Beranda · Pendidikan · Politik · Pemerintahan · Kesehatan · Ekonomi · Life · Manajemen · Umum

Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi

Keberhasilan suatu kegiatan tergantung pada perencanaan dan strategi yang dirumuskan untuk dilaksanakan. Dalam proses pembelajaran, keberhasilan pembelajaran tergantung RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), RPP merupakan acuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dengan RPP, seorang guru dapat memanajemen kelas, mengatur waktu, materi, penilaian, tugas dan lain sebagainya.

Begitu pentingnya RPP bagi guru sehingga tiap guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus memiliki RPP. Dalam Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 dinyatakan bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup: (1) data sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester; (2) materi pokok; (3) alokasi waktu; (4) tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) media, alat dan sumber belajar; (7) langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (8) penilaian.


Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP untuk kelas di mana guru tersebut mengajar (guru kelas) di SD dan untuk guru matapelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok.




Penyusunan RPP diarahkan untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang dirumuskan berdasarkan silabus yang memuat kegiatan peserta didik. Kegiatan peserta didik mencakup tiga aspek yakni Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi.

Eksplorasi

Eksplorasi adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencaritemukan berbagai informasi, pemecahan masalah, dan inovasi. Kegiatan peserta didik mencakup mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan

Elaborasi
Serangkaian kegiatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri melalui berbagai kegiatan dan karya yang bermakna.

Konfirmasi
Serangkaian kegiatan pembelajaran yang memberi kesempatan bagi peserta didik untuk dinilai, diberi penguatan dan diperbaiki secara terus-menerus.

Ketiga kegiatan tersebut harus dirinci sesuai metode, strategi, pendekatan dan model pembelajaran yang dipilih, dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung