps (peta) menjadikan grafik dan teksnya menjadi begitu tajam bahkan saat Anda melakukan zoom-in. Selain itu juga maps memberi tahu setiap belokan yang harus Anda lalui melalui suara. Aplikasi ini juga membantu anda menggunakan waktu seefisien mungkin dengan informasi lalu lintas terkini dan jalur alternatif yang dapat Anda lalui guna menghemat waktu. Anda juga dapat melihat gambar secara 3D sehingga tampilan lebih realistis.

    Sebagai Media Penyimpanan Data
    Dengan kapasitas penyimpanan 16 GB, iPhone ini sangat tepat untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan bisnis, pendidikan, politik, dan lain sebagainya. Pernah lihat para presenter? Mereka umumnya menjadi iPhone sebagai media untuk mengganti kertas yang berisi teks-teks sebagai bahan referensi ketika bertugas. iPhone juga dapat menggantikan fungsi bahan ajar yang berupa modul, sehingga pada saat ini seorang guru tidak lagi menenteng buku-buku tetapi cukup memanfaatkan iPhone.    
    Kesimpulan
    Sebenarnya masih banyak lagi keunggulan dari iPhone 5 ini. Namun akan lebih terasa jika sudah mengujinya sendiri. Untuk harganya seperti yang Anda tahu memang perlu mengocek kantong lebih dalam untuk memiliki produk eksklusif ini, namun semua ini sebanding dengan semua fitur dan performa yang disuguhkan. Di Bhinneka sendiri harganya beragam untuk setiap warna, bundling dan kapasitas memorinya. Harga dimulai dari 7 jutaan hingga 8 jutaan. (bebby)


    Untuk Pemesanan dan Informasi lebih lanjut tentang APPLE iPhone 5 16GB-Black silahkan klik link berikut :
    APPLE iPhone 5 16GB - Black

    Artikel keren lainnya:

    7 Pelanggaran yang Sering dibanggakan

     

    1. Rambu Lalu Lintas dan Lampu Merah

    Inilah pelanggaran yang sering terjadi di Indonesia, Umumnya kita belum memahami fungsi dan tujuan dipasangnya rambu lalu lintas dan lampu merah, bahkan sebagian orang merasa bangga telah melakukan pelanggaran tanpa dikenakan sanksi dari pihak berwajib. Padahal apabila memahami tujuan pemasangan rambu lalu lintas dan lampu merah saya yakin tidak ada yang berani melanggar sebab pemasangan rambu lalu lintas dan lampu merah adalah demi keselamatan para pengendara kendaraan bermotor bukan untuk kepentingan polisi.

     

    2. Bolos Sekolah

    Pelanggaran ini pada umumnya terjadi di sekolah, siswa akan merasa bangga apabila berhasil bolos dari sekolah tanpa diketahui oleh pihak sekolah. Sumber tawuran umumnya akibat dari tingginya siswa yang bolos sekolah.

     

    3. Antrian di Loket

    Walaupun ini tidak dibarengi dengan sanksi tetapi ini juga merupakan pelanggaran apabila tidak mengikuti prosedur antrian. Kita masih sering memanfaatkan jasa para calo untuk memuluskan tujuan kita, secara hukum memang tidak dapat dijadikan tuntutan namun secara sosial, memanfaatkan jasa calo sama dengan menghilangkan kesempatan yang dimiliki oleh orang lain. Bagaimana jika kesempatan itu adalah milik anda tetapi digunakan oleh orang lain?

     

    4. Mencuri ala Anak Kost

    Tidak semua anak kost melakukan perbuatan mencuri, tetapi sebagian anak kost yang hidup dikost-kosan tetapi juga tidak semuanya, akan merasa bangga apabila mereka berhasil mencuri. Yang mereka curi juga hanya untuk mengisi perut mungkin karena terlambat kiriman (hehehe), misalnya mencuri buah-buahan, sayur-sayuran atau indomie, ikan kaleng dan beras di toko-toko. Para pelaku biasanya akan bangga untuk menceritakan perbuatannya apabila sudah tamat dari kuliah. Walaupun ditujukan untuk menyambung hidup tetapi perbuatan mencuri tetaplah sebuah pelanggaran.

     

    5. Banyak Pacar

    Ada kebanggaan dikalangan laki-laki muda apabila memiliki lebih dari satu orang pacar. Menurut mereka banyak pacar dapat memenuhi jadwal kencan, satu orang tidak siap kencan maka ajak yang lainnya, itulah prinsip mereka. Jika diukur berdasarkan perjuangan maka dapat dikatakan sebagai kebanggaan tersendiri karena mampu menaklukkan banyak hati tetapi jika dilihat dari tanggungjawab maka laki-laki seperti ini adalah laki-laki tipe tidak setia. Prilaku ini akan terbawa sampai kehidupan rumah tangga, maka jangan heran apabila kita menemukan banyak pasangan suami istri selingkuh. Inilah pelanggaran yang dapat membahayakan masa depan kita apabila tidak segera menyadarinya.

     

    6. Suara Musik

    Saya sering mendengar orang mengeluh karena tetangganya tidak pernah memahami arti hidup bertetangga. Kita sering terjebak oleh arogansi dan kesombongan kepemilikan harta, dalam hal ini kita sebenarnya melanggar Hak Asasi orang lain yang membutuhkan ketenangan. Tetapi bagi pemilik sumber suara musik merasa bangga dengan semakin besarnya suara yang dikeluarkan.

     

    7.  Memasuki Sistem Komputer Orang Lain

    Pelanggaran ini banyak ditemui pada orang yang menguasai ilmu komputer. Mereka sering dikenal dengan Hacker. Sasaran mereka selain pada sistem komputer juga pada website atau situs-situs juga hotspot, bahkan ada yang sengaja membuat virus. Ketika berhasil sesuai tujuannya, mereka akan terus mengulanginya. Merekapun akan bangga atas hasil kerjanya, yang paling mencolok adalah mereka yang masih berlabel Hacker pemula.

     

     

    Artikel keren lainnya: